Kenapa anak muda zaman sekarang harus sudah mulai belajar investasi? Apa saja yang perlu disiapkan sebelum berinvestasi? 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest 

Jangan Tunggu Nanti Punya Duit Baru Belajar Investasi, Keburu Telat

10 tahun yang lalu, anak-anak muda usia 20 – 25 masih asing dengan kata investasi. Satu hal yang dipikirkan adalah segera menyelesaikan skripsi, lulus kuliah, ngelamar kerjaan (dan berdoa mendapatkan gaji besar). Masalah keuangan, gimana nanti setelah kerja. Apakah zaman sekarang masih sama seperti itu?

 

3-alasan-anak-muda-zaman-sekarang-harus-mulai-belajar-investasi-finansialku

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Diketahui Anak Muda mengenai Reksa Dana?]

 

Zaman sudah berubah, anak-anak muda di Indonesia juga harus segera mulai mengenal investasi. Teman-teman perlu tahu bahwa remaja di negeri tetangga (Singapura, Malaysia) sudah tidak asing lagi dengan keuangan dan investasi. Mereka sudah biasa dengan istilah investasi, mutual fund (reksa dana), saham dan lain sebagainya.

Celakanya kita sekarang sudah masuk ke era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Jadi remaja di negara tetangga bisa berkompetisi bebas dengan remaja di Indonesia. Bagaimana biar remaja di Indonesia juga tetap hebat dan tidak ketinggalan? Jawabannya remaja di Indonesia juga harus meningkatkan kompetensi dan daya saingnya. Anda tentunya tidak mau donk, kalah sama remaja-remaja di negeri tetangga? Kalau begitu Anda juga harus tahu dan mulai belajar investasi.

Penjelasan di atas, mengenai persaingan global adalah alasan eksternal yang perlu Anda pikirkan. Namun ada juga alasan-alasan Anda harus mulai belajar investasi untuk keperluan pribadi Anda:

 

#1 Belajar Investasi agar Anda dapat Segera Memiliki Kontrol atas Investasi

Ketika berbicara investasi, banyak orang-orang usia 30 an mengatakan saya tidak terlalu suka berinvestasi, karena risikonya besar. Mereka tidak tahu bahwa ternyata risiko dalam investasi itu terjadi karena seseorang tidak memiliki kontrol atau kendali atas investasinya. Apa yang dimaksud dengan kontrol atau kendali atas investasi?

Begini, investasi dapat diibaratkan sebagai kendaraan yang akan membantu Anda bergerak dari titik A (kondisi keuangan Anda saat ini) menuju titik B (kondisi keuangan yang Anda inginkan). Berbicara kendaraan, coba bayangkan sebuah sepeda motor besar, berkapasitas 1.000 cc seperti pada gambar di bawah ini.

 3-alasan-anak-muda-zaman-sekarang-harus-mulai-belajar-investasi-2-finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Risiko dan Berisiko dalam Investasi?]

 

Ya motor di atas, adalah kendaraan yang juga digunakan oleh pembalap moto GP, bernama Valentino Rossi. Coba bayangkan diri Anda (yang bukan pembalap) mengendarai kendaraan tersebut.

  • Menurut Anda, seberapa besar risiko Anda terjatuh saat mengendarai kendaraan tersebut?
  • Bagaimana dengan Valentino Rossi? Apakah risiko Rossi terjatuh dan risiko Anda terjatuh sama besar? Jika berbeda, Siapa yang risiko nya lebih besar? dan Kenapa bisa berbeda?

 

Jawabannya adalah Valentino Rossi sudah belajar terlebih dahulu, sudah terlatih, memiliki jam terbang yang lebih banyak dibandingkan saya dan Anda. Oleh sebab itu Valentino Rossi lebih memiliki kendali atas kendaraannya.

Kembali ke investasi, Anda juga perlu mulai belajar investasi agar Anda segera memiliki kendali atas investasi. Jadi tiba saatnya Anda harus tekan gas, untuk meningkatkan penghasilan bulanan, Anda tidak terlambat, Anda sudah memiliki kendali yang dibutuhkan.

 

#2 Anda dapat Segera Mewujudkan Rumah Pertama, Menikah dan Impian Anda

Salah satu fungsi perencanaan keuangan adalah untuk membantu klien mewujudkan tujuan keuangan. Contoh tujuan keuangan:

  • Bagaimana caranya agar setelah Anda lulus kuliah, 5 tahun kerja bisa beli rumah?
  • Kemudian bisa menikah dengan dana sendiri?
  • Memiliki kendaraan atau mobil keluarga?
  • Menyiapkan kelahiran buah hati?
  • dan lain sebagainya.

 

Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Namun supaya investasinya lebih efektif, Anda perlu belajar terlebih dahulu. Biasanya remaja akan mengatakan: lho, tapi kan saya masih kuliah, masa perlu belajar investasi?

 

Justru karena Anda masih muda dan kuliah,  

  • masih memliki banyak waktu,
  • masih memiliki banyak kesempatan,
  • masih boleh melakukan kesalahan,
  • masih bisa belajar dan beradaptasi dengan cepat,
  • masih belum punya tanggungan,
  • masih belum ada utang,

 

Lain cerita jika Anda sudah menikah dan punya tanggungan anak istri. Mungkin Anda akan berpikir 10 – 20 kali mengenai belajar investasi.

 

#3 Mencapai Kebebasan Keuangan

Belajar investasi saat usia muda juga meningkatkan peluang Anda untuk bisa mencapai kebebasan keuangan (financial freedom). Ide dasar kebebasan keuangan adalah mengubah penghasilan aktif menjadi penghasilan investasi dan penghasilan pasif.

  • Penghasilan aktif : penghasilan yang didapat seseorang, karena menukarkan waktu, tenaga, pikiran dan keringat dengan uang.
  • Penghasilan investasi : penghasilan yang didapat seseorang, karena uangnya bekerja dan menghasilkan uang.
  • Penghasilan pasif : penghasilan yang didapat seseorang, karena asetnya bekerja dan menghasilkan uang.

 Cara Mencapai Kebebasan Finansial Menurut Anthony Robbins 2 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mencapai Kebebasan Keuangan menurut Anthony Robbins]

 

Makin cepat Anda belajar investasi, makin cepat Anda memiliki kendali dan mulai berinvestasi dengan efektif. Semakin cepat Anda meningkatkan penghasilan investasi, artinya semakin cepat pula Anda mencapai kebebasan keuangan.

 

Ga Ada Ruginya Belajar Investasi, Sejak Usia Muda

Tahukah Anda, financial literacy adalah salah satu skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh orang-orang abad 21. Investasi adalah satu dari bagian financial literacy dan layak untuk Anda pelajari segera.

 

Menurut Anda mana yang lebih tepat investasi ahulu baru belajar? Atau belajar dahulu baru investasi? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar berikut ini ya.

 

Sumber Gambar:

  • Happy Girl – https://goo.gl/Rq2oBR
  • YZR-M1, Movistar Yamaha MotoGP – https://goo.gl/pkdHlO

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang