Bagaimana cara sukses berbisnis dan berinvestasi? Bisnis dan investasi dapat memberikan peluang keuntungan bagi setiap orang yang menjalankannya. Tetapi tidak semua orang selalu sukses menjalankannya. Mari kita bahas salah satu kunci sukses.

 

Rubrik Finansialku

Fin Quotes

 

Sukses Berbisnis dan Sukses Beinvestasi

Dalam kehidupan manusia, hampir semua orang memiliki sebuah cita-cita yang sama yaitu untuk menjadi kaya raya. Kekayaan itu bisa didapatkan dengan berbagai cara, mulai dari karier yang sukses, bisnis hingga investasi. Kali ini kita akan membahas mengenai menjadi kaya raya dengan bisnis dan investasi.

Kedua hal ini memiliki konsep yang sangat berbeda, tetapi keduanya mengharuskan Anda memiliki modal. Modal yang digunakan dalam bisnis dan investasi dapat berasal dari berbagai sumber. Bisa saja Anda menggunakan uang sendiri, atau jika tidak memiliki uang kas yang cukup, Anda bisa meminjam dana dari bank maupun debitur lainnya. Dari mana pun modal yang Anda gunakan untuk berbisnis maupun berinvestasi, mau tidak mau modal tersebut harus segera menghasilkan keuntungan. Jika tidak bisa memberikan keuntungan, untuk apa Anda repot-repot menyediakan sejumlah dana untuk diputar dalam sebuah bisnis maupun investasi?

Ingin Sukses Berbisnis dan Sukses Berinvestasi? Ini Salah Satu Kuncinya

[Baca Juga: Apakah Anda Ingin Membeli Asuransi Investasi Terbaik? Pikirkan Lagi 3 Hal Ini!]

 

Hanya saja untuk bisa menghasilkan keuntungan, seringkali sebuah bisnis atau investasi membutuhkan proses yang cukup panjang dan tidak sederhana, terutama jika kita berbicara tentang bisnis. Sebagai seorang wirausahawan Anda harus membangun bisnis tersebut dari awal. Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan dengan matang. Proses untuk mendapatkan keuntungan bukanlah langkah yang instan. Ada banyak proses pembelajaran yang harus dilewati hingga bisnis tersebut benar-benar matang dan dapat menghasilkan keuntungan bersih yang sudah dikurangi seluruh modal yang harus dikembalikan. Nyatanya selama proses itu berlangsung, tidak semua hal selalu berjalan sesuai rencana. Terkadang ketika Anda sudah mendapatkan keuntungan, tiba-tiba saja terjadi hal-hal tidak terduga yang membuat Anda harus mengeluarkan uang yang tidak direncanakan. Akhirnya keuntungan yang sudah didapatkan kembali ke angka minus.

Hal serupa juga terjadi dalam dunia investasi. Umumnya ketika berinvestasi, keuntungan Anda dipengaruhi oleh kondisi pasar. Jika terjadi hal yang mempengaruhi pasar secara negatif, bisa jadi investasi Anda merugi. Sebaliknya ada kalanya kondisi pasar berfluktuasi positif sehingga Anda mendapatkan keuntungan besar. Sama halnya seperti ketika berbisnis, proses mendapatkan keuntungan dalam investasi pun tidak selalu mudah dan cepat.

Ada sebuah kutipan yang menginspirasi dari Jack Ma, pendiri situs Alibaba.com yang kini sudah sukses dengan berbagai bisnisnya:

 

Bahasa Inggris

The very important thing you should have is patience.

Jack Ma

 

Apa Bedanya Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja? Apa Syaratnya?

[Baca Juga: Apa Bedanya Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja? Apa Syaratnya?]

 

Bahasa Indonesia

Hal terpenting yang harus Anda miliki adalah kesabaran.

Jack Ma

 

Ketika menghadapi sebuah permasalahan baik dalam bisnis maupun investasi, seringkali seseorang langsung menyerah dan berhenti berusaha. Misalnya ketika menjalankan bisnis, pada bulan tertentu mungkin saja penjualan menurun drastis. Sebelum sempat mencari tahu apa penyebab penurunan tersebut, sang pebisnis langsung kehilangan mental pengusahanya dan langsung menyerah. Padahal bisa saja sebenarnya penurunan tersebut hanya bersifat sementara dan dapat diperbaiki. Tetapi karena tidak mau mengintrospeksi dan memperbaiki diri, pebisnis tersebut terlanjur menutup bisnisnya dan menutup seluruh peluang keuntungan yang sebenarnya bisa saja masih ada disana.

Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial Anda? Temukan Jawabannya

[Baca Juga: Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial Anda? Temukan Jawabannya]

 

Mengapa Jack Ma menyarankan Anda untuk memiliki kesabaran ketika ingin menjadi seseorang yang sukses? Jika telah membaca kisah sukses Jack Ma, Anda pasti mengetahui bahwa ia pun mengalami naik turun dan berbagai dilema di dalam proses mengembangkan bisnisnya. Ketika dihadapkan dengan kejatuhan yang terlihat seperti jalan buntu sekalipun, ia tidak menyerah. Ia bersabar menghadapi keadaan terburuk dan tetap bersikap tenang agar dapat mengatasi keadaan yang merugikan tersebut. Hingga saat ini, Jack Ma berhasil mengembangkan bisnisnya ke berbagai cabang usaha dan dikenal di mancanegara.

Bisakah Anda bayangkan apa yang akan terjadi jika pada masa-masa kesulitannya Jack Ma berhenti berusaha dan tidak mau bersabar untuk mencapai kesuksesannya? Mungkin saat ini Anda tidak mengenal situs yang bernama Alibaba.com.

Praktikkan 5 Tips dan Trik Membiasakan Diri agar Anda Berinvestasi

[Baca Juga: Praktikkan 5 Tips dan Trik Membiasakan Diri agar Anda Berinvestasi]

 

Ini juga yang harus dipahami oleh seorang investor. Fluktuasi pasar seringkali membuat seseorang ‘jantungan’ dan terpengaruh emosi. Jika Anda memiliki sebuah saham dengan nilai tertentu dan dalam beberapa menit saja nilai saham tersebut turun drastis, seringkali seorang investor akan panik dan segera menjual sahamnya. Padahal bisa saja penurunan itu hanya bersifat sementara. Sebaliknya ketika harga saham tiba-tiba melambung tinggi, investor bisa langsung menjual sahamnya secara terburu-buru tanpa menganalisis perkembangan pasar selanjutnya. Padahal setelah penjualan saham pada harga yang dirasa sudah tinggi, bisa saja nilai saham kembali meningkat jauh dari harga jual yang sudah ditransaksikan. Inilah mengapa kesabaran memiliki peran yang penting baik dalam bisnis maupun investasi.

 

Bersabar Dalam Menjalani Proses Menuju Kesuksesan

Setiap orang berharap menjadi orang yang kaya raya baik dengan bisnis maupun berinvestasi, tetapi nyatanya tidak ada kesuksesan yang instan. Semuanya membutuhkan usaha yang keras untuk menemukan peluang terbaik yang bisa Anda manfaatkan. Peluang terbaik tersebut sangat bergantung pada momen. Seringkali seorang pebisnis atau investor melewatkan momen terbaik yang dapat memberikan keuntungan besar hanya karena tidak sabar menunggu momen tersebut.

Investasi Obligasi, Apa Saja Keuntungannya? dan Bagaimana Cara Membelinya

[Baca Juga: Investasi Obligasi, Apa Saja Keuntungannya? dan Bagaimana Cara Membelinya?]

 

Kesabaran adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis dan investasi. Ini berlaku bukan hanya dalam satu transaksi atau satu keputusan, tetapi juga mencakup bisnis dan investasi secara keseluruhan. Ketika Anda sedang menjalani proses pembelajaran dalam bisnis dan investasi, Anda harus memupuk kesabaran agar dapat memahami bidang yang Anda geluti dengan sangat baik. Pemahaman inilah yang selanjutnya membuat Anda lebih matang dan mampu mencetak keuntungan besar-besaran. Berbeda halnya jika Anda tergesa-gesa menjalani bisnis dan investasi, bukannya untung, bisa jadi Anda malah kehilangan seluruh modal yang sudah digunakan.

 

Apakah Anda sedang dalam proses menjalani bisnis dan investasi? Daftarkan setiap tantangan yang Anda hadapi melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk terus membagikan artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jack Ma. Never Give Up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine. Brainyquote.com – https://goo.gl/YhmIDg

 

Sumber Gambar:

  • Sabar dalam berinvestasi – https://goo.gl/bRTvZS
  • Investasi – https://goo.gl/AzIiEO

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang