Mengenal Rider Asuransi Jiwa agar tidak salah memilih dan membeli sesuai dengan yang dibutuhkan. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai mengenal rider asuransi jiwa.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa itu Rider Asuransi Jiwa?

Rider Asuransi Jiwa sering kali disebut dengan istilah asuransi tambahan. Rider asuransi jiwa tidak dapat diperoleh jika Anda tidak membeli asuransi dasarnya. Jadi rider asuransi jiwa bukan bagian dari polis dasar. 

AAJI Logo - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia - Finansialku

 

Menurut AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) Rider didefinisikan sebagai:

Sekumpulan provisi khusus atau tambahan dalam polis asuransi jiwa, yang ditambahkan untuk memperkuat dan melengkapi cakupan dari polis dasar beserta manfaatnya.

 

Seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya Rider Asuransi Jiwa bukan bagian dari polis dasar, sehingga rider asuransi jiwa tidak akan dilampirkan pada polis dasar.

Pemegang polis (calon klien) harus terlebih dahulu meminta rider asuransi jiwa dan jika disetujui perusahaan asuransi jiwa, pemegang polis harus membayar premi tambahan untuk manfaat tambahan yang akan diterimanya.

Mengenal Rider Asuransi Jiwa - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Setiap perusahaan asuransi jiwa memiliki Rider Asuransi Jiwa yang berbeda – beda. Ada beberapa Rider Asuransi Jiwa yang dimiliki hampir setiap perusahaan asuransi jiwa. Biasanya rider-rider tersebut termasuk rider asuransi jiwa yang penting.

banner -asuransi jiwa

 

Jenis-jenis Rider Asuransi Jiwa

Setelah mengetahui tentang pengertian dan fungsinya, ada beberapa jenis rider yang perlu diketahui klien sebagai informasi tambahan.

Jenis-jenis ini berkaitan dengan sistem pembayaran dan beberapa kebijakan asuransi jiwa lainnya. Berikut ini adalah paparannya:

#1 Automatic Premium Loan (APL)

Jenis rider yang pertama adalah Automatic Premium Loan (APL).

Rider ini memanfaatkan fitur untuk melakukan pengaturan penggunaan nilai tunai uang apabila klien sampai lupa membayar karena sesuatu hal.

APL banyak diutamakan para klien untuk menjadi prioritas rider karena adakalanya memang terjadi kealpaan pembayaran akibat suatu hal tertentu.

Jika ini terjadi tanpa disengaja, maka akan sangat disayangkan apabila pertanggungannya jadi bermasalah.

 

#2 Waiver of Premium

Waiver of premium atau pembebasan resmi merupakan jenis rider asuransi jiwa yang kedua.

Keadaan yang membuat rider ini muncul adalah kecacatan permanen.

Jika hal ini terjadi, maka akan ada sistem pembebasan premi dan pihak asuransi jiwa akan memberikan sejumlah dana sesuai sisanya.

Waiver of premium diajukan pada saat pendaftaran asuransi jiwa melalui formulir baik yang manual maupun online.

Harga untuk rider asuransi jiwa yang satu ini kurang lebih akan menambah 5% hingga 10% harga premi asli.

Estimasi waktu yang dibutuhkan sebelum sisa premi diberikan adalah 6 bulan setelah peristiwa kecacatan permanen klien.

Karena setiap polis memiliki pemahaman dan aturan berbeda-beda terkait dengan kecacatan, maka kemungkinan yang digunakan adalah standar tersebut.

Tetapi secara umum kecacatan tersebut adalah yang mempengaruhi pekerjaan tidak dapat dilakukan.

Ada beberapa tes kesehatan secara menyeluruh sebelum seseorang dinyatakan memenuhi kriteria sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan asuransi jiwa.

 

#3 Return of Premium

Sesuai dengan namanya, rider ini akan membantu klien dalam sistem pengembalian premi sesuai dengan jangka waktu.

Apabila yang bersangkutan masih hidup, maka preminya tidak berlaku lagi setelah jangka waktu yang ditentukan.

Meskipun demikian, besarnya return of premium berbeda-beda pada setiap perusahaan asuransi jiwa.

 

#4 Accidental Death

Rider yang satu ini akan membantu para klien untuk bisa mendapatkan pertanggungan ketika mengalami kecelakaan terutama pada jenis transportasi publik.

Nominal uang dari polis bahkan mencapai dua kali lipat untuk korban yang sampai mengalami kematian.

Aturan ini diberi nama double indemnity. Jika penyebab kematian secara langsung adalah kecelakaan tersebut dan waktunya kurang lebih 90 hari maka pertanggungan akan diberikan secara utuh.

 

#5 Disability / Dismemberment Benefit

Dismemberment benefit akan memberikan sejumlah uang untuk klien yang kehilangan anggota tubuh sehingga mengakibatkan kecacatan karena kecelakaan.

Rider ini tidak bisa keluar jika kecacatannya diakibatkan oleh suatu penyakit.

Selain kondisi fisik menjadi cacat, pertanggungan juga dapat dikeluarkan untuk hilangnya fungsi organ tubuh sesuai pernyataan polis.

 

#6 Accelerated Death Benefit

Sebuah penyakit yang kronis atau belum ada obatnya menjadi dasar pemberian pertanggungan jika klien membeli rider jenis accelerated death benefit.

Hasil vonis bisa menjadi dasar pemberian sejumlah uang untuk membantu pengobatan meskipun klien masih hidup.

Batasan usia hidup maksimal adalah antara 1 hingga 2 tahun tergantung masing-masing pihak asuransi jiwa.

Jumlah uang yang bisa dikeluarkan kurang lebih 20% sampai 25%. Sisanya tetap diberikan setelah kematian klien.

Selain penyakit yang tidak bisa disembuhkan, penyakit kritis seperti jantung, ginjal dan paru-paru juga bisa ditanggung.

Akan tetapi, sedikit berbeda dengan penyakit kritis klien tidak perlu menunjukkan proyeksi atau perkiraan kematian sampai berapa lama dari saat diajukan.

 

#7 Health Benefit

Uang yang dikeluarkan dalam hal ini adalah untuk perawatan jika klien masuk rumah sakit.

Ada beberapa tanggungan yang dikeluarkan misalnya biaya kamar, dokter umum maupun spesialis, obat, dan sebagainya.

Cara pengajuannya adalah dengan mengisi formulir reimbursement atau penggantian yang dilengkapi dengan dokumen berupa tagihan rumah sakit.

Ada 2 kemungkinan pembayaran, yang pertama adalah sesuai tagihan rumah sakit jika lebih rendah dari nilai maksimum pertanggungan. Atau sesuai pertanggungan maksimum jika tagihannya lebih tinggi.

 

#8 Hospital Cash Plan

Hampir sama seperti rider sebelumnya, hospital cash plan akan memberikan sejumlah uang untuk setiap harinya pada saat klien dirawat inap.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menetapkan batas minimal dan maksimal untuk masing-masing pertanggungan hospital cash plan.

 

#9 Juvenile Payor Benefit (JPB)

Sesuai dengan namanya, premi yang diberikan dengan bantuan rider ini memang khusus untuk anak-anak.

Jadi, apabila klien mengalami kematian atau kecacatan permanen maka akan ada pertanggungan untuk membantu kehidupan anak-anaknya.

 

#10 Guaranteed Insurability

Ketentuan dari rider guaranteed insurability adalah pengajuan premi tambahan dengan tarif standar untuk usia tertentu tanpa proses under writing yang cukup rumit.

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi nilai pertanggungan adalah laju inflasi.

Inflasi adalah menurunnya nilai uang karena krisis moneter, beredarnya uang terlalu banyak, dan sebagainya. Oleh karena itu setiap klien yang memilih cara ini juga harus berhati-hati.

 

Perlukah Manfaat Tambahan Rider Asuransi Jiwa?

Ada kalanya asuransi yang dipilih tidak menyediakan fasilitas lengkap seperti yang diharapkan dari nasabahnya dan hanya mencakup tanggungan tertentu saja.

Oleh karena itu tambahan asuransi jiwa juga sebenarnya diperlukan untuk memperlengkap jaminan keluarga Anda.

Dengan tambahan asuransi jiwa atau riders ini manfaat dari asuransi jiwa Anda juga akan semakin bertambah. Apa saja manfaat dari riders atau asuransi tambahan ini? Simak ulasannya dibawah ini.

 

#1 Cakupan Jaminan Perlindungan

Tambahan asuransi jiwa atau riders ini dapat memperluas cakupan jaminan perlindungan untuk pihak pemegang polis atau nasabah. Artinya, manfaat dari asuransi akan lebih banyak dirasakan.

Anda tidak perlu khawatir lagi akan adanya pengeluaran biaya tak terduga yang disebabkan oleh kemalangan yang terjadi mendadak, karena dana simpanan Anda akan tetap aman.

Dengan mempertimbangkan manfaat dari asuransi tambahan ini Anda bisa menuai dua hasil investasi sekaligus bahkan lebih.

Misalnya asuransi pensiun yang akan Anda tuai saat sudah pensiun dan tetap mendapatkan jaminan kesehatan dari asuransi tambahan yaitu asuransi kesehatan, sehingga hidup Anda akan terasa lebih aman dan nyaman.

#2 Premi

Dengan menggunakan rider atau tambahan asuransi jiwa, maka uang yang dibayarkan sebagai premi pun akan bertambah pula.

Meskipun premi yang dibayarkan kepada pihak asuransi bertambah, manfaat yang akan Anda dapatkan dari asuransi tambahan juga sangat besar.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan tambahan asuransi secara gratis tanpa membayar premi sebagai imbalan atau sebagai bonus yang diberikan jika Anda membeli produk asuransi dalam jangka waktu yang panjang.

Perpaduan asuransi yang bisa Anda beli tergantung pada apa yang Anda butuhkan dan prioritaskan.

Misalnya asuransi jiwa dan kecelakaan atau asuransi pensiun dan kesehatan.  Premi yang ditetapkan biasanya bergantung pada usia, riwayat medis, hobi dan juga kebiasaan.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan beberapa hal yaitu:

  1. Rider asuransi jiwa adalah asuransi tambahan dan tidak menempel pada polis dasar.
  2. Rider asuransi jiwa ditawarkan perusahaan asuransi jiwa selama premi tambahan dibayarkan. Perusahaan asuransi jiwa memiliki hak untuk menolak atau membatalkan produk tambahan rider tersebut.
  3. Pemegang polis tidak dapat membeli rider asuransi jiwa tanpa polis dasar.
  4. Pemegang polis juga tidak diperbolehkan membatalkan polis dasar dan hanya memperoleh manfaat tambahan saja.
  5. Jangka waktu berlakunya rider asuransi jiwa tidak boleh melampaui jangka waktu berlakunya polis dasar.

 

Dengarkan Ulasan dari Ahli di Sini!

Setelah membaca artikel seputar rider asuransi jiwa, Anda pasti semakin penasaran untuk mengupas hal lain seputar asuransi jiwa?

Tenang, Anda bisa memenuhi keinginan Anda itu dengan mendengarkan Audiobook Finansialku tentang Asuransi Jiwa

Top Banner Mobile Audiobook Asuransi Jiwa

 

Selain mendapatkan informasi mendalam soal Asuransi Jiwa, dari mitos hingga fakta, Anda juga akan mendapatkan ulasan produk asuransi jiwa langsung bersama ahlinya!

Tenang, ulasan ini tidak ada sangkut pautnya atau kerja sama dengan perusahaan asuransi jiwa manapun. Artinya, Anda akan mendapatkan ulasan yang objektif dari sudut pandang seorang ahli. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dengarkan audiobooknya, tekan tombol di bawah ini sekarang, ya!

 

Dengarkan di sini!