Produk-produk asuransi apa saja yang seharusnya dimiliki? Berikut ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas 5 produk asuransi yang penting dimiliki.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

5 Produk Asuransi yang Wajib Kita Miliki

Asuransi dalam perencanaan keuangan memiliki posisi yang paling penting. Asuransi boleh dibilang sebagai pondasi dalam perencanaan keuangan, karena produk asuransi menjadi bumper apabila terjadi sesuatu dengan kita. Nah di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali produk asuransi. Apa saja produk asuransi yang sudah Anda miliki? Silahkan tulis jawaban Anda di bawah artikel ini, terima kasih.

 

5 Produk Asuransi yang Sebaiknya Kita Miliki - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan]

 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberi proteksi terhadap risiko kesehatan. Ada banyak produk asuransi kesehatan murni di Indonesia, baik asuransi swasta maupun pemerintah (BPJS Kesehatan). Harga asuransi kesehatan ini beragam, mulai dari di bawah Rp 100.000 per bulan hingga mencapai Rp 500.000 per bulan. 

 

[Baca Juga: Asuransi Kesehatan BPJS Kesehatan]

 

Jika Anda bekerja sebagai karyawan di perusahaan, tidak ada salahnya Anda memaksimalkan manfaat asuransi kesehatan yang diberikan kantor. Jika manfaat asuransi dari perusahaan, dirasa masih kurang baru Anda beli asuransi kesehatan tambahan.

 

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan penggantian uang pertanggungan terhadap kerugian ekonomis seseorang, jika orang tersebut meninggal dunia. Ada beberapa produk asuransi jiwa yang diperluas atau ditambah dengan perlindungna terhadap cacat tetap atau mengalami sakit kritis sesuai dengan yang tertera di dalam polis. Apa yang dimaksud dengan kerugian ekonomis? Jadi setiap orang yang hidup, memiliki nilai ekonomis. Misal seorang Ayah, menghasilkan Rp 10.000.000 per bulan (atau Rp 120.000.000 per tahun). Nah nilai ekonomis ayah adalah sebesar pendapatan dan potensi pendapatan yang dimilikinya.  

 

[Baca Juga: Apa Bedanya Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa?]

 

Pada awalnya asuransi jiwa yang dipasarkan di Indonesia adalah asuransi jiwa tradisional. Asuransi jiwa tradisional terdiri dari asuransi term life, asuransi whole life dan asuransi endowment. Nah sekarang ini, asuransi jiwa sudah bertransformasi menjadi produk yang lebih canggih. Asuransi jiwa tidak hanya berperan sebagai proteksi tetapi juga investasi. Istilah kerennya disebut dengan unitlink. Sebagai perencana keuangan, Finansialku menyarankan agar Anda mempelajari lebih teliti sebelum membeli produk unitlink (setidaknya Anda harus tahu apa untung ruginya membeli produk asuransi unitlink). 

 

Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan (mobil atau motor) adalah produk asuransi yang memberikan proteksi jika terjadi kerusakan atau kehilangan dengan kendaraan. Dalam prakteknya terdapat asuransi kendaraan jenis TLO (total lost only) dan/atau all risk (seluruh risiko). Premi asuransi all risk kendaraan biasanya mencapai 1,5% – 3% dari harga kendaraan.

 

Asuransi Rumah

Asuransi rumah adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan jika terjadi kerusakan atau kecurian di rumah. Asuransi rumah termasuk dalam golongan asuransi umum (general insurance). Biasanya asuransi rumah, memberikan perlindungan terhadap FLEXAS (fire, lightning, explosion, aircraft, smoke). Biaya atau premi asuransi rumah, relative cukup murah. Besar biaya premi tergantung pada ukuran rumah, fungsi rumah (rumah, ruko, atau bisnis) dan lokasi rumah.

 

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan jika terjadi permasalahan dengan perjalanan Anda, misal kehilangan koper, terjadi penundaan (delay) keberangkatan, terjadi pembatalan keberangkatan, sakit di tempat tujuan wisata dan lainnya. Biasanya harga asuransi perjalanan ini sekitar Rp 35.000 –  Rp 100.000 untuk perjalanan domestik. Untuk perjalanan ke luar negeri bisa lebih mahal Rp 100.000 – Rp 10.000.000 (tergantung tujuan wisata dan perlindungan yang diberikan).

 

[Baca Juga: Apakah Anda Memerlukan Asuransi Perjalanan?]

 

Produk Asuransi Apa yang Anda Perlu Prioritaskan?

Jika saat ini Anda belum pernah membeli atau belum memiliki produk asuransi apapun, maka Anda harus membuat prioritasnya. Jangan sampai mobil Anda terasuansikan, tetapi jiwa Anda belum terasuransikan. Asuransi pertama yang perlu Anda miliki adalah asuransi kesehatan dan jiwa. Jika Anda sudah memiliki rumah, pastikan Anda mengasuransikan rumah Anda. Sisanya baru kendaraan dan perjalanan.

 

 

Apa saja produk asuransi yang sudah Anda miliki?

 

 

Sumber Gambar: 

  • Family Run – http://goo.gl/TkWCHE
  • Child – http://goo.gl/3sQoFK

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

  • Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

    Download Sekarang