Ada 3 hal yang perlu Anda pikirkan sebelum Anda membeli asuransi jiwa berinvestasi. Beberapa penasihat keuangan berkata bahwa asuransi jiwa investasi adalah salah satu instrumen yang paling tepat untuk berinvestasi sekaligus memberikan proteksi. Tetapi apakah memang hal itu semenakjubkan seperti kedengarannya? 

 

Rubrik Finansialku

Learn Anda Secure

 

Beberapa Faktor Yang Harus Dipertimbangkan

Jika Anda mendengar pendapat para pakar keuangan seperti Suze Orman dan Dave Ramsey, pada akhirnya Anda akan berkesimpulan bahwa satu-satunya orang yang mendapatkan keuntungan adalah agen asuransi, karena mendapat komisi yang besar. Seiringan dengan banyaknya kontroversi, sebenarnya kebenarannya terletak pada sesuai atau tidaknya dengan situasi Anda saat membeli. Ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan sebelum membeli produk asuransi + investasi. Berikut ini ulasannya!

Apakah Anda Ingin Membeli Asuransi Investasi Terbaik? Pikirkan Lagi 3 Hal Ini!

[Baca Juga: Para Orangtua, Cermati Baik-baik, Ini Asuransi yang Tidak Anda Butuhkan]

 

#1 Berapa Besar Pertanggungan Asuransi Jiwa yang Sebenarnya Anda Butuhkan?

Hal ini penting karena beberapa alasan. Pertama, Anda memang ingin memastikan bahwa Anda membeli hanya sebesar yang Anda butuhkan. Jika membeli lebih banyak polis asuransi jiwa dengan investasi yang mahal harganya, berarti mempunyai lebih sedikit pertanggungan asuransi jiwa, mungkin itu bukanlah ide yang baik. Bukankah poin utama dari asuransi jiwa adalah untuk memastikan keluarga Anda terpenuhi kebutuhan keuangannya pada saat terjadi sesuatu pada Anda?

Mau Keliling Eropa? Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen

[Baca Juga: Mau Keliling Eropa? Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen]

 

Tentu saja Anda tidak ingin membeli asuransi yang tidak Anda butuhkan. Karena jika tidak dibutuhkan, Anda akan lebih banyak menghabiskan uang Anda untuk asuransi-asuransi ini daripada uang yang akan Anda atau keluarga Anda terima. Pikirkan sejenak! Perusahaan asuransi harus mengumpulkan sejumlah premi bukan hanya untuk membayar klaim manfaat tetapi juga untuk menutupi biaya-biaya (termasuk komisi agen) dan menghasilkan keuntungan. Dengan kata lain, pengembalian hasil yang diharapkan dari premi Anda itu sebenarnya minus.

 

#2 Berapa Lama Anda Membutuhkan Asuransi Tersebut?

Salah satu alasan utama asuransi jiwa dengan investasi jauh lebih mahal harganya adalah karena asuransi itu akan melindungi Anda selama Anda hidup dan terdapat biaya investasinya, sedangkan polis asuransi berjangka akan lebih murah, karena melindungi Anda dalam jangka waktu tertentu dimana risikonya pun masih sangat rendah. Kenyataannya, kebanyakan orang tidak membutuhkan banyak, atau bahkan tidak sama sekali asuransi jiwa pada saat mereka pensiun. Baik karena mereka tidak mempunyai tanggungan lagi (dengan harapan anak-anak sudah tidak bergantung lagi) atau satu-satunya tanggungan mereka (biasanya pasangan mereka) akan mempunyai penghasilan yang cukup untuk hidup dari dana jaminan sosial, aset-aset (termasuk aset warisan) dan dana pensiun yang mereka dapatkan.

Jangan Salah Pilih Asuransi Motor Terbaik, Karena Akibatnya Bisa Runyam

[Baca Juga: Jangan Salah Pilih Asuransi Motor Terbaik, Karena Akibatnya Bisa Runyam]

 

Lalu siapa yang membutuhkan asuransi jiwa pada saat mereka pensiun? Orang-orang ini secara garis besar tergolong menjadi 3 kategori. Yang pertama adalah seseorang yang tidak mempunyai aset yang cukup untuk biaya akhir hidup mereka (seperti biaya pemakaman) dan ingin mempunyai polis sederhana untuk mencukupi biaya-biaya ini sehingga mereka tidak membebani keluarga mereka.

Yang kedua adalah seseorang yang mempunyai tanggungan, yang tidak akan mempunyai penghasilan yang cukup untuk biaya hidup ketika ditinggalkan. Misalnya, seseorang memilih untuk menghabiskan dana pensiunnya secara maksimal, sehingga tidak meninggalkan apapun ketika mereka meninggal, dan menggunakan dana tersebut salah satunya untuk membeli polis asuransi jiwa.

Mau Beli Asuransi Kebakaran? 3 Hal Ini Dikecualikan Lho

[Baca Juga: Mau Beli Asuransi Kebakaran? 3 Hal Ini Dikecualikan Lho]

 

Kategori yang terakhir adalah seseorang yang mempunyai warisan (biasanya jumlahnya besar) dan ingin menggunakan asuransi jiwa untuk membayar pajak warisan tersebut. Asuransi jiwa akan sangat bermanfaat jika mereka tidak ingin ahli waris mereka menggunakan dana tunai pribadi atau menjual bisnis atau menjual sebagian aset untuk membayar pajak warisan tersebut. Tetapi orang kategori ketiga ini merupakan kategori dengan persentase paling kecil.

Jika Anda tidak dalam kategori yang diatas, Anda mungkin tidak membutuhkan asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi jiwa berjangka dengan biaya rendah sudah cukup untuk Anda.

 

#3 Apakah Hasil Investasinya Jauh Melebihi Biaya Asuransinya?

Ketika kita membeli polis asuransi jiwa dengan investasi, sebagian dari preminya akan menjadi dana tunai yang dapat berkembang berdasarkan dividen, bunga, atau keuntungan dari investasi yang bersangkutan. Setiap polis asuransi memiliki perbedaan alokasi dana investasi, jadi pastikan Anda mengerti bagaimana cara kerjanya sebelum Anda membelinya (seperti investasi pada umumnya). Keuntungan utamanya adalah Anda bisa meminjam dana tunai ini untuk pensiun atau biaya pendidikan dan bebas dari pajak.

Jadi apa kerugiannya? Pertama, investasi selalu mempunyai risiko dan ada kemungkinan Anda harus menambahkan dana untuk menjaga keaktifan polis apabila investasinya tidak berkembang dengan baik. Besar kemungkinannya pada saat kondisi ekonomi yang sulit, dana tambahan akan dibutuhkan. Kedua, ada banyak biaya-biaya yang akan mengurangi keuntungannya, jadi pastikan juga apa saja biaya-biayanya.

Ada 9 Istilah Finansial yang Perlu Anda Ketahui untuk Mengurangi Risiko Investasi

[Baca Juga: Ada 9 Istilah Finansial yang Perlu Anda Ketahui untuk Mengurangi Risiko Investasi]

 

Mempertimbangkan Dan Mengerti Sebelum Membeli

Menjadi catatan yang sangat penting bahwa saya tidak berkata penasihat keuangan Anda sedang berusaha “mengelabui” Anda jika mereka merekomendasikan sebuah polis yang akhirnya tidak sesuai situasimu. Inilah sulitnya menjadi seorang penasihat keuangan berdasarkan komisi. Penasihat keuangan Anda mungkin hanya melakukan pekerjaan berdasarkan apa yang mereka tahu. Berarti Andalah yang harus mencari pendapat dari sumber yang lain yang lebih netral, sehingga pada saat Anda membeli asuransi jiwa investasi, Anda dapat dengan yakin bahwa asuransi tersebut sesuai dengan situasi keuangan dan kebutuhan Anda.

 

Jika memang demikian, apakah Anda salah seorang yang sedang mencari sebuah pendapat kedua atau jawaban yang lebih netral untuk pertanyaan-pertanyaan keuanganmu? Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Discussion – https://goo.gl/h4qg0z dan https://goo.gl/LkXqXL

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang