Seseorang yang tidak percaya diri tidak akan bisa menjadi sukses. Tidak semua orang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sebagian orang merasa hal itu tidak menjamin kesuksesan. Nyatanya orang yang tidak percaya diri sebenarnya akan sangat sulit untuk menjadi orang yang sukses.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Percaya Diri dan Sukses

Semua orang ingin menjadi sukses. Baik secara karier, keuangan, atau bahkan dengan rumah tangga. Salah satu kunci kesuksesan adalah kepercayaan diri. Jika Anda tidak percaya diri maka sulit untuk mencapai kesuksesan dalam bidang apapun, termasuk dalam keuangan. Sayangnya tidak semua orang cukup percaya diri dengan dirinya sendiri serta apa yang bisa dilakukannya.

Setiap orang memiliki karakteristik masing-masing. Ada orang-orang yang begitu percaya diri untuk tampil di depan panggung, orang-orang seperti ini biasanya adalah seorang ekstrovert. Orang-orang ekstrovert adalah mereka yang beriorientasi kepada lingkungan. Biasanya seorang ekstrovert haus akan interaksi dan hubungan dengan orang lain. Sebaliknya ada juga sebagian orang yang merasa tidak nyaman jika harus berada di tengah keramaian. Jangankan untuk tampil di depan panggung, untuk berbicara panjang lebar dengan orang lain saja membuatnya merasa tidak nyaman. Mereka lebih suka bermain dengan pikirannya sendiri daripada harus bertukar pikiran dengan orang lain. Orang-orang ini disebut orang yang introvert.

Ilustrasi Jika Tidak Percaya Diri, Anda Tidak akan Bisa Menjadi Orang Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

Hanya saja kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah kesuksesan tidak selalu bergantung dengan karakter extrovert atau introvert. Seorang introvert mungkin tidak merasa nyaman jika harus berada di tengah kerumunan orang, tetapi belum tentu ia tidak percaya diri akan apa yang dikerjakannya. Kepercayaan diri yang dibutuhkan adalah percaya diri akan apa yang bisa Anda lakukan dan apa yang sedang Anda kerjakan.

 

Mari kita lihat ilustrasi berikut ini:

Ilustrasi Jika Tidak Percaya Diri, Anda Tidak akan Bisa Menjadi Orang Sukses 03 - Finansialku

[Slide: 13 Kualitas dan Mindset Dibalik Seorang Entrepreneur Sukses]

 

Seorang yang sukses biasanya memiliki kepercayaan diri terhadap dirinya sendiri serta apa yang bisa ia lakukan. Berbeda halnya dengan orang yang selalu gagal, ia hanya bisa memandang orang yang sukses dan terus meratapi keadaan. Orang seperti ini akan selalu bertanya “Mengapa saya tidak bisa sukses seperti dia?”. Apakah Anda adalah salah satu orang yang sering mengajukan pertanyaan tersebut dalam pikiran sendiri?

Jika Anda sering menanyakan hal yang sama, cobalah untuk mengintrospeksi diri. Pada dasarnya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ingat, selalu ada kelebihan pada diri masing-masing orang. Sayangnya karena rasa kurang percaya diri, seringkali seseorang merasa tidak memiliki kelebihan. Padahal sebenarnya ia memiliki sebuah kelebihan. Akibatnya kalimat yang sering muncul adalah:

“Saya tidak bisa melakukan hal itu”

“Saya tidak berbakat dalam bidang itu”

“Saya tidak mungkin bisa berhasil”

 

Dan segudang kalimat pesimis lainnya. Tahukah bahwa segudang kalimat pesimis tersebut dapat mempengaruhi kinerja Anda? Jika Anda terus berpikir negatif maka tanpa disadari otak Anda merekam perkataan itu dan memunculkannya dalam tindakan Anda. Akhirnya semua yang Anda kerjakan benar-benar tidak berhasil, padahal jika Anda memutuskan untuk optimis, peluang keberhasilan Anda akan meningkat.

 

Orang yang Percaya Diri Lebih Mudah Sukses

Berikut adalah beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa seseorang yang percaya diri lebih mudah menjadi sukses jika dibandingkan dengan orang yang tidak percaya diri:

Pahami Teori Kesuksesan ala Tony Robbins – Motivator Termahal Di Dunia 01 - Finansialku

  [Baca Juga: Pahami Teori Kesuksesan ala Tony Robbins – Motivator Termahal Di Dunia]

 

#1 Mampu Mendeklarasikan Idenya

Seseorang yang percaya diri umumnya berani mengutarakan pendapatnya. Tidak hanya berbicara, tetapi juga berani mendeklarasikan idenya. Dengan begitu ide tersebut bukan hanya menjadi sekedar angan-angan yang tidak pernah dijalankan. Hal ini berlaku bagi kalangan manapun, baik karyawan maupun pengusaha. Misalnya, banyak orang yang mempunyai sebuah ide bisnis tetapi tidak cukup berani untuk mengutarakan dan menjalankan bisnis tersebut. Akhirnya bisnis tersebut hanya menjadi angan-angan. Secemerlang apapun ide yang Anda miliki tidak akan pernah membawa Anda pada kesuksesan jika hanya dibayangkan dan menjadi angan-angan.

 

#2 Yakin Bahwa Idenya akan Berhasil

Orang yang percaya diri akan yakin bahwa idenya dapat berhasil. Memang rasa percaya diri saja tidak cukup untuk menjamin sebuah pekerjaan bisa berhasil. Tetapi rasa percaya diri akan mendukung Anda untuk terus bersemangat mencari jalan untuk berhasil. Jika mengalami sebuah kegagalan, orang yang percaya diri tidak akan patah semangat, tetapi justru mencari jalan keluar atau alternatif lain. Berbeda halnya dengan orang yang selalu pesimis pada dirinya sendiri. Ketika dihadapkan dengan sebuah permasalahan atau kegagalan, dia akan langsung menyesal dan meratapi kegagalannya. Jangankan kegagalan, seringkali orang yang tidak percaya diri bahkan tidak cukup berani untuk mengambil langkah pertama menuju kesuksesannya. Bagaimana mungkin orang seperti ini bisa sukses?

Ingin Sukses Berbisnis dan Berinvestasi Ini Salah Satu Kuncinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis dan Sukses Berinvestasi? Ini Salah Satu Kuncinya]

 

#3 Mampu Meyakinkan Orang Lain

Orang yang percaya diri mampu meyakinkan orang lain akan apa yang diyakininya. Sama halnya seperti sebuah passion, jika Anda memiliki passion akan sebuah bidang, Anda dapat menjadi ahli dalam bidang tersebut dan meyakinkan banyak orang dengan apa yang Anda kerjakan. Mengapa? Karena ketika Anda memiliki passion yang begitu dalam pada sebuah bidang, Anda sangat percaya diri bahwa Andalah ahlinya. Rasa percaya diri itu akan terpancar dan mempengaruhi orang lain yang menjadi lawan bicara Anda.

Namun demikian, terkadang tidak semua orang akan mendengarkan apa yang Anda katakan, tetapi seorang yang percaya diri yakin bahwa jika satu atau dua orang tidak mempercayai idenya, mungkin ada orang lain yang bisa mempercayainya. Mereka tidak kehilangan keyakinan pada dirinya sendiri hanya karena ada beberapa orang yang tidak mempercayai idenya, melainkan mereka sibuk meyakinkan orang lain mengenai apa yang diyakininya. Tidak penting apakah Anda adalah seorang introvert atau extrovert.

 

Rasa Percaya Diri adalah Salah Satu Kunci Kesuksesan

Rasa percaya diri merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menjadi sukses. Dengan rasa percaya diri Anda menyebarkan energi positif kepada diri sendiri dan kepada orang lain. Tanpa disadari Anda sedang memupuk kesuksesan yang didambakan. Baik itu dalam pekerjaan, bisnis, keluarga, atau aspek kehidupan apapun yang Anda inginkan. Berhentilah mempertanyakan kemampuan Anda sendiri secara negatif. Kebiasaan itu tidak akan membawa Anda pada kesuksesan, lebih baik terus berpikir positif dan percaya pada kemampuan Anda agar kemampuan tersebut terus berkembang.

 

Menurut Anda, apa yang menjadi kunci kesuksesan orang yang berhasil dan memiliki uang banyak? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Karla Farhana. 7 September 2015. 7 Alasan Orang yang Percaya Diri Cenderung Cepat Berhasil. Bintang.com – https://goo.gl/05VkrA

 

Sumber Gambar:

  • Man in Mirror – https://goo.gl/mlZHrF
  • Couple in Mirror – https://goo.gl/lGnlKP

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku