Bagaimana cara menjadi seseorang yang kreatif dalam berbisnis? Ada banyak cara yang dapat Anda praktikkan untuk memacu ide dan menjadi orang kreatif. Yuk, simak 30 cara untuk menjadi pebisnis kreatif berikut ini.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kreativitas Tanpa Batas

Tidak semua orang di dunia ini lahir dengan kreativitas tinggi. Ada orang-orang yang memiliki kemampuan kognitif yang sangat baik misalnya dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, namun kurang ahli dalam hal-hal berbau seni. Sebaliknya, ada juga orang-orang yang sangat ahli dalam bidang seni tetapi kurang mampu dalam bidang seperti MaFiKi (Matematika, Fisika, Kimia).

Dalam berbisnis Anda membutuhkan kreativitas. Bukan hanya untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, tetapi juga dalam mengelola dan menghadapi setiap permasalahan dalam bisnis. Jika tidak kreatif, Anda bisa kesulitan menjalankan bisnis. Namun, Anda yang tidak ahli dalam hal-hal berbau seni tidak perlu khawatir. Apapun bidang keahlian Anda, kreativitas bisa dipacu dengan berbagai cara.

Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak infografis berikut ini. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk memacu kreativitas dalam berbisnis lho:

Infografis Ini 30 Cara Menjadi Orang Kreatif dalam Berbisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

#1 Lakukan Hal yang Kurang Anda Kuasai

Seringkali orang menghindari hal-hal yang kurang dikuasainya. Bisa jadi karena takut hasilnya tidak memuaskan atau sekedar tidak menyukainya. Namun untuk menemukan sesuatu yang baru justru Anda harus memaksakan diri melakukan apa yang tidak Anda kuasai. Terkadang Anda sebenarnya bukan tidak bisa, tetapi sekedar kurang berusaha. Ada ilmu-ilmu baru yang bisa Anda dapatkan nantinya.

 

#2 Buang Mentalitas Defensif

Buanglah mentalitas defensif terhadap hal baru apapun yang Anda temukan. Baik itu dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Ketika Anda bersikap defensif terhadap sesuatu yang baru atau berbeda, Anda kehilangan kesempatan untuk mengenal sesuatu yang baru.

 

#3 Visualisasi

Setiap kali Anda memiliki sebuah ide atau sedang membicarakan sesuatu, cobalah untuk memvisualisasikan apa yang sedang dipikirkan atau dibicarakan. Dengan begitu banyak ide-ide menarik yang bisa muncul lho.

 

#4 Bertindak Lebih Cepat daripada Meragukan

Daripada sibuk meragukan setiap ide, lebih baik Anda bertindak lebih cepat. Lakukan apapun yang ingin Anda coba untuk mendapatkan ide baru.

 

#5 Gabungkan Hal-Hal yang Tidak Lazim Digabungkan

Terkadang hal-hal baru didapatkan dari hasil menggabungkan hal-hal yang tidak lazim. Apa salahnya mencoba menggabungkan berbagai hal yang tidak masuk akal sekalipun?

Infografis Ini 30 Cara Menjadi Orang Kreatif dalam Berbisnis 03 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karir]

 

#6 Izinkan Ketidakjelasan Anda

Pernahkah Anda merasa sedang tidak jelas atau berada pada “random zone”? Terkadang dari random zone ini Anda bisa menemukan ide-ide baru. Tidak selamanya random tidak menghasilkan hal yang berguna lho.

 

#7 Menyelam Lebih Dalam (Dalam Segala Hal)

Cobalah untuk mempelajari atau mencari tahu mengenai sesuatu secara lebih dalam. Baik itu hal yang Anda sukai maupun yang tidak sukai. Biasanya pengetahuan baru yang Anda dapatkan suatu hari akan bermanfaat.

 

#8 Berpikir Sederhana

Terkadang Anda tidak perlu berpikir terlalu rumit mengenai suatu hal. Seringkali ketika berpikir terlalu rumit Anda justru tenggelam tanpa kesimpulan yang jelas. Lebih baik berpikir sederhana untuk mendapatkan sebuah ide yang luar biasa.

 

#9 Pinjam Ide Orang Lain

Tidak ada salahnya sesekali meminjam ide orang lain. Bukan berarti Anda menjadi plagiat, tetapi Anda bisa saja terinspirasi dari ide orang lain untuk membuat sesuatu yang baru.

 

#10 Hadapi Ketakutan Anda

Setiap keputusan memiliki konsekuensi. Terutama dalam berbisnis, ada banyak risiko yang wajar untuk ditakutkan. Tetapi jika ingin menjadi kreatif dan berhasil membuat sesuatu yang baru Anda harus berani menghadapi ketakutan tersebut.

Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Tips Sukses Mengikuti Job Fair untuk Para Pencari Kerja]

 

#11 Kuncinya adalah Menghubung-Hubungkan Satu Hal dengan Hal Lainnya

Inilah kuncinya, menghubung-hubungkan satu hal dengan hal lainnya untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Cobalah untuk tidak memandang sebuah hal hanya sebagai hal itu sendiri, tetapi coba bayangkan apa yang bisa Anda ciptakan dengan menghubungkannya dengan hal lain.

 

#12 Tetaplah Haus akan Informasi Baru

Pastikan Anda selalu haus akan informasi baru agar bisa terus mengikuti perkembangan zaman.

 

#13 Beranikan Diri Anda

Ayo beranikan diri untuk menciptakan sesuatu yang baru!

 

#14 Gunakan Apa yang Anda Miliki

Sebelum mencari inspirasi dari luar, cobalah manfaatkan dulu apa yang Anda miliki. Mungkin saja masih banyak potensi yang belum Anda manfaatkan.

 

#15 Lebih Baik Selesai Daripada Sempurna

Tidak selamanya Anda bisa membuat sesuatu yang sempurna. Jika kondisinya seperti itu maka yang terpenting adalah menyelesaikan sebuah pekerjaan. Lebih baik selesai tetapi tidak sempurna daripada tidak selesai sama sekali.

Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google]

 

#16 Hancurkan Sesuatu Secara Kreatif

Banyak orang yang mendapatkan inspirasi dan ide-ide baru dengan menghancurkan sesuatu. Misalnya menghancurkan sebuah barang dengan cara yang kreatif. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa kekurangan yang dapat diperbaiki dari hal tersebut.

 

#17 Waktu Tidak Mengubah Apa-Apa, Anda yang Bisa Mengubah Sesuatu

Jika ingin membuat sebuah perubahan, Anda tidak bisa hanya menunggu waktu. Anda yang memiliki peran untuk mengubah sesuatu.

 

#18 Buat Kesalahan

Membuat kesalahan tidak selalu menjadi bencana. Justru dengan membuat kesalahan Anda tahu apa yang perlu diperbaiki dan bahkan terkadang menjadi sumber inspirasi.

 

#19 Jangan Bertanya ‘Mengapa’ Tetapi Tanyakan ‘Mengapa Tidak’

Jika ada sesuatu yang terlihat sedikit aneh, jangan sibuk bertanya ‘mengapa’. Lebih baik Anda berkata ‘mengapa tidak’ untuk mencoba sesuatu yang tidak lazim.

 

#20 Berkolaborasi

Temukan partner yang dapat memberikan dampak positif kepada Anda. Berkolaborasilah dan ciptakan ide-ide baru.

8+ Industri Kreatif yang Dapat Anda Beli Waralabanya - Finansialku

[Baca Juga: Memperindah Rumah: Memilih Perabot Rumah dan Aksesoris Rumah yang Murah]

 

#21 Hiduplah Seolah Tidak Ada Kata Krisis

Jalani hidup Anda dengan penuh semangat positif seolah-olah tidak ada kata krisis dalam hidup. Dengan mindset seperti ini pikiran Anda akan terus terbuka terhadap kesempatan-kesempatan baru.

 

#22 Perluas Ide Sejauh Mungkin

Jangan ragu untuk memperluas ide Anda sejauh mungkin. Memikirkan ide itu gratis, karena itu tidak masalah dirancang sejauh mungkin.

 

#23 Segala Sesuatu Tidak Berguna, Kecuali Jika Digunakan

Aset atau potensi apapun yang Anda miliki tidak akan berguna jika tidak digunakan. Pastikan Anda memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki dengan baik.

 

#24 Lakukan Dulu, Pikirkan Kemudian

Ketika ingin mencoba sesuatu untuk mendapatkan sebuah ide yang baru, lebih baik Anda melakukannya dulu baru memikirkan dampaknya selanjutnya. Baik hasilnya benar atau salah, Anda tetap bisa mendapatkan pembelajaran baru.

 

#25 Sampah bagi Seseorang Bisa menjadi Barang Berharga bagi Orang Lain

Jangan meremehkan barang yang dianggap tidak berguna bagi orang lain. Jika Anda bisa memanfaatkannya dengan kreatif, biasanya barang tersebut akan berguna. Berusahalah untuk terus mencari nilai dalam sesuatu yang terlihat tidak berharga sekalipun.

6-cara-meningkatkan-kreatifitas-untuk-memperbaiki-keuangan-dan-karir-finansialku

[Baca Juga: Miliki Hard Skill dan Soft Skill Ini Saat Masuk Dunia Kerja]

 

#26 Selesaikan Sebelum Anda Hilang Keyakinan

Segera selesaikan apapun yang Anda kerjakan sebelum Anda kehilangan keyakinan. Dengan begitu pekerjaan akan selesai terlebih dahulu, baik itu bermanfaat secara langsung atau tidak.

 

#27 Dengarkan Wawasan-Wawasan Tersembunyi

Cobalah untuk jeli melihat wawasan baru di lingkungan sekitar. Terkadang ada wawasan-wawasan tersembunyi yang sebenarnya bisa Anda manfaatkan.

 

#28 Bayangkan Segala Hal Mungkin Terjadi

Cobalah menanamkan mindset bahwa segala hal mungkin terjadi. Sebelum pesawat diciptakan, manusia menganggap bahwa tidak mungkin ada kendaraan yang bisa terbang. Namun karena ada orang-orang yang menganggap hal itu mungkin terjadi, akhirnya terciptalah pesawat. Anda pun bisa menjadi orang yang menemukan sesuatu yang baru dengan mindset tersebut.

 

#29 Jangan Mencoba Melakukan Sesuatu, Just Do It

Jangan hanya coba-coba, lakukan saja apa yang ingin Anda lakukan. Seiring berjalannya waktu Anda akan belajar dengan sendirinya mengenai cara-cara yang benar untuk melakukan hal tersebut.

 

#30 Selalu Terlalu Cepat untuk Berhenti Berusaha

Tidak ada waktu yang tepat untuk berhenti berusaha. Tanamkanlah pemikiran “Terlalu cepat jika saya berhenti berusaha sekarang” hingga Anda berhasil mendapatkan apa yang ingin Anda dapatkan.

Cara Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui agar Sukses Menjadi Pengusaha 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui agar Sukses Menjadi Pengusaha]

 

Membuka Wawasan Seluas-Luasnya

Membangun bisnis merupakan sebuah tantangan tersendiri. Anda dituntut untuk berpikir kreatif dan bergerak secara responsif. Lakukan 30 cara untuk menjadi seseorang yang kreatif. Dengan begitu Anda akan memiliki wawasan yang terbuka seluas-luasnya dan siap untuk memanfaatkan kesempatan-kesempatan baru yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis.

 

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah melakukan beberapa cara untuk menjadi orang kreatif? Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Orang Kreatif – https://goo.gl/qWA9mb dan https://goo.gl/qznfpJ

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download ebook Investasi Emas