Banyak orang mengatakan beliah asuransi jiwa, untuk memproteksi kematian tulang punggung keluar? Apakah benar, kita bisa memproteksi kematian tulang punggung keluarga? Bagaimana bisa, kan yang mengatur hidup mati manusia bukan kita?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Beli Asuransi Jiwa itu Bukan Untuk Proteksi Kematian, Tetapi …

Belum lama ini, kami sempat bertemu dengan salah satu teman yang lama. Sebut saja namanya Anton, beliau merasa bingung karena ada tenaga penjual asuransi jiwa yang mengatakan beli asuransi jiwa itu untuk memproteksi kematian. Anton bingung karena, bagaiamana bisa seseorang memproteksi kematiannya? Sangat tidak masuk akal bukan? Kalau begitu apa yang sebenarnya diproteksi oleh asuransi jiwa?

Seberapa Penting Memahami Polis Asuransi Jiwa untuk Nasabah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Anda Perlu Asuransi Jiwa, Karena …]

 

Jawaban yang benar adalah asuransi jiwa tidak memproteksi kematian seseorang, tetapi memproteksi kehilangan penghasilan. Setiap manusia memiliki nilai ekonomis (kemampuan untuk menghasilkan pemasukan). Dan orang yang satu memiliki nilai ekonomis yang berbeda dengan orang lain. Nilai ekonomis tersebut sering disebut dengan istilah nilai ekonomi hidup manusia (economic value of human life). Gambar berikut menunjukkan nilai ekonomi hidup manusia:

Nilai Ekonomi Hidup Manusia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Semakin besar nilai ekonomi hidup seseorang, maka uang pertanggungan asuransi jiwa yang diperlukan juga semakin besar. Jangan sampai uang pertanggungan terlalu kecil (underinsured) atau terlalu besar (overinsured). Oleh sebab itu, ketika Anda ingin membeli asuransi jiwa, pastikan Anda membeli dari agen asuransi yang kredibel dan berpengalaman. Seorang pebisnis senior di Amerika, Ben Feldman mengatakan kepada agen asuransi, bahwa:

 

Bahasa Inggris

Don’t sell life insurance. Sell what life insurance can do.

Ben Feldman

 

beli-asuransi-jiwa-bukan-untuk-proteksi-kematian-tapi-finansialku

[Baca Juga: Jangan Bingung Jika Pertama Kali Beli Asuransi Jiwa dan Kesehatan]

 

Bahasa Indonesia

Jangan hanya jual produk asuransi jiwa. Jual manfaat yang didapat dengan memiliki asuransi jiwa.

Ben Feldman

 

Beberapa oknum tenaga penjual asuransi, seringkali melakukan tenik-teknik penjualan yang rumit. Ditelepon bilangnya ingin menawarkan asuransi jiwa, waktu hari h disodorin proposal investasi. Sebenarnya ini apa ya, proteksi atau investasi? Apakah saya butuh asuransi jiwa untuk keluarga?

Jangan bingung terlebih dahulu, mengenai produk unitlink. Pertama Anda perlu memhami betul bahwa asuransi jiwa adalah hal yang penting. Memang ketika tulang punggung keluarga meninggal, orang tersebut hanya butuh uang untuk pemakamannya. Tetapi anak istri yang masih hidup masih membutuhkan uang untuk hidup, membiayai kebutuhan sehari-hari termasuk uang sekolah anak. Finansialku memiliki infografis yang menggambarkan pentingnya produk-produk asuransi untuk seseorang, cek di sini.

Berbicara mengenai produk asuransi jiwa, sebenarnya ada produk asuransi jiwa tradisional dan unitlink. Ada beberapa perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang masih menawarkan asuransi jiwa tradisional, seperti asuransi jiwa berjangka (term life), asuransi jiwa seumur hidup (whole life) dan asuransi dwiguna (endowment). Sebelum Anda membeli produk asuransi jiwa apapun, baik yang tradisional maupun unitlink, pelajari dulu aturan mainnya dan baca syarat ketentuan yang berlaku.

apakah-unitlink-itu-proteksi-sekaligus-investasi-yang-dibutuhkan-keluargaku-finansialku

[Baca Juga: Cara Kerja Asuransi Unitlink]

 

 

Belilah Produk Asuransi Jiwa yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Seperti yang dijelaskan di atas, asuransi jiwa tidak akan memproteksi Anda dari kematian. Produk asuransi jiwa memproteksi kerugian ekonomis, karena seseorang meninggal dunia (economic value of human life). Lakukan perhitungan jumlah uang pertanggungan dengan cermat, agar Anda mendapatkan manfaat yang tepat. Gunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitung besaran uang pertanggungan yang perlu Anda siapkan (contoh perhitungan: menghitung uang pertanggungan asuransi jiwa)

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Menurut Anda jika tulang punggung rumah tangga adalah suami dan istri, apakah keduanya perlu memiliki asuransi jiwa?

 

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang