Ingin Sukses? Perhatikan Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar

Apakah Anda mahasiswa berprestasi? Tentunya Anda pernah mendaftar untuk mengajukan beasiswa atau menjadi asisten pengajar di universitas. Salah satu syarat yang umumnya diminta oleh pihak universitas adalah motivation letter. Apakah motivation letter itu? Apa tujuan dari motivation letter? Dan motivation letter seperti apa yang dapat baik dan benar? Mari kita bahas bersama cara menulis motivation letter yang baik dan benar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Motivation Letter

Motivation letter atau sering disebut juga dengan Statement of Purpose atau Letter of Intent merupakan salah satu syarat yang sering diajukan dalam pendaftaran di bidang pendidikan. Sebagai contoh saat Anda mendaftar dalam pengajuan beasiswa. Surat ini membantu untuk menyeleksi pendaftar dari pola pikirnya, tujuan dan niat Anda dalam pendaftaran tersebut, dan juga untuk melihat berbagai potensi yang Anda miliki. Motivation letter berpengaruh terhadap seberapa besar peluang Anda untuk diterima. Oleh karena itu, Finansialku akan membantu Anda dengan menjabarkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat motivation letter yang baik.

Ingin Sukses Perhatikan Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

Isi Motivation Letter

Motivation letter yang benar sesungguhnya tidak bertele-tele dan berlebihan. Anda tidak membuat naskah drama ataupun membuat biografi hidup Anda, melainkan menjelaskan diri Anda dan kelebihan Anda secara padat dan singkat termasuk tujuan Anda mendaftar. Berikut adalah beberapa isi motivation letter yang dianjurkan agar motivation letter Anda lebih menonjol daripada kandidat lainnya:

  1. Jelaskan dengan singkat mengenai diri Anda. Jelaskan identitas Anda dengan jelas, termasuk kelebihan dan kekurangan Anda.
  2. Jabarkan latar belakang pendidikan Anda. Motivation letter umumnya digunakan dalam bidang pendidikan, sehingga latar belakang yang jelas dan baik akan berpengaruh dalam proses seleksi.
  3. Tuliskan pengalaman dan prestasi yang pernah Anda raih. Pengalaman dan prestasi dalam pendidikan atau bidang kerja pun dapat mendorong perekrut untuk memahami diri Anda lebih dalam. Jabarkanlah dengan jelas pengalaman dan prestasi Anda.
  4. Jelaskan kompetensi dan skill kompetensi dan skill juga berpengaruh dalam proses seleksi, maka tonjolkanlah kompetensi Anda.
  5. Jelaskan alasan Anda mendaftar. Berikan alasan yang jelas dan lugas serta jujur, sehingga perekrut dapat melihat minat Anda dan alasan Anda yang kuat.
  6. Dalam pengajuan beasiswa, jelaskan mata kuliah yang menjadi minat Anda. Jelaskan minat Anda agar mereka dapat memahami Anda lebih baik untuk menunjang perekrutan Anda.
  7. Jelaskan mengapa Anda pantas mendapatkannya. Uraikan keunggulan Anda dan rencana jika anda terpilih dalam seleksi.
  8. Jelaskan apa saja rencana masa depan Anda. Perekrut ingin mengetahui potensi Anda jika Anda terpilih, sehingga apa rencana Anda di masa depan akan mempengaruhi hasil seleksi.

Apakah IPK Penting Dalam Pencarian Kerja 1 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah IPK Penting Dalam Pencarian Kerja?]

 

Cara Mudah Membuat Motivation Letter

Berikut merupakan beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda membuat motivation letter yang baik:

  1. Sebaiknya latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang pernah Anda kerjakan sejalan. Perekrut dapat melihat minat dan konsistensi Anda serta potensi yang Anda miliki jika latar belakang Anda sejalan.
  2. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar. Jangan menggunakan bahasa yang berlebihan atau sombong, namun jangan juga menunjukkan bahwa Anda pesimis.
  3. Tuliskan dengan terstruktur dan berikan penjelasan singkat yang menarik. Jelaskan isi motivation letter dengan bertahap dan terstruktur agar perekrut tidak bingung saat membacanya.
  4. Uraikan kelebihan Anda yang menurut Anda membedakan Anda dengan kandidat lain. Salah satu hal penting adalah bagaimana menarik perhatian perekrut saat mereka melihat motivation letter Anda, sehingga tonjolkanlah kelebihan Anda.
  5. Jelaskan tujuan Anda. Jabarkan tujuan dengan jelas dan singkat. Tujuan yang bertele-tele hanya akan membuat Anda tidak memiliki alasan kuat untuk mendaftar.
  6. Bedakan motivation letter untuk setiap tujuan. Hindari menggunakan motivation letter yang sama berulang-ulang karena tujuan dan alasan Anda mendaftar di setiap tempat tentunya berbeda.
  7. Sertakan penjelasan yang jelas untuk kekurangan Anda. Jika Anda memiliki kelemahan, Anda dapat menuliskannya, namun sertakan alasan mengapa Anda tetap lebih baik daripada kandidat lainnya walaupun Anda memiliki kekurangan.

Beasiswa LPDP, Program Beasiswa untuk Masyarakat Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Beasiswa LPDP, Program Beasiswa untuk Masyarakat Indonesia]

 

Hal-Hal yang Sebaiknya Dihindari dalam Motivation Letter

Beberapa hal perlu dihindari agar motivation letter Anda terlihat kredibel, berikut hal-hal yang sebaiknya tidak Anda cantumkan dalam motivation letter:

  1. Tata bahasa yang salah. Hindari typo atau salah ketik dalam motivation letter. Cek kembali setelah Anda selesai membuat motivation letter
  2. Penggunaan bahasa informal. Hindari bahasa gaul atau informal karena akan membuat Anda tampak tidak profesional.
  3. Tidak percaya diri. Jangan menunjukkan ketidakpercayaan diri dalam motivation letter Karena perekrut akan berusaha mengenal diri Anda lewat motivation letter Anda.
  4. Mengeluh dan menyalahkan keadaan. Jika Anda menuliskan kekurangan atau masalah dalam motivation letter, hindari mengeluh atau menyalahkan keadaan. Sebaiknya tunjukkan solusi dan rencana masa depan yang lebih baik untuk mengatasi masalah tersebut.

Rencanakan Dana Pendidikan untuk Kuliah Luar Negeri - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Pendidikan untuk Kuliah Luar Negeri]

 

Membuat Motivation Letter Itu Mudah

Tidak perlu takut lagi jika motivation letter Anda tidak baik dan menjadi faktor yang merugikan Anda dalam proses seleksi. Dengan menggunakan tips dan trik di atas, Anda dapat membuat motivation letter yang baik dan benar sehingga menunjukkan seberapa besar kredibilitas dan profesionalisme Anda sebagai seorang kandidat dalam proses seleksi. Namun ingatlah bahwa motivation letter pun bukan satu-satunya faktor yang dipertimbangkan saat proses perekrutan. Anda sebaiknya menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi dan bersikap jujur sesuai motivation letter Anda.

 

Apakah Anda mengetahui tips dan trik dalam membuat motivation letter lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Galedu. 4 November 2016. Ini Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar. Hipwee.com – https://goo.gl/mxUjI4

 

Sumber Gambar:

  • Asian employee – https://goo.gl/9iiCGX dan https://goo.gl/rHZKSo

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-11-13T12:07:00+00:00 March 12th, 2017|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment