Selalu ada dari suatu kesalahan yang terjadi. Tidak ada salahnya melakukan kekeliruan dan mengawali kegagalan asalkan mau belajar dari setiap kesalahan itu demi meraih keberhasilan yang saat ini tertunda.

Melalui beberapa cerita motivasi berikut ini, Tim Finansialku ingin membangkitkan semangat Anda yang sedang putus asa karena mengalami kegagalan! Selamat membaca dan kembali bangkit untuk meraih sukses!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Setiap Manusia PASTI Pernah Gagal

Siapa yang tidak pernah mengalami kegagalan? Tidak ada seorangpun yang menuju puncak keberhasilan tanpa mengalami kegagalan, terutama mereka yang memiliki mimpi besar untuk diwujudkan.

Tahukah Anda bahwa kegagalan sebetulnya adalah bagian dari paket keberhasilan yang akan kita rasakan di kemudian hari ketika kita terus menjalani proses dengan disiplin, positif dan pantang menyerah?

Setiap orang yang sukses di dunia ini, pasti pernah mengalami kegagalan dan bisa jadi berulang-ulang kali sehingga membuat stres, frustasi, patah semangat, tidak berdaya dan terkadang bisa menjadi hilang arah.

Melalui rubrik kali ini, Tim Finansialku hadir untuk memotivasi Anda dan terus mendorong Anda untuk mengingat kembali setiap tujuan dari hidup Anda dalam meraih setiap keberhasilan yang sudah ditentukan untuk Anda apabila Anda terus bersemangat dan tidak putus asa ketika menghadapi kegagalan.

Cerita Motivasi Jangan Takut Gagal Ini 20 Penemuan yang Berawal Dari “Kesalahan” 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA]

 

Realita Kegagalan

Apakah Anda pernah mengalami kegagalan? Apa yang Anda lakukan ketika mengalami kegagalan? Apa yang muncul di benak Anda ketika mengalami kegagalan?

Berikut ini realita dari suatu kegagalan yang perlu Anda sadari agar Anda tidak terlalu dipengaruhi oleh kegagalan itu sendiri.

  1. Terkadang ada kegagalan yang tidak terhindarkan.
  2. Kegagalan hanyalah sementara, dan tenang saja, kegagalan masih dapat diubah.
  3. Kegagalan memberi banyak pelajaran berharga.

 

Ada sebuah kutipan yang isinya:

When you fail, you have a choice – focus on facts or focus on feelings.”

 

Artinya ketika Anda gagal, Anda punya pilihan, fokus pada kenyataan atau fokus pada perasaan Anda.

2 Jurus Membesarkan Bisnis dan Menjadi Miliarder - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 2 Jurus Membesarkan Bisnis dan Menjadi Miliarder]

 

Lakukan ini Ketika Menghadapi Kegagalan

Ketika Anda mengalami kesulitan dan kegagalan dalam menghadapi proses menuju kesuksesan, lakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Sabar dan tidak putus asa.
  2. Belajar dari kesalahan dan segera bangkit.
  3. Melihat kelemahan dan bangkit melalui kekuatan dan melihat peluang yang ada.
  4. Selalu optimis bahwa keberhasilan pasti ada di depan mata.

 

Tim Finansialku pernah menulis sebuah rubrik pada tahun 2016 mengenai kegagalan yang pernah dialami oleh CEO Starbuck dan bagaimana dia menyikapi kegagalan itu dan terus berfokus pada keberhasilan yang akan dia raih. Untuk menyegarkan kembali pikiran Anda, berikut ini cara Howard Schultz, CEO Starbuck menghadapi kegagalannya:

  1. Jangan menyalahkan orang lain dan diri sendiri. Jangan cari siapa yang salah, siapa yang benar karena hal tersebut membuang waktu dan dapat menyebabkan kita kehilangan arah. Menurutnya semua sudah terjadi dan tidak penting mencari siapa yang salah. Alih-alih cari siapa yang salah, segeralah cari bagaimana solusinya.
  2. Fokus pada solusi, cari tahu penyebab kegagalan. Fokuskan segala resources (pikiran, tenaga dan perhatian) pada solusi. Cari jalan yang terbaik bagaimana agar bisa bangkit kembali dalam waktu yang cepat.
  3. Tetap berorientasi pada visi dan misi awal. Gagal adalah sebuah peringatan, untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Visi dan misi menjadi tujuan utama dan cari cara untuk mewujudkannya.
  4. Berinovasi dan lakukan hal-hal yang pernah dilakukan agar bisa kembali bangkit. Singkirkan hal-hal yang menjadi penghalang dan penghambat. Buatlah perubahan yang besar. Starbuck harus melakukan banyak perubahan untuk bisa bangkit dari 16 bulan krisis keuangan.
  5. Jangan pernah takut gagal, terlebih jika Anda pernah gagal. Ketakutan bukanlah alasan untuk berhenti berusaha. Terus bergerak, tetap melangkah dan memiliki optimisme.
  6. Selalu jujur pada diri sendiri, karyawan, pelanggan dan semua orang. Usaha apapun membutuhkan rasa percaya. Kejujuran adalah modal utama untuk mendapatkan rasa percaya.
  7. Ikuti perubahan yang terjadi karena dunia di sekitar kita akan terus mengalami perubahan. Kalau kita tidak bisa mengikutinya, kita akan tertinggal. Perubahan merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya kegagalan dan perubahan memang cara terbaik pula yang bisa digunakan ketika kita ingin bangkit setelah mengalami kegagalan.

3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

Orang-orang Sukses yang Pernah Gagal

Tahukah Anda, ternyata kesuksesan yang diraih oleh orang-orang sukses di dunia ini berawal dari suatu kegagalan yang pernah mereka alami. Berikut ini beberapa contoh orang sukses yang menggunakan setiap kesalahan dan kegagalan yang mereka alami sebagai batu loncatan untuk meraih kesuksesan mereka.

 

#1 Bette Graham – Pendiri Mistake Out

Pada tahun 1951, Bette Graham adalah seorang sekretaris eksekutif yang mengetik berbagai dokumen penting. Ketika mengalami kesalahan dalam pengetikan, dia harus mengulang ketikannya tersebut dengan lembaran baru.

Karena dia tidak mau membuang-buang waktu dan juga kertas, dia memiliki ide untuk membuat cat putih cepat beku yang ia buat sendiri untuk menutupi kesalahan ketikan yang ia buat dengan menggunakan kuas kecil yang disapukan dengan cat putih yang cepat beku buatannya itu.

Dia menamakan hasil karya dari ide sederhananya itu Mistake Out  usahanya tersebut berkembang. Pada tahun 1972 omzet usahanya sudah lima juta botol Mistake Out setiap tahunnya. Ketika dia meninggal tahun 1980 kekayaannya mencapai 475 juta dolar AS.

Siapa sangka ide kecil itu bisa membuatnya kaya.saat ini produknya itu kita kenal dengan Type-X. Anda pasti juga menggunakannya bukan?

Para Entrepreneur, Bagaimana Kepemimpinan Seorang Wirausaha 1 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Bagaimana Kepemimpinan Seorang Wirausaha?]

 

#2 Toru Kumon – Pendiri Kumon

Anak pertama Toru Kumon seorang guru matematika SMA di Jepang sulit belajar matematika. Kumon lalu membuat metode (modul) pelajaran matematika bagi anaknya agar memudahkannya memahami ilmu hitung ini pada tahun 1954.

Metode itu dinamakan Metode Kumon. Ternyata dengan metode itu anaknya bisa mengikuti pelajaran matematika dengan sangat baik. Setelah itu para tetangganya ingin mencoba metode yang sama. Kumon lalu mendirikan Kumon Center.

Kini sebanyak 26.000 Kumon Center berdiri di 44 negara dengan pola pengembangan jaringan franchise, termasuk di Indonesia.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#3 Arthur Fry – Penemu Post-It

Bagaimana cara membuat catatan yang mudah ditempel mudah dilihat dan mudah pula dilepas? Arthur Fry punya caranya. Idenya didapat dari temannya yang memanfaatkan lem gagal (tidak lengket) sebagai bahan penempel kertas untuk menandai halaman di kitabnya. Arthur lalu mengembangkannya menjadi produk yang belakangan dikenal sebagai Post-it.

Post-it ide kecil itu kemudian menjadi produk Andalan 3M (perusahaan yang mempekerjakan Arthur) dan menjadi bisnis besar. Kini dunia mengenalnya sebagai kertas catatan tempel yang populer.

 

#4 Earle Dickson – Plester Luka

Earle Dickson menemukan cara jitu saat dia merasa lelah harus berkali-kali menempelkan perban pada jari istrinya yang sering terluka saat mengiris makanan. Dia menggunting kain kasa kecil lalu menempelkannya di selotip.

Dengan cara ini kain kasa jadi mudah ditempelkan pada luka kecil. Ternyata ide yang dimunculkan pada sekitar tahun 1920-an itu cukup brilian sampai-sampai perusahaan tempatnya bekerja Johnson & Johnson memproduksinya secara massal dan Earle Dickson sendiri diangkat menjadi wakil presiden Johnson & Johnson.

Para Investor, Kenali 2 Jebakan Psikologis yang Dapat Menggagalkan Investasi Anda! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Kenali 2 Jebakan Psikologis yang Dapat Menggagalkan Investasi Anda!]

 

#5 Wilson Greatbatch – Alat Bantu Jantung

Alat bantu jantung pertama kali ditemukan oleh Paul Zoll pada tahun 1952 dan terus dikembangkan. Suatu ketika Wilson Greatbatch melakukan sebuah penelitian terhadap pasien, tanpa disengaja Wilson melakukan sebuah kesalahan, dia memasang sebuah resistor yang berbeda ke tubuh pasiennya tersebut.

Namun bukannya menimbulkan masalah, kesalahan tersebut malah menyadarkan Wilson mengenai sebuah alat yang hampir mirip dengan kinerja jantung, dari percobaan Wilson tersebut, dia bisa menemukan sebuah alat bantu jantung dan bahkan populer hingga sekarang ini.

 

#6 Charles Goodyear – Ban Vulkanisir

Charles Goodyear selalu mengalami kegagalan untuk membuat karet yang tahan terhadap suhu panas maupun dingin. Secara tidak sengaja menumpahkan timah, sulfur, dan campuran karet ke atas tungku panas.

Campuran tersebut langsung hangus tetapi tidak hancur, mudah dipotong tetapi tetap keras. Terobosan tersebut telah menghasilkan ban kendaraan, sepatu, wadah-wadah, dan alat-alat lainnya.

 

#7 Bonnano da Pisa

Salah satu kesalahan manusia yang sangat melegenda hingga sekarang adalah adanya menara Pisa di Italia, salah satu keajaiban dunia ini dibangun oleh arsitek Bonnano da Pisa, konon katanya arsitek tersebut salah dalam melakukan sebuah perhitungan mengenai kedalaman fondasi bangunan dengan tinggi bangunan.

Hal tersebut membuat fondasi menara Pisa tidak kuat dan bahkan dari tahun ke tahun mengalami kemiringan, namun karena keunikan inilah menara Pisa hingga saat ini menjadi daya tarik para wisatawan.

27 Kata-Kata Bijak Bill Gates yang Akan Menginspirasi Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 27 Kata-Kata Bijak Bill Gates yang Akan Menginspirasi Anda]

 

#8 Ruth Wakefiled – Choco Chip

Choco Chip sebenarnya makanan yang bermula dari sebuah kesalahan seorang wanita, dia adalah Ruth Wakefiled. Saat Ruth kedatangan para tamu yang sangat banyak, dia bingung dan sangat sibuk untuk menyiapkan sebuah jamuan, karena selain mengurusi tamu, wanita tersebut juga harus menangani masalah hotel yang dimiliki.

Kemudian karena Ruth terburu-buru, dia hanya membuatkan jamuan kepada para tamu dengan meletakkan potongan coklat padat keatas sebuah kue, namun coklat padat tersebut tidak meleleh. Setelah itu Ruth menghidangkan ala kadarnya kepada para tamu.

Mereka melihat keunikan dari kue kering buatan Ruth dan sangat suka dengan penampilan serta rasa khas yang dimiliki oleh kue tersebut. Inilah asal mula Choco Chip.

 

#9 Kaisar Shen Nung – Teh

Sekitar tahun 2373 SM, Kaisar Shen Nung sedang merebus sebuah minuman panas. Tapi rupanya dia lupa menutup ketel air tersebut, sehingga tanpa sengaja angin meniup suatu daun di sekitar tempat tinggalnya dan masuk ke dalam ketel tersebut.

Pada saat sang kaisar mau mengambil minuman itu, rupanya daun itu sudah bercampur dengan minuman tersebut dan mengeluarkan harum yang luar biasa dan saat dicoba rasanya sangat nikmat. Sejak saat itulah teh mulai beredar di Tiongkok.

 

#10 Earlof Sandwich – Sandwich

Sekitar tahun 1700 seseorang bernama Earlof Sandwich sedang asik dan sibuk bermain judi. Karena rasa cintanya terhadap judi maka dia pun jadi malas meninggalkan arena tempat duduknya itu. Suatu kali dia merasa lapar, tapi karena dia tidak mau beranjak dari tempat duduknya dia memesan makanan, dan menyatukan pesanannya itu diantara 2 roti.

 

#11 Spencer – Microwave

Cerita bermula saat Spencer berjalan-jalan membawa coklat di kantongnya, pada saat dia berjalan melewati radiator yang sedang bekerja rupanya coklat itu meleleh, kejadian ini membuat otak Spencer berputar dan mulai berinovasi.

Berdasarkan kejadian ini maka Spencer menemukan microwave yang pertama yang beratnya 400 kg. Tapi tentunya semakin berkembangnya zaman, microwave semakin kecil.

Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

#12 Thomas Adams – Permen Karet

Seorang bernama Thomas Adams sedang bereksperimen dengan chice, getah tanaman dari Amerika Selatan, sebagai pengganti karet. Setelah gagal berulang-ulang, penemu yang sedih tersebut memasukkan satu potong ke dalam mulutnya.

Ternyata dia menyukainya. Sebagai akibatnya: Adams New York No. 1 menjadi permen karet yang diproduksi dalam jumlah besar pertama di dunia.

 

#13 Dr. Harry Coover – Super Glue

Pada zaman perang tahun 1942, ketika para ilmuwan hanya memikirkan bagaimana cara membuat senjata yang lebih baik. Dr. Harry Coover sedang bekerja dengan bahan Cyanoacrylate di laboratorium Eastman Kodak ketika ia membuat bahan yang terlalu lengket untuk digunakan. Dia melemparnya hingga menempel di tembok.

Bahkan setelah perang selesai, dia baru menyadari kalau bahan yang ida lempar sebelumnya masih menempel dengan kuat dan usaha yang dia lakukan untuk melepasnya dengan tangan selalu gagal.

Yuk Daftar Uber Driver
Yuk Daftar Uber Driver

 

#14 John Pemberton – Coca cola

Ketika John Pemberton, seorang apoteker dari Atlanta berusaha membuat obat untuk sakit kepala, ternyata dia telah menghasilkan sebuah formula, yang hingga kini masih menjadi rahasia. Setelah berjalan 8 tahun, minuman ini akhirnya dibotolkan dan dikomersilkan secara luas hingga saat ini dengan nama Coca cola.

 

#15 Alexander Fleming – Penisilin

Setelah Alexander Fleming meninggalkan tempat kerjanya yang kotor selama 24 jam pada tahun 1928, suatu kesalahan terjadi. Ketika dia kembali, beberapa bahan organik telah ditumbuhi oleh jamur. Kejadian aneh ketika tidak ada bakteri yang tumbuh di sekitarnya. Penisilin inilah, antibiotik pertama yang digunakan secara luas.

16-gaun-pernikahan-termahal-di-dunia-finansialku-jennifer-aniston

[Baca Juga: 16 Gaun Pernikahan Termahal di Dunia yang akan Menginspirasi Anda]

 

#16 Kerucut Es Krim

Pada saat udara sangat panas di World’s Fair 1904, depot es krim menjual es krim dengan cepat sampai ke abisan piring-piring. Depot sebelahnya tidak seberuntung penjual es krim, yaitu penjual Zalabia, sejenis wafer tipis dari Persia.

Pemilik depot mengusulkan sebuah ide untuk menggulung Zalabia-nya menjadi kerucut dan meletakkan sebongkah es krim di atasnya. Demikianlah kerucut es krim dilahirkan. Hingga kini masih ditemukan es krim dengan kerucut, tidak peduli semodern apapun pembuatan es krim itu.

 

#17 George Crum – Keripik Kentang

Pada tahun 1853, Cornelius Vanderbilt, seorang tamu restoran Saratoga memprotes usaha si kepala tukang masak yang bernama George Crum, katanya gorengan itu terlalu tipis untuk di tusuk dengan garpu.

Tetapi setelah beberapa percobaan, keripik kentang itu kemudian menjadi kesukaan, dan segera semua orang di dalam rumah makan tersebut memesannya. Sehingga pada daftar menu di cantumkan “Saratoga Chips”

 

#18 Richard James – Mainan Slinky

Aslinya mainan Slinky hanyalah sebuah hiasan di sebuah meja tulis. Seorang ahli mekanik, Richard James, suatu waktu di tahun 1940, ketika musim semi tiba, tersandung dan terguling ke seberang lantai setelah menginjak benda tersebut. Pada akhirnya, dia harus berbaring sakit.

 

#19 Constantine Fahlberg – Sakarin (Pemanis Buatan Tertua)

Penemuan Fahlberg bermula ketika dia lupa mencuci kedua tangannya sebelum makan siang, yang mana sebelumnya telah ditumpahi sejenis bahan kimia di laboratoriumnya. Bahan kimia itulah kemudian menyebabkan roti yang dimakannya menjadi berasa manis yang aneh.

 

#20 Layang-layang

Sejarah layang-layang dimulai dari 1.000 tahun Sebelum Masehi di China, semula digunakan kalangan militer sebagai cara mengirim kode dari jenderal untuk menakut-nakuti pasukan musuh. Namun di Jepang, benda ini digunakan sebagai simbol agama. Layang-layang berubah menjadi mainan anak-anak di abad ke-12 setelah perang saudara di AS berakhir.

Cara Mencapai Kebebasan Finansial Menurut Anthony Robbins - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mencapai Kebebasan Finansial Menurut Anthony Robbins]

 

Maju Terus pantang Mundur – Anda PASTI Sukses

Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Kesuksesan akan datang pada mereka yang berusaha mendapatkannya bukan pada mereka yang hanya mengharapkannya.

 

Bagikan pengalaman Anda dalam meraih setiap kesuksesan melalui berbagai kegagalan yang Anda alami melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel-artikel Finansialku yang dapat memotivasi rekan-rekan Anda yang sedang mengalami patah semangat. Siapa tahu mereka kembali bangkit setelah membaca artikel-artikel dari Finansialku. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Finansialku. 26 Agustus 2016. Jangan Takut Gagal dan Cara Mengatasi Kegagalan. Finansialku.com – https://goo.gl/ZVzdMB
  • 30 Oktober 2012. 20 Penemuan yang Bearawal dari “Kesalahan”. – https://goo.gl/UZNhUS
  • Ilam Maolani. 24 Juni 2015. Sikap ‘Cerdas’ Menghadapi Kegagalan. Kompasiana.com – https://goo.gl/Mn1imc
  • Lukas Gentara. 16 Oktober 2009. 7 Cara Menyikapi Kegagalan untuk Meraih Kesuksesan. Gen22.net – https://goo.gl/9KZTod
  • Suhardi. 29 Agustus 2009. Cara Pintar Menghadapi Kegagalan. -https://goo.gl/Ia8ENq

 

Sumber Gambar:

  • Aku Sukses – https://goo.gl/tTiSba
  • I Can Do It – https://goo.gl/6ydQ3D

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang