Tahukah Anda, adalah AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), sebuah Lembaga yang menaungi asuransi jiwa yang ada di Indonesia?

Yuk kita bahas melalui artikel Finansialku berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mengenal Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia

Pernah dengar istilah Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau yang dikenal dengan istilah AAJI?

Bagi Anda yang belum familiar, AAJI adalah organisasi independen yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga asuransi jiwa di Indonesia.

Sebelumnya, lembaga ini bukanlah lembaga yang berdiri sendiri melainkan dibawah naungan Dewan Asuransi Indonesia (DAI).

Berkenalan Dengan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tenggelam, Gimana Klaim Asuransi Mobil Akibat Banjir Jakarta?]

 

DAI menjadi wadah yang menaungi beragam perusahaan asuransi di Indonesia, mulai dari jenis umum, sosial, jiwa dan lain sebagainya.

Namun pada 23 Januari 2002 bertepatan dengan kongres tahunan DAI yang ke-10, AAJI memilih untuk berdikari alias berdiri di atas kaki sendiri yaitu melepaskan diri dari DAI.

Benefitnya adalah memudahkan AAJI dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat Indonesia.

 

Menilik Keberadaan AAJI dalam Dunia Asuransi Jiwa di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, dunia asuransi di Indonesia senantiasa melakukan perkembangan untuk memberi keuntungan kepada para nasabahnya melalui berbagai jenis asuransi yang ditawarkan.

Ada yang berupa bantuan saat tertimpa musibah, memberikan rasa aman yang lebih tinggi seperti asuransi kesehatan, memberikan jaminan pendidikan untuk buah hati tercinta, dan sebagainya.

Asuransi menerapkan sistem kepada nasabah dengan membayar iuran pada periode tertentu berdasarkan yang ditentukan. Sewaktu-waktu Anda bisa melakukan klaim saat mendapatkan musibah sesuai dengan perjanjian.

 

Fungsi 

Mungkin diantara kita ada yang meragukan keamanan terhadap jaminan asuransi yang harusnya didapatkan.

Tenang, Anda tidak perlu sangsi pada manfaat dan keuntungan asuransi karena AAJI juga mengemban fungsi pengawasan kinerja perusahaan asuransi agar memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat sesuai dengan standar yang ada. 

Keberadaan lembaga ini menjadi wadah bagi perusahaan-perusahaan asuransi jiwa maupun reasuransi di Indonesia.

7 Alasan Jadul Kenapa Orang Tidak Mau Beli Asuransi 02

[Baca Juga: 7+ Asuransi Syariah Terbaik Versi Finansialku 2019]

 

Wadah ini menjadi saluran terciptanya kerja sama yang baik antara perusahaan satu dan yang lain, sehingga bisa meningkatkan kinerja jasa asuransi jiwa di Indonesia.

Seiring berkembangnya industri jasa asuransi jiwa di Indonesia, diharapkan sektor perekonomian di Indonesia turut meningkat dengan dibukanya lapangan pekerjaan di industri ini.

 

Visi dan Misi

AAJI memiliki visi untuk menyatukan tujuan seluruh perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jiwa di Indonesia.

Selain itu, lembaga ini turut mendukung Program Pengembangan Usaha agar tercapainya perkembangan asosiasi dan usaha anggota.

Adapun misi yang dilakukan adalah untuk mencapai visinya adalah mencari solusi terhadap berbagai masalah dalam industri, serta mendorong terciptanya regulasi asuransi jiwa agar berimbang antara kepentingan pihak anggota dan juga masyarakat.

AAJI berkomitmen untuk melakukan pengawasan terhadap standar pelayanan perusahaan asuransi jiwa, baik itu kode etik maupun standar praktiknya.

 

Peran 

Organisasi independent ini, turut memiliki beberapa peran penting dalam dunia asuransi di Indonesia. Mau tahu apa saja? Berikut selengkapnya!

  • Wadah Aspirasi Bagi Perusahaan Asuransi

AAJI menjadi wadah bagi perusahaan-perusahaan asuransi guna menampung aspirasi mereka.

Aspirasi tersebut disampaikan kepada pemerintah agar ditindaklanjuti, supaya menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan bagi pihak pemerintah dan pihak asuransi.

  • Saluran Komunikasi dan Mitra Pemerintah

AAJI juga merupakan saluran komunikasi bagi pemerintah dalam mensosialisasikan kebijakan terkait asuransi jiwa, sehingga memuaskan bagi seluruh pihak.

Selain itu, AAJI juga merupakan mitra Pemerintah Indonesia dalam melakukan pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan asuransi jiwa di Indonesia.

  • Saluran Aspirasi Masyarakat

AAJI juga berperan menjadi saluran aspirasi bagi masyarakat dalam meningkatkan profesionalitas perusahaan asuransi jiwa.

Berbagai keluhan masyarakat terhadap perusahaan asuransi jiwa akan diwadahi oleh AAJI. Dengan begitu, perusahaan asuransi jiwa terkait dapat memperbaiki pelayanannya.

  • Alat Motivasi Perusahaan Asuransi Jiwa

Peran lain dari AAJI adalah sebagai alat motivasi bagi para perusahaan asuransi jiwa.

Motivasi ini dapat memicu persaingan sehat di antara perusahaan asuransi sehingga dapat mendorong mereka untuk memberikan pelayanan yang profesional dan memuaskan.

 

Upaya Wujudkan Keamanan Asuransi Jiwa di Indonesia

Berdasarkan informasi yang telah disampaikan, ternyata dunia asuransi jiwa di Indonesia sudah memiliki lembaga yang berupaya menjamin keamanan asuransi kan?

So, jangan ragu untuk mencari berbagai referensi asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tapi jika Anda masih bingung untuk menentukan asuransi jenis apa karena harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda saat ini, jangan ragu berkonsultasi dengan Perencana Keuangan kami melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku adalah asisten perencana keuangan pribadi yang memberikan layanan literasi dan inklusi finansial serta perencana keuangan.

 

Apa peran AAJI yang paling penting menurut Anda? Apakah Anda pernah memberikan aspirasi Anda terhadap pelayanan asuransi jiwa kepada AAJI? Berikan komentar Anda di bawah!

 

Sumber Referensi:

  • Asuransi Jiwa Allianz. 07 Agustus 2016. Mengenal Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Asuransi-jiwa.org – https://goo.gl/pwYcQq
  • Admin. 24 Juli 2017. Apa itu AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia)? Asuransi Jiwa Syariah – https://goo.gl/SBf9L1
  • Kredit KTA. 13 April 2017. Mengenal Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia dan Anggota Perusahaannya. Doktorrupiah.info – https://goo.gl/4AYJkn

 

Sumber Gambar:

  • AAJI – https://goo.gl/z1vAfn
  • Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia – https://goo.gl/B4u2oZ