Mengapa seorang freelancer perlu memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan? Berikut ini hal-hal yang harus Anda pertimbangkan mengenai manfaat asuransi jiwa.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Freelancer Juga Harus Memiliki Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Apa pun profesinya, termasuk Anda yang berprofesi sebagai freelancer perlu memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Banyak teman-teman freelancer yang mengaku sulit untuk merencanakan keuangan, mulai dari mengelola keuangan bulanan, investasi bahkan asuransi. Dalam kesempatan ini, Finansialku.com ingin mengulas pentingnya sebuah asuransi untuk para freelancer.

pentingnya-asuransi-jiwa-untuk-freelancer-2-finansialku

[Jawab Quiz : Quiz Sudah Cukupkah Asuransi Jiwa dan Kesehatan Anda?]

 

Menurut Anda, mengapa seorang freelancer perlu membeli asuransi jiwa dan asuransi kesehatan? Kami akan berbagi mengenai 5 alasan utama di bawah ini. Jika Anda masih memiliki keraguan atau pertanyaan tentang pentingnya asuransi, silakan tinggalkan pertanyaan Anda.

 

#1 Freelancer Juga Menghadapi Risiko Sakit dan Cacat

Setiap manusia yang ada di dunia ini tidak lari dari risiko sakit dan cacat. Oleh sebab itu Anda seorang freelancer, perlu memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini berfungsi untuk membantu biaya pengobatan Anda, baik rawat inap maupun rawat jalan. Produk asuransi kesehatan, dijual oleh perusahaan swasta dan program jaminan kesehatan pemerintah (BPJS Kesehatan).

10-alasan-yang-perlu-diketahui-kenapa-anda-masih-susah-menjadi-kaya-finansialku

[Baca Juga : Kenapa Perlu Memiliki Asuransi Kesehatan Sejak Usia Muda?]

 

#2 Freelancer Juga Menghadapi Risiko Kematian Dini

Selain risiko kematian, setiap orang juga memiliki risiko kematian diri. Jika Anda seorang tulang punggung keluarga, Anda perlu sebuah rencana cadangan (back up plan). Apakah Anda pernah terpikir, apa jadinya keluarga Anda jika Anda tidak dapat bekerja? Jangan bertaruh dengan masa depan keuangan keluarga Anda, karena kami tahu Anda menyayangi keluarga. Asuransi jiwa adalah salah satu solusi dan produk keuangan yang dapat Anda andalkan sebagai back up plan.

5-tips-untuk-pemula-agar-anda-tidak-salah-beli-asuransi-jiwa-finansialku

[Baca Juga : 5+ Tips untuk Pemula, Agar Anda Tidak Salah Beli Asuransi Jiwa]

 

#3 Tidak Ada Perusahaan yang Memberikan Bantuan dan Fasilitas Kesehatan untuk Anda

Sebagai seorang freelance tentu Anda tidak mendapatkan jaminan kesehatan atau manfaat kesehatan dari kantor. Namun Anda sudah menyadari bahwa setiap manusia termasuk Anda, tidak lepas dari risiko. Anda hanya dapat mengandalkan diri Anda, untuk menyiapkan rencana cadangan (seperti yang dijelaskan pada poin 1 dan 2). Oleh sebab itu segera beli asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

beli-asuransi-jiwa-bantu-kelangsungan-hidup-orang-orang-yang-anda-cintai-finansialku

[Baca Juga : Beli Asuransi Jiwa, Bantu Kelangsungan Hidup Orang yang Anda Cintai]

 

#4 Jika Masih Memiliki Tanggungan Anak, Apa pun Kejadiannya Selamatkan Pendidikan Anak

  • Apakah Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak?
  • Apakah Anda ingin memastikan, apa pun kondisi Anda, anak tetap dapat lulus minimal kuliah S1?

 

Jika ya, maka Anda perlu memilki asuransi jiwa dengan uang pertanggungan sebesar prediksi biaya pendidikan anak. Kami meminta Anda mempertimbangkan asuransi jiwa ya, bukan asuransi pendidikan anak. Prioritaskan asuransi jiwa Anda sebelum membeli produk asuransi jiwa untuk anggota keluarga yang lain dan membeli asuransi pendidikan anak. Jiwa Anda sebagai tulang punggung keluarga, jauh lebih penting.

tahukah-anda-asuransi-jiwa-adalah-solusi-untuk-keamanan-keuangan-finansialku

[Baca Juga : Tahukah Anda, Asuransi Jiwa adalah Solusi untuk Keamanan Keuangan ?]

 

#5 Jika Masih ada Utang, Jangan Sampai Mewarisi Utang kepada Ahli Waris

Apakah Anda masih memiliki utang: Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kredit kendaraan dan kredit yang lainnya? Anda tentu tidak mau kan mewariskan utang kepada ahli waris? Oleh sebab itu Anda perlu membeli asuransi jiwa dengan jumlah uang pertanggungan sesuai dengan pokok plus bunga utang. Biasanya seseorang yang mengajukan utang KPR, akan diminta membeli asuransi jiwa.

Bagaimana Cara Agar Tidak Mewariskan Utang ke Anak - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Bagaimana Cara Agar Tidak Mewariskan Utang ke Anak?]

 

Kalau Penghasilan Bulanan Tidak Tetap Gimana Solusinya?

Pertanyaan yang sering kami dapat adalah, Freelance pada umumnya tidak memiliki penghasilan bulanan yang jumlahnya tetap. Bagaimana bisa membayar premi yang jumlahnya selalu tetap?

Jangan Pernah Sisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Jangan Pernah Sisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi]

 

Jawabannya : Kami menyarankan agar Anda membuat anggaran atau budget keuangan secara tahunan. Artinya Anda perlu membayar premi secara tahunan. Harus diakui cara mengelola keuangan seorang freelance dan karyawan memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Anda yang berprofesi sebagai freelance lebih tepat mengelola keuangan dan membuat anggaran dalam satuan tahunan.  Jadi hitung perkiraan penghasilan tahunan dan buat anggaran pengeluaran tahunan.

 

Menurut Anda permasalahan apa yang Anda alami saat memilih asuransi jiwa? Silakan tinggalkan pertanyaan Anda, karena perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya.

 

Sumber Gambar:

  • Insurance for freelance – https://goo.gl/8hJgau dan https://goo.gl/n3m34Q

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang