Seperti Apa Saja Peluang Bisnis Online di Indonesia?

Seperti apa saja saja peluang bisnis online di Indonesia? Apakah bisnis online di Indonesia bisa menjadi besar? Kali ini Finansialku ingin mencoba untuk berbagi cerita mengenai peluang bisnis online di Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Peluang Bisnis Online di Indonesia

Coba sebutin jenis-jenis peluang bisnis di Indonesia? Jangan lupa tinggalkan ide Anda mengenai peluang bisnis online di Indonesia. Satu hal yang perlu kita akui, abad 21 adalah era digital, era informasi. Harusnya bisnis yang paling berpotensial adalah bisnis di bidang digital atau informasi.

Seperti Apa Saja Peluang Bisnis Online di Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Ya benar, Abad 21 bisnis yang mendominasi adalah perusahaan-perusahaan yang menguasai digital dan/atau informasi. Apa saja contohnya: Google, Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Berita baiknya kebanyakan perusahaan tersebut, dijalankan oleh orang-orang muda.

Bagaimana dengan peluang bisnis online di Indonesia? Banyak sekali lho, kalo boleh di bilang jenis-jenis peluang bisnis online di Indonesia. Contoh-contoh peluang bisnis online di Indonesia:

 

  • Menjual barang produksi sendiri di website: www.bro.do, elzattashop.com
  • Menjual barang milik orang lain: tokopedia.com, lazada.com, zalora.com, olx.com
  • Mendapatkan keuntungan dari fee: www.traveloka.com, wujudkan.com
  • Mendapatkan keuntungan dari iklan: www.detik.com, www.merdeka.com, para YouTubers, google.com
  • Keuntungan karena berlangganan, misal Microsoft360.
  • dan lain sebagainya

 

Saatnya Anak Muda Beraksi

Banyak kisah sukses orang-orang berusia muda yang mampu menghasilkan kekayaan dari bisnis online. Salah satunya adalah Mark Zuckerberg pendiri Facebook, Drew Houston pendiri DropBox dan lain sebagainya.

[Baca juga: Orang Kaya di Abad Informasi]

 

Harusnya Indonesia mampu menghasilkan banyak anak muda yang kreatif dan memiliki kemampuan untuk memulai bisnis. Bahasa kerennya adalah digital business start up. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai digital business start up?

  1. Ide Bisnis
  2. Tim
  3. Sistem: Produk atau Jasa
  4. Pendanaan
  5. Pemasaran

 

Dari Mana Saya Mulai Mengenali Peluang Usaha Bisnis Online?

Jika saat ini Anda merasa saya punya ide A, punya ide B, punya ide C, lakukan hal ini. Ambil pensil, ambil kertas buat business model canvas. Jangan biarkan ide brilian Anda hilang tanpa eksekusi.

[Baca juga: 9 Tahap Membuat Kanvas Model Bisnis]

 

Kesimpulan

Oke biar tidak terlalu panjang kesimpulannya adalah peluang usaha bisnis online di Indonesia sangat – sangat banyak. Lakukan pekerjaan rumah Anda, agar Anda dapat mengenali peluang – peluang bisnis online yang ada.

 

Jadi, apa peluang bisnis online yang kamu pikirkan?

 

Image Credit:

  • Online Business – http://goo.gl/TeC1Pc

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment