Bagaimana cara menjadi orang kaya yang mempunyai waktu? Menjadi orang kaya yang sibuk dan tidak punya waktu sudah biasa. Tetapi Anda perlu tahu bagaimana cara menjadi orang kaya yang memiliki waktu untuk menikmati kekayaannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Orang Kaya yang Tidak Punya Waktu

Siapa di antara Anda yang tidak ingin menjadi kaya? Setiap orang pasti ingin menjadi kaya. Dengan uang yang banyak Anda dapat membeli barang apapun yang diinginkan. Pergi berlibur ke luar negeri dan belanja sepuasnya. Terdengar sangat menyenangkan bukan? Tetapi bagaimana jika Anda berhasil menjadi ‘orang kaya’ yang memiliki banyak uang, tetapi tidak memiliki waktu?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang bisa menjadi kaya. Salah satu alasan yang paling umum adalah orang tersebut memiliki pendapatan yang besar dan bekerja dengan sangat keras. Sayangnya orang seperti ini biasanya tidak memiliki waktu untuk menikmati hasil kerja kerasnya. Akhirnya uang yang dikumpulkan dengan susah payah tidak dapat dinikmati.

Kenapa Banyak Orang Kaya Baru (OKB) yang Sulit Mempertahankan Kekayaannya - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Banyak Orang Kaya Baru (OKB) yang Sulit Mempertahankan Kekayaannya?]

 

Misalnya saja seorang dokter. Anda mungkin pernah mendengar istilah bahwa dokter memiliki gaji yang sangat besar tetapi tidak dapat menikmati hidup. Alasannya karena dokter bertanggung jawab akan kehidupan pasiennya, mau tidak mau seorang dokter harus berdedikasi melayani pasiennya kapanpun. Seringkali seorang dokter tidak dapat pergi berlibur bersama keluarganya karena harus mengobati pasien.

Terkadang kehidupan seorang memang seperti itu. Tetapi pada kenyataannya bukan hanya dokter yang mengalami dilema tersebut. Banyak kalangan lain yang juga mengalami hal yang sama. Seorang karyawan bekerja di sebuah perusahaan dan mendapatkan gaji setiap bulan. Karena berambisi untuk menjadi kaya maka ia berusaha mencari pekerjaan sampingan di luar jam kantor atau membuat usaha online. Pada akhirnya memang uang yang didapatkan lebih besar. Tetapi hal itu sama saja dengan menukarkan waktu yang dimiliki dengan uang. Pada akhirnya tidak ada waktu untuk menikmati hasil kerja kerasnya.

Satu-satunya cara untuk menjadi orang kaya yang memiliki waktu adalah dengan berinvestasi. Dengan berinvestasi, modal dan aset Anda bekerja untuk menghasilkan keuntungan bagi Anda. Dalam hal ini waktu yang Anda miliki tidak ditukarkan dengan uang seperti kasus karyawan yang mencari pekerjaan tambahan. Baik investasi pada paper asset maupun non-paper asset sama-sama dapat menghasilkan keuntungan tanpa Anda harus menukarkan waktu dengan uang.

Mengapa Membenci Orang Kaya Bisa Membuat Kita Tetap Miskin - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Membenci Orang Kaya Bisa Membuat Kita Tetap Miskin?]

 

Berikut adalah langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mulai berinvestasi dan mendapatkan keuntungan:

 

#1 Menetapkan Tujuan Keuangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap orang mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk menjadi kaya. Tetapi menetapkan ‘ingin menjadi kaya’ saja belum cukup. Anda harus mendefinisikan sendiri apa arti ‘kaya’ bagi Anda. Setiap orang bisa memiliki standar tersendiri. Bagi seseorang memiliki 1 rumah dan 2 mobil berarti sudah kaya, sementara bagi orang lain hal itu dianggap biasa saja. Mungkin orang lain beranggapan bahwa menjadi kaya adalah memiliki 5 rumah dan 10 mobil.

Karena itu pertama-tama Anda harus menetapkan dulu target keuangan apa saja yang ingin Anda capai yang sudah mencapai taraf ‘menjadi kaya’ bagi Anda. Semakin terperinci target yang Anda buat, akan semakin mudah untuk mencapainya. Bukankah lebih mudah mencari cara untuk mencapai suatu tujuan daripada memutuskan akan pergi kemana di tengah ketidakpastian?

 

#2 Mengenal Profil Risiko dan Pengetahuan Dasar Investasi

Sebelum mulai berinvestasi, ada baiknya Anda mempersiapkan diri. Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah mengenal diri sendiri dalam konteks investasi. Penting untuk mengetahui profil risiko Anda. Setelah mengetahui profil risiko barulah Anda dapat memperkirakan berapa dana yang harus diinvestasikan. Mengapa? Karena Anda perlu mengetahui berapa ekspektasi return yang diharapkan untuk menghitung berapa jumlah dana yang harus diinvestasikan.

Apakah Anda Punya Mindset Orang Kaya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Punya Mindset Orang Kaya?]

 

Selain profil risiko, ada baiknya Anda juga memiliki pengetahuan dasar mengenai investasi. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk-produk investasi yang ada serta bagaimana cara kerjanya. Dengan begitu nantinya Anda dapat memilih investasi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat ini sudah ada banyak sarana edukasi keuangan dan investasi yang dapat Anda gunakan.

 

#3 Menganalisis Kebutuhan Investasi dan Kesanggupan Modal

Setelah mengetahui tujuan-tujuan keuangan, Anda dapat memperhitungkan berapa besar uang yang harus diinvestasikan untuk memenuhinya. Selain itu Anda juga harus memperhitungkan berapa besar modal yang dapat Anda investasikan. Mulailah menganalisis arus kas bulanan Anda. Buatlah secara tertulis berapa pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda. Setelah itu pertimbangkan berapa besar modal yang dapat Anda investasikan.

Satu hal yang perlu diingat saat akan berinvestasi, Anda tidak disarankan untuk menyisihkan uang untuk diinvestasikan. Seharusnya modal investasi disiapkan, bukan disisihkan. Jika Anda menyisihkan dana untuk diinvestasikan, artinya investasi bukanlah prioritas. Tanamkan dalam mindset Anda bahwa satu-satunya cara menjadi orang kaya yang dapat menikmati hidup adalah dengan berinvestasi. Karena itu investasi sudah wajib dijadikan ‘pengeluaran’ yang menjadi prioritas utama.

Orang Kaya Tidak Bekerja untuk Uang tetapi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Orang Kaya Tidak Bekerja untuk Uang tetapi]

 

#4 Mulai Berinvestasi

Setelah mengetahui beberapa produk investasi yang ada dan berapa kebutuhan investasi Anda, mulailah berinvestasi. Pengetahuan dasar tentang investasi yang Anda miliki akan menjadi lebih dalam secara otomatis ketika Anda langsung terjun ke dunia investasi. Bagi pemula dalam berinvestasi, sebaiknya jangan langsung memasukkan modal besar jika belum yakin. Mulailah dengan langkah mencoba berbagai produk investasi yang dirasa cocok sampai Anda menemukan instrumen investasi terbaik bagi Anda. Ingat tidak ada produk investasi yang terbaik atau terburuk. Penilaian tersebut tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Mencoba dan mempelajari adalah satu-satunya cara untuk menemukan produk investasi yang terbaik versi Anda.

 

#5 Evaluasi Berkala

Setelah beberapa lama mencoba berinvestasi, Anda akan menemukan ritme yang paling sesuai dengan kebutuhan dan pilihan Anda. Untuk terus mengoptimalkan investasi Anda, penting untuk melakukan evaluasi secara berkala. Teruslah mengevaluasi kinerja investasi Anda. Jika ada yang dirasa tidak sesuai harapan atau terlalu merugikan, mungkin Anda harus memindahkan modal ke produk investasi lain. Jika tidak, mungkin perlu ada tambahan modal. Semua keputusan perbaikan tersebut dapat ditemukan jika Anda mengevaluasi investasi secara berkala. Sekalipun Anda berinvestasi jangka panjang, bukan berarti investasi tidak perlu dievaluasi secara berkala lho.

kenapa-orang-dengan-gaji-besar-belum-tentu-kaya-dan-sebaliknya-finansialku

[Baca Juga: Kenapa Orang dengan Gaji Besar Belum Tentu Kaya? dan Sebaliknya]

 

Orang Kaya Belum Tentu Hidup Bahagia

Menjadi orang kaya adalah impian semua orang. Tujuannya adalah agar hidup sejahtera dan dapat menikmati hidup karena memiliki banyak uang. Karena itu banyak orang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan banyak uang. Sayangnya, pada prakteknya banyak orang hanya mengingat untuk mendapatkan banyak uang tetapi lupa dengan tujuan ‘menikmati hidup’. Akhirnya banyak orang menjadi kaya tetapi tidak memiliki waktu sehingga hidup tidak terasa menyenangkan. Jika ingin menjadi orang kaya yang memiliki waktu dan dapat menikmati hidup, Anda harus berinvestasi. Biarkan uang dan aset yang bekerja untuk menghasilkan keuntungan yang dapat Anda nikmati.

 

Apakah Anda setuju dengan kalimat “orang kaya belum tentu hidup bahagia”? Apa yang menyebabkan mereka tidak hidup bahagia? Padahal mereka memiliki kekayaan yang banyak. Berikan opini Anda terkait masalah tersebut pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Orang kaya dan Mobil – https://goo.gl/z3qKyq

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang