Tujuh Tingkat Investor: Belajar Menjadi Investor Tingkat Tinggi

Ayah kaya Robert T. Kiyosaki selalu mengajarkan untuk tidak membeli saham, melainkan menjadi orang yang menciptakan saham yang dijual pialang dan dibeli orang lain. Memangnya ada berapa tingkat investor dan bagaimana karakteristiknya? Mari kita simak tujuh tingkat investor dan belajar menjadi investor tingkat tinggi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Berada di Tingkat Manakah Saya?

Cashflow quadrant selain membedakan individu dari caranya mencari uang, juga membantu Anda mengidentifikasi dunia investor dengan lebih spesifik. Dengan bantuan cashflow quadrant, Anda dapat mengetahui tujuh tingkat investor beserta karakteristiknya. Penasaran untuk mencari tahu Anda berada di tingkat mana? Finansialku akan menjabarkan tujuh tingkat investor dan memungkinkan Anda untuk belajar menjadi investor tingkat tinggi.

Tujuh Tingkat Investor Belajar Menjadi Investor Tingkat Tinggi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menuju Kesuksesan dalam Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki]

 

#1 Tingkat 0: Tidak Memiliki Modal untuk Diinvestasikan

Individu yang berada pada tingkat ini biasanya belum memiliki uang untuk diinvestasikan. Mereka cenderung menghabiskan seluruh penghasilannya tanpa mangalokasikan sebagian untuk berinvestasi. Banyak orang kaya yang masih berada di tingkat ini karena mereka menghabiskan lebih banyak dari yang mereka hasilkan dan memiliki gaya hidup berlebihan sehingga tidak sempat memikirkan masa depannya. Sayangnya, mayoritas investor masih berada dalam tahap ini, dimana nilainya mencapai 50% populasi orang dewasa.

 

#2: Tingkat 1: Peminjam Dana

Individu pada tingkat ini seringkali menganggap penyelesaian dari kekurangan finansial adalah dengan meminjam. Mereka bahkan berpikir untuk berinvestasi dengan uang hasil pinjaman. Tingkat utang yang terlalu tinggi membuat mereka menggunakan metode gali pasir tutup pasir, dimana mereka akan meminjam ke satu pihak untuk melunasi utang ke pihak lain, dan begitu seterusnya. Ciri lainnya dari investor tingkat 1 adalah umumnya seluruh asetnya masih berupa utang, misalnya barang konsumtifnya merupakan hasil pembelian impulsive menggunakan kartu kredit, dan utang kartu kreditnya dibayar menggunakan pinjaman jangka panjang. Individu ini seringkali disebut konsumen, dimana setiap kali mereka memiliki uang, mereka akan membelanjakannya.

Bagaimana Cara Berinvestasi Tanpa Menjadi Investor Apakah Bisa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Berinvestasi Tanpa Menjadi Investor? Apakah Bisa?]

 

 #3 Tingkat 2: Penabung

Individu tingkat 2 biasanya merupakan sosok yang selalu memisahkan sebagian uang secara teratur. Biasanya mereka mencari tabungan dengan risiko kecil seperti deposito dan mayoritas mereka memilih untuk menabung daripada berinvestasi. Individu jenis ini juga biasanya lebih suka membayar kontan karena mereka takut memiliki utang. Individu tingkat 2 kerap kali kehilangan waktu untuk menghemat sedikit uang, tanpa mempertimbangkan bahwa sebenarnya mereka dapat memanfaatkan waktu itu untuk berinvestasi. Menabung pada masa inflasi hanya akan mengakibatkan kerugian, mengingat adanya inflasi dan pajak walaupun menabung sedikit uang memang disarankan, tetapi sebaiknya Anda menggunakan mekanisme investasi yang jauh lebih baik dan aman daripada menabung.

 

#4 Tingkat 3: Investor yang Pandai

Pada tingkat ini, individu sudah menyadari pentingnya berinvestasi dan umumnya merupakan individu berpendidikan tinggi. Namun sayangnya mereka kerap kali tidak memiliki kecanggihan dalam berinvestasi dan tidak sadar pentingnya membaca laporan keuangan karena mereka tidak pernah dilatih untuk berinvestasi secara cerdas. Terdapat tiga jenis individu dalam tingkat 3, yaitu:

  1. Tingkat 3A. Kelompok individu yang tidak mau repot, dimana mereka meyakinkan diri sendiri bahwa mereka tidak mengerti dan tidak akan pernah mengerti tentang uang.
  1. Tingkat 3B. Kelompok individu sinis yang mencari alasan mengapa investasi tidak akan pernah berhasil. Mereka biasanya sinis akibat takut dan tidak tahu yang kemudian mengakibatkan sikap tidak percaya.
  1. Tingkat 3C. Kelompok ini sering disebut penjudi, dimana mereka merupakan kebalikan dari individu 3B. Individu B terlalu berhati-hati, dan individu 3C kurang berhati-hati.

 

#5 Tingkat 4: Investor Jangka Panjang

Investor pada tingkat 4 sudah memahami pentingnya investasi dengan sangat jelas. Mereka biasanya sudah memiliki perencanaan jangka panjang yang memungkinkan mereka mencapai target finansial. Mereka juga sudah mempersiapkan diri dengan mempelajari seluk beluk investasi sebelum melakukannya. Ciri lainnya adalah mereka sering meminta saran dari perencana keuangan yang kompeten. Mereka bukanlah investor besar, namun mereka berani memasuki dunia investasi dengan mengambil sedikit risiko.

Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang Anda Bisa Kaya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang: Anda Bisa Kaya]

 

#6 Tingkat 5: Investor yang Canggih

Investor pada tingkat ini mampu mencari strategi investasi yang lebih agresif atau memiliki risiko tinggi, karena mereka sudah terbiasa mengelola uang dan memiliki dasar finansial yang kuat. Mereka merupakan pemain lama yang terpusat dan memiliki pengalaman belajar dari kegagalan. Umumnya individu tingkat 5 menggunakan hanya 20% dari modal untuk melakukan hal-hal yang bersifat spekulatif. Mereka berhati-hati dalam berinvestasi tanpa membawa sikap sinis dan selalu berpikiran terbuka. Mereka juga tidak takut gagal dan menganggap kegagalan adalah sebuah pembelajaran untuk mereka menjadi lebih baik lagi. Investor tingkat 5 juga mampu membentuk investasi dengan menggabungkan berbagai komponen berbeda dan memanfaatkan kondisi perekonomian yang buruk sebagai peluang untuk berhasil.

 

#7 Tingkat 6: Investor Kapitalis

Tingkat ini merupakan tingkat tertinggi dan tidak banyak individu yang mampu mencapai tingkat ini. Seorang kapitalis sejati biasanya merupakan gabungan dari individu B (pemilik bisnis) dan I (investor) yang hebat dimana ia dapat membangun bisnis sambil berinvestasi dengan sukses. Ciri individu tingkat 6 adalah mereka melipatgandakan uang dengan mengelola uang orang lain dengan bakat dan waktu orang lain. Inilah investor yang tidak membeli investasi, namun menciptakan investasi untuk dibeli oleh orang lain. Seorang kapitalis biasanya akan memasuki tempat yang dihindari orang lain karena risikonya yang sangat tinggi. Mereka merupakan pencetus bahwa uang dapat dihasilkan tanpa membutuhkan uang.

Mengapa Memilih Aman Keuangan Jika Bisa Menjadi Bebas Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Memilih Aman Keuangan Jika Bisa Menjadi Bebas Keuangan?]

 

Menjadi Investor Tingkat Tinggi

Jika Anda sudah mengetahui tingkatan investasi Anda, maka Anda dapat belajar untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi. Biasanya orang akan berusaha sekeras mungkin untuk memasuki tingkat 4 terlebih dahulu untuk menjadi investor jangka panjang, dimana Anda harus mulai membuat rencana dan strategi sebelum berinvestasi. Namun perlu diingat untuk mencapai tingkat 5 atau 6, Anda tidak dapat lompat begitu saja, Anda perlu mengembangkan keterampilan pada tingkat 4 dahulu karena tanpa keterampilan, Anda hanyalah seorang penjudi.

 

Apakah Anda ingin belajar menjadi investor tingkat tinggi? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Robert T. Kiyosaki. 2001. The Cashflow Quadrant (Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial).

 

Sumber Gambar:

  • Woman and Her Freedom – https://goo.gl/RMbQid
  • Man – https://goo.gl/5o5VqN

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-06-06T14:44:06+00:00 May 29th, 2017|Categories: Bisnis, Entrepreneur, Investasi|Tags: , , , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. jomi merzon 26 June 2017 at 08:04 - Reply

    Good

    • Finansialku
      Finansialku 3 July 2017 at 09:47 - Reply

      Hi Jomi, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Semoga penjelasan kami mengenai 7 tingkat investor dapat bermanfaat untuk Anda dan teman-teman pembaca.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download