Apa saja asuransi yang tidak dibutuhkan orang tua? Apa saja asuransi yang Anda butuhkan? Ada beberapa jenis asuransi yang akan dijelaskan oleh Finansialku tentang asuransi yang tidak dibutuhkan oleh para orangtua. Berikut ini pemaparan lebih jelasnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn And Secure

 

Asuransi yang Tidak Dibutuhkan oleh Orangtua

Melindungi keluarga, rumah, dan kendaraan merupakan tanggung jawab kita sebagai orang tua. Tetapi bukan berarti kita harus terus menerus mengeluarkan sejumlah dana setiap bulannya untuk membayar asuransi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Apalagi jika kita termasuk keluarga dengan anggaran pengeluaran bulanan yang lumayan padat. Asuransi-asuransi semacam itu pasti akan menambah beban pengeluaran dan membuat kondisi keuangan tidak stabil.

Nah, agar Anda tidak mudah terjebak bujuk rayu agen asuransi, berikut merupakan beberapa asuransi yang harus Anda hindari dan tidak terbujuk untuk membelinya. Di antaranya:

Para Orangtua, Cermati Baik-baik, Ini Asuransi yang Tidak Anda Butuhkan - Finansialku

[Baca Juga: Bersiap-siap Asuransi Umum Dibuat Jadi Seperti Unitlink, Apakah Anda Tertarik?]

 

#1 Asuransi Kecelakaan

Jika kendaraan sudah berumur kira-kira 5 tahun, Anda tidak membutuhkan asuransi kecelakaan. Asuransi kecelakaan hanya menanggung sekitar 10% dari total jumlah premi yang dibayarkan. Menurut hitungan secara matematis, hal ini tentu saja lebih banyak mendatangkan kerugian daripada keuntungan.

Apalagi jika kendaraan Anda masih tergolong baru dan memiliki garansi resmi dari produsennya, Anda tidak perlu membeli asuransi kecelakaan karena setiap kerusakan yang terjadi akan ditanggung 100% oleh pihak produsen sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

 

#2 Asuransi Perjalanan

Jika saat membeli tiket pihak bandara menawarkan asuransi perjalanan dengan biaya tambahan, tolak saja penawaran tersebut. Asuransi semacam ini tidak terlalu penting, apalagi jika Anda sudah memiliki asuransi seumur hidup.

Beberapa kartu kredit dan maskapai penerbangan bahkan ada yang menawarkan asuransi perjalanan sebagai bonus yang didapat ketika membeli tiket. Jadi Anda benar-benar tidak memerlukan asuransi perjalanan.

 

#3 Asuransi Kehilangan Kartu Kredit

Jika ada seseorang yang menelepon atau mengirimkan email menawarkan asuransi kehilangan kartu kredit, abaikan itu semua. Meskipun mungkin mereka menawarkan premi yang cukup rendah, jangan mudah terbujuk karena asuransi semacam ini bisa digolongkan sebagai penipuan.

Apabila kartu kredit hilang, laporkan segera ke pihak pembuat kartu kredit atau bank agar bisa langsung diblokir sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan uang.

Ini 7 Keajaiban Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui- Finansialku

[Baca Juga: Ini 7 Keajaiban Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui]

 

#4 Asuransi Jangka Panjang untuk Anak-anak

Asuransi yang harus kita beli untuk menjaga anak-anak kita kelak hanya ada dua, yaitu asuransi pendidikan dan jaminan hari tua. Selain itu, semua bentuk asuransi tidak terlalu dibutuhkan anak-anak, karena kedua asuransi di atas sudah mampu menjamin kehidupan anak-anak meskipun kelak Anda meninggal lebih cepat.

 

#5 Asuransi Perpanjangan Garansi

Saat membeli barang-barang elektronik, biasanya kita akan ditawarkan tambahan biaya untuk garansi toko atau memperpanjang garansi resmi dari pihak produsen. Tawaran tersebut tidak gratis, jika setuju kita diwajibkan membayar tambahan biaya yang jumlahnya cukup besar.

Asuransi semacam ini tidak terlalu penting karena semua produk elektronik yang dibeli pasti memiliki garansi resmi yang dapat mengganti segala jenis kerusakan secara gratis. Bahkan jika Anda membayar dengan kartu kredit, beberapa kartu menawarkan asuransi semacam ini secara cuma-cuma sebagai bonus karena telah menggunakan kartu kredit tersebut untuk membayar pembelanjaan Anda.

 Skema Baru Koordinasi Manfaat COB BPJS Kesehatan dan Asuransi Komersil Untungkan Nasabah - Finansialku

[Baca Juga: Skema Baru Koordinasi Manfaat COB BPJS Kesehatan dan Asuransi Komersil Untungkan Nasabah]

 

#6 Asuransi Penyewaan Mobil

Saat menyewa mobil seringkali pihak penyewa menawarkan biaya tambahan untuk asuransi mobil yang Anda sewa. Sebelum membayar biaya tambahan tersebut, pastikan dulu apakah asuransi kendaraan dan kartu kredit Anda menanggung biaya kecelakaan ketika Anda mengendarai mobil sewaan. Jika iya, abaikan penawaran tersebut.

Jika tidak, pertimbangkan dengan matang apakah Anda perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk asuransi semacam ini. Perhitungkan secara pasti setiap risikonya. Karena biasanya pihak rental mobil akan mengembalikan uang jaminan jika tidak terjadi apa-apa pada kendaraan mereka.

 

#7 Asuransi Perlindungan Hal-hal Darurat

Asuransi semacam ini juga harus Anda hindari. Asuransi perlindungan hal-hal darurat biasanya menanggung biaya yang sudah ditanggung asuransi lainnya. Jadi meskipun Anda merasa was-was akan kehidupan dan keluarga, jangan tergiur untuk membeli asuransi semacam ini karena preminya cukup mahal dan tidak sebanding dengan tanggungannya.

Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Asuransi Jiwa - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Asuransi Jiwa?]

 

Nah, itulah beberapa asuransi yang harus kita hindari agar tidak perlu mengeluarkan pengeluaran tambahan untuk hal-hal yang tidak terlalu mendesak. Lalu, apa asuransi yang harus dimiliki semua orang, jika asuransi di atas harus dihindari?

 

Asuransi yang Dibutuhkan oleh Orangtua

Ada beberapa asuransi yang bisa Anda pilih untuk menjamin kehidupan, anak-anak, dam masa tua. Asuransi tersebut adalah:

 

#1 Asuransi Kesehatan

Semua orang tahu bahwa biaya kesehatan sangatlah mahal. Agar ketika sakit Anda tidak dipusingkan dengan biaya fantastis yang kadang mencekik, gunakanlah asuransi kesehatan. Apalagi saat ini ada BPJS yang premi per bulannya cukup terjangkau.

 

#2 Asuransi Properti

Pembelian asuransi ini hanya untuk orang-orang yang memang butuh perlindungan khusus terhadap rumahnya, terutama mereka yang menggadaikan atau menjaminkan rumah kepada pihak bank.

Asuransi properti akan menanggung segala biaya kerusakan karena kebakaran dan bencana alam. Karena sedang dijaminkan, kita harus memastikan kondisi properti akan baik-baik saja sampai utang kita dilunasi. Inilah kenapa memiliki asuransi properti adalah hal yang penting.

Punya Asuransi Jiwa Kurang Bermanfaat Kalau Proteksinya Kekecilan, Begini Cara Menghitung Uang Pertanggungan - Finansialku

[Baca Juga: Punya Asuransi Jiwa Kurang Bermanfaat Kalau Proteksinya Kekecilan, Begini Cara Menghitung Uang Pertanggungan]

 

#3 Asuransi Berjangka

Asuransi ini adalah asuransi yang paling penting dan harus dimiliki setiap orang. Asuransi berjangka dengan jangka waktu selama 20 tahun sudah bisa membiayai semua kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, dan jaminan hari tua.

Selama jangka waktu tersebut anak-anak juga sudah mulai mandiri dan mampu membiayai kehidupan mereka sendiri. Premi asuransi berjangka semacam ini lebih terjangkau daripada asuransi-asuransi kecil yang hanya membiayai salah satu elemen kehidupan, seperti asuransi kesehatan, asuransi pendidikan atau asuransi tenaga kerja.

 

Miliki Asuransi yang Tepat

Menjadi orang tua memang bukan hal mudah. Apalagi jika kita dihadapkan pada masalah-masalah yang menuntut untuk segera diatasi dan tanggulangi. Karena itulah memiliki asuransi yang dapat menjamin kehidupan sangatlah penting. Tapi pastikan setiap biaya yang dikeluarkan untuk membayar premi benar-benar tepat dan tidak sia-sia.

 

Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tulis pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Walecia Konrad. The Insurance You Don’t Need. Parents.com – https://goo.gl/9mR8oW

 

Sumber Gambar:

  • Orangtua Lansia – https://goo.gl/glcx5i
  • Keluarga – https://goo.gl/oRvCnV

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku