facebook_pixel

Infografis #1 Apa dan Siapa yang Membutuhkan Perencanaan Keuangan?

Berikut ini infografis seri perencanaan keuangan dari Perencana Keuangan Independen Finansialku. Pada seri 1 kami akan membahas apa itu perencanaan keuangan dan siapa yang membutuhkan.

 

Infografis Seri Perencanaan Keuangan #1 : Apa dan Siapa yang Membutuhkan

Berikut ini infografis seri perencanaan keuangan #1 : Apa dan Siapa yang Membutuhkan Perencanaan keuangan:

 Infografis Seri Perencanaan Keuangan - Apa dan Siapa yang Membutuhkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Apa itu Perencanaan Keuangan?

Merencanakan keuangan menurut Financial Planning Standard Board (FPSB) adalah

Suatu proses untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan seseorang melalui manajemen keuangan secara terintegrasi terencana.

 

Setiap orang, termasuk Anda dan Saya memiliki tujuan-tujuan keuangan. Entah itu tujuan untuk membeli rumah, kendaraan, mempersiapkan biaya pendidikan anak, perjalanan ibadah, dana hari tua dan lain sebagainya.

Seperti yang Anda ketahui, biaya-biaya untuk tujuan tersebut terkadang membutuhkan uang dalam jumlah besar. Mungkin saja gaji 12 bulan belum tentu cukup untuk membeli rumah, perjalanan ibadah atau persiapan untuk pensiun. Oleh sebab itu maka Anda butuh strategi dan perencanaan, agar tujuan keuangan Anda dapat segera terwujud.

[Baca Juga: Cara Mewujudkan Tujuan-Tujuan Keuangan Anda]

 

Idea Solusi Finansialku - Perencana Keuangan Independen FinansialkuDengan adanya perencanaan keuangan, Anda memiliki sebuah peta atau GPS untuk dapat melangkah maju dan mewujudkan satu-persatu tujuan keuangan Anda.

 

Siapa yang Membutuhkan Perencanan Keuangan?

Setiap orang yang memiliki tujuan keuangan dan mengelola keuangannya sendiri membutuhkan sebuah perencanaan keuangan. Dalam infografis di atas, kami sebutkan lima sosok yang membutuhkan perencanaan keuangan:

Karyawan : dengan gaji yang relative tetap setiap bulannya, seorang karyawan harus pandai-pandai mengelola uang untuk memenuhi kebutuhan jangka hidup dan jangka pendek, kebutuhan jangka menengah dan jangka panjang. Jadi karyawan perlu pandai-pandai mengatur uangnya agar dapat membeli tujuan-tujuan keuangan yang membutuhkan banyak uang (contoh: membayar dp rumah, membeli mobil, menyiapkan biaya kuliah anak, pensiun dan lain sebagainya). Baca Informasi Selengkapnya: Karyawan Butuh Perencanaan Keuangan.

Ibu Rumah Tangga : salah satu tugas dan kewajiban ibu rumah tangga adalah mengatur keuangan keluarga. Paling tidak ibu rumah tangga harus pandai mengatur uang masuk, uang keluar, membuat anggaran, mengelola utang kartu kredit, cicilan dan lain sebagainya. Selain itu ibu rumah tangga juga perlu bekerja sama dengan suami untuk berinvestasi dan mewujudkan tujuan-tujuan keuangan jangka panjang. Baca Informasi Selengkapnya: Ibu Rumah Tangga Butuh Perencanaan Keuangan.

Entrepreneur : seorang pengusaha atau entrepreneur tentu memiliki tantangan-tantangan dalam mengelola keuangannya. Namanya orang bisnis, terkadang ada saatnya untung besar ada juga belum untung. Disisi lain selalu ada tujuan-tujuan keuangan yang hendak dicapai. Perencanaan keuangan dapat membantu Anda untuk memastikan penghasilan Anda bisa digunakan untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan jangka menengah dan jangka panjang. Baca Informasi Selengkapnya: Entrepreneur Butuh Perencanaan Keuangan.

Pekerja Profesi : professional, seperti dokter, apoteker, pengacara, akuntan, artis, atlet, musisi, freelance, agen juga perlu memiliki perencanaan keuangan untuk dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan jangka menengah dan panjang. Jangan sampai uang yang Anda miliki saat ini tidak terkelola dengan baik, sehingga Anda menjadi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan keuangan di masa depan. Baca Informasi Selengkapnya: Profesional Butuh Perencana Keuangan.

Perusahaan : perusahaan (Manajemen perusahaan dan HRD) perlu memikirkan perencanaan keuangan untuk karyawannya. Tujuannya adalah agar para karyawan dapat aman dan nyaman secara keuangan serta hidup sejahtera. Dengan keamanan finansial, seorang karyawan diharapkan dapat lebih produktif dalam bekerja dan tidak mengurangi kecurangan dalam pekerjaan. Baca Informasi Selengkapnya: Perusahaan Butuh Perencanaan Keuangan.

Piramida Perencanaan keuangan

Apa saja topik atau bahasan dalam perencanaan keuangan? `Kalau dibilang topik tentu saja banyak sekali bahasan dalam perencanaan keuangan. Mari kita bahas beberapa topik berdasarkan prioritasnya. Dalam perencanaan keuangan, prioritas-prioritas tersebut digambarkan dalam bentu piramida.

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Ibu-Rumah-Tangga-Harus-Mengenal-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

 

Prioritas pertama dalam perencanaan keuangan adalah memenuhi kebutuhan jangka pendek, dalam hal ini adalah mengelola arus kas (cash flow), dana darurat dan utang. Ketiga bagian tersebut adalah permasalahn keuangan jangka pendek yang harus dipastikan sehat.

Jika Anda sudah lakukan perbaikan ditiga bagian utama, prioritas berikutnya adalah manajemen risiko individu (personal risk management). Pada bagian ini, Anda harus memastikan asset-asset Anda (Jiwa, Rumah, Kendaraan) telah terlindungi dengan cukup (tidak berlebih atau kekurangan).

[Baca Juga: Kenapa Saya Membutuhkan Asuransi Jiwa?]

 

Bagian ketiga adalah tujuan-tujuan keuangan jangka menengah. Pada bagian ketiga ini, beberapa orang memiliki prioritas yang berbeda, misal ada yang memprioritas biaya pendidikan anak, biaya untuk perjalanan ibadah, atau biaya untuk membeli rumah dan lain sebagainya.

Walaupun kebutuhan jangka menengah penting, tetapi jangan lupakan tujuan keuangan jangka panjang seperti dana hari tua (dana pensiun). Persiapan biaya pensiun sejak usia muda, akan memberikan Anda bekal yang cukup untuk memasuki masa pensiun. Jadi Anda dan pasangan dapat pensiun dalam kondisi aman dan sejahtera secara keuangan.

[Baca Juga: Mengapa Perlu Perencanaan Dana Hari Tua?]

 

Terakhir adalah waris atau distribusi keuangan. Jangan sampai kekayaan atau harta duniawi yang Anda dapatkan menjadi sumber keretakan dalam rumah tangga. Lakukan perencanaan waris, untuk memastikan Anda memindahkan kekayaan Anda kepada orang yang tepat, dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat dengan cara yang tepat.

Semoga infografis dan penjelasan ini dapat memberikan gambaran sekilas mengenai perencanaan keuangan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, Anda dapat menghubungi kami melalui nomor telepon 0819 1151 6119, email solusi@finansialku.com. Silahkan hubungi kami melalui halaman konsultasi untuk konsultasi perencanaan keuangan. Hubungi kami melalui halaman pelatihan untuk mengundang kami training di perusahaan Anda.

 

Apakah Anda sudah memiliki rencana keuangan? Jika berkenan, kira-kira ekspetasi apa yang Anda harapkan dengan memiliki sebuah rencana keuangan? Silahkan berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download