Jangan lupa masukkan budget asuransi ketika Anda menyusun anggaran keuangan. Banyak ibu rumah tangga dan suaminya fokus pada bayar cicilan, bayar utang, pengeluaran untuk makan, liburan tetapi lupa untuk asuransi. Padahal budget untuk asuransi itu penting!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Jangan Lupa Budget Asuransi

Salah satu kebiasaan baik yang harusnya dilakukan setiap ibu rumah tangga dan pasangannya adalah menyusun anggaran keuangan rumah tangga. Anggaran keuangan sangat penting, untuk memastikan Anda dan pasangan tetap memegang kontrol atau kendali keuangan rumah tangga. Jangan sampai gaji Anda hanya numpang lewat, karena tidak ada kontrol.

apakah-unitlink-perlu-ikut-tax-amnesty-apa-yang-dilaporkan-finansialku

[[Baca Juga: Apa itu Anggaran dan Apa Manfaatnya untuk Keluarga Saya?]

 

Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk menyusun anggaran. Tidak repot kok untuk menyusun anggaran, Anda cukup meluangkan waktu tidak lebih dari 10 menit. Satu hal yang perlu Anda ingat ketika menyusun anggaran keuangan, yaitu budget untuk asuransi. Setidaknya siapkan budget untuk asuransi jiwa dan kesehatan. Seorang jurnalis keuangan di Amerika, bernama Jean Chatzky mengatakan

 

Bahasa Inggris

When you’re setting up a budget, a general rule is to start with your fixed expenses – your housing and insurance payments, and car payment, if you own one.

Jean Chatzky

 

jangan-lupa-budget-untuk-asuransi-ketika-buat-anggaran-rumah-tangga-finansialku

[Baca Juga: Jangan Bingung Jika Anda Baru Pertama Kali Beli Asuransi]

 

Bahasa Indonesia

Ketika Anda sedang menyusun anggaran, aturan umum adalah mulai dengan peluaran tetap, seperti keperluan rumah tangga dan asuransi, cicilan kendaraan jika Anda memilikinya.

Jean Chatzky

 

Kesalahan yang banyak orang lakukan adalah tidak memiliki perlindungan, baik perlindungan jiwa maupun kesehatan. Saat ini Pemerintah Indonesia sudah memiliki program jaminan kesehatan yang lebih baik yaitu BPJS Kesehatan. Kita sebagai warga negara Indonesia bisa membeli dan ikut serta dalam program BPJS Kesehatan. Jika Anda belum memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, segera beli.

Proteksi kesehatan dan jiwa adalah proteksi yang penting dan perlu dimiliki oleh Anda dan pasangan. Jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja dan menghasilkan pemasukan, Anda berdua harus memiliki asuransi jiwa. Belilah asurasi yang melengkapi manfaat kesehatan yang sudah diberikan oleh kantor.

 

Kenapa Asuransi Jiwa dan Kesehatan Penting?

Dalam ilmu perencanaan keuangan, dikenal sebuah piramida keuangan yang menggambarkan prioritas dalam merencanakan keuangan. Pondasi dari piramida tersebut adalah pengelolaan arus kas (cash flow) dan proteksi. Proteksi memegang peran penting, karena seseorang tidak lepas dari yang namanya risiko. Kita tidak bisa lepas dari risiko sakit atau risiko kematian, tetapi kita bisa mengelola risikonya.

 

Mengelola Risiko Sakit

Ada banyak hal yang dapat dilakukan agar kita dapat hidup tetap sehat, seperti menjaga pola hidup, asupan makanan, olahraga, hindari stress dan lain sebagainya. Tentunya Anda pasti tidak selalu sehat bukan? Jangan sampai gara-gara sakit, Anda harus menguras tabungan atau menjual investasi Anda. Oleh sebab itu asuransi kesehatan akan sangat menolong Anda.

 

Mengelola Risiko Kematian

Bagaimana dengan risiko kematian? Jika kita sudah beli asuransi jiwa, apakah kita terhindar dari kematian? Jawabannya tidak, asuransi jiwa tidak menghindarkan Anda dari kematian. Asuransi jiwa memberikan perlindungan atas nilai ekonomi hidup manusia (economic value of human life). Artinya Anda sudah mencegah kerugian-kerugian finansial (atau masalah finansial) jika tulang punggung keluarga meninggal. Apa saja contoh masalah finansial yang harus dihadapi oleh keluarga, jika tulang punggung meninggal dunia?

  • Istri dan keluarga yang ditinggal butuh pemasukan, untuk melanjutkan kehidupan. Jika Istri harus bekerja, membutuhkan waktu beberapa bulan untuk melamar pekerjaan atau memulai usaha.
  • Pendidikan anak, tetap harus berjalan setidaknya sampai Anda lulus kuliah dan mulai hidup mandiri.
  • Melunasi utang-utang yang ada, agar tidak mewariskan utang kepada keluarga yang ditinggalkan.

 

Jadi ketika seseorang membeli asuransi jiwa, orang tersebut membeli ketenangan. Setidaknya orang tersebut terlepas dari beban pikiran finansial jika terjadi sesuatu dengan dirinya. Namun Anda harus melakukan perhitungan uang pertanggungan yang benar-benar cermat, Jangan sampai Anda melakukan kesalahan pada saat membeli asuransi jiwa.

 

Siapkan Budget Asuransi sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Ketika Anda membeli asuransi jiwa dan kesehatan, pertama kali kenali kebutuhan Anda. Setelah itu hitung jumlah uang pertanggungan (UP) yang Anda butuhkan. Cari produk asuransi jiwa (bandingkan dari beberapa perusahaan) yang memiliki perlindungan sesuai dengan kebutuhan Anda dan masuk budget. Dengan cara ini, Anda sudah terproteksi dan tenang secara keuangan.

 

Apakah Anda sudah memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan? Menurut Anda apakah proteksi Anda cukup dengan BPJS Kesehatan atau perlu tambahan program proteksi dari asuransi swasta? Silahkan tinggalkan komentar Anda, terima kasih.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang