Kenapa harus membeli asuransi, kalau ada dari kantor? Kali ini Finansialku.com akan menjawab sebuah pertanyaan klasik kenapa sih, Anda harus membeli asuransi, padahal kantor Anda sudah memberi jaminan kesehatan?

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Kenapa Harus Membeli Asuransi, Klo Ada dari Kantor?

Perusahaan-perusahaan umumnya memberikan jaminan kesehatan sebagai salah satu employee benefit. Pada prakteknya ada perusahaan yang memberikan jaminan kesehatan dengan membeli asuransi grup, ada juga yang menggunakan BPJS Kesehatan serta terakhir adalah memberikan jaminan dengan uang kas internal perusahaan.

Kenapa Harus Membeli Asuransi, Kalau Ada dari Kantor - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Asuransi Jiwa dan Kenapa Saya Butuh?]

 

Nah lalu, apakah masih perlu membeli asuransi jiwa dan kesehatan tambahan? Jawabannya tergantung, apakah beberapa kondisi. Mari kita bahas satu per satu:

 

Kondisi Pertama : Apakah jaminan kesehatan dari kantor, nilainya cukup?

Jika jawabannya sudah cukup, berarti Anda perlu bersyukur. Jika belum cukup, maka Anda perlu membeli asuransi jiwa atau kesehatan tambahan. Cukup ini disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan Anda.

  

[Baca Slide: Bagaimana Cara Kerja Unitlink?]

 

Kondisi Kedua : Apakah jaminan kesehatan tersebut tetap berlaku jika Anda keluar kerja? 

Jika jawabannya tidak berlaku, maka ada baiknya Anda membeli asuransi jiwa dan kesehatan tambahan. Setidaknya Anda memiliki cadangan dan jaminan kesehatan. Ow ya untuk benefit dan fasilitas yang sama, semakin muda usia bergabung dengan asuransi biasanya harga premi asuransi menjadi semakin murah.

 

Kondisi Ketiga: Apakah jaminan kesehatan dari kantor, sudah melindungi dari semua penyakit?

Jika jawabannya tidak yakin, Anda perlu cek riwayat kesehatan keluarga Anda dan jenis penyakit yang ditanggung perusahaan. Misal keluarga Pak Ronald memiliki riwayat penyakit jantung. Tidak ada salahnya Pak Ronald mempersiapkan diri jika sampai terjadi penyakit jantung. Apabila jaminan kesehatan dari kantor tidak menyediakan perlindungan atas penyakit jantung maka Pak Ronald perlu membeli asuransi jiwa dan kesehatan tambahan.

 

Kondisi Keempat: Berapa lama perusahaan akan memberikan jaminan kesehatan?

Contoh ada seseorang yang terkena kanker dan harus istirahat total selama lebih dari satu tahun. Orang tersebut juga harus melalukan perawatan kemoterapi dan lainnya. Biasanya perusahaan tidak mampu atau tidak mau menaggung jaminan kesehatan, jika karyawan mengalami sakit berkepanjangan.

 

Jadi Anda perlu Membeli Asuransi karena…

Membeli asuransi pada dasarnya adalah memberikan proteksi. Jika proteksi yang diberikan perusahaan sudah mampu dan sesuai dengan kebutuhan Anda, ya Anda tidak perlu membeli lagi. Sebaliknya jika Anda merasa proteksi yang diberikan perusahaan masih kurang, tidak ada salahnya Anda membeli asuransi jiwa dan kesehatan. Ingat ya disini kita membahas dari sudut proteksi.

 

Jadi Apakah Anda perlu membeli asuransi jiwa dan kesehatan tambahan?

 

Sumber Gambar:

  • Cancer – http://goo.gl/i13eJQ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang