Di zaman modern seperti ini, orang sukses ditentukan dengan keahlian dan keberuntungannya. Orang sukses harus mampu mengikuti perkembangan zaman.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda merasa sukses saat ini? Yuk simak 5 tipe orang sukses di zaman modern.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Tunaiku

 

Standar Kompetensi Orang Sukses di Zaman Modern

Perkembangan zaman tidak dapat terelakkan. Sebagai manusia modern kita harus mampu mengikuti arus perkembangan dan kemajuan tersebut.

Secara tidak langsung, zaman ini memaksa kita untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan yang dimiliki. Selain itu juga, manusia menciptakan standar kompetensi yang sangat tinggi.

Tentunya berbeda, jika dibandingkan dengan kompetensi yang terjadi pada beberapa puluh tahun kebelakang. Salah satu hal yang terasa berbeda, yaitu bidang teknologi. 

Apakah Anda Termasuk Dalam 5 Tipe Orang Sukses di Zaman Modern 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Hidup Sukses yang Dijalankan oleh 80% Orang Sukses di Dunia. Berapa Banyak yang Sudah Anda Jalankan?]

 

Jika kita ingin menjadi orang sukses di zaman modern, kita wajib melakukan beberapa hal.

Pertama, orang sukses di zaman modern wajib melakukan pengembangan dari kemampuan yang dimiliki. Tidak mempedulikan standarisasi kesuksesan bagi setiap orang yang cenderung berbeda.

Kedua, orang sukses di zaman modern biasanya memiliki kepekaan terhadap masalah lingkungan sekitarnya.

Ketiga, orang sukses di zaman modern memiliki kesadaran bahwa masalah tersebut berhubungan dengan dirinya.

Keempat, orang sukses di zaman modern seharusnya berbaur dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Kelima, orang sukses di zaman modern akan terus membangun dan memperbaiki kehidupannya.

Keenam, orang sukses di zaman modern memiliki kepercayaan yang kuat pada manfaat IPTEK. Menurutnya, IPTEK sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan pribadi atau pun lingkungannya.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

5 Tipe Orang Sukses di Zaman Modern

Sudah sukseskah Anda saat ini?

Mari kita bahas satu per satu bagaimana tipe-tipe orang sukses di zaman modern.

 

#1 Orang Sukses yang Visioner

Seorang yang visioner jauh melihat kedepan, penuh dengan perencanaan dan perhitungan terhadap untung dan ruginya konsep atau gagasan yang ia ciptakan.

Orang sukses yang benar-benar visioner, tidak segan akan membagikan konsep atau gagasan yang ia ciptakan kepada orang-orang disekitarnya. Seorang visioner akan menyikapi saran dan masukan secara positif.

Orang sukses yang visioner akan merumuskan dan menjual visi serta mengelola organisasi secara profesional. Ia akan mengemban kepercayaan yang diberikan lingkungannya untuk merealisasikan visi yang ditetapkan.

Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

Selain itu, orang sukses yang visioner memiliki integritas, kompetensi, konsistensi, loyalitas dan keterbukaan. Ia akan motivasi lingkungannya untuk menghasilkan karya yang inovatif dan kreatif.

Ia juga akan mengakomodasi ego dan kepentingan individu serta kelompok demi merealisasikan visi organisasi.

Utamanya, seorang visioner yang sukses memiliki human skill yang baik, terutama dalam melakukan human developing. Orang sukses memberikan perhatian kepada orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya dan ia akan membantu menyelesaikan setiap permasalahan yang ada.

 

#2 Orang Sukses yang Kreatif

Orang kreatif dapat didefinisikan sebagai orang yang pemikirannya tidak terbatas, dia mampu memikirkan hal-hal yang tidak terpikirkan orang lain.

Orang sukses di zaman modern umumnya memiliki kebiasaan kreatif yang mendorong mereka mencapai hal-hal hebat. Orang sukses yang kreatif akan mencari solusi baru saat ia mengalami masalah, tapi tetap dengan penuh perhitungan.

Orang sukses yang kreatif biasanya tidak mudah puas dengan apa yang telah diraih. Saat mereka gagal, atau hasilnya kurang maksimal dalam melakukan sesuatu, mereka akan berusaha menemukan jalan baru untuk mencapai hasil maksimal.

Karena itu, otak mereka akan mencari ide baru dan unik untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi.

Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Ini 30 Cara Menjadi Orang Kreatif dalam Berbisnis]

 

Mereka haus akan tantangan, tidak takut gagal, dan pantang menyerah.

Seperti halnya penemu AC (Air Conditioner) yang digunakan untuk mendinginkan ruangan. Dia memikirkan sesuatu yang bisa mendinginkan ruangan. Ada banyak ide, namun tidak ada yang berhasil.

Tetapi, saat dia duduk di kursi, menunggu kereta bawah tanah datang, dia menemukan ide bagaimana cara mendinginkan ruangan, yaitu dengan Air Conditioner.

Ada kalanya ide datang di sesuatu tempat dan waktu yang tidak terduga.

 

#3 Orang Sukses yang Haus Ilmu

Orang sukses yang haus ilmu, tentu memiliki kecerdasan yang baik. Tapi percayalah, orang cerdas akan haus ilmu.

Mereka yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, tidak malu untuk mengakui dan mengungkapkan kalau dirinya tidak tahu. Mungkin juga dia akan bertanya jika memang dia tidak mengerti.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Justin Kruger dan David Dunning:

Semakin rendah inteligensi seseorang, maka dia akan semakin mengira kalau ida adalah orang yang paling tahu.

Jadi intinya, orang yang banyak tahu adalah orang yang sok tahu.

Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan Bisa Kok Ini Panduannya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tujuh Tingkat Investor: Belajar Menjadi Investor Tingkat Tinggi]

 

Prinsip hidup orang sukses yang haus akan ilmu adalah “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina.”

Dia adalah tipe orang yang tertarik akan hal-hal baru dan selalu ingin mencari tahu. Sadar akan standar kompetensi yang semakin tinggi, dirinya tidak puas dengan keterampilan yang ia kuasai saat ini.

Orang sukses yang haus ilmu biasanya tidak segan mengikuti berbagai workshop, seminar, kursus, pelatihan dan berbagai media lainnya. Bahkan, hanya sekedar belajar dari internet.

 

#4 Orang Sukses yang Profesional

Sikap orang yang profesional sebetulnya mencakup beberapa karakteristik. Secara garis besar, profesionalitas adalah kualitas dan kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaannya.

Beberapa karakteristik utama yang dimiliki seorang profesional misalnya, kompeten, terpercaya, dan bertanggung jawab.

Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

Orang sukses yang profesional, tentunya harus mempunyai keahlian yang didapatkan melalui suatu proses pendidikan, baik secara formal atau pun non formal.

Di samping itu, orang sukses yang profesional harus serius dalam melaksanakan suatu kegiatan kerja.

Dalam bekerja, seorang profesional yang sukses harus dapat bertindak objektif, yang artinya bebas dari rasa sentimen, benci, malu maupun rasa malas dan enggan bertindak dalam mengambil keputusan.

 

#5 Orang Sukses yang Jujur

Sifat jujur pasti ada di dalam diri orang yang sukses. Peribahasa mengatakan bahwa jujur merupakan kunci kesuksesan dalam segala hal.

Orang yang jujur itu mujur, langkahnya akan diikuti keberhasilan. Orang yang jujur akan bisa bernafas lega setiap hari.

Berbeda dengan seorang pembohong. Hidupnya pasti terasa sesak. Apapun yang dilakukan oleh dirinya akan selalu teringat pada kebohongan-kebohongan yang telah dia lakukan.

Bahaya! Ketahui 7 Kebohongan Keuangan yang Dikatakan Kepada Diri Sendiri 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Jujurlah apa adanya!

Orang sukses yang jujur tidak akan takut saat berhadapan dengan orang lain. Orang akan senang berada disekitarnya, tidak merasa terancam dan merasa tenang jika memiliki urusan bisnis dengan orang jujur.

Kejujuran merupakan awal dari kepercayaan. Sedangkan kepercayaan adalah sumber dari langgengnya sebuah hubungan. Baik hubungan dengan pasangan, keluarga, teman, atau pun dengan rekanan bisnis.

Kejujuran akan berdampak positif bagi hubungan tersebut.

Sekali kita melakukan kebohongan, itu akan melahirkan kebohongan-kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Tentunya, hal ini tidak baik untuk membina sebuah hubungan baik.

Orang sukses tidak gemar berbohong. Karena orang sukses tahu, kebohongan akan merusak bisnis yang susah payah telah ia bangun.

 

5 Tipe Orang Sukses di Zaman Modern

5 Orang sukses itulah yang akan mengalami kemajuan dalam hidupnya di tengah zaman modern ini. Banyak tuntutan yang harus mereka kejar untuk mencapai kesuksesan.

Belajarlah untuk menjadi orang yang visioner, kreatif, haus akan ilmu, profesional dan jujur agar Anda dapat mencapai kesuksesan di tengah-tengah masyarakat zaman modern ini.

 

Termasuk tipe orang sukses manakah Anda? Apakah Anda memiliki semua tipe tersebut? Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Orang Sukses – https://goo.gl/ywRHSC
  • Orang Sukses Di Zaman Modern – https://goo.gl/1mC1xB

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang