Kenapa perlu memiliki asuransi kesehatan sejak usia muda? Apakah Anda tahu, bahwa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa itu berbeda? Setiap orang, termasuk Anda yang masih muda, perlu asuransi kesehatan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Kenapa Perlu Memiliki Asuransi Kesehatan Sejak Usia Muda?

Tahukah Anda hanya kurang dari 60% penduduk Indonesia tidak terproteksi oleh asuransi kesehatan? Angka ini berbeda dengan kesadaran berasuransi di negara-negara maju seperti Amerika. Sebenarnya mengapa kita perlu memiliki asuransi kesehatan sejak usia muda?

kenapa-perlu-memiliki-asuransi-kesehatan-sejak-usia-muda-finansialku

[Baca Juga: Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan itu Berbeda Lho]

 

Berikut ini alasan yang perlu Anda pertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan saat masih muda:

  1. Biaya kesehatan di Indonesia: rawat jalan, rawat inap dan biaya obat cukup mahal. Kenaikan biaya kesehatan bisa mencapai 12% per tahun.
  2. Kenaikan biaya kesehatan bisa jadi lebih tinggi daripada kenaikan gaji. Anda akan mengalami kesulitan finansial, jika Anda hanya mengandalkan tabungan untuk membiayai rumah sakit dan biaya kesehatan. Biaya perawatan untuk penyakit demam berdarah, bisa mencapai Rp 6 juta – Rp 10 juta.
  3. Anda tidak perlu lagi merepotkan diri sendiri, saudara, orang tua dan orang lain, karena biaya kesehatan sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  4. Sakit keras berkepanjangan bisa membuat keluarga Anda kerepotan, dalam mengurus biaya. Tidak sedikit kasus, keluarga yang harus menjual aset guna membiayai pengobatan.
  5. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena penyakit kanker, diabetes atau penyakit kritis lainnya sebaiknya segera beli asuransi kesehatan. Tidak ada salahnya cari tahu dan pertimbangkan asuransi penyakit kritis (critical illness).
  6. Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan, baik sistem reimbursement maupun cashless. Dengan sistem cashless Anda cukup menunjukkan kartu kepada rumah sakit rekanan. Jadi Anda tidak perlu repot lagi mengurus biaya.
  7. Biaya asuransi kesehatan sebenarnya tidak mahal. Anda dapat menggunakan asuransi kesehatan pemerintah, yaitu BPJS Kesehatan. Per artikel ini dibuat (tanggal 10 Oktober 2016), premi BPJS Kesehatan kelas I adalah Rp 80.000 an per bulan. Cara bayarnya juga simple, karena sekarang sudah bisa ditransfer melalui virtual account.
  8. Asuransi kesehatan swasta juga gampang didapat, biasanya dibundling dengan asuransi jiwa dan unitlink.
  9. Beberapa perusahaan asuransi swasta memberikan perlindungan untuk beorbat ke luar negeri. Fitur ini sangat bermanfaat jika seseorang sakit pas di luar negeri, atau mengalami penyakit kritis sehingga harus berobat ke luar negeri.
  10. Biasanya pasien yang membawa kartu asuransi atau terlindungi oleh asuransi, akan lebih cepat mendapat pertolongan dari rumah sakit.
  11. Untuk para calon ibu, tidak ada salahnya pertimbangkan asuransi kesehatan. Tahukah Anda, bahwa ada asuransi kesehatan yang memberikan manfaat untuk persalinan? Namun baca dengan teliti syarat dan ketentuan yang ada di polis.
  12. Manusia zaman modern (Laki dan Perempuan) lebih mudah terserang penyakit, karena pola hidup yang kurang sehat, kurang olahraga dan aktivitas fisik, makanan yang tidak sehat (fast food, junk food), stress pekerjaan dan lain sebagainya.

 

Lumayan Ada Punya Asuransi Kesehatan yang Bisa Bantu

Seperti penjelasan di atas, biaya kesehatan di Indonesia mengalami peningkatan mencapai 12% per tahun. Plus fakta membuktikan bahwa manusia modern lebih mudah sakit, karena gaya hidup, makanan yang kurang bersih dan lain sebagainya. Setidaknya dengan membeli asuransi kesehatan kita menjadi lebih tenang. Jelek-jeleknya jika sakit, kita masih mendapat bantuan biaya pengobatan dari perusahaan asuransi.

10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga]

 

Apakah Masih Perlu Beli Asuransi Kesehatan, JIka Ada Dari Kantor?

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah, bagaimana jika kantor sudah memberikan fasilitas kesehatan? Apakah masih perlu membeli asuransi kesehatan? Jawabannya tergantung, pada beberapa kondisi berikut ini;

  • Apakah manfaat kesehatan yang ditawarkan kantor sudah cukup? Misal kantor hanya membiayai rawat inap di kamar kelas II. Jika Anda terbiasa rawat inap di kelas I atau VIP, ya berarti Anda butuh asuransi tambahan.
  • Apakah manfaat kesehatan yang ditawarkan kantor juga melindungi seluruh anggota keluarga? Jika ya berarti Anda tidak perlu membeli asuransi kesehatan lagi.
  • Apakah manfaat kesehatan yang ditawarkan kantor, juga melindungi karyawan yang sudah tidak aktif? Misal ada seorang karyawan yang terkena penyakit kritis dan harus rawat inap lebih dari 1 bulan. Ternyata ada aturan di kantor, yang menyatakan karyawan dengan absensi lebih dari 1 bulan dinyatakan berhenti atau keluar dari pekerjaan. Apakah manfaat kesehatan dari kantor masih membiayai biaya perawatan?
  • Apakah ada penyakit tertentu yang tidak dijamin oleh kantor? Misal kantor tidak menjamin penyakit kritis, seperti kanker, tumor, cuci darah dan lain sebagainya.
  • Pertimbangkan juga apakah manfaat kesehatan dari kantor hanya berlaku di satu rumah sakit saja, atau dibeberapa rumah sakit? Bagaimana jika jarak rumah tempat Anda tinggal sangat jauh dari rumah sakit yang ditunjuk kantor ?

 

Belilah Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan

Terkait dengan asuransi kesehatan, seharusnya pertanyaan yang tepat adalah: Apakah Anda dan keluarga telah terlindungi dalam jumlah yang cukup? Percuma donk Anda punya asuransi kesehatan, tetapi jumlah uang pertanggungannya tidak cukup. Sehingga setiap kali ke dokter, Anda masih harus nombok? Paling penting kenali kebutuhan Anda, hitung uang pertanggungan dan cari asuransi kesehatan dengan premi yang sesuai dengan budget asuransi Anda. Selamat mencoba.

 

Apakah Anda membeli asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga Anda? Mengapa Anda membeli / tidak membeli asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga?

 

Sumber Gambar:

  • Teenager Happy – https://goo.gl/J8wTiV

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang