Bagaimana cerita kesuksesan Google yang didirikan oleh Larry Page? Dalam rubrik kali ini, Tim Finansialku akan mengajak kita untuk belajar dari kesuksesan pendiri Perusahaan Google, Larry Page dan kata-kata bijak yang dapat memotivasi kita dalam berbisnis dan melakukan pekerjaan kita. Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Cerita Kesuksesan Perusahaan Google

Siapa yang tak kenal dengan Google, sebuah mesin pencari yang begitu hebat dan canggih dimana hampir setiap manusia di dunia ini mengaksesnya setiap hari, bahkan setiap waktu melalui gadget yang mereka miliki seperti komputer, laptop bahkan smartphone. Mesin pencari bernama Google ini merupakan sebuah produk luar biasa dari Google Inc yang merupakan sebuah perusahaan internet dan teknologi raksasa di dunia.

Sudah tidak asing lagi ketika kita mencari informasi yang tidak kita ketahui, pasti kita akan menggunakan gadget kita dan mencari informasi itu melalui mesin pencari bernama Google. Bahkan sudah menjadi suatu kelakar ringan di antara masyarakat untuk menyebut Google ditambahi dengan kata ‘mbah’ sehingga kita menyebutnya sebagai ‘mbah Google’ yang dipercaya seperti ‘dukun teknologi’ yang dapat mengetahui segala sesuatu dan memberikan berbagai informasi yang bertebaran di dunia ini.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Sandiaga Uno pemilik Saratoga, Adaro, Recapital Securities]

 

Semua orang pasti pernah mengakses Google.com – walaupun tidak semua karena tetap saja masih ada manusia yang tinggal terasing dan belum terjangkau oleh teknologi. Namun setiap orang modern di dunia ini sudah pasti menggunakan Google sebagai salah satu bagian penting dalam hidupnya. Saat ini, Google sudah menjadi bagian dalam hidup manusia modern, tetapi tahukah Anda siapakah gerangan sosok dibalik kehebatan dan kesuksesan dari sebuah mesin pencari bernama Google yang begitu menarik perhatian dunia dan menjadi bagian kebutuhan umat manusia?

Ternyata penemu dari Google tidak lain dan tidak bukan, mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin yang terkenal melalui penemuan mereka yang mengguncangkan dunia dan hingga saat ini belum ada satupun produk yang menyaingi karya temuan mereka.

Mari kita menyimak ulasan mengenai profil dari para pendiri Google Inc ini dan juga kata-kata bijak dari Seorang Larry Page yang dapat memotivasi dan memberikan inspirasi bagi kita untuk terus melakukan inovasi melalui kreativitas kita dalam pekerjaan.

 

Pendiri Google Inc – Larry Page

Dialah Lawrence Edward Page yang biasa dikenal dan disebut sebagai Larry Page. Dia adalah salah satu pendiri Google yang saat ini menjabat sebagai Presiden produk-produk Google Inc. Lawrence Edward Page dilahirkan di Lansing, Michigan pada tahun 1973 dari seorang ayah bernama Carl Vincent Page yang merupakan seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan ibunya bernama Gloria Page, yang juga seorang pendidik atau guru di bidang pemrograman komputer di Universitas Michigan.

Setelah lulus dari East Lansing High School, Larry Page belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi Program Master di Universitas Stanford. Setelah ia menyelesaikan Program Ph.D. ilmu komputer Universitas Stanford, Larry Page menjadi seorang profesor Ph.D. di bidang Komputer Sains di Michigan State University hingga saat ini.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Evan Spiegel, Pendiri Snapchat]

 

Menurut Majalah Forbes, Larry Page mempunyai perkiraan kekayaan bersih sebesar US$12,8 miliar dan membuatnya menjadi orang nomor 27 terkaya di dunia. Pada bulan September 2005, dia bersama dengan partner andalnya, Sergey Brin, membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar, sebuah Boeing 767 untuk penggunaan pribadi mereka.

 

Pendiri Google Inc – Sergey Brin

Sergey Brin adalah partner andal Larry Page, dia juga adalah salah satu orang yang berkontribusi besar dalam sejarah masuknya Google dalam era digital. Sergey Mikhailovich Brin lahir di Moscow, Russia, 21 Agustus 1973. Sergey Brin lahir dari sebuah keluarga Yahudi dimana ayahnya bernama Mikhail Brin dan ibunya Evgenia Brin adalah ahli matematika lulusan Moscow State University.

Pada tahun 1979, ketika Sergey Brin berumur 6 tahun, keluarganya pindah ke Maryland, Amerika Serikat. Di sana, Brin didaftarkan di Sekolah Dasar Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland. Sergey Brin merampungkan jenjang SD sampai SMP di sana kemudian melanjutkan ke SMA di Eleanor Roosevelt. Ia pun mendapatkan gelar Bachelor of Science di University of Marryland dalam bidang komputer dan matematika serta mendapat beasiswa dari National Science Foundation untuk belajar di Stanford University. Ia berhasil menerima gelar masternya pada bulan Agustus 1995.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Liliane Bettencourt, Pendiri L’Oreal]

 

Tidak seperti partner-nya, Larry Page yang telah bergelar Ph.D., pada saat itu Sergey Brin harus merelakan gelar doktornya demi fokus pada perintisan Google. Selain itu, Surgey Brin juga memiliki gelar MBA dari IE Business School. Pada bulan Mei 2007, Brin menikahi Anne Wojcicki di Kepulauan Bahama. Wojcicki adalah seorang Analis Bioteknologi lulusan Yale University. Ia adalah pendiri 23andMe.

 

Pertemuan yang Unik

Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 dimana Lawrence Edward Page atau Larry Page yang telah menjadi Alumni Universitas Michigan sedang menikmati kunjungan akhir pekannya dan tanpa disengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seorang murid yang mendapat tugas mengantar Larry Page untuk berkeliling.

Dalam pertemuan yang tidak disengaja tersebut, kedua pemuda tersebut sering terlibat dalam suatu diskusi yang panjang. Mereka berdua memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda sehingga tak jarang mereka sering terlibat dalam suatu perdebatan. Akan tetapi, setiap perdebatan dan perbedaan pemikiran tersebut justru malahan menghasilkan sebuah ide yang unik dalam menyelesaikan salah satu tantangan terbesar pada dunia komputer.

Mereka mendapatkan sebuah ide dan solusi mengenai suatu masalah tentang bagaimana memperoleh kembali data dari massive data set. Selain itu, Larry Page dan Sergey Brin kemudian menulis sebuah karya berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine” yang dianggap sebagai bibit bagi karier mereka.

 

Awal Mula Berdirinya Google

Pada Bulan Januari 1996, Larry Page dan Sergey Brin mulai melakukan ekperimen demi ekperimen. Mereka berkolaborasi melalui setiap ide cemerlang mereka dalam pembuatan search engine yang diberi nama BlackRub. Setahun kemudian, pada tahun 1997, pendekatan unik hasil dari ide cemerlang mereka tentang analisis jaringan menjadi bahan perbincangan. Hal ini membuat reputasi BlackRub menjadi semakin terkenal. Kabar mengenai teknik baru mesin pencari (search engine) tersebut langsung menyebar ke penjuru kampus.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 05 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Employee Benefit (Studi Kasus Google)]

 

Larry Page dan Sergey Brin tidak langsung merasa puas diri. Mereka lantas menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Dalam proses pembiayaan setiap penelitian yang mereka lakukan, keduanya juga mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google. Tak disangka, ternyata teman kampus mereka yang bernama Andy Bechtolsheim yang merupakan pendiri dari Sun Microsystems bersedia memberikan suntikan dana untuk pembiayaan penelitian mereka.

Pertemuan mereka berlangsung di asrama mahasiswa Fakultas Stanford, di Palo Alto. Karena saat itu Andy Bechtolsheim tidak memiliki cukup banyak waktu, Larry Page dan Sergey Brin memberikan demo dan penjelasan tentang setiap ide cemerlang mereka secara singkat mengenai mesin pencari atau search engine. Alhasil, melalui demo dan pertemuan yang singkat itu, Andy Bechtolsheim setuju untuk memberikan bantuan dana berupa sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS. Namun sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Investasi dari Andy Bechtolsheim menjadi sebuah dilema bagi Larry Page dan Sergey Brin karena mereka tidak mungkin mencairkan cek tersebut selama belum ada lembaga legal yang bernama Perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari suntikan dana dari para calon investor. Mereka mencari sumber dana dari kalangan keluarga, teman dan sejawat yang mereka temui hingga pada akhirnya kerja keras mereka membuahkan hasil, dimana dana yang terkumpul dari para investor sekitar 1 juta dolar.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial]

 

Saat itu, investor di Silicon Valley bernama Michael Moritz (Sequa Capital) dan Jhon Doer (Kleiner Perkins) melihat ide cemerlang dari Larry Page dan Sergey Brin. Mereka berhasil diyakinkan untuk menyuntikkan modal senilai 12,5 juta dolar. Dan akhirnya, pada tanggal 7 September 1998, Perusahaan Google pun didirikan dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California. Perusahaan Google Inc bertumbuh dan berkembang begitu cepat sehingga mendapatkan begitu banyak pekerja atau karyawan. Oleh karena kurangnya ruangan, beberapa kantor direlokasi hingga akhirnya Google Inc menetap di tempat yang saat ini disebut Mountain View, California.

Tahukah Anda bahwa mesin pencari (search engine) yang diberi nama “Google” tersebut merupakan plesetan dari istilah matematika “Googol,” yang merupakan bilangan 1 diikuti oleh 100 angka nol di belakangnya. Pemilihan nama ini dimaksudkan untuk menggambarkan misi mereka dalam mengatur miliaran hingga triliunan informasi yang tersedia di website.

 

Perkembangan Perusahaan Google Inc

Perkembangan Perusahaan Google Inc dari tahun ke tahun sangat pesat, ditambah lagi situs Blogger.com sudah mereka kuasai. Tidak seperti sebagian besar perusahaan besar di Silicon Valley, Google tidak buru-buru dan berusaha menahan diri untuk go public. Akhirnya pada tahun 2004, mereka memutuskan untuk terjun ke bursa. Tidak tanggung-tanggung, mereka disebut-sebut sebagai IPO terbesar saat itu, dengan perkiraan nilai awal sebesar US$20 miliar sehingga  membuat Larry Page dan Sergey Brin mulai menjadi multi miliarder.  

Perkembangan Google sangat membuat kejutan dimana pada bulan Oktober 2004, hasil kuartal pertama Google sebagai sebuah perusahaan yang ditawarkan ke publik adalah US$805,9 juta. Google semakin berkuasa pada tahun 2006 dimana perusahaan ini membeli salah satu situs video streaming terbesar di dunia, yaitu Youtube, dengan harga mencapai US$1,65 miliar. Perusahaan ini juga berinovasi dengan mengeluarkan sistem operasi untuk ponsel yang bernama Android selain berbagai sistem terkenal lainnya seperti Gmail, Blogger, Google+, Playstore dan segudang aplikasi lainnya yang tidak kalah keren dan sangat berguna bagi para penggunanya.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 07 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Gibran Rakabuming Raka, Pendiri Markobar]

 

Tahukah Anda bahwa kata “Google” sudah dimasukkan ke dalam kamus Oxford English Dictionary pada Juni 1999. Kekayaan perusahaan ini semakin meningkat dimana pada bulan Juni 2007, perusahaan itu bernilai US$160 miliar.

 

Mengintip Kantor Google Inc – GooglePlex

Sebagai sebuah kantor atau tempat kerja, Perusahaan Google nyaris tanpa hierarki. Perusahaan Google berfokus secara obsesif pada produk inti, tapi juga cukup fleksibel untuk mendorong timbulnya ide-ide baru dari para karyawannya. Googleplex (kantor Perusahaan Google) menjadi tempat kerja yang sangat nyaman, karena dilengkapi sarana dan prasarana yang lengkap seperti kolam renang, bar, billiard room, futsal, voli pantai, makanan dan minuman kesehatan gratis dan cemilan yang melimpah. Terlebih lagi, suasana kerja yang rileks karena karyawan Perusahaan Google diperbolehkan untuk hanya mengenakan kaos dan celana jeans, sehingga tak heran ketika melihat ada orang-orang yang mengenakan jas dan pakaian resmi yang rapi, sudah dipastikan mereka adalah tamu yang sedang berkunjung.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 08 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Susi Pudjiastusi, Pendiri Susi Air dan Susi Brand]

 

Kata-kata Bijak Larry Page

  1. “If you’re changing the world, you’re working on important things. You’re excited to get up in the morning.” – Jika Anda mengubah dunia, Anda sedang bekerja pada hal-hal yang penting. Anda bersemangat untuk bangun di pagi hari.
  2. “We should be building great things that don’t exist.” – Kita harus membangun sesuatu yang besar yang belum pernah ada.
  3. “If you’re not doing some things that are crazy, then you’re doing the wrong things.” – Jika Anda tidak melakukan sesuatu yang ‘gila”, maka Anda sedang melakukan sesuatu yang salah.
  4. “I have always believed that technology should not do the hard work, discover, organization, communication, so users can do what makes them happiest: living and loving, not messing with annoying computers! That means making our products work together seamlessly.” – Saya selalu percaya bahwa teknologi harus melakukan sebuah kerja keras, penemuan, organisasi, komunikasi, sehingga pengguna dapat melakukan apa yang membuat mereka bahagia: hidup dan penuh kasih, tidak bermain-main dengan komputer yang menjengkelkan! Hal itu berarti membuat produk kami bekerja sama dengan mulus.
  5. “Lots of companies don’t succeed over time. What do they fundamentally do wrong? They usually miss the future.” – Banyak perusahaan tidak berhasil dari waktu ke waktu. Apa yang mereka lakukan secara fundamental itu salah? Mereka biasanya kehilangan masa depan.
  6. “The ultimate search engine would basically understand everything in the world, and it would always give you the right thing.” – Mesin pencari utama pada dasarnya akan mengerti segala sesuatu di dunia, dan selalu akan memberikan hal yang benar.
  7. “Most people think companies are basically evil. They get a bad rap. And I think that’s somewhat correct.” – Kebanyakan orang berpikir perusahaan pada dasarnya jahat. Mereka mendapatkan dampratan yang buruk. Dan saya pikir, hal itu ada benarnya.
  8. Basically, our goal is to organize the world’s information and to make it universally accessible and useful.” – Pada dasarnya, tujuan kami adalah untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara menyeluruh dan berguna.
  9. Many leaders of big organizations, I think, don’t believe that change is possible. But if you look at history, things do change, and if your business is static, you’re likely to hace issues.” – Banyak pemimin dari organisasi besar, saya pikir, tidak percaya bahwa perubahan itu mungkin. Tetapi jika Anda melihat sejarah, hal-hal yang berubah, dan jika bisnis Anda statis, Anda mungkin memiliki masalah.
  10. “We don’t have as many managers as we should, but we would rather have too few than too many.” – Kami tidak memiliki banyak manajer seperti yang seharusnya kami miliki, tetapi kami lebih suka memiliki terlalu sedikit daripada terlalu banyak.

 

Apakah Anda terinspirasi dari kisah Larry Page dan hasil karyanya bersama Sergey Brin diatas? Bagikan tanggapan dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • The Famous People. Larry Page Biography. Thefamouspeople.com – https://goo.gl/wy8Ytn
  • Nicholas Carlson. 25 April 2014. The Story Of How Larry Page Got Forced From The Top Of Google And Came Back A Decade Later. Businessinside.co.id – https://goo.gl/lbYHwh
  • Jillian D’Onfro. 17 Maret 2016. The spectacular life of Google founder and Alphabet CEO Larry Page. Businessinsider.co.id – https://goo.gl/RGkOsA
  • Asad Meah. 1 September 2016. 31 Inspirational Larry Page & Sergey Brin Quotes. Awakenthegreatnesswithin.com – https://goo.gl/EDfiKV
  • Rose Leadem. 12 Quotes From Google’s Larry Page on Drive, Success, Creativity and Hard Work. Entrepreneur.com – https://goo.gl/IW9HE5

 

Sumber Gambar:

  • Kantor Google – https://goo.gl/un37LC
  • Larry Page – https://goo.gl/ZX7AC1 dan https://goo.gl/vMPvng
  • Larry Page dan Sergey Brin – https://goo.gl/78LEzF
  • Sergey Brin – https://goo.gl/iWd4Lb
  • Larry Page dan Google – https://goo.gl/r4QmvY dan https://goo.gl/MocIrR

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana