facebook_pixel

Infografis #5 Lindungi Diri Anda dan Asset Anda dengan Asuransi

Apakah Anda sudah melindungi diri Anda dan Asset Anda? Apakah Anda tahu ternyata asuransi itu banyak jenisnya, tidak hanya asuransi jiwa dan kesehatan?

 

Infografis Seri Perencanaan Keuangan #5 : Lindungi Diri Anda dan Asset Anda

Salah satu bagian penting dalam perencanaan keuangan adalah proteksi, karena setiap manusia selalu menghadapi risiko. Namanya juga risiko, kita tidak tahu kapan datangnya. Oleh sebab itu manusia perlu mengurangi risiko dan mengelola risiko (atau bahasa kerennya risk management). Berikut ini infografis yang menggambarkan tentang manajemen risiko dan asuransi untuk individu dan keluarga.

Infografis Lindungi Diri Anda dan Asset Anda

 

Dalam infografis di atas, terdapat beberapa hal penting dan menarik yang perlu Anda ketahui. Ow ya, jangan lupa share juga artikel ini kepada teman-teman, saudara dan pasangan kamu supaya mereka tahu sebenarnya utang itu bisa menjadi teman dan sekaligus musuh. Tergantung bagaimana cara Anda melihat utang.

 

5 Macam Asuransi yang Perlu Dipertimbangkan

Ternyata di Indonesia terdapat banyak jenis asuransi, yang paling umum adalah asuransi kesehatan (health insurance), asuransi jiwa (life insurance) dan asuransi umum. Di dalam asuransi umum terdapat jenis asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi rumah dan lainnya.

 

5 Produk Asuransi yang Sebaiknya Kita Miliki - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 5 Produk Asuransi yang Sebaiknya Kita Miliki]

 

  1. Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberi proteksi terhadap risiko kesehatan.
  2. Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan penggantian uang pertanggungan terhadap kerugian ekonomis seseorang, jika orang tersebut meninggal dunia.
  3. Asuransi kendaraan (mobil atau motor) adalah produk asuransi yang memberikan proteksi jika terjadi kerusakan atau kehilangan dengan kendaraan.
  4. Asuransi rumah adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan jika terjadi kerusakan atau kecurian di rumah.
  5. Asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan jika terjadi permasalahan dengan perjalanan Anda.

 

Asuransi Jiwa dan Uang Pertanggungan

Jika Anda masih ingat dengan piramida keuangan (lihat infografis 1), maka Anda akan menemukan bahwa asuransi termasuk bagian penting dan pondasi dalam keuangan seseorang, khususnya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Kami menggaris bawahi asuransi jiwa karena, asset yang paling berharga dalam diri manusia adalah jiwa seseorang dan nilai ekonomisnya. Nilai ekonomis yang dimaksud adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan pendapatan atau pemasukan.

Kapan Sebaiknya Seseorang Punya Asuransi Jiwa Rev - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Sebaiknya Seseorang Memiliki Asuransi Jiwa?]

 

Ketika seseorang membeli asuransi jiwa, sebenarnya orang tersebut membeli uang pertanggungan dan manfaat asuransi jiwa lainnya. Uang pertanggungan adalah uang yang diberikan oleh perusahaan asuransi, jika terjadi klaim atas kematian nasabahnya. Kira-kira uang pertanggungan tersebut dapat digunakan untuk apa saja?

  1. Membiayai biaya rumah sakit dan pemakaman.
  2. Melunasi utang, agar tidak mewariskan utang kepada pasangan dan anak-anak.
  3. Untuk pengganti penghasilan (income replacement). Setidaknya bisa hidup beberapa tahun dari uang asuransi.
  4. Dapat juga digunakan sebagai uang pendidikan anak.
  5. Ada juga yang digunakan untuk membiayai warisan. Misal uang asuransi jiwa digunakan untuk membayar biaya balik nama dan kepengurusan warisan.

 

Mengingat pentingnya fungsi asuransi jiwa, sebisa mungkin jika Anda sudah memiliki keluarga dan tanggungan, prioritaskan kebutuhan asuransi jiwa. Jika Anda saat ini belum memiliki angaran berlebih, Anda dapat mempertimbangkan asuransi jiwa tradisional. Anda dapat menghitung kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa dengan menggunakan Aplikasi FInansialku (menu bantuan dan contoh perhitungan).

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Pentingnya Peranan Asuransi dalam Keuangan Keluarga

Semoga penjelasan kami ini dapat memberikan gambaran seberapa penting asuransi, khususnya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Jangan sampai gara-gara Anda mengabaikan asuransi, Anda harus membayar lebih mahal. Kami juga pernah membuat penjelasan mengenai, mana yang paling penting: dana darurat, proteksi atau investasi. Tidak ada salahnya Anda juga ketahui urutan yang benar.

 

Apakah Anda sudah memilik asuransi jiwa dan asuransi kesehatan? Apakah Anda merasa rugi jika membeli asuransi jiwa?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Yenny 22 September 2016 at 21:19 - Reply

    Please recoment jenis perusahaan asuransi yang bisa saya ikuti untuk measuransikan kesehatan saya, jiwa saya dan yg lainnya

    • Finansialku
      Finansialku 11 October 2016 at 09:20 - Reply

      Hi Ibu Yenny, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Mohon maaf kami belum bisa merekomendasikan produk asuransi untuk Ibu,
      karena kami kekurangan data mengenai kebutuhan ibu.
      Ibu dapat mengirimkan email kepada kami, terkait kebutuhan lebih detilnya.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download