Menjadi orang sukses dan orang kaya adalah idaman setiap orang. Pola pikir yang instan terkadang menjadi suatu penghambat dan kerikil yang harus segera disadari. Mari sadari setiap prinsip kesuksesan untuk meraih kekayaan dan mulailah dengan menghargai sebuah proses menuju kekayaan melalui pembahasan artikel berikut ini. Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Sukses dan Kaya Ada Rumusnya

Setiap orang memiliki prinsip masing-masing dalam hidup, namun apabila Anda ditanya ingin menjadi sukses, tentu saja ada berbagai prinsip yang perlu Anda terapkan dan ini adalah pandangan global setiap orang yang telah mengecap rasanya kekayaan dan kesuksesan.

Bukan hanya klise belaka namun sukses memiliki rumusnya tersendiri. Kesuksesan memang dapat diraih oleh orang-orang yang menghargai setiap proses dari setiap prinsip-prinsip di bawah ini:

 

#1 Kerja Keras

Tidak ada kata lain selain kerja keras dalam mengawali suatu kesuksesan. Kesuksesan menuntut tetesan keringat dari hasil kerja keras yang dilakukan. Tidak ada yang mudah dalam mencapai kesuksesan. Melakukan yang lebih baik, mengerjakan yang lebih banyak, itulah salah satu prinsip sukses. Tanpa usaha, tidak ada yang dapat Anda raih. Selalu bersikap optimis bahwa Anda mampu meraih kesuksesan.

Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Yasa Singgih, Pendiri Men’s Republic]

 

#2 Hidup Sederhana

Besar pasak daripada tiang adalah peribahasa yang menggambarkan seorang yang boros. Anda bisa bayangkan jika seorang punya penghasilan Rp1 juta namun pengeluarannya mencapai Rp1,5 juta. Sudah tentu ia akan terbelit utang bukan? Gaya hidup sederhana tentunya menjadi salah satu prinsip yang tidak boleh ditinggalkan apabila Anda ingin mencapai kesuksesan. Apabila Anda memiliki kartu kredit, usahakan untuk menggunakannya sesuai kebutuhan dan jangan lebih dari 30% dari total pendapatan bulanan Anda.

 

#3 Catat Setiap Pengeluaran

Mencatat setiap anggaran pengeluaran dan realita pembelanjaan setiap bulan harus menjadi kebiasaan yang melekat pada diri Anda apabila ingin mencapai kekayaan. Catatan tersebut dapat mengingatkan kita akan sisa anggaran belanja yang masih dapat dialokasikan. Tahukah tentang aplikasi Finansialku yang dapat menolong Anda dalam perencanaan keuangan?

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Silakan download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau kunjungi website Finansialku.com. Anda juga dapat berkonsultasi dengan Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

#4 Jangan Takut akan Kegagalan dan Hujan Kritikan

Tangga kesuksesan sedang Anda tapaki, tak heran ada kegagalan dan kerikil yang menghalangi perjalanan sukses Anda. Keep going, terus berusaha, jangan patah semangat, itulah yang dilakukan oleh orang sukses. Yakinlah bahwa kegagalan itu akan menuntun Anda pada kesuksesan cepat ataupun lambat.

Tahukah Anda bahwa di dalam setiap kritik terdapat saran yang tersirat di dalamnya yang dapat memotivasi kita untuk maju? Jadikan kritikan sebagai suatu kepedulian positif dari orang lain untuk keberhasilan kita.

 

#5 Risiko Bukan Masalah

Setiap keputusan yang diambil mengandung risiko yang harus dihadapi. Beranilah mengambil risiko. Latihlah diri Anda dari setiap risiko yang kecil hingga yang besar dalam menapaki tangga kesuksesan. Belajar untuk meminimalkan risiko diperlukan pengalaman dan terbiasa dengan risiko.

10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate]

 

#6 Rencana Jangka Panjang dan Teratur

Setiap orang sukses memiliki rencana besar yang di break down hingga rencana kecil dan perlu diatur setiap hari bahkan setiap waktunya. Detik dari waktu yang berjalan adalah sangat berharga. Jangan sia-siakan waktu Anda dengan memiliki jadwal yang teratur dan terfokus pada tujuan Anda. Apa yang menjadi tujuan utama Anda akan mempengaruhi setiap rencana dan kegiatan yang akan lakukan setiap harinya.

 

#7 Semua Bukan Untuk Uang

Kekayaan bukanlah suatu tujuan akhir dari hidup orang-orang sukses. Ubahlah paradigma bahwa kesuksesan tidak selalu berurusan dengan uang yang banyak. Gunakanlah uang dan bukan sebaliknya, Anda yang digunakan oleh uang.

Infografis Muak dengan Sekolah Ini Para Wirausahawan Sukses yang Meninggalkan Pendidikannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Muak dengan Sekolah? Ini Para Wirausahawan Sukses yang Meninggalkan Pendidikannya]

 

#8 Miliki Hubungan Pertemanan dan Networking yang Sehat

Sebuah pohon yang besar tidak akan tahan akan dengan terpaan topan yang dahsyat sendirian. Bandingkan dengan keadaan hutan yang lebat dimana setiap pohon saling bertopang dan setiap akarnya saling membentuk suatu “pola persahabatan” satu dengan yang lain yang memungkinkan kekuatan yang dapat menghadapi terpaan topan.

Demikian juga hubungan relasi yang sehat dan terjalin dengan baik diantara Anda dan teman-teman Anda akan menjadi hubungan yang saling menguntungkan satu dengan yang lain. Dalam dunia usaha, terkadang Anda akan melihat siapa teman sejati Anda dan siapa lawan dibalik topeng pertemanan.

 

#9 Tetap Rendah Hati

Apakah Anda pernah mendengar sebuah kalimat yang mengatakan, “Kesombongan adalah awal dari kehancuran”? Orang yang sombong biasanya tidak mempan akan setiap masukan yang diberikan kepadanya. Setiap kesuksesan yang telah Anda raih dan keberhasilan Anda dalam menghadapi tantangan terkadang dapat membuat Anda menjadi lupa diri. Jangan biarkan keruntuhan menimpa Anda ketika Anda masih melakukan pendakian pada tangga kesuksesan oleh karena sikap tinggi hati yang merasuki Anda.

Cara Melatih Ketekunan Untuk Meraih Kesuksesan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melatih Ketekunan Untuk Meraih Kesuksesan]

 

#10 Hidup adalah untuk Memberi

Sebuah usaha yang sukses adalah usaha yang mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang dan hasilnya memberi manfaat positif bagi banyak orang. Hidup ini bukan untuk mengambil sebanyak-banyaknya untuk diri sendiri melainkan untuk memberi kepada orang lain. Apa yang masuk, tentu saja perlu ada yang dikeluarkan. Tentunya Anda tidak mau menjadi orang sukses yang egois dan mementingkan diri sendiri, bukan? Banyak kisah sukses dari orang-orang yang telah mencapai tangga kesuksesan dengan kesadaran akan pentingnya berbagi dengan orang lain.

 

Anda pun Bisa

Kabar baiknya, setiap orang pasti bisa sukses karena sudah banyak orang yang membuktikan akan berbagai prinsip tersebut yang menjadi pengantar kepada kesuksesan dan kekayaan. Sudahkah Anda membuktikannya? Segara nikmati setiap proses dari prinsip di atas dan jadilah salah satu orang sukses dan nikmatilah setiap hasilnya.

 

Seberapa sukseskah Anda dalam pandangan perencanaan hidup Anda? Apa saja pencapaian yang telah Anda raih dengan usia Anda saat ini? Bagikan setiap pengalaman berharga Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin
  • Dunia Training. 9 Maret 2012. 8 Prinsip Sukses Orang Terkaya Asia. Duniatraining.com – https://goo.gl/9rrrmw
  • Admin. 20 September 2016. 5 Prinsip ala Bill Gates Ini Bisa Membuat Anda Kaya Raya. com – https://goo.gl/JqW9nf
  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 3 Desember 2016. Agar Berhasil, Ternyata Orang Sukses Melakukan 10 Cara Ini. Liputan6.com – https://goo.gl/hgfdpJ
  • Maya Kusuma. Ini 30 Kiat Sukses Mark Zuckerberg Yang Bisa Kamu Contek Untuk Kesuksesanmu! Hipwee.com – https://goo.gl/FEQSvE

 

Sumber Gambar:

  • Orang Kaya – https://goo.gl/vzpSTV
  • Kerja Keras – https://goo.gl/Spfo25

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana