Apakah Anda seorang pebisnis usaha startup? Miliki pola pikir yang tepat saat membangun bisnis Anda melalui rubrik Finansialku berikut ini yang akan menambah wawasan Anda dalam berbisnis. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Finansialku Watch

 

Memulai Usaha dengan Menjadi Solusi bagi Masalah Bangsa

Menjadi seorang pengusaha seringkali memiliki tujuan atau ambisi-ambisi yang justru membutakan mata hati kita. Berbagai tujuan yang ada dalam pikiran seorang pengusaha pada umumnya antara lain ingin memiliki uang banyak, mobil mewah, rumah besar dan mimpi lainnya.

Tidak ada salahnya dengan berbagai keinginan kita tersebut asalkan memiliki motivasi dan melakukannya dengan cara-cara yang positif. Namun sebetulnya ada satu hal yang seringkali terlupakan oleh para pengusaha terutama pengusaha startup, yaitu hati. 

Lakukan 3 Cara Ampuh Ini dalam Memperbaiki Bisnis Anda

[Baca Juga: Lakukan 3 Cara Ampuh Ini dalam Memperbaiki Bisnis Anda]

 

Apabila kita menengok sejarah entrepreneur dunia, mereka memulai usaha mereka dengan berpikir untuk orang lain. Berangkat dari permasalahan yang ada, Thomas Alfa Edison memberikan solusi bagi semua orang melalui penemuannya berupa lampu.

Seorang Henry Ford yang menciptakan mobil di kala pada masa itu, dimana alat transportasi masih menggunakan kuda. Demikian juga para entrepreneur juga seharusnya berkaca dari para inovator dunia.

Para pengusaha startup seharusnya memberikan perubahan dan menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh bangsa.

 

Miliki Pola Pikir yang Tepat

Berikut ini beberapa pola pikir yang tepat dalam membangun usaha startup.

 

#1 Mulai Bisnis, Mulailah dengan Mencari Solusi

Dalam sebuah bisnis, tidak ada usaha yang dapat dimulai dengan mudah atau sederhana layaknya membalikkan telapak tangan, namun ada proses yang harus dihadapi dan dilewati untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis yang dijalankan.

Dalam memulai bisnis startup, kita perlu mencari apa yang menjadi masalah di sekitar kita yang dapat diperbaiki dan dijadikan solusi bermanfaat bagi banyak orang.

Seringkali kita fokus terhadap materi, namun hal yang perlu menjadi perhatian utama adalah memberikan manfaat bagi banyak orang. Bangunlah bisnis yang tidak hanya mencari keuntungan pribadi semata melainkan yang mencapai solusi bagi masyarakat luas, dan sudah pasti bisnis Anda terjamin akan selalu bertahan.

4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah

[Baca Juga: 4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah]

 

#2 Berpikir Layaknya Pikiran Startup Sukses

Startup yang sukses adalah mengutamakan kolaborasi dari tim agar startup yang dijalankan dalam berjalan semestinya. Kolaborasi ini tidak hanya tim saja tetapi juga lingkungan sekitar yang mengalami dampak dan manfaat dari solusi bisnis startup tersebut.

Ketika kegagalan menghampiri, startup menjadi solusi pemecah masalah. Jangan mudah menyerah dan selalu asah kemampuan dalam mengambil risiko yang ada. Tantang founder agar startup tetap berjalan dan menjadi pemecah masalah.

Jadilah solusi untuk menciptakan peluang kesempatan dengan inovasi. Miliki konsep partnership, yaitu menjadikan mitra usaha asing sebagai kunci keberhasilan untuk menembus pasar global.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#3 Pikiran Terbuka dengan Pembelajaran

Keterbukaan untuk mau belajar dengan orang lain harus ditanamkan dalam diri pasalnya yang paling esensial adalah keterbukaan untuk mengakui apa yang menjadi kekuatiran dan hal-hal yang belum diketahui seperti halnya dalam buku Anthony Robbins, saat dia mewawancarai Ray Dalio, seorang pendiri Bridgewater Associates, pengelola dana investasi global (hedge fund).

Bahkan seorang Ray Dalio dengan rendah hati mengakui bahwa dia bisa saja salah dan dalam hal ini diperlukan kerendahan hati dan keterbukaan untuk terus mau belajar dengan orang lain.

Dengan keterbukaan ini, orang lain dapat membantu dengan pengetahuan yang mereka miliki. Turunkan dinding ego pribadi dan mau belajar dari pengetahuan orang lain dapat menjadi landasan untuk terbentuknya pola pikir bisnis yang baik.

Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya`

[Baca Juga: Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya?]

 

#4 Tetap Fokus pada Bisnis Awal

Seringkali ketika seorang pengusaha sukses dengan sebuah produk, tak jarang mereka ingin meneruskannya melalui percobaan dengan produk-produk lainnya yang baru. Di titik ini, pengusaha tersebut dapat kehilangan fokusnya terhadap bisnis awal karena ia menjadi terlalu fokus dengan mengeksekusi produk baru tersebut dan melalaikan produk yang lama.

Setiap ide perlu dikritisi, disaring dan harus benar-benar difokuskan pada hal yang paling prospektif. Inovasi tetap harus berjalan tetapi jangan sampai kehilangan fokus pada bisnis awal.

 

#5 Hidupkan Komunitas

Akselerasi pertumbuhan startup akan sangat terbantu jika pendiri mampu menghidupkan komunitas. Dengan menghidupkan komunitas maka aspek penting mengenai strategi pemasaran dapat berjalan dengan baik.

Jalinlah pertemanan baik melalui jaringan/networking, terutama media. Jalanilah sebuah hubungan yang alami dengan para wartawan/penulis/rekanan/investor dan mereka akan membagikan informasi terbaik mengenai bisnis Anda untuk memperkuat jaringan dan membuat bisnis Anda semakin dikenal.

da-ada Aja Penipuan Pakai Skema Bisnis Agrobisnis

[Baca Juga: Ada-ada Aja Penipuan Pakai Skema Bisnis Agrobisnis]

 

Jadilah Pengusaha Startup yang Berdampak Bagi Bangsa

Startup harus memiliki kompetisi yang unggul tidak hanya pada kompetisi produk saja tetapi tim yang berkomitmen dan kolaborasi bersama. Hasilkan produk unggul dan kepercayaan besar dari masyarakat luas melalui dampak manfaat yang diberikan bagi orang banyak.

Anda juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat bahkan negara dari hasil solusi pemecahan masalah melalui produk yang unggul dan bermanfaat. Seorang pengusaha hebat adalah orang yang melihat masalah besar sebagai tantangan, bukan sesuatu yang menjadikan panik atau gugup.

 

Apakah Anda sedang memulai bisnis startup? Bagaimana tanggapan Anda mengenai artikel di atas? Apakah Anda memiliki pemikiran baru mengenai usaha startup? Tuliskan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kelik Bayundara. 31 Maret 2015. Mau Usaha? Startup Wajib Punya Pola Pikir Ini. Marketeers.com – https://goo.gl/AXHRHu
  • Indra Irwansyah. 7 Agustus 2016. Ignition Membangun Pola Pikir Awal Sebelum Melangkah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Indratechno.web.id – https://goo.gl/UFkiMw
  • Randy Eka. 3 November 2015. Lima Poin Penting Pola Pikir Pendiri Startup Menurut Kevin Rose. Dailysocial.id https://goo.gl/LcYfJ4
  • Peter Thiel. 2014. Zero To One (Notes on Startups, or How to Build the Future). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

 

Sumber Gambar:

  • Usaha Startup – https://goo.gl/ssehZ7
  • Man Thinking – https://goo.gl/8JKkYa

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang