Mau Beli Asuransi Kebakaran? 3 Hal Ini Dikecualikan Lho

Kecelakaan merujuk kepada peristiwa yang terjadi secara tidak sengaja. Karena terjadi secara tiba-tiba dan mendadak, maka banyak yang mencoba mencari cara untuk mengantisipasinya. Salah satu contohnya adalah dengan membeli asuransi. Oleh karena itu, sebelum mengajukan asuransi, mari kita lihat apa saja yang ditanggung dan dikecualikan dalam asuransi kebakaran.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingnya Asuransi Kebakaran

Berbicara soal kecelakaan, kebakaran adalah salah satu jenisnya yang masih sering terjadi. Masih ingatkah Anda, kebakaran yang terjadi cukup besar pada sebuah pasar di Jakarta? Pada kebakaran tersebut, beberapa rumah di sekitar pasar juga ikut terbakar dan terkena dampak yang tidak sedikit. Korban kebakaran hanya bisa terdiam sambil melihat api melahap barang-barang mereka. Kerugian yang disebabkan oleh kebakaran umumnya sangat besar, sehingga asuransi kebakaran menjadi salah satu solusi yang perlu dipertimbangkan. Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan apa saja yang ditanggung dan dikecualikan dalam asuransi kebakaran.

Mau Beli Asuransi Kebakaran 3 Hal Ini Dikecualikan Lho 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Klaim Asuransi Kebakaran Rumah yang Perlu Anda Tahu]

 

Mengenal Asuransi Kebakaran Lebih Dalam

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kebakaran merupakan salah satu bencana yang tidak dapat diduga dan perlu diantisipasi. Oleh karena itu, asuransi menjadi sebuah cara yang dapat Anda lakukan. Jika Anda memiliki sebuah properti atau rumah, mungkin asuransi kebakaran merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting. Asuransi kebakaran adalah produk asuransi yang menjamin risiko kerugian atau kerusakan yang terjadi pada harta benda Anda akibat bencana kebakaran. Tanggungan yang dijamin oleh asuransi bukan hanya sebatas properti, namun bisa juga mencakup kendaraan bermotor, dan harta benda lainnya seperti contoh mesin, barang dagangan, dan perabot yang ikut terbakar. Ketentuan dan kebijakan asuransi kebakaran diatur dalam Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia yang telah diketahui oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Jika Anda berminat untuk mengajukan asuransi kebakaran, Anda dapat menghubungi perusahaan penyedia asuransi dan mempelajari polis terkait. Untuk memudahkan Anda, berikut penjabaran singkat mengenai isi dari Polis Standar Asuransi Kebakaran.

Jadikan Rumah Buat Toko Beli Asuransi Ruko dan Isi Dagangan 1 - Finansialku

[Baca Juga: Jadikan Rumah Buat Toko? Beli Asuransi Ruko dan Isi Dagangan]

 

Klaim yang Ditanggung oleh Asuransi Kebakaran

Tidak semua klaim yang diajukan akan ditanggung oleh asuransi kebakaran. Hanya beberapa risiko penyebab kebakaran yang ditanggung seperti disebutkan dalam Polis Standar Asuransi Kebakaran, antara lain:

  1. Risiko Kebakaran. Pihak asuransi akan menjamin kebakaran yang terjadi karena menjalarnya api atau panas yang berasal dari barang atau hubungan arus pendek listrik, baik disebabkan oleh kecerobohan maupun kesalahan tertanggung atau pihak lain. Pihak asuransi juga menjamin kerusakan perabot atau peralatan yang digunakan untuk memadamkan kebakaran atau mengupayakan agar kebakaran tidak menjalar. 
  2. Risiko Petir. Salah satu risiko yang termasuk dalam jaminan asuransi kebakaran adalah kebakaran akibat sambaran petir. Mesin listrik, peralatan listrik atau elektronik, dan instalasi listrik yang terbakar karena petir juga termasuk dalam jaminan yang akan ditanggung oleh asuransi ini.
  3. Risiko Ledakan. Risiko ini yang tercakup adalah kebakaran akibat pelepasan tenaga secara tiba-tiba karena mengembangnya gas atau uap. Sebagai contoh, ketel uap meledak hingga menyebabkan kebakaran. Ledakan akibat reaksi kimia juga ditanggung, yang tidak ditanggung adalah ledakan yang diakibatkan oleh rendahnya tekanan, ledakan pada mesin pembakar dan tombol sakelar listrik akibat tekanan gas.
  4. Risiko Kejatuhan Pesawat Terban Kebakaran yang diakibatkan oleh kejatuhan pesawat terbang termasuk salah satu yang ditanggung dalam polis asuransi kebakaran. Dengan syarat, kebakaran terjadi karena benturan fisik pesawat terbang atau helikopter terhadap harta benda yang diasuransikan.
  5. Risiko Asap. Risiko terakhir yang tercakup dalam asuransi kebakaran adalah adanya asap akibat kebakaran harta benda yang diasuransikan dan terdaftar dalam polis.

apakah-isi-rumah-bisa-diasuransikan-berapa-harganya-beli-dimana-1-finansailku

[Baca Juga: Apakah Isi Rumah Bisa Diasuransikan? Berapa Harganya? dan Beli Dimana?]

 

Klaim yang Tidak Ditanggung oleh Asuransi Kebakaran

Di samping risiko-risiko yang ditanggung oleh asuransi kebakaran, terdapat juga beberapa kebijakan yang membatasi tanggungan asuransi kebakaran. Beberapa risiko penyebab kebakaran yang tidak dapat ditanggung klaimnya adalah sebagai berikut:

  1. Kerusakan pada harta benda akibat pencurian, kesengajaan baik oleh tertanggung (atau yang diberi kuasa untuk mewakili) maupun pihak lain, kebakaran hutan, bahan peledak, reaksi nuklir, gempa bumi, letusan gunung, tsunami, dan macam-macam gangguan usaha.
  2. Kerusakan akibat tertabrak kendaraan, asap industri, tanah longsor, banjir, genangan air, angin topan atau badai, dan pembersihan puing-puing.
  3. Jika tidak termasuk dalam benda yang diasuransikan, maka benda-benda berikut tidak ditanggung:
    1. barang-barang yang bukan milik tertanggung
    2. kendaraan bermotor
    3. alat-alat berat
    4. lokomotif
    5. pesawat terbang
    6. kapal laut
    7. logam mulia atau perhiasan atau batu mulia
    8. barang antik atau barang seni
    9. naskah-naskah, gambar, desain, atau pola
    10. model atau tuangan
    11. cetakan
    12. efek, obligasi atau saham
    13. surat berharga atau dokumen penting
    14. komputer atau chip
    15. fondasi atau bangunan bawah tanah
    16. pagar
    17. pohon kayu atau tanaman
    18. hewan
    19. taman, tanah, saluran air, jalan, landas pacu, jalur rel, bendungan, waduk, kanal, pengeboran minyak, sumur, pipa dalam tanah, kabel dalam tanah, terowongan, jembatan, galangan, dermaga.

cermati-4-hal-penting-ini-sebelum-membeli-asuransi-properti-1-finansialku

[Baca Juga: Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Properti]

 

Jaminan Khusus yang Disediakan Asuransi Kebakaran

Jaminan khusus adalah jaminan yang seharusnya tidak ditanggung namun mungkin tersedia dalam polis perusahaan tertentu. Dengan kata lain, jaminan khusus yang tersedia pada polis Anda mungkin berbeda dengan polis lainnya. Jaminan khusus yang biasanya disediakan antara lain:

  1. Kerusuhan
  2. Pemogokan
  3. Penghalangan bekerja
  4. Perbuatan jahat
  5. Huru-hara
  6. Pembangkitan rakyat
  7. Pengambilalihan kekuasaan
  8. Revolusi
  9. Pemberontakan
  10. Kekuatan militer
  11. Invasi
  12. Perang saudara
  13. Perang dan permusuhan
  14. Makar
  15. Terorisme
  16. Sabotase atau penjarahan

Mengenal Asuransi Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Asuransi Rumah Tinggal dan Bagaimana Cara Kerjanya?]

 

Pahami dan Manfaatkan Keuntungan Asuransi Kebakaran

Sebelum Anda mengajukan asuransi, pahamilah polisnya dengan baik dan perhatikan kelebihan dan kekurangannya. Carilah polis yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena mungkin terdapat perbedaan jaminan antara satu penyedia asuransi dengan penyedia lainnya.

 

Apakah Anda mengetahui pengecualian asuransi kebakaran lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Boby Chandro Oktavianus. 1 February 2017. Inilah Risiko yang Dijamin dan Dikecualikan dalam Asuransi Kebakaran. Cermati.com – https://goo.gl/CsE9QB

 

Sumber Gambar:

  • Kebakaran – https://goo.gl/1h3V3g
  • Asuransi Kebakaran – https://goo.gl/sIw9IJ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By |2017-06-05T15:21:39+00:00March 16th, 2017|Categories: Asuransi, Asuransi Rumah|Tags: , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment