Entrepreneur sukses pasti memiliki kualitas dan mindset yang mendukung usaha-usahanya mencapai tujuan bisnisnya. Kira-kira kualitas dan mindset seperti apa yang membuat seseorang menjadi entrepreneur sukses?

 

Rubrik Finansialku

Wealth Mindset

 

13 Mindset Entrepreneur Sukses yang Perlu Kita Miliki

Setiap entrepreneur berasal dari bentuk, ukuran, usia dan industri yang berbeda-beda. Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan entrepreneur? Silakan tinggalkan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Slide: 13 Kualitas dan Mindset Dibalik Seorang Entrepreneur Sukses

[Baca Juga: Mindset yang Harus Kita Miliki untuk Menjadi Lebih Sejahtera dan Sukses]

 

Sekarang ini di era digital, entrepreneur tidak hanya didefinisikan sebagai orang yang membangun bisnisnya sendiri.  Tahukah Anda, ada banyak orang entrepreneur yang gagal di tahun-tahun pertama mereka memulai bisnis. Banyak ahli yang mendefinisikan entrepreneur sebagai cara berpikir atau sebuah mindset. Sangat dimungkinkan seorang karyawan dapat memiliki mindset sebagai seorang entrepreneur sukses. Berikut ini mindset entrepreneur sukses yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses:

 

#1 Entrepreneur sukses bekerja, tidak hanya untuk uang

Seorang entrepreneur sukses memang membutuhkan uang untuk hidup, tetapi uang bukanlah faktor pendorong utama. Seorang entrepreneur sukses memiliki passion (minat) atas pekerjaan mereka dan menyenangi pekerjaan mereka. Entrepreneur tidak bekerja untuk mendapatkan uang, melainkan belajar dari pengalaman dan mendapatkan hasil terbaik.

 

#2 Tidak ragu untuk mencoba

Hampir setiap entrepreneur pernah mengalami kegagalan atau melakukan kesalahan fatal. Seorang entrepreneur sukses selalu belajar dari kesalahan dan kegagalan serta mengambil pelajaran.

Slide: 13 Kualitas dan Mindset Dibalik Seorang Entrepreneur Sukses

[Baca Juga: Agar Tidak Alami Kegagalan Berwirausaha, Hindari 8 Kesalahan Ini]

 

#3 Fokus pada sebuah tujuan

Apakah Anda pernah menemukan seorang entrepreneur baru yang memiliki banyak pekerjaan. Seorang entrepreneur sukses selalu fokus pada satu tujuan dan tidak menambah pekerjaan sampingan. Alih-alih menjadi Rambo dengan senjata machine guns, lebih baik menjadi sebuah laser.

 

#4 Memiliki mentor

Tidak ada orang atau entrepreneur yang langsung tahu segala sesuatu tentang bisnis. Anda memerlukan panduan seorang mentor untuk menjadi entrepreneur sukses. Salah seorang penasihat keuangan di Amerika, bernama Robert T. Kiyosaki pernah mengatakan:

Jika Anda ingin pergi ke suatu tempat, maka langkah terbaiknya adalah cari orang yang sudah pernah sampai ke tujuan Anda.

Robert T. Kiyosaki

 

Mentor yang baik bukanlah orang yang menjadi bos, memerintahkan Anda untuk melakukan ini itu. Seorang mentor yang baik akan memberikan petunjuk apa yang sebaiknya Anda lakukan.

 

#5 Memiliki pertanyaan yang tepat

Tahukah Anda mengubah kata-kata kita dapat membuat dunia kita juga berbeda.

  • Pertama tanyakan terlebih dahulu mengenai “Mengapa …?” Kata tanya mengapa akan membuat seseorang memikirkan alasan atau sumber permasalahan. Entrepreneur sukses selalu berusaha memberikan solusi.
  • Alih-alih mengatakan saya tidak dapat melakukan …, Anda dapat membuat kalimat bagaimana cara saya melakukan …

 

#6 Mereka bermimpi besar dan mulai membuat langkah kecil

Seorang entrepreneur sukses harus memiliki mimpi dan visi yang besar. Mereka selalu memulai usahanya dari langkah kecil dan membangun pondasi bisnis yang kokoh. Apakah Anda pernah mendengar kisah sukses Jack Ma (pendiri Alibaba.com). Beliau pernah mengatakan “small is beauty”, karena memulai dari kecil lebih mudah diarahkan.

Kekayaan Jack Ma, pendiri Alibaba Mencapai US$ 26,5 Miliyar

[Baca Juga: Kekayaan Jack Ma, pendiri Alibaba Mencapai US$ 26,5 Miliyar]

 

#7 Mereka membuat prioritas

Salah satu permasalahan yang dimiliki oleh setiap entrepreneur sukses adalah masalah waktu. Banyak hal yang harus dikerjakan dalam waktu yang singkat, oleh sebab itu setiap entrepreneur sukses pasti memiliki prioritas. Mulailah membuat tujuan (goals), membuat rencana (plan) dan mulai membuat rencana kerja (action plan). Fokus untuk mengerjakan satu per satu pekerjaan dari waktu ke waktu serta belajar dari setiap kejadian.

 

#8 Entrepreneur bukan single player tetapi TEAM

Bisnis pada umumnya adalah permainan team bukan permainan single player. Seorang entrepreneur sukses membutuhkan sebuah tim yang solid dan bergerak ke arah yang sama alias satu visi. TEAM yang solid adalah modal berharga untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah bisnis. Sebaliknya TEAM yang buruk adalah racun yang dapat membunuh bisnis baru dalam waktu singkat.

Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama dan Kebersamaan Anggota Keluarga

[Baca Juga: Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama dan Kebersamaan Anggota Keluarga]

 

#9 Mereka punya keyakinan, mereka akan sukses

Seorang entrepreneur sukses pasti memiliki keyakinan. Mereka yakin pada dirinya sendiri, mereka yakin kepada anggota timnya dan mereka yakin pada tujuan bersama. Seorang entrepreneur sukses perlu bersikap optimisme dengan didukung data-data penunjang.

 

#10 Tidak selalu semuanya harus sempurna

Seorang entrepreneur sukses pasti memiliki keyakinan. Mereka yakin pada dirinya sendiri, mereka yakin kepada anggota timnya dan mereka yakin pada tujuan bersama. Seorang entrepreneur sukses perlu bersikap optimisme dengan didukung data-data penunjang.

Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis]

 

Seorang entrepreneur sukses memiliki batas tingkat perfeksionisme.

  • Produk yang bagus adalah produk yang lebih baik dari pada yang sudah ada saat ini.
  • Produk yang sudah laku terjual adalah produk yang lebih baik daripada produk yang akan menjadi sempurna.

 

#11 Entrepreneur sukses menghindari orang dan lingkungan yang buruk

Bagaimana cara seseorang memiliki mindset positif jika mereka masih berada di lingkungan yang buruk. Seorang entrepreneur sukses didukung dengan lingkungan yang positif dan membangun.

 

#12 Entrepreneur sukses tidak pernah berhenti belajar

  • Kapan terakhir kali Anda selesai membaca buku (selain bacaan non fiksi dan komik)?
  • Kapan terakhir kali Anda mengikuti seminar atau pelatihan untuk mengembangkan diri (personal development)?

Entrepreneur sukses adalah orang-orang yang haus akan ilmu. Mereka tidak akan pernah berhenti belajar, mencoba dan memperbarui pengetahuan serta teknologi. Seorang entrepreneur sukses perlu pembelajaran dan perbaikan yang berkelanjutan.

90+ Mindset yang Membuat Orang Susah Jadi Pengusaha

[Baca Juga: 90+ Mindset yang Membuat Orang Susah Jadi Pengusaha]

 

#13 Mampu menangkap peluang

Entrepreneur sukses mampu melihat peluang-peluang yang ada dan selalu berusaha melakukan perbaikan. Jika Anda ingin menjalankan startup atau bisnis Anda sendiri, maka Anda harus menjawab pertanyaan besar:

Apa permasalahan yang ingin Anda selesaikan, dengan bisnis Anda?

Jawab: …

Silakan tinggalkan opini pada kolom komentar di bawah ini.

 

Entrepreneur Sukses Bukan Apa Profesi Anda, tetapi Bagaimana Cara Pikir Anda

Apakah ada seorang karyawan yang memiliki mindset seorang entrepreneur? dan sebaliknya. Jawabannya ada dan banyak. Apa pun pekerjaan Anda saat ini (baik bekerja sebagai karyawan, pemilik bisnis dan investor) milikilah mindset seorang entrepreneur yang mampu memecahkan masalah dan memberikan solusi yang terbaik.

 

Dari ke-13 kualitas entrepreneur sukses di atas, kualitas mana yang paling mudah dan paling sulit untuk dijalankan? Silakan tinggalkan opini Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Gambar:

  • Entrepreneur – https://goo.gl/n2NrfE
  • Diego Hernandez. Unsplash.com – https://goo.gl/DCQGMl
  • Andrew Ponz. Unsplash.com – https://goo.gl/XdCNKI
  • Business mindset – https://goo.gl/8uDGTC
  • Corinne Kutz. Unsplash.com – https://goo.gl/YS8djK
  • Michael Hirsch. Unsplash.com – https://goo.gl/WdFfXo
  • Joshua Earle. Unsplash.com – https://goo.gl/1GPRhh
  • Mentor coach – https://goo.gl/I53umn
  • Right question – https://goo.gl/e3cAIS
  • Back to school – https://goo.gl/zrgRKn
  • Light bulb – https://goo.gl/crd4jk
  • Ashim D’Silva. Unsplash.com – https://goo.gl/IMWjVE
  • Rachel Barkdor. Unsplash.com – https://goo.gl/MyTiqD
  • Pascal Swier. Unsplash.com – https://goo.gl/SLjXtQ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang