Apakah investasi dapat mempengaruhi kehidupan finansial? Bagaimana investasi dapat mempengaruhi kehidupan finansial Anda? Kali ini Finansialku akan membahas bagaimana investasi mempengaruhi kehidupan finansial.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Watch

 

Pengertian Investasi

Menurut ilmu ekonomi, investasi merupakan kegiatan membeli dari modal benda yang fungsinya tidak digunakan saat ini tetapi di waktu mendatang. Tujuan dari berinvestasi adalah untuk memiliki keuntungan di masa depan. Investasi dibedakan atas 2 jenis yaitu investasi non residential yang dicontohkan dalam bentuk pabrik atau mesin, dan investasi residential yaitu rumah.

Jenis produk investasi yang banyak dimiliki seorang investor adalah surat berharga, saham/obligasi, rumah, tanah dan sebagainya. Untuk itu, masing-masing personal memiliki alasan tersendiri dalam memilih jenis investasi sesuai kebutuhan dan karakteristik usaha.

 

Investasi dalam Kehidupan Finansial

Investasi dan kehidupan finansial sangat berkaitan. Masing-masing jenisnya memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda. Jadi, tidak heran bahwa setiap orang memilih investasinya dengan tujuan finansial tertentu.

Contohnya saja, investasi properti seperti tanah, ruko, toko dan rumah. Karena harga tanah terus meningkat setiap tahunnya, maka investasi tanah yang dipilih akan sangat menguntungkan. Ditambah lagi, jumlah pertumbuhan dan persebaran penduduk yang kian meningkat menyebabkan kebutuhan rumah juga semakin meningkat. Jadi, investasi jenis ini sangat dianjurkan dan paling diminati.

Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial Anda? Temukan Jawabannya - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Investasi Apa Saja yang Sudah Anda Miliki Saat Ini?]

 

Ada juga sebagian orang yang menginvestasikan uangnya untuk pendidikan diri sendiri maupun pasangan dan anak-anak. Hal ini berhubungan dengan kemajuan teknologi dan pendidikan yang semakin tinggi. Dengan pendidikan tinggi, seseorang akan bisa memiliki pekerjaan mapan dan penghasilan yang tinggi pula di masa depan.

Investasi saham juga sering dilirik para investor karena perusahaan akan bisa mendapatkan keuntungan dari hasil kerjanya. Otomatis, pemilik saham akan menyemai hasil investasinya. Meskipun demikian, ada juga beberapa jenis investasi saham yang merugikan karena berada dalam lingkup tidak stabil, misalnya krisis moneter.

Beberapa orang juga memanfaatkan investasi mata uang asing. Dengan memilih jenis mata uang asing yang kerap mengalami peningkatan kurs, maka secara finansial, keuntungan investor akan bertambah. Karena nilai tukarnya terus meningkat terhadap mata uang lokal.

Meskipun memiliki banyak tujuan secara finansial, investasi bukannya tanpa risiko. Apabila seseorang melakukan investasi lalu usahanya gagal, maka bukan keuntungan malah kerugian yang akan diperoleh. Banyak penyebab gagalnya investasi seperti faktor bencana alam, faktor personal, penipuan dan krisis moneter dan faktor lain sebagainya.

 

Ciri-ciri Investasi Sehat

Investasi yang sehat sebenarnya bisa dilihat dari dasar hukumnya. Apapun jenisnya, investasi yang sehat akan memiliki badan hukum legal. Jika suatu investasi sehat, maka investornya akan mendapat keuntungan finansial yang berkelanjutan dan sesuai dengan ketentuan. Tetapi, apabila investasi tidak sehat, maka bisa jadi banyak kerugian yang ditanggung investor.

Supaya Anda tidak mengalami kerugian, pilihlah investasi yang memiliki ciri-ciri antara lain:

  • Dasar hukum kuat
  • Potensi menghasilkan uang tinggi
  • Mudah dipahami mekanismenya
  • Banyak memiliki investor
  • Dipercaya masyarakat
  • Memiliki testimoni dari pelanggan

 Ini Cara Mendapatkan Produk Investasi yang Low Risk, High Return - Finansialku

[Baca Juga: Ini Cara Mendapatkan Produk Investasi yang Low Risk, High Return]

 

Pengaruh Investasi Terhadap Kehidupan Finansial

Secara umum, investasi sangat berpengaruh bagi kehidupan finansial. Besarnya pengaruh investasi tersebut bergantung pada seberapa besar persentase uang pribadi Anda yang diinvestasikan. Dalam perincian yang lebih detail, pengaruh investasi terhadap kehidupan finansial adalah sebagai berikut:

 

Pengaruh 1: Menambah Peluang Penghasilan

Investasi pasti menambah peluang penghasilan. Seperti kata investor ternama Warren Buffet:

“Jangan meletakkan telur di dalam satu wadah”

 

Istilahnya, Anda harus berinvestasi dengan diversifikasi investasi dari penghasilan Anda. Sehingga, saat waktunya dipanen, penghasilan akan berasal dari berbagai sumber (tidak hanya dari satu sumber). Jumlahnya pun bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis dan nominal investasi.

 

Pengaruh 2: Memperluas Wawasan Tentang Sumber Dana

Seorang investor biasanya akan memiliki banyak link dari ranah bisnis. Dengan demikian, wawasan tentang sumber dana dan permodalan akan semakin tinggi. Jika Anda memiliki wawasan yang luas tentang sumber dana, tidak menutup kemungkinan jika Anda juga bisa menjadi seorang perencana keuangan yang handal. Karena, membaca peluang bukan bakat yang dimiliki semua orang.

 Berinvestasi Memang Berisiko, Tapi Tidak Berinvestasi Jauh Lebih Berisiko - Finansialku

[Baca Juga: Berinvestasi Memang Berisiko, Tapi Tidak Berinvestasi Jauh Lebih Berisiko]

 

Pengaruh 3: Meningkatkan Kebijakan dalam Mengeksekusi

Jika ada sebagian dana yang bisa diinvestasikan, seorang investor handal akan mampu melakukan kebijakan dan mengeksekusinya. Semakin lama Anda melakukan investasi dan mengembangkannya, maka semakin banyak pula kebijakan yang bisa diambil. Wawasan dan pengetahuan tentang investasi akan menghindarkan investor dalam melangkah secara tidak bertanggung jawab atau kurang konsisten.

 

Pengaruh 4: Mengasah Tanggung Jawab dan Rasa Percaya Diri

Sikap bertanggung jawab dan rasa percaya diri adalah dua hal yang bisa semakin bertambah jika Anda melakukan investasi. Secara finansial, tanggung jawab keuangan terhadap keluarga, perusahaan dan pribadi akan meningkat. Sedangkan, rasa percaya diri juga dilatih saat melakukan investasi, terutama jika Anda terjun langsung dalam usaha yang dikenai investasi.

 

Kehidupan Finansial yang Sukses

Investasi dapat memberikan kehidupan finansial yang sukses. Dengan berinvestasi, Anda memiliki kesempatan untuk memiliki keuntungan lebih besar selain penghasilan rutin bulanan Anda. mulailah melakukan investasi sejak dini untuk kehidupan masa depan yang lebih baik. 

 

Apakah pengaruh investasi bagi kehidupan finansial membuat Anda tertarik berinvestasi? Apa saja langkah yang Anda lakukan agar investasi sehat mempengaruhi kehidupan finansial Anda? Jelaskan rencana Anda dan bicarakan dengan orang terdekat terkait informasi ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Walter Pinem. 29 Desember 2016. Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial. Koinworks.com – https://goo.gl/PeXZuk
  • 08 Januari 2016. Wikipedia.com – https://goo.gl/azko4h
  • Rizqi Adnamazida. 11 September 2012. Kenali 4 tanda investasi aman dan menguntungkan. Merdeka.com – https://goo.gl/yaZRhe

 

Sumber Gambar:

  • Financial life – https://goo.gl/p7BJ53
  • People in Mountain – https://goo.gl/rdmFYJ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang