Pernahkah Anda berpikir bahwa suatu saat mungkin terjadi suatu hal yang tidak terduga pada diri Anda, dan tentunya Anda tidak ingin meninggalkan beban bagi keluarga Anda bukan? Memang saat ini Anda masih sehat dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga, namun pernahkah Anda berencana untuk mengajukan asuransi jiwa? Mari kita lihat bersama apakah Anda benar-benar membutuhkan asuransi jiwa atau tidak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingkah Asuransi Jiwa Bagi Anda?

Apakah Anda merupakan tulang punggung keluarga? Ataukah Anda adalah kepala keluarga yang membiayai kebutuhan istri dan anak-anak Anda? Jika iya, tentunya Anda pernah berpikir seberapa penting asuransi jiwa bagi Anda. Apabila terjadi sesuatu pada Anda, tentunya Anda tidak dapat lagi bekerja. Dengan demikian, keluarga Anda akan membutuhkan pemasukan untuk membiayai kebutuhan hidup mereka. Sebelum Anda mengambil keputusan terkait asuransi jiwa, Finansialku akan membahas hal-hal seputar asuransi jiwa untuk membantu Anda mengambil keputusan terbaik bagi Anda dan keluarga.

Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Asuransi Jiwa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 7 Keajaiban Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui]

 

Asuransi Jiwa Seperti Apa yang Sesuai Bagi Anda

Jika Anda ingin mengajukan asuransi jiwa untuk menjamin kesejahteraan keluarga Anda kelak, ada baiknya jika Anda memahami jenis asuransi jiwa yang sesuai bagi Anda. Beberapa pertimbangan yang dapat Anda pikirkan adalah, perbandingan biaya premi yang wajib dibayarkan, kebijakan pihak asuransi terkait cover policy, dan jangka waktunya. Jenis asuransi yang paling umum ditanyakan adalah whole life insurance atau term life insurance. Whole life insurance policies berlaku seumur hidup, atau minimal hingga usia 95 tahun sedangkan term life insurance policies berlaku dalam jangka waktu sementara dengan ketentuan tertentu. Term life insurance umumnya ditawarkan dengan jangka pendek (sekitar 20 tahun) dan biaya preminya lebih murah. Jadi, asuransi seperti apa yang lebih sesuai dengan Anda? Salah satu yang harus Anda pertanyakan adalah seberapa tidak yakin Anda dengan kemampuan finansial Anda?

pentingnya-asuransi-jiwa-untuk-freelancer-1-finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan untuk Freelancer]

 

Seberapa yakin Anda dengan Kemampuan Finansial Anda?

Apakah Anda yakin dengan kemampuan finansial Anda? Apakah Anda memiliki kemampuan finansial yang mencukupi bagi keluarga Anda jika sesuatu terjadi secara tiba-tiba? Untuk mengukur kemampuan finansial Anda, dapat digunakan beberapa tolak ukur sebagai berikut:

 

#1 Bebas Utang

Kemampuan finansial Anda cukup terjamin apabila Anda sudah bebas utang. Sehingga jika suatu saat Anda meninggalkan keluarga Anda, Anda tidak meninggalkan beban utang untuk keluarga. Apabila Anda masih memiliki kredit pemilikan rumah atau kendaraan bermotor yang belum lunas, maka Anda perlu mempertimbangkan perlunya asuransi jiwa yang dapat membantu keluarga Anda menangani utang tersebut berikut memenuhi kebutuhan hidup dasarnya.

 

#2 Memiliki Tabungan atau Investasi

Anda bisa tenang dengan kemampuan finansial Anda jika Anda sudah memiliki tabungan atau investasi yang cukup besar untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan keluarga Anda hingga puluhan tahun. Seberapa besar estimasi tabungan yang dimaksudkan tadi? Anda dapat menghitungnya berdasarkan biaya kebutuhan hidup keluarga Anda setiap bulannya. Misalkan kebutuhan hidup per bulan keluarga Anda adalah 10 juta rupiah, dan Anda ingin menyiapkan kebutuhan hidup hingga 20 tahun, maka kalikanlah kebutuhan hidup tersebut ditambah dengan cadangan kurang lebih 20% dengan jangka waktunya. Maka biaya yang harus Anda siapkan adalah:

Rp10.000.000 x 120% x 12 bulan/tahun x 20 tahun = Rp2.880.000.000

 

Biaya tersebut cukup besar sehingga asuransi jiwa dapat menjadi salah satu solusi yang bisa membantu Anda dalam mencapai keyakinan dalam kemampuan finansial Anda.

Berdasarkan dua faktor tersebut, seberapa yakinkah Anda dengan kemampuan finansial Anda? Jika Anda tidak cukup yakin, jangan panik atau cemas, tetapi pertimbangkanlah untuk mengajukan polis asuransi jiwa. Jika Anda membutuhkan Rp2.880.000.000 sedangkan Anda baru memiliki Rp1.000.000.000, mungkin keluarga Anda akan ikut mendukung untuk menggunakan dana yang ada untuk membayar premi asuransi jiwa. Jadi, untuk mengetahui apakah Anda benar-benar membutuhkan asuransi jiwa adalah dengan mengecek, apakah Anda sudah memiliki simpanan yang cukup untuk membiayai kebutuhan keluarga Anda nantinya? Jika belum, maka kemungkinan Anda akan membutuhkan asuransi jiwa untuk membantu meng-cover kekurangan dana tersebut.

Lalu, apakah perlu membeli asuransi jiwa jika Anda belum memiliki keluarga atau jika Anda masih mahasiswa? Pertimbangkanlah juga bahwa tanggungan bukan hanya keluarga, tetapi juga orang tua dan kerabat Anda. Jika Anda tidak merasa asuransi jiwa sesuai untuk Anda, cobalah untuk melihat alternatif yang ada untuk Anda, misalkan asuransi kesehatan.

First Jobber, Baru Masuk Kerja Apa Perlu Membeli Asuransi Jiwa 2 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Single, Apa Perlu Membeli Asuransi Jiwa?]

 

Tentukan Sekarang Demi Keluarga Anda

Jika Anda telah membaca artikel ini, maka mulailah mengecek kemampuan finansial Anda. Dengan demikian Anda dapat mengetahui seberapa Anda membutuhkan asuransi jiwa. Hal ini akan membantu Anda untuk mengambil keputusan yang menentukan kehidupan keluarga Anda kelak. Tentukan dan persiapkanlah sejak dini demi masa depan keluarga Anda yang lebih baik. Jika Anda membutuhkan bantuan perencana keuangan untuk merencanakan asuransi jiwa yang sesuai bagi Anda, hubungi Finansialku sekarang juga dan financial planner kami akan dengan senang hati membantu. Persiapan yang matang tentunya akan memberikan buah yang lebih baik bagi Anda dan keluarga.

 

Apakah Anda membutuhkan asuransi jiwa? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Laurie Blank. Do You REALLY Need Life Insurance? Wellkeptwallet.com – https://goo.gl/aO7iL5

 

Sumber Gambar:

  • Keluarga – https://goo.gl/C9MjKf
  • Asuransi – https://goo.gl/5atszl

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang