Rencana Keuangan Bukan Jaminan, Apalagi Tidak Punya!

Tahukah Anda: memiliki rencana keuangan bukan jaminan tujuan keuangan Anda pasti dapat terwujud, apalagi jika Anda tidak punya! Kali ini Finansialku.com akan membahas rahasia mengenai kekuatan rencana keuangan yang selama ini tidak dibicarakan banyak orang.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengenal Tujuan Keuangan yang SMART

Anda tentunya setuju, kalau kondisi keuangan saat ini harus lebih baik dari pada kondisi keuangan yang lalu dan kondisi keuangan yang akan datang harus lebih baik daripada kondisi keuangan yang sekarang, kan?

Jika Anda setuju, Anda perlu melakukan persiapan dengan matang, apa yang harus Anda lakukan dan bagaimana cara Anda melakukan. Anda memerlukan sebuah rencana keuangan yang komprehensif dan menjawab tujuan-tujuan keuangan Anda.

Rencana Keuangan Bukan Jaminan, Apalagi Tidak Punya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Lihat Infografis : Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan

Rencana keuangan yang dibuat Finansialku terdiri dari 4 bagian utama yaitu:

  1. Profil lengkap Anda sebagai klien.
  2. Kondisi keuangan Anda saat ini dan pengecekan kesehatan keuangan Anda.
  3. Penentuan tujuan keuangan, perhitungan dan analisis.
  4. Saran, Kesimpulan dan Action Plan.

Rencana keuangan tersebut tidak menjamin tujuan Anda pasti terwujud. Anda harus segera melakukan langkah-langkah perbaikan, mengubah kebiasaan-kebiasaan yang masih kurang baik, memiliki proteksi diri dan mulai investasi, Anda dapat menghubungi perencana keuangan Finansialku untuk mulai mendiskusikan rencana keuangan yang didesain khusus untuk Anda, melalui email solusi@finansialku.com atau isi formulir berikut ini.

 

Rahasia Rencana Keuangan yang Tidak Banyak Orang Pahami

Banyak orang kerap kali salah paham dengan rencana keuangan. Rencana keuangan tidak menjamin, tujuan keuangan Anda akan terwujud. Sekali lagi tidak ada jaminan. Rencana keuangan adalah bagian utama dan penting dari proses perencanaan keuangan.

Anda harus menjalankan prosesnya secara disiplin dan menjadikan proses tersebut sebagai gaya hidup. Perencanaan keuangan adalah proses dan tidak mungkin berubah dalam satuan hari. Anda memerlukan waktu untuk melakukan perubahan dan meningkatkan literasi keuangan Anda. Tentu saja Anda mau memiliki kondisi keuangan yang sehat, kan?

 Siklus Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Jika Anda ingin memiliki kondisi keuangan keluarga yang lebih sehat dan mewujdukan tujuan-tujuan keuangan Anda, maka Anda perlu merencanakan keuangan. Mari kita bahas satu-persatu proses dalam perencanaan keuangan:

 

Membuat Rencana Keuangan

Tahapan pertama dalam proses perencanaan keuangan adalah membuat rencana keuangan. Rencana keuangan tersebut yang akan berguna membantu Anda memberi petunjuk, seperti: apa yang harus Anda lakukan? berapa yang harus Anda investasikan? dimana Anda sebaiknya berinvestasi? kebiasaan-kebiasaan buruk apa yang harus Anda rubah?

Rencana Keuangan Bukan Jaminan, Apalagi Tidak Punya - 03 - Review - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga butuh Perencanaan Keuangan]

 

Anda dapat membuat sebuah rencana keuangan dengan menggunakan aplikasi. Tidak ada kata benar atau salah dalam perencanaan keuangan. Proses perencanaan keuangan tidak hanya menggunakan ilmu keuangan, tetapi juga logika dan seni. Satu hal yang membuat salah, yaitu Jika Anda tidak memiliki rencana keuangan.

 

Menjalankan Rencana Keuangan

Rencana keuangan tidak berguna jika Anda memiliki rencana keuangan dan hanya disimpan saja. Rencana keuangan dibuat tidak hanya untuk disimpan, tetapi harus dilaksanakan. Merencanakan tidak cukup untuk membuat perubahan, tetapi Anda juga harus menjalankan rekomendasi-rekomendasi dalam rencana keuangan.

Rencana Keuangan Bukan Jaminan, Apalagi Tidak Punya - 04 - Action - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Juga Butuh Perencanaan Keuangan]

 

Melakukan Pengecekan dan Review

Dalam kenyataannya hasil investasi tidak sesuai dengan rencana yang dibuat. Contoh investasi yang hasilnya mengalami naik turun, tiba-tiba bunga utang KPR meningkat dan lain sebagainya. Nah disinilah Anda perlu melakukan review dan pengecekan ulang. Kami sarankan Anda berbicara dengan orang yang independen dan obyektif untuk melakukan review. Berdasarkan review tersebut, kemudian buat alternatif langkah-langkah perbaikan, agar tujuan Anda tetap dapat diwujdukan.

Rencana Keuangan Bukan Jaminan, Apalagi Tidak Punya - 03 - Review - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Entrepreneur Harus Punya Rencana Keuangan, Jika Tidak Mau Keuangannya Berantakan]

 

Melakukan Langkah Perbaikan

Tahapan terakhir dalam perencanaan keuangan adalah lakukan langkah-langkah perbaikan. Tidak ada rencana keuangan yang 100% pasti benar dan tidak ada rencana keuangan yang 100% cocok untuk semua orang. Dibutuhkan sebuah proses perbaikan yang berkelanjutan, agar tujuan keuangan Anda dapat segera terwujud dan kondisi keuangan Anda lebih baik ke depannya.

Rencana Keuangan Bukan Jaminan, Apalagi Tidak Punya - 04 - Action - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan untuk Dokter dan Pekerja Profesi]

 

Jadi Kenapa Anda tidak Mulai Merencanakan Keuangan dari Sekarang

Tentu saja jika Anda bukan seperti orang lain yang hanya bermimpi, tanpa tindak lanjut kan? Oleh sebab itu segera lakukan langkah kecil Anda, yaitu segera buat rencana keuangan. Sebagai perencana keuangan, Finansialku akan senang hati untuk berdiskusi dengan Anda. Jadi Kenapa Anda tidak mulai merencanakan keuangan dari sekarang?

 

 

Apakah Anda sudah merasakan manfaat dan kemudahan dari rencana keuangan Anda?

 

Sumber Gambar

  • Infographic- www.freepik.com 
  • Financial Service – http://goo.gl/jlbm5a
  • Plan – http://goo.gl/5Pqgx4
  • Do – https://goo.gl/OxulCy
  • Control – http://goo.gl/hbrOgR
  • Action – http://goo.gl/cVJI2n

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download