Jadikan Rumah Buat Toko? Beli Asuransi Ruko dan Isi Dagangan

Apakah Anda yang termasuk memiliki rumah yang sekaligus dijadikan sebagai toko? Apakah Anda menggunakan asuransi? Asuransi apa yang cocok untuk properti Anda? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Tidak ada seorangpun di dunia yang dapat memprediksi masa depan, tidak ada yang dapat memastikan bahwa aset yang Anda miliki akan senantiasa aman. Tentunya salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi risiko atau konsekuensi yang mungkin Anda hadapi. Contohnya adalah dengan membeli produk asuransi.

Produk asuransi menawarkan berbagai macam perlindungan, mulai dari perlindungan diri Anda atas penyakit atau kecelakaan, hingga perlindungan aset Anda. Pada masa kini, salah satu produk asuransi yang terkenal adalah asuransi yang melindungi tempat usaha Anda, yang dikenal dengan nama asuransi properti all-risk.

apa-itu-asuransi-rumah-dan-bagaimana-cara-kerjanya-finansialku

[Baca Juga: Apa itu Asuransi Rumah Tinggal dan Bagaimana Cara Kerjanya?]

 

Manfaat Asuransi Properti All-Risk

Sebelum mengetahui lebih jelas apa definisi dan apa yang ditawarkan oleh program asuransi all-risk, berikut adalah beberapa manfaat yang mungkin Anda terima dengan adanya asuransi ini, yaitu:

  1. Dengan adanya asuransi, Anda akan mampu mengurangi dampak kerugian dari hal yang tidak terduga yang mungkin dapat mengancam operasional bisnis Anda. Hal ini juga dapat berdampak pada arus kas Anda, dengan membeli asuransi, Anda akan meminimalisasi kerugian tersebut.
  2. Di dalam setiap usaha, pasti Anda mempunyai manajemen risiko, dengan adanya asuransi properti all-risk, pengembangan perencanaan manajemen risiko Anda akan lebih mudah.
  3. Tentunya kedua belah pihak, baik dari tertanggung dan penanggung sebaik mungkin akan berusaha menghindari kejadian yang tidak terduga. Oleh karena itu, pihak perusahaan asuransi akan memberikan jasa sebuah tim loss control yang bertugas untuk melakukan identifikasi dan mengurangi potensi penyebaran serta kerugian dan dampak atas kejadian yang tidak terduga tersebut.

apa-yang-dimaksud-dengan-asuransi-umum-atau-general-insurance-finansialku

[Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Umum atau General Insurance?]

 

Asuransi Properti All-Risk

Asuransi properti all-risk adalah tipe asuransi yang melindungi properti Anda dari seluruh risiko kerugian kecuali risiko yang tercantum dalam polis yang dikecualikan. Tidak hanya kerusakan yang terjadi pada properti Anda, tetapi juga kerusakan pada isi benda di dalam tempat usaha Anda, contohnya mesin, hingga barang dagangan Anda. Walau begitu, tidak semua harta benda dagangan Anda akan dijamin, beberapa contoh harta benda yang tidak terjamin adalah:

  • Aset dagangan yang sedang dibangun atau dalam proses pengerjaan
  • Aset dagangan yang sedang diangkut
  • Perhiasan dan karya seni
  • Tanaman dan binatang peliharaan

Untuk properti dan harta benda yang terlindungi, beberapa contoh jaminan yang diberikan adalah:

  • Kerusuhan, perbuatan jahat, pemogokan serta huru hara
  • Bencana akibat air seperti banjir, tsunami, badai, angin topan dan segala kerusakan lainnya
  • Gempa bumi, tanah longsor, letupan gunung berapi dan pergerakan tanah

5 Produk Asuransi yang Sebaiknya Kita Miliki - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Produk Asuransi yang Sebaiknya Kita Miliki]

 

Tetapi, terdapat beberapa risiko yang tidak terjamin oleh asuransi, contohnya:

  • Perang atau terorisme hingga serangan nuklir atau radioaktif
  • Gangguan usaha seperti kehilangan pangsa pasar
  • Masalah internis seperti ketidakjujuran atau kesengajaan dari karyawan
  • Sifat barang itu sendiri hingga kontaminasi atau polusi

Jaminan yang dilindungi tersebut dapat berbeda dari satu perusahaan asuransi dengan lainnya. Anda pun juga haru memperhatikan ketentuan di dalam polis yang Anda setujui. Sebagai referensi Anda, terdapat dua pilihan perusahaan yang menawarkan asuransi all-risk.

 

Disclaimer: Penyebutan merek asuransi ini merupakan sarana untuk edukasi/pembelajaran. Finansialku.com tidak terafiliasi dalam penjualan produk dari perusahaan tersebut.

 

Allianz

Allianz adalah suatu perusahaan asuransi multinasional asal Jerman dan dibangun pada tahun 1870. Pada tahun 2014, Allianz dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbesar di dunia oleh majalah Forbes. Allians menawarkan produk asuransi all-risk dengan risiko yang dijamin adalah:

  • Kebakaran, petir, ledakan dan asap
  • Kerusakan pada saat kerusuhan seperti penjarahan, sabotase, huru hara dan terorisme
  • Kerusakan akibat kendaraan seperti tertabrak atau kejatuhan pesawat terbang
  • Bencana lainnya seperti banjir, topan dan badai

cermati-4-hal-penting-ini-sebelum-membeli-asuransi-properti-1-finansialku

[Baca Juga: Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Properti]

 

Untuk perlindungan ini, jenis bangunan yang dapat diasuransikan adalah bangunan berkonstruksi kelas satu dengan usia bangunan tidak lebih dari 15 (lima belas) tahun, sedangkan untuk harga pertanggungan minimal adalah Rp200 juta untuk rumah tinggal dan Rp500 juta untuk kantor atau toko. Untuk objek yang dapat dipertanggungkan adalah perabotan dan perlengkapan rumah tinggal, semua stok serta persediaan barang dagangan dan mesin-mesin.

 

AIG

Dahulunya, PT AIG (American International Group) Indonesia telah beroperasi 1970 dan dikenal dengan nama American International Underwriters Limited. Perusahaan asuransi AIG juga menawarkan perlindungan atas harta benda baik properti umum (komersial), industri, energi maupun perlindungan atas pengerjaan konstruksi dan pemasangan mesin terhadap risiko yang sifatnya kecelakaan ataupun katastropik dan beberapa contoh di antaranya adalah:

  • Kebakaran atau ledakan atau asap
  • Tersambar petir
  • Banjir
  • Gempa bumi
  • Angin rebut
  • Kebongkaran atau perampokan

Selain memberikan jaminan atas harta benda atau industri atas segala risiko, AIG juga memberikan jaminan atas kehilangan keuntungan yang mungkin disebabkan oleh faktor bencana atau terorisme dan sabotase. Selain itu, AIG juga menawarkan jaminan atas kerusakan mesin yang diakibatkan oleh korsleting, malfungsi atau kesalahan operasi.

5 Tips Memilih KPR yang Perlu Anda Ketahui, yang Akan Menghemat Cicilan Bulanan Anda

[Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Properti]

 

Selain itu, tidak hanya dikhususkan untuk satu industri, perlindungan ini juga dapat dinikmati oleh beragam jenis industri seperti medis, makanan, edukasi seperti universitas atau sekolah, manufaktur, retail dan properti komersial lainnya yang dapat mengalami kemungkinan eksposur dari kejadian yang tidak terduga. Manfaat yang tersedia untuk asuransi all-risk yang ditawarkan oleh AIG adalah sampai dengan US$1,5 miliar.

 

Sesuaikan dengan Kemampuan Anda

Karena perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi all-risk lebih lengkap, pihak tertanggung wajib membayar premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi standar. Anda harus mampu menyesuaikan kebutuhan dengan tingkat keuntungan yang Anda dapatkan sebelum memilih asuransi yang tepat untuk usaha Anda.

 

Apa yang Anda harapkan dengan adanya asuransi all-risk untuk properti Anda? Silakan beri tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk share kepada orang terdekat Anda sehingga mereka pun tahu atas informasi tersebut.

 

Sumber Referensi:

  • Imam Musjab. 7 Juli 2008. Asuransi Property All Risks (PAR) / Industrial All Risks (IAR). https://goo.gl/KX3J1g
  • 17 Juli 2011. Asuransi Property All Risk, Pabrik, Gedung, Toko dan Stok Barangnya. https://goo.gl/TAHcmd
  • AIG official website.
  • Allianz official website.

 

Sumber Gambar:

  • Kebakaran Ruko – https://goo.gl/GkiVIU

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-02-16T10:13:57+00:00 February 17th, 2017|Categories: Asuransi, Asuransi Rumah|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment