Anda sedang bingung mencari asuransi syariah? Finansialku punya beberapa rekomendasi tempat asuransi Syariah terbaik di tahun 2019 ini.

Ada beberapa jenis Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia yang mungkin dapat kamu pilih untuk merencanakan masa depan cerah.

Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak 7+ Asuransi Syariah Terbaik Versi Finansialku 2019 yang telah kami siapkan daftarnya di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Asuransi Syariah

Asuransi Syariah adalah sebuah sistem di mana para peserta saling menanggung risiko (sharing of risk) dengan menghibahkan sebagian atau seluruh kontribusi melalui dana tabarru’, yang akan digunakan untuk membayar klaim, atau jika terjadi musibah yang dialami oleh sebagian peserta.

Peranan perusahaan di sini adalah sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari kontribusi peserta.

Sudah Yakin Tidak Mau Ikut Asuransi Ini Dia Keuntungan Asuransi Syariah 1 Finansialku

[Baca Juga: Sudah Yakin Tidak Mau Ikut Asuransi? Ini Dia Keuntungan Asuransi Syariah]

 

Perusahaan bertindak sebagai pengelola operasional saja, bukan sebagai penanggung seperti pada asuransi konvensional.

Beberapa Akad yang digunakan dalam Asuransi Syariah diantaranya adalah:

  1. Akad Tabarru’ digunakan diantara sesama peserta. Setiap peserta memberikan hibah berupa kontribusi (premi) melalui dana tabarru’ yang akan digunakan untuk menolong peserta lain yang terkena musibah. Perusahaan asuransi berfungsi sebagai pengelola dana hibah tersebut.
  2. Akad Tijarah adalah Akad antara Peserta (secara kolektif atau secara individu) dengan Perusahaan dengan tujuan komersial.

  1. Akad Wakalah bil Ujrah digunakan sebagai dasar peserta menyerahkan pengelolaan keuangan kepada perusahaan asuransi, yaitu suatu akad Tijarah yang memberikan kuasa kepada perusahaan sebagai wakil peserta untuk mengelola dana Tabarru’ dan/atau dana investasi peserta, sesuai kuasa atau wewenang yang diberikan dengan imbalan berupa Ujrah (fee).
  2. Akad Mudharabah digunakan dalam pengelolaan investasi, yaitu suatu akad Tijarah yang memberikan kuasa kepada perusahaan sebagai mudharib untuk mengelola investasi dana Tabarru’ dan/atau dana investasi peserta, sesuai kuasa atau wewenang yang diberikan dengan imbalan berupa bagi hasil (nisbah) yang besarnya telah disepakati bersama.

 

Keunggulan Asuransi Syariah

Terdapat beberapa keunggulan menggunakan asuransi syariah, yaitu:

 

#1 Transparansi Pengelolaan Dana Peserta Asuransi syariah dengan perjanjian di awal yang jelas dan transparan serta akad yang sesuai syariah.

Dana tabarru’ akan dikelola secara profesional oleh perusahaan asuransi syariah melalui investasi syar’i dengan berlandaskan prinsip syariah.

 

#2 Pengelolaan Dana Peserta secara Islami dengan menghindarkan Riba (Bunga), Maisir (Judi) dan Gharar (Ketidakjelasan).

Asuransi Syariah menghindarkan dari fungsi asuransi konvensional yang mengandung Riba (Bunga) Maisir (Judi) dan Gharar (Ketidakjelasan).

Dana Tabarru’ akan dipergunakan untuk menghadapi dan mengantisipasi terjadinya musibah/bencana/klaim yang terjadi diantara peserta asuransi.

7+ Asuransi Syariah Terbaik Versi Finansialku 2019 02

[Baca Juga: Ketahui Sekarang Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah Bagi Anda!]

 

Melalui asuransi syariah, dapat mempersiapkan diri secara finansial dengan tetap mempertahankan prinsip – prinsip transaksi yang sesuai dengan fiqh Islam. Jadi tidak ada keraguan untuk berasuransi syari’ah.

 

#3 Adanya Alokasi dan Distribusi Surplus Underwriting

  • Apabila terjadi Surplus Underwriting, maka Peserta sepakat untuk mengalokasikan Surplus Underwriting sebagai berikut:
    • 50 % untuk Kumpulan Dana Tabarru’;
    • 20 % untuk Peserta yang memenuhi kriteria;
    • 30 % untuk Perusahaan sebagai operator.
  • Surplus Underwriting akan didistribusikan kepada Peserta paling lambat 90 hari kalender setelah perhitungan selesai dilakukan.

  • Pembagian dari hasil Surplus Underwriting hanya diberikan kepada Peserta yang memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    • Peserta tidak pernah mengajukan klaim pada tahun perhitungan surplus/defisit underwriting.
    • Tidak sedang mengajukan klaim pada tanggal perhitungan surplus/defisit underwriting.
  • Apabila jumlah Surplus Underwriting yang akan didistribusikan kepada setiap Peserta lebih kecil dari Rp50.000 maka Surplus Underwriting tersebut dimasukkan kedalam kumpulan Dana Tabarru’.

Untuk lebih mengerti lagi mengenai asuransi, termasuk yang berbasis Syariah ini, serta mendapat bantuan untuk memilih asuransi seperti apa yang cocok untuk Anda, Anda bisa melakukan konsultasi dengan Perencana Keuangan dari Finansialku.

Anda bisa terhubung dengan mereka melalui fitur Tanya Jawab di aplikasi Finansialku untuk bisa live chat dengan para Perencana Keuangan.

Sebelum berlanjut, Anda juga bisa membaca buku elektronik tentang perencanaan keuangan yang sesuai dengan usia Anda berikut ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Anda berusia 30-an? Dapatkan e-book perencana keuangan untuk usia Anda di sini.

 

Asuransi Syariah Terbaik Versi Finansialku

Ada beberapa jenis Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia yang mungkin dapat kamu pilih untuk merencankan masa depan cerah.

Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak 7+ Asuransi Syariah Terbaik Versi Finansialku 2019 yang telah kami siapkan daftarnya di bawah ini.

 

#1 Asuransi Syariah Manulife

Asuransi Syariah terbaik yang pertama adalah Asuransi Syariah Manulife. Asuransi ini menggunakan sistem cashless dan reimbursement yang cukup mudah untuk nasabahnya.

Selain itu, asuransi ini juga memiliki prinsip tolong menolong bagi para nasabahnya. untuk produknya, asuransi ini memiliki berbagai macam produk seperti:

  • Manulife Berkah Crisis Cover Protection
  • Berkah Waiver of Basic Contribution
  • Berkah Payor Income Replacement
  • Berkah Accidental Death and Disablity Benefit
  • Berkah Yearly Renewable Term

 

#2 Asuransi Syariah BNI Life

Asuransi ini menawarkan berbagai macam produk asuransi berbasis syariah yang dipergunakan untuk kelompok individu yang meliputi wadi’ah cendikia (pendidikan), investa plus (perlindungan jiwa dan manfaat investasi) serta multi investa (perencanaan hari tua, perencanaan haji dan umroh).

Selain itu juga ada produk bisnis, diantaranya adalah produk health plan syariah dan pembiayaan jiwa syariah.

 

#3 PRU Syariah

Kemudian yang ketiga adalah PRU Syariah. PRU Syariah sendiri adalah anak perusahaan asuransi Prudential yang mungkin lebih kita kenal karena tagline-nya, yaitu Always Listening Always Understanding.

Selain mampu bekerja dengan sangat baik, PRU Syariah ini juga layak sekali untuk diperhitungkan karena selalu memberikan keuntungan bagi para anggotanya serta sangat handal dalam pembagian profitnya.

Setiap nasabah yang belum pernah mengajukan klaim akan memperoleh keuntungan dari uang premi yang telah dikelola sebesar 56%.

7+ Asuransi Syariah Terbaik Versi Finansialku 2019 03

[Baca Juga: Daftar Asuransi Syariah di Indonesia (Asuransi Jiwa dan Kesehatan) yang Dapat Menjadi Pertimbangan Anda]

 

Selain itu, dana nasabah dalam sistem ini juga akan disalurkan dalam berbagai jenis usaha yang cukup produktif dan halal tentunya.

Nah untuk produk PRU Syariah antara lain adalah

  • PRUcrisis cover syariah
  • PRUcrisis cover benefit syariah
  • PRUmultiple crisis cover syariah
  • PRUcrisis income syariah
  • PRUlink term syariah
  • PRUmed syariah
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

 

#4 Asuransi Kesehatan Allianz

Asuransi kesehatan Allianz memiliki asuransi kesehatan syariah, yaitu Allisya Care.

AlliSya Care adalah asuransi kesehatan yang dikelola secara syariah dimana peserta saling tolong-menolong dengan peserta lainnya melalui kontribusi yang dibayarkan untuk menghadapi suatu peristiwa tidak diharapkan.

AlliSya Care sebagai asuransi allianz syariah menyediakan asuransi kesehatan baik untuk perorangan atau keluarga dengan berbagai pilihan layanan Plan.

Asuransi kesehatan syariah Allianz ini bersifat stand-alone. Ia merupakan asuransi kesehatan dan bukan rider (asuransi tambahan).

Artinya, kamu tidak perlu membeli asuransi lain untuk bisa mengambil asuransi kesehatan Syariah Allianz ini.

Ketentuan usia asuransi allianz syariah ini adalah: Usia Masuk: 15 hari – 60 tahun (ulang tahun terdekat); Usia Anak 15 hari – 18 tahun atau 23 tahun untuk pelajar (ulang tahun terdekat); Melahirkan 16 (enam belas) – 45 (empat puluh lima) tahun untuk wanita (ulang tahun terdekat)

 

#5 FWD Life

FWD Life menawarkan asuransi kesehatan keluarga syariah, yaitu Asuransi Bebas Handal. Asuransi bebas handal adalah asuransi kesehatan syariah cashless.

Manfaat asuransi adalah biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap, biaya tindakan bedah dan cek lab dengan nilai manfaat hingga Rp100.000.000 per tahun.

Asuransi Bebas Handal dibeli lewat online via website FWD Life. Penjualan via online menjadi fitur yang menarik.

TTS_ Yakin Anda Udah Tahu Tentang Asuransi Jiwa Syariah_ 04

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Syariah]

 

Asuransi syariah keluarga FWD Life meminta kontribusi cukup terjangkau, Rp5,3 juta setahun untuk usia 46 tahun dengan kamar Rp350.000 dan biaya dokter sesuai tagihan tapi dibatasi limit Rp100 juta setahun.

Selain kondisi-kondisi yang terdapat dalam pengecualian, terdapat penyakit-penyakit khusus termasuk komplikasinya yang dikecualikan dalam Masa Tunggu 12 bulan Polis.

Berikut penyakit khusus tersebut:

  • Penyakit dan/atau kelainan pada hidung dan tenggorokan, termasuk Tonsil, Adenoid, Sinus dan Septum yang memerlukan tindakan bedah;
  • Semua jenis TBC (Tuberculosis);
  • Penyakit jantung dan pembuluh darah (Kardiovaskuler);
  • Stroke;
  • Tekanan darah tinggi (Hipertensi);
  • Semua jenis Hepatitis, Sirosis hati;
  • Penyakit Kencing manis;
  • Semua jenis kelainan sistem reproduksi, termasuk tetapi tidak terbatas pada Varikokel, Endometriosis, Fibroid/Miom di rahim;
  • Semua jenis Hernia termasuk Herniasi Nukleus Pulposus (HNP);
  • Semua jenis Tumor/Kista dan/atau Kanker.

 

#6 Sunlife

Asuransi Sunlife memiliki asuransi kesehatan syariah, Sun Medical Platinum Syariah. Sun Medical Platinum Syariah adalah asuransi tambahan perlindungan kesehatan hingga usia 88 tahun.

Asuransi kesehatan syariah ini adalah asuransi kesehatan pertama di Indonesia yang menyediakan perawatan untuk efek samping kemoterapi dan terapi pendukung untuk pemulihan seperti terapi wicara serta terapi okupasi.

Manfaat:

  • Tagihan sampai dengan Rp7,5 miliar, termasuk perawatan berbiaya besar seperti ICU, operasi, cuci darah, dan perawatan kanker.
  • Manfaat efek samping kemoterapi, terapi wicara dan okupasi.
  • Manfaat tunai sampai Rp2,5 juta per hari di saat biaya perawatan sudah dibayar penuh oleh asuransi kesehatan lain sejenis.
  • Dilengkapi pilihan manfaat melahirkan, rawat jalan dan perawatan gigi.

 

#7 Sinarmas

Asuransi Syariah Sinarmas adalah produk asuransi dari Sinarmas dengan konsep syariah.

Asuransi Syariah sendiri adalah usaha kerjasama untuk saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang dalam menghadapi terjadinya musibah atau bencana melalui perjanjian yang disepakati bersama.

Apakah Premi Asuransi Syariah Lebih Murah dan Lebih Aman daripada Asuransi Konvensional 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Asuransi Syariah dengan Asuransi Jiwa Tradisional?]

 

Perjanjian yang digunakan merupakan akad takafuli (tolong-menolong) bukan akad tadabuli (jual-beli).

Jadi akad yang digunakan dalam Asuransi Syariah bersifat tolong menolong (ta’awun) dengan menggunakan prinsip dasar Tabarru‘ dan dalam pengelolaan dana (investasi) menggunakan prinsip Mudharabah melalui instrumen investasi syariah.

 

#8 Asuransi Syariah Panin

Asuransi yang terakhir adalah Asuransi Syariah Panin. Asuransi ini memiliki prestasi bagus sebagai Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia oleh Majalah Investor pada tahun 2014, 2015, 2016, dan 2017.

Selain itu, Asuransi ini merupakan asuransi berbasis syariah pionir di Indonesia.

Selain prestasi dan merupakan pionir dalam bidang asuransi syariah, asuransi takaful juga merupakan asuransi yang telah mendapatkan pengawasan secara langsung oleh Dewan Pengawas Syariah Nasional.

Asuransi Syariah Terbaik untuk keluarga yang ini adalah anak dari perusahaan PT Panin tbk. yang telah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga sangat terpercaya dan aman tentunya.

 

Nah itulah 7+ asuransi syariah terbaik versi Finansialku 2019 cukup recommended. Selain kamu dapat memilah beberapa asuransi syariah diatas, kamu juga dapat membaca beberapa daftar asuransi pendidikan terbaik yang mungkin dapat kamu persiapkan untuk mendaftar sebagai nasabah asuransi pendidikan bagi anak kamu kelak.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk turut mencerdaskan anak bangsa.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Mei 2019. 5 Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik 2019 (Premi Murah, Klaim Mudah, Produk Bagus). Duwitmu.com – http://bit.ly/2q9k9ei
  • Admin. 8 Asuransi Syariah Terbaik untuk Keluarga 2019. Prosesbayar.com – http://bit.ly/2CZHD8x
  • Arie Dwi Budiawati. 4 Juni 2018. 7 Asuransi Syariah Terbaik 2018 versi Karim Consulting. Dream.co.id – http://bit.ly/33U0Tjp
  • Admin. Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik 2019, Apa Saja?. Prudential.co.id – http://bit.ly/377qpnk

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Syariah Terbaik 01 – http://bit.ly/2Qo1rtX
  • Asuransi Syariah Terbaik 02 – http://bit.ly/2qTEYuf
  • Asuransi Syariah Terbaik 03 – http://bit.ly/2QmJ8Fy