facebook_pixel

Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan

Wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan karena beberapa hal, salah satunya adalah wirausaha harus mengelola keuangan pribadinya dan keuangan bisnisnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa orang wirausaha, mereka mengaku mengelola keuangan menjadi tantangan dan seni dalam mengelolanya. Finansialku.com akan membahas topik wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan.

 

Wirausaha dalam Quadrant Arus Kas

Quadrant arus kas atau cashflow quadrant adalah grafik yang menggambarkan sumber pendapatan seseorang. Berikut ini adalah gambar quadrant arus kas yang dibuat oleh Robert T. Kiyosaki.

 esbi cashflow quadrant

Wirausaha atau entrepreneur adalah orang yang mengorganisasikan dan mengelola bisnis, mengambil risiko (yang terukur) untuk mendapatkan keuntungan atau profit. Sebuah rencana keuangan yang sesuai dengan kebutuhan seorang wirausaha adalah rencana keuangan untuk kaya dan bebas secara keuangan.

 

Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Permasalahannya beberapa orang narasumber mengaku seringkali bingung mengurus penghasilan atau tidak tahu cara menggunakan uang untuk memenuhi tujuan-tujuan masa depan. Banyak wirausaha kesulitan memproteksi kekayaannya, mengurus pajak, mendistribusikan kekayaannya, cara menggunakan uang dan utang menjadi lebih produktif, memenuhi tujuan keuangan keluarga dan bisnis. Singkatnya bagaimana cara mengelola keuangan pribadi dan keuangan keluarga untuk memenuhi tujuan keuangan? 

 

Perencanaan Keuangan: Art, Finance dan Logic

Perencanaan-Keuangan---Ilmu-Keuangan,-Seni-dan-Logika

Perencanaan keuangan untuk kebutuhan individu (pribadi) dan keluarga sejatinya adalah gabungan antara art (seni), personal finance (ilmu keuangan pribadi dan keluarga) dan logic (logika). Perencanaan keuangan membutuhkan adanya sinergi ketiga variabel tersebut. Sebuah rencana keuangan disusun dengan memperhatikan pandangan terhadap risiko, kemampuan finansial  keluarga, tingkat penguasaan produk investasi dan lainnya.

Berdasarkan hasil diskusi dengan teman-teman wirausaha didapatkan hasil rata-rata para wirausaha mengelola keuangan pribadi dan keluarganya mengandalkan art (seni) dilandaskan logika dan perhitungan sederhana. Mayoritas wirausaha yang diajak diskusi, tidak menggunakan perhitungan ilmu keuangan (kecuali beberapa wirausaha sudah mempekerjakan akuntan, konsultan pajak dan ahli-ahli keuangan) yang rumit. Banyak wirausaha belum melihat pentingnya memproteksi asset dan mengoptimalkan kekuatannya untuk memaksimalkan bisnisnya.

 

Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan ala Miliarder]

 

Hasil wawancara juga menemukan banyak teman mengaku mengalami kesulitan dalam merencanakan keuangan pribadi dan keuangan keluarga, pendapatan yang didapat terkadang tercampur antara bisnis dan keluarga, mengelola utang baik dan utang buruk. Sebagian kecil teman-teman yang diajak diskusi mengaku sudah mulai berinvestasi, untuk kebutuhan masa depan.

Sayangnya definisi masa depan belum dapat digambarkan dengan jelas alias belum ada petunjuk merencanakan keuangan untuk memenuhi tujuan keuangan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Keresahan teman-teman ini, akan dirangkum oleh Finansialku ke dalam 5 alasan Wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan.

 

5 Alasan Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan

Berdasarkan diskusi ini terdapat lima alasan mengapa wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan:

  1. Permasalahan mengelola arus kas dan pendapatan dan mengelola utang.
  2. Mengelola risiko pribadi dan risiko bisnis.
  3. Mengelola investasi agar dapat memenuhi tujuan keuangan.
  4. Mengoptimalkan pajak.
  5. Mewariskan bisnis atau kekayaan kepada keluarga.

 

Alasan 1 Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan : Mengelola Arus Kas dan Utang

Alasan pertama seorang wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan adalah untuk membantu mengelola arus kas dan utang. Beberapa narasumber mengatakan: “Duit buat keluarga sama bisnis sering kecampur ni, nah kita sebagai wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan.” 

Ada seorang teman wirausaha yang mengatakan bahwa bisnis kadang ada masa jaya ada juga masa susah. Nah yang diharapkan dari teman-teman wirausaha adalah agar dana yang didapatkan saat ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masa depan (bahkan ketika bisnis sedang mengalami kesulitan), tujuan-tujuan keuangan dapat memenuhi tujuannya.

Grafik Perencanaan Keuangan Keluarga

 [Baca Juga: Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan]

 

Beberapa orang wirausaha mengaku mereka tidak memiliki latar belakang pengetahuan di bidang keuangan dan mereka tidak memiliki cukup waktu untuk kembali ke bangku sekolah. Bagaimana mengalokasikan dana yang ada sekarang untuk setidaknya memenuhi tujuan-tujuan keuangan di masa depan. Jika kebutuhan telah terencana dengan baik, atau sudah hidup nyaman, wirausaha dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Oleh sebab itulah seorang wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan.

 

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Ibu-Rumah-Tangga-Harus-Mengenal-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

 [Baca Juga: Risiko Jika Tidak Mempuanyai Rencana Keuangan]

 

Alasan 2 Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan : Mengelola Risiko Pribadi dan Risiko Keluarga

Mengelola risiko adalah dasar dari perencanaan keuangan. Risiko yang dihadapi seorang wirausaha cukup kompleks, misal risiko jiwa atas orang-orang utama (key persons), risiko atas kehilangan atau kerusakan asset, risiko bisnis dan lainnya. Jadi potensi risiko yang dihadapi oleh teman-teman wirausaha adalah risiko menurunnya pendapatan karena satu lain hal, risiko penyakit kritis dan risiko kematian.

 

 

Dua Tipe Perencana Keuangan di Indonesia - Perencana Keuangan Dependen

 [Baca Juga: Kenapa Saya Perlu Asuransi Jiwa?]

 

Beberapa risiko dapat dikelola dengan cara mentransfer risiko atau mempersiapkan plan B jika terjadi sesuatu. Salah satu jenis plan B adalah mengelola pendapatan yang diterima sekarang untuk bekal pendapatan di waktu yang akan datang. Banyak pengusaha yang takut terhadap risiko mewariskan utang bisnis ke keluarganya (pasangan dan anak-anak). Wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan untuk dapat memastikan utang-utang bisnis yang ada saat ini tidak akan diwariskan ke pasangan atau anak-anak.

 

Alasan 3 Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan : Mengelola Investasi untuk Memenuhi Tujuan Keuangan

Bisnis tentu saja memiliki tujuan-tujuan keuangannya, begitupula dengan tujuan-tujuan keuangan pribadi. Bagaimana cara mempercepat untuk memenuhi tujuan keuangan? Jawabannya investasi, tapi investasi seperti apa? dimana? berapa banyak? kapan? dan seterusnya…

Dimana saya harus berinvestasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Alokasi Asset yang Sesuai dengan Saya?]

 

Investasi ini dimaksudkan untuk mengamankan posisi, agar ketika bisnis sedang melesu tujuan-tujuan keuangan tetap dapat terpenuhi. Banyak wirausaha yang anti dengan investasi di portfolio asset (reksadana, saham, obligasi dan lainnya), karena menganggap bisnis lebih menguntungkan. Padahal mereka tahu, business tentu ada kondisi naik dan turun. Wirausaha tahu mereka sebenarnya butuh diversifikasi ke portfolio asset, cuma belum mengetahui caranya. 

 

Alasan 4 Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan : Mengoptimalkan Pajak

Alasan keempat 4 wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan adalah masalah pajak. Hal ini tidak hanya di Indonesia tetapi hampir seluruh wirausaha di dunia memiliki permasalahan pajak. Perencana keuangan bersama dengan tim dapat membantu wirausaha untuk mengoptimalkan pajak. Mengoptimalkan tidak sama dengan curang. Optimal disini berarti membayar pajak sesuai dengan peraturannya, tidak kurang dan tidak lebih serta tidak menipu.

 

Alasan 5 Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan : Mewariskan Bisnis atau Kekayaan

Sebagian dari teman-teman wirausaha yang sudah cukup sukses dalam mengembangkan usaha dan bisnisnya tentu saja berpikir untuk mewariskan kepada keluarga. Banyak wirausaha yang gagal mewariskan bisnis ke anak cucu. Mewariskan bisnis adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, karena pewaris harus dipersiapkan baik ilmu, pengalaman dan mindsetnya.

Mempersiapkan Warisan - Dana Waris - Distribusi Kekayaan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Distribusi Keuangan dengan Waris dan Hibah]

 

Permasalahan waris tidak hanya berhenti pada mewariskan bisnis, tetapi juga mewariskan kekayaan. Di Indonesia sempat terjadi beberapa permasalahan mengenai rebutan waris, setelah seorang artis meninggal. Hal ini terjadi karena tidak ada rencana waris dari awal. Oleh sebab itu seorang wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan untuk memastikan agar proses waris dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan bisnis yang diwariskan dapat lebih berkembang.

 

Kesimpulan

Wirausaha butuh konsultasi perencanaan keuangan karena:

  1. Permasalahan mengelola arus kas dan pendapatan dan mengelola utang.
  2. Mengelola risiko pribadi dan risiko bisnis.
  3. Mengelola investasi agar dapat memenuhi tujuan keuangan.
  4. Mengoptimalkan pajak.
  5. Mewariskan bisnis atau kekayaan kepada keluarga.

 

Perencana keuangan akan membantu Anda membuat sebuah rencana keuangan sebagai roadmap atau penunjuk memenuhi tujuan keuangan Anda. Teman-teman wirausaha dapat berdiskusi dan berkonsultasi mengenai rencana keuangan bersama Finansialku. Hubungi Finansialku sekarang.

 

 HUBUNGI FINANSIALKU

Hubungi Finansialku

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download