Teori kesuksesan ala Anthony Robbins alias Tony Robbins, seorang motivator, pelatih dan pembicara dengan bayaran termahal di dunia. Melalui artikel ini, Finansialku akan memberikan wawasan dan encouragement bagi Anda melalui seorang motivator ternama di dunia. Selamat membaca dan selamat memasuki gerbang kesuksesan Anda!

 

Rubrik Finansialku

Finansialku Planner

 

Uang adalah Suatu Kekuatan

Menurut Sir Francis Bacon, uang adalah hamba yang baik, tetapi juga merupakan tuan yang buruk. Bagi sebagian kita, uang merupakan sesuatu yang vital dan amat penting, namun bukan merupakan puncaknya. Uang hanya merupakan alat, sumber kekuatan yang digunakan untuk melayani orang lain agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pada dasarnya uang adalah mengenai kekuatan. Uang dapat memiliki kekuatan untuk menciptakan atau menghancurkan. Uang dapat mendanai sebuah mimpi dan juga dapat memuai sebuah perang. Anda dapat memberikan uang sebagai hadiah atau juga menggunakannya sebagai senjata. Uang dapat digunakan untuk mempengaruhi pemerintah dan individu.

Pahami Teori Kesuksesan ala Tony Robbins – Motivator Termahal Di Dunia

[Baca Juga: Cara Mencapai Kebebasan Finansial Menurut Anthony Robbins]

 

Menguasai atau Dikuasai Uang

Namun demikian, pada tingkatan tertentu uang merupakan sebuah ilusi. Sebenarnya, apa itu uang? Uang merupakan salah satu yang dapat mewujudkan mimpi kita menjadi kenyataan dalam kehidupan yang kita jalani. Bagaimana cara Anda menangani uang adalah mencerminkan bagaimana Anda menangani kekuasaan. Renungkanlah hal ini: apakah Anda menggunakan uang atau uang menggunakan Anda? Anda menguasai uang, atau pada tingkatan tertentu, uang menguasai Anda?

Menurut pendapat sebagian orang kaya, mereka menganggap uang sebagai suatu permainan. Permainan adalah suatu refleksi dari kehidupan. Agar dapat memenangkan suatu permainan atau pertandingan, Anda harus tahu aturan dan belajar strategi terbaik untuk sukses dari mereka yang telah menguasai pertandingan. Demikian juga dalam menghadapi keuangan. Bayangkan akan menjadi bagaimana kehidupan Anda apabila Anda menguasai permainan ini – dalam hal ini berkaitan dengan masalah keuangan.

Pahami Teori Kesuksesan ala Tony Robbins – Motivator Termahal Di Dunia

[Baca Juga: Lupakan Saja, Mimpi yang Tidak Memotivasi Anda]

 

Kebebasan Finansial

Apa itu kebebasan finansial? Bagaimanakah rasanya menjadi seorang yang bebas secara finansial? Mari bayangkan suatu kondisi berikut ini:

  • Anda tidak perlu khawatir untuk pergi ke kantor setiap pagi atau membayar tagihan atau dana pensiun Anda.
  • Anda menjalani kehidupan sesuai dengan keinginan Anda sendiri.
  • Anda dapat memulai suatu bisnis Anda sendiri dan mampu membeli rumah untuk orangtua Anda serta mengirim anak-anak Anda untuk berkuliah ke perguruan tinggi bahkan mengirim mereka ke perguruan tinggi ternama di luar negeri.
  • Anda memiliki kebebasan untuk berkeliling dunia.
  • Anda bangun setiap pagi dengan menyadari akan cukupnya uang Anda dalam membiayai tidak hanya untuk kebutuhan Anda sehari-hari bahkan untuk tujuan dan mimpi Anda.

Itulah beberapa contoh kehidupan yang mengalami kebebasan finansial. Kehidupan yang bebas finansial terlihat dari cara pandang mengenai pekerjaan. Mereka yang bebas secara finansial merasa bahwa mereka bekerja karena mereka menginginkannya bukan karena mereka harus melakukannya.

 

Rahasia Menuju Kesuksesan

Rahasia menuju kesuksesan dan kekayaan begitu sederhana. Temukan cara untuk berbuat lebih banyak bagi orang lain daripada yang diperbuat orang lain. Jadilah pribadi yang lebih bernilai. Lakukan lebih dan memberi lebih banyak. jadilah pribadi yang lebih seperti melayani lebih banyak sehingga dengan demikian Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih.

Orang-orang yang sukses di tingkat tertinggi bukanlah mereka yang mengalami keberuntungan namun mereka yang sedang melakukan sesuatu yang berbeda dari yang dilakukan oleh orang lain. Mereka adalah orang-orang yang memiliki rasa lapar tanpa henti untuk belajar dan bertumbuh serta melakukan berbagai pencapaian.

Pahami Teori Kesuksesan ala Tony Robbins – Motivator Termahal Di Dunia

[Baca Juga: 3 Alasan, Anak Muda Zaman Sekarang Harus Mulai Belajar Investasi]

 

Demi meraih kesuksesan, kita perlu mengisi diri kita dengan hal-hal yang bermanfaat dan tentunya positif. Janganlah belajar dari orang-orang yang rekam jejaknya belum terbukti. Hal ini bisa digambarkan seperti seorang psikolog pengonsumsi Prozac (obat anti depresi) yang memberi tahu Anda bagaimana Anda dapat memiliki kehidupan yang memuaskan atau belajar dari orang gemuk yang memberi tahu Anda bagaimana mendapatkan tubuh yang langsing dan bugar sementara ia sendiri masih terbalut dengan tubuhnya yang tebal dengan timbunan lemak.

 

Hidup adalah Proses Pembelajaran/Prinsip Orang Sukses

Anda disarankan untuk belajar dari orang-orang yang sudah memiliki rekam jejak yang sudah terbukti. Apabila Anda ingin mengalami kesuksesan secara finansial, libatkan diri Anda dengan berbagai buku biografi dari orang-orang sukses, miliarder yang menghasilkan kekayaan mereka sendiri, pemenang hadiah Nobel dan para raksasa keuangan. Beberapa contoh master keuangan yang Anda dapat belajar dari mereka diantaranya:

Pahami Teori Kesuksesan ala Tony Robbins – Motivator Termahal Di Dunia

[Baca Juga: Masa Lalu Tidak Sama Dengan Masa Depan]

 

#1 John C Bogle

Orang bijak yang berusia 85 tahun dengan pengalamannya selama 64 tahun menorehkan sejarah pasar saham dan pendiri Vanguar Group, perusahaan reksa dana nomor satu di dunia.

 

#2 Ray Dalio

Pendiri dan pengelola dana investasi global (hedge fund) terbesar di planet ini dengan aset 160 miliar dolar.

 

#3 David Swensen

Investor institusi terbesar sepanjang masa yang menumbuhkan dana abadi Yale University dari 1 miliar dolar menjadi lebih dari 23,9 miliar dolar dalam waktu kurang dari dua dekade.

 

#4 Kyle Bass

Seorang pria yang mengubah investasi 30 juta dolar menjadi 2 miliar dolar dalam dua tahun selama Subprime Mortage.

 

#5 Carl Icahn

Seorang yang mengungguli Warren Buffet dalam siklus sepuluh tahun terakhir.

 

#6 Mary Callahan Erdoes

Wanita paling kuat di bidang keuangan yang mengawasi lebih dari 2,5 triliun dolar disamping sebagai CEO JP Morgan Asset Management.

 

#7 Charles Schwab

Pemimpin revolusi untuk membuka Wall Street bagi investor individu dan memiliki perusahaan dengan keuntungan 2,38 triliun dolar.

Pahami Teori Kesuksesan ala Tony Robbins – Motivator Termahal Di Dunia

[Baca Juga: 2 Jurus Membesarkan Bisnis dan Menjadi Miliarder]

 

Kendala Kesuksesan

Apa yang menghalangi kita untuk memulai jalan menuju kebebasan finansial. Bagi banyak orang yang menjadi penghalang kebebasan finansial adalah pikiran yang berada di kepala kita. Salah satu alasan mengapa sebagian orang menjadi sukses adalah karena mereka memiliki pengetahuan yang tidak dimiliki oleh orang lain.  

Bagaimana dengan krisis keuangan yang kerap dihadapi? Sebetulnya krisis keuangan yang kita hadapi menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, tetapi juga membuat kita mengevaluasi ulang apa yang paling penting dalam kehidupan kita, yaitu hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan uang.

 

Pelajaran apa yang didapat dari motivator ternama dunia, Tony Robbins? Berikan komentar dan jawaban Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Anthony Robbins. 2015. Money Master The Game. Phoenix: USA

 

Sumber Gambar:

  • Anthony Robbins – https://goo.gl/ujXenT dan https://goo.gl/PZoDiR
  • Tony Robbins – https://goo.gl/BhCYg0 dan https://goo.gl/pnfKYp
  • Tony Robbins Family – https://goo.gl/d7SHhP dan https://goo.gl/Ccu2Xd

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang