Kisah Sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat. Sobat Finansialku sudah pada menggunakan Snapchat? Itu loh, social media yang dapat kirim-kirim foto atau video. Kali ini Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas kisah sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Hendrik Tio Pendiri Bhinneka.com

Berikut ini biografi singkat Evan Thomas Spiegel pendiri Snapchat.

 

Evan Thomas Spiegel

4 Juni 1990 Founder dan CEO Snapchat

Your Content Goes Here

There is real value in sharing moments that don’t live forever Evan Spiegel
  • Evan Spiegel, 4 Juni 1990 Founder dan CEO Snapchat
  • Sumber kekayaan      Snapchat
  • Tempat tinggal            Los Angeles, CA
  • Kewarganegaraan      United States
  • Kekayaan (11 Juni 15)  $1.5 Billion

 

Social media:

 

 

Awal kehidupan Evan Spiegel

Evan Thomas Spiegel adalah seorang entrepreneur Amerika di bidang internet. Evan Spiegel adalah salah satu pendiri dan CEO dari aplikasi mobile bernama Snapchat. Kalau belum memiliki Snapchat download aja di Google Play Store atau App Store.

 

Kisah Sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Evan lahir di Los Angeles, California pada 4 Juni 1990. Ibunya bernama Melissa Ann Thomas dan ayahnya bernama John W. Spiegel. Orang tua Evan adalah pengacara yang sukses. Evan Spiegel dibesarkan di Pacific Palisades, California.

Evan Spiegel mengenyam pendidikan di Crossroads School for Arts and Sciences di Santa Monica, serta masuk ke Stanford University. Sembari sekolah Evan Spiegel juga mengambil beberapa kursus di bidang desain antara lain:  the Otis College of Art and Design dan the Art Center College of Design in Pasadena.

Walaupun Evan Spiegel anak pengacara sukses, Evan adalah  pribadi yang tidak manja. Evan pernah magang tanpa bayaran sebagai sales Red Bull. Ketika menjadi murid, Evan bekerja sebagai tenaga magang yang dibayar di beberapa perusahaan seperti: perusahaan biomedical, instruktur karir di Cape Town, South Africa, dan Intuit dalam proyek TxtWeb,

Pada tahun 2012, Evan meninggalkan Standford dan fokus pada Snapchat. Jadi Evan ini boleh dibilang dropout dari Standford, tepatnya saat dia berusia 23 tahun. Ide Snapchat lahir ketika Evan mengambil mata kuliah desain produk di Stanford. Evan mengajak beberapa temannya Robert Murphy dan Reggie Brows untuk mendirikan dan memebsarkan Snapchat.

 

Snapchat

Snapchat adalah aplikasi video messanging. Aplikasi Snapchat memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, merekam video, menambahkan tulis dan gambar lalu dikirimkan kepada teman-teman kita. Foto, video, tulisan dan gambar tersebut dinamakan snap. Pengguna dapat memberikan berapa lama teman kita dapat melihat snap kita, kemudian data akan dihapus oleh server Snapchat.

Berdasarkan data yang dirilis Snapchat pada Mei 2014, pengguna Snapchat telah mengirimkan lebih dari 700 juta foto dan video per hari. Perusahaan Snapchat mendapatkan valuasi sebesar US$ 10 – 20 milliar. Bayangkan anak-anak muda yang sudah sukses. Kisah sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat adalah kisah yang sangat menginspirasi orang-orang muda di Indonesia.

 

Kisah Sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat - Snapchat Apps - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Seperti diceritakan di atas kisah sukses Evan Spiegel, berawal dari tugas kuliah. Berapa banyak orang yang benar-benar mengerjakan tugas sekolah hingga menjadi sebuah bisnis yang luar biasa besar. Awal mula proyek Evan bernama Picaboo. Berselangnya waktu Murphy masuk ke dalam proyek sebagai programmer. Ide ini banyak mendapat penolakan, ketika Evan mempresentasikan di depan kelas. Kisah sukses Evan Spiegel dalam mendirikan Snapchat berawal dari acara presentasi di kelas. Singkat cerita Evan tetap meluncurkan Snapchat di Juli 2011 dengan nama Picaboo. Evan meluncurkan kembali produk yang sama dengan nama yang berbeda, menjadi Snapchat. 

Snapchat mendapatkan dana sebesar US$ 485.000 pada saat pendanaan awal dari Lightspeed Ventures. Pada Juni 2013, Snapchat mendapatkan dana US$60 juta sebagai pembiayaan lanjutan oleh Institutional Venture Partners.

Kisah Sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat - Snapchat Logo - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Pada bulan Juni 2013, Snapchat meluncurkan Snapkidz untuk pengguna di bawah umur 13 tahun. Snapkidz adalah bagian dari aplikasi Snapchat dan diaktivasikan ketika pengguna memasukkan tanggal lahir. Snapkidz memiliki fitur yang sama dengan snapchat, kecuali user tidak dapat membagikannya.

Kisah sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat banyak menghadapi tantangan, terlebih tantangan dari segi hukum. Ada tuntutan karena kepemilikan, tuntutan gambar yang dicuri, hacking, sexting (mengirimkan gambar-gambar porno) dan lain sebagainya.

 

Pelajaran dari Kisah Sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat

Finansialku mengangkat kisah sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat, sebagai cerita yang menginspirasi. Anak muda yang dropout dan kaya raya. Bukan masalah di dropoutnya tetapi bagian bagaimana anak muda tersebut menciptakan kekayaannya.

Berikut ini pelajaran dari kisah sukses Evan Spiegel pendiri Snapchat:

 

Passion yang Kuat

Kisah sukses Evan Spiegel tidak akan menjadi kenyataan, jika Evan tidak memiliki passion yang kuat. Ketika kita memilih menjadi entrepreneur kita harus memiliki passion yang benar-benar mendukung.

 

Tim yang Solid

Kesuksesan snapchat, tidak hanya berasal dari Evan tetapi juga dari tim yang mendukungnya. Evan mau memilih anggota tim yang memiliki kemampuan lebih dibanding dirinya. 

 

Spirit sebagai Pionir

Sobat Finansialku, pernah mendengar aplikasi seperti Snapchat, sebelumnya? Evan menciptakan sebuah produk baru, yang belum pernah ada. Sebagai pionir selalu saja ada masalah baru yang muncul. Banyak masalah datang karena belum ada role model. Semangat Evan Spiegel dan tim dibayar dengan kesuksesan Snapchat.

 

Tidak Mengejar Uang

Evan Spiegel ketika memulai bisnisnya bukan karena uang. Entrepreneur tidak hanya melulu uang. Kisah sukses Evan Spiegel, bermula dari sebuah visi yang besar. Begitupula dengan Evan yang memiliki sebuah visi besar.

 

Hadapi Kompetisi

Entrepreneur tidak lepas dengan adanya kompetisi. Beberapa aplikasi messanger juga sudah mulai mengadopsi model bisnis snapchat. Hal ini tidak menyebabkan Evan gentar.

 

Semoga kisah sukses Evan Spiegel dapat menginspirasi sobat Finansialku. Belajarlah dari kisah sukses Evan Spiegel, tetapi jangan mengambil hal-hal negatifnya. Indonesia juga memiliki kisah sukses anak muda yang berawal dari tugas kuliah, yaitu pendiri Kaskus, Andrew Darwis.

 

Sumber:

  • Wikipedia Evan Spiegel – http://goo.gl/Yn8oUO
  • Wikipedia Snapchat – http://goo.gl/yikDne
  • Forbes Evan Spiegel – http://goo.gl/OyzoT7
  • Entrepreneur – Evan Spiegel – http://goo.gl/s74k8T
  • Bloomberg Evan Spiegel – http://goo.gl/gyq81N
  • Foto Evan Spiegel – http://goo.gl/kqeYWS
  • Gambar Snapchat 1 – http://goo.gl/Fn5ezl
  • Gambar Snapchat 2 – http://goo.gl/TqqtXs

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang