Bersiap-siap Asuransi Umum Dibuat Jadi Seperti Unitlink, Apakah Anda Tertarik?

Apakah Anda salah satu nasabah asuransi unitlink? Sudah tahukah Anda jika asuransi umum akan dibuat seperti produk unitlink? Iya, nantinya asuransi umum akan dibuat seperti produk unitlink, tinggal menunggu hasil aturan yang akan dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Asuransi Umum Unitlink

Asuransi yang berkaitan dengan investasi atau biasa dikenal dengan asuransi unitlink mungkin tidak akan memonopoli lagi dunia asuransi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam waktu dekat ini akan membuat aturan mendetail mengenai produk unitlink untuk asuransi umum. Aturan yang akan dibuat berupa aturan turunan berupa surat edaran yang berisi mengenai jenis produk asuransi umum yang bisa dikaitkan dengan investasi. Surat edaran ini merinci POJK Nomor: 69/POJK.05/2016 mengenai penyelenggaraan usaha perusahaan asuransi yang terbit tahun lalu.

Dikutip dari harian kontan, menurut Dumoly Padede, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK, tidak semua produk asuransi umum cocok dikaitkan dengan investasi. Oleh karena itu, produk unitlink untuk asuransi umum hanya bisa diimplementasikan di beberapa produk saja.

Ini 5 Hal yang Katanya Menjadi Kelemahan Asuransi Unitlink #Part 2 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Hal yang Katanya Menjadi Kelemahan Asuransi Unitlink]

 

Beliau juga mengatakan idealnya masa pertanggungan produk unitlink minimal 5 tahun, dikarenakan apabila masa pertanggungan terlalu pendek maka, hasil investasi yang bisa didapatkan oleh nasabah dinilai tidak akan terlalu menarik. Artinya hanya produk yang memiliki masa pertanggungan yang selama minimal lima tahun itu yang bisa menawarkan alokasi investasi kepada nasabah. Berdasarkan itulah asuransi properti menjadi salah satu produk yang akan dipakai menjadi produk unitlink.

Lalu bagaimana dengan penempatan investasinya? Penempatan dana, aset yang didapat dari produk unitlink bisa diinvestasikan di beberapa keranjang. Mulai dari deposito, baik di bank umum, bank perkreditan rakyat ataupun bank perkreditan rakyat syariah. Dana investasi juga akan disimpan pada instrumen pasar modal seperti saham dan reksa dana.

Ini Manfaat Menyimpan Dana Darurat di Deposito ketika Suku Bunga Meningkat 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Manfaat Menyimpan Dana Darurat di Deposito ketika Suku Bunga Meningkat]

 

Bagi pelaku usaha, produk unitlink diharapkan menjadi pendorong kinerja di tahun ini.  Dikutip kembali dari Harian Kontan, Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Yasril Y. Rasyid, menilai kehadiran produk ini bisa membuat industri asuransi umum lebih semarak.

Tetapi, dalam memasarkan produk asuransi unitlink terdapat tantangan, seperti halnya memberikan edukasi pada masyarakat, karena memiliki unsur investasi, maka premi akan lebih tinggi ketimbang produk yang menawarkan proteksi. Namun jika melihat apa yang terjadi di sektor asuransi jiwa, produk unitlink asuransi umum memiliki potensi pasar besar dan akan semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berinvestasi.

 

Bagaimana apakah Anda tertarik jika asuransi umum dibuat seperti unitlink, kirimkan opini Anda di kolom komentar. Terima kasih, semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Tendi Mahadi. 2 Maret 2017. Unitlink Asuransi Umum Siap Lahir. Harian Bisnis dan Investasi Kontan

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Umum – https://goo.gl/ACU2zX

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download