Seberapa penting IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dalam pencarian kerja? Apa hubungan IPK dengan perekrutan pegawai? Bacalah penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih jelasnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pendidikan di universitas bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang akademik. Secara konkrit, universitas memberikan data IPK sebagai bukti pencapaian akademik seorang mahasiswa. Oleh karena itu, beberapa perusahaan menuntut kandidat pegawainya memiliki IPK minimal 3,00 hingga di atas 3,50. Bagi mereka yang kompeten namun karena alasan tertentu tidak memiliki IPK tinggi, mungkin akan menimbulkan kecemburuan sosial. Hal ini disebabkan karena nilai IPK yang tinggi merupakan bukti yang valid dari universitas bahwa seorang lulusan dapat memahami teori dan aplikasi jurusan dengan baik. Bahkan sejumlah posisi pekerjaan yang mengutamakan keahlian secara spesifik, hal ini bisa dibilang cukup penting.

Tidak hanya IPK yang tinggi, kesuksesan dalam perkuliahan juga menjadi barometer dalam menentukan karakter kandidat. Hal ini disebabkan oleh sulitnya mencapai dan mempertahankan nilai IPK tinggi sejak awal hingga di penghujung semester. Nilai IPK yang tinggi setidaknya akan mustahil diperoleh seseorang tanpa kemauan bekerja keras, dedikasi dan komitmen untuk mencapai hasil yang diinginkan. Berikut ini adalah 3 alasan pentingnya IPK dalam pencarian kerja.

Apakah IPK Penting Dalam Pencarian Kerja 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Punya Sisa Uang Jajan Rp 100.000 Mending Investasi Reksa Dana atau Jajan]

 

#1 IPK Menjelaskan Detail Nilai Tiap Mata Kuliah

Setiap mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa memiliki ciri khas masing-masing. Dengan mengetahui nilai yang tertera, akan nampak jenis mata kuliah apa yang dapat diperoleh nilainya dengan baik dari seorang calon kandidat. Untuk mengatasi nilai-nilai mata kuliah yang kurang baik, salah satu cara utamanya adalah dengan  pengalaman. Beberapa jenis perusahaan lebih memprioritaskan seseorang yang berpengalaman daripada hanya  berlatar belakang pendidikan akademik. Jadi, selain nilai yang baik, pengalaman pada beberapa jenis pekerjaan lain juga penting.

Meskipun demikian, saat ini kesempatan untuk mendapat pengalaman kerja pun semakin terbatas. Berbagai persaingan dari yang sehat hingga kurang sehat menjadi tantangan tersendiri dalam mencari pengalaman kerja. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk memperluas pengalaman bekerja adalah dengan bergabung pada program magang yang biasanya ditawarkan oleh banyak perusahaan. Melalui proses magang, seseorang dapat mencari ilmu, memperkaya CV dengan sederet pengalaman, dan memetakan kemampuan bekerja diri sendiri.

mahasiswa-ketahui-6-cara-mendapatkan-pekerjaan-sebelum-lulus-kuliah-1-finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ketahui 6 Cara Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah]

 

#2 IPK Memberikan Informasi Tentang Derajat Kedisiplinan

Mahasiswa yang disiplin cenderung bekerja keras untuk mendapat IPK tinggi. Begitu juga para dosen, mereka akan mengetahui dan membaca kedisiplinan seorang mahasiswa baik dari segi kehadiran, tugas serta keaktifan di kelas. Jadi, nilai A di ijazah seseorang tentu menjelaskan banyak hal terkait kedisiplinannya. Jika nilai A atau IPK sudah terlanjur kurang dari 3,50, sebaiknya dilakukan beberapa perbaikan diri agar tetap memiliki nilai lebih saat proses perekrutan pegawai. Contohnya adalah dengan membenahi penampilan fisik terlebih dahulu.

Kedisiplinan sering diidentikkan dengan ketepatan waktu, kesiapan materi kerja dan penampilan yang rapi. Penampilan yang rapi dan wangi akan memberikan nilai plus atas apa yang dilihat pertama kali oleh interviewer. Sebaiknya dukung penampilan dengan pakaian yang bersih, sesuai dengan bentuk tubuh, dan rapi meskipun tetap sederhana.  Hal lain yang  perlu diperhatikan adalah kenyamanan berpakaian serta aksesoris penunjangnya.

apakah-mahasiswa-perlu-bimbingan-karier

[Baca Juga: Apakah Mahasiswa Perlu Bimbingan Karir ? Apa Alasannya?]

 

Selain itu, kedisiplinan juga identik dengan kecerdasan. Itulah sebabnya pada umumnya mahasiswa yang disiplin mampu mengerjakan lebih dari ekspektasi karena orang cerdas memiliki standar sendiri atas kesuksesan. Jadi, memperkaya wawasan melalui kebiasaan membaca merupakan salah satu cara ampuh yang dapat dijadikan kebiasaan positif. Orang cerdas pada umumnya akan memahami hampir setiap topik pembicaraan yang berbobot sehingga tampak kesan menarik saat diajak bicara dan disiplin. Sebelum melamar di suatu perusahaan pastikan pengetahuan tentang perusahaan tersebut sudah memadai sehingga akan banyak poin dan senjata ampuh sebagai penunjang untuk meyakinkan perusahaan.

Kedisiplinan juga dapat dilihat dari surat keterangan atau sertifikat berorganisasi. Seorang anggota organisasi dituntut untuk bersikap disiplin dan bertanggung jawab selama masa jabatan. Selain itu, menjadi bagian dari dunia kerja tentu membawa konsekuensi untuk mampu bekerjasama dalam tim. Oleh karena itu, selain nilai akademik, kedisiplinan dalam bekerja sama dalam tim organisasi merupakan pertimbangan tersendiri. Contohnya dalam sebuah acara organisasi maupun kegiatan kepanitiaan. Kedisiplinan tinggi dituntut sehingga kemungkinan untuk diterima semakin tinggi. Tidak hanya itu, profesionalisme dalam manajemen emosi saat bekerjasama dalam tim organisasi juga menjadi bukti konkrit kapabilitas seseorang sebagai pekerja yang baik atau tidak.

praktekkan-5-tips-mengelola-keuangan-untuk-mahasiswa-kos-finansialku

[Baca Juga: Praktekkan! 5 Tips Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa Kos]

 

Intinya, kedisiplinan akan berkontribusi penting dalam keberhasilan seorang yang sedang mengikuti seleksi masuk sebuah perusahaan. Jika seseorang disiplin, ia tidak akan memiliki celah yang dapat mengurangi rasa percaya dirinya. Memiliki IPK yang baik, kemampuan berkomunikasi dalam berbagai bahasa serta kebiasaan bekerja dalam tim akan menjadi percuma jika tidak tahu cara menyakinkan perusahaan terkait kedisiplinan.

 

#3 IPK Membantu Tim HRD Melihat Bakat

Pada ijazah jenjang perkuliahan akan ada beberapa mata kuliah pilihan yang dapat menunjukkan minat dan bakat seseorang. Contohnya kemampuan berbahasa, pelayanan sosial dan pelatihan tertentu. Kemampuan menguasai banyak bahasa akan sangat terasa gunanya jika bekerja di posisi yang mengharuskan seseorang untuk berhubungan dengan banyak orang. Contohnya untuk perusahaan multinasional pada bagian customer relation. Pelanggan sebuah perusahaan multinasional biasanya tidak hanya berasal dari satu negara tapi juga berasal dari berbagai negara. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi dalam banyak bahasa menjadi poin penting yang akan menunjang proses bekerja.

jika-orang-tua-telat-transfer-bulanan-harus-bagaimana-2-finansialku

[Baca Juga: Orang Tua Telat Transfer Bulanan, Harus Bagaimana ?]

 

Berikan opini kamu mengenai artikel di atas. Jika kamu memiliki pertanyaan, masukkan pada kolom di bawah ini. Tim dari finansialku.com akan menjawabnya! Semoga artikel bermanfaat. Silakan bagikan informansi yang berguna ini kepada pasanganmu atau teman-temanmu! Indahnya berbagi.

 

Sumber:

  • Priscilla 16 Januari 2015. Dengan Atau Tanpa IPK Tinggi, 12 Cara Ini Bisa Membantumu Mendapatkan Pekerjaan Impian! https://goo.gl/ZKLtFd
  • Steffi Teowira. 19 Desember 2016. Apakah IPK Penting Dalam Pencarian Kerja? https://goo.gl/JFaoqR

 

Sumber Gambar:

  • Soft Skills – https://goo.gl/Hgsug7
  • Nilai A – https://goo.gl/sx3CW9

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang