Tahapan pekerjaan yang paling berat adalah memikirkan cara bagaimana memulainya. Maka lihatlah banyak orang pintar berkutat dengan beragam ide, planning, dan lain-lain, hingga akhirnya melupakan action walaupun satu langkah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Apakah Entrepreneur Cocok untuk Anda?

Memulai bisnis sendiri bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Terlebih dengan memiliki bisnis sendiri Anda bisa memiliki banyak keuntungan seperti menjadi bos bagi diri sendiri, jadwal yang fleksibel dan dapat mengerjakan bisnis sesuai dengan hobi yang Anda suka. Tapi, menjadi pengusaha sukses membutuhkan perencanaan, kreativitas dan kerja keras yang matang.

Berikut ini hal yang dapat menjadi pertimbangan apakah Anda memiliki karakteristik dan keterampilan sebagai pengusaha sukses:

Cara Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui agar Sukses Menjadi Pengusaha 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Berwirausaha dan Pelajaran Entrepreneurship yang Perlu Anda Ketahui]

 

#1 Nyaman dalam Mengambil Risiko

Menjadi bos bagi diri Anda sendiri berarti Anda juga yang harus membuat keputusan termasuk pada saat sulit sekali pun. Kewirausahaan melibatkan ketidakpastian. Apakah Anda menghindari ketidakpastian dalam hidup dengan segala cara?

Jika ya, maka kewirausahaan mungkin tidak sesuai untuk Anda. Apakah Anda menikmati sensasi mengambil risiko yang diperhitungkan? Bila ya, berarti Anda siap untuk menjadi entrepreneur.

 

#2 Independen

Pengusaha harus membuat banyak keputusan sendiri. Jika Anda merasa dapat mempercayai naluri Anda dan Anda tidak takut untuk ditolak, maka Anda bisa menjadi pengusaha.

 

#3 Persuasif

Anda mungkin memiliki gagasan terbesar di dunia, namun jika Anda tidak dapat meyakinkan pelanggan, karyawan atau calon pemberi pinjaman atau mitra Anda, itu mungkin akan menjadi tantangan Anda dalam menjadi pengusaha. Jika Anda menikmati berbicara di depan umum, melibatkan orang baru dengan mudah dan dapat membuat argumen kuat berdasarkan fakta, kemungkinan Anda siap membuat ide Anda berhasil.

 

#4 Mampu Bernegosiasi

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda perlu bernegosiasi dalam segala hal, mulai dari sewa hingga persyaratan kontrak dengan tarif. Keterampilan negosiasi yang dipoles akan membantu Anda menghemat uang dan menjaga bisnis Anda berjalan lancar.

Para HR Terlalu Berisiko Lho Mengadakan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan Pelatihan Kewirausahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR Terlalu Berisiko Lho Mengadakan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan Pelatihan Kewirausahaan]

 

#5 Kreatif

Apakah Anda bisa memikirkan gagasan baru? Dapatkah Anda membayangkan cara baru untuk memecahkan masalah? Pengusaha harus dapat berpikir kreatif. Jika Anda memiliki wawasan tentang bagaimana memanfaatkan peluang baru, kewirausahaan mungkin sangat sesuai.

 

#6 Didukung oleh Orang Lain

Sebelum memulai bisnis, penting untuk memiliki sistem pendukung yang kuat. Anda akan dipaksa membuat banyak keputusan penting, terutama di bulan-bulan pertama pembukaan bisnis Anda.

Jika Anda tidak memiliki jaringan (networking) untuk membantu Anda, pertimbangkan untuk menemukan seorang mentor bisnis. Seorang mentor bisnis adalah seseorang yang berpengalaman, sukses dan mau memberikan saran dan bimbingan.

 

Temukan Cara Bekerja Sama Dengan Pasangan dalam Berwirausaha 01 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Bekerja Sama Dengan Pasangan dalam Berwirausaha]

 

Ibarat rumah, membangun bisnis juga membutuhkan pondasi yang kuat. Tidak hanya soal modal, SDM dan bakat semata. Seorang pengusaha harus mengenali faktor-faktor kritis lainnya dalam membangun bisnis. Ketika Anda memiliki karakter-karakter ini, berarti Anda siap untuk menjadi seorang entrepreneur.

 

20 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum Memulai Bisnis?

Sekarang tanyakan pada diri Anda 20 pertanyaan ini, untuk membantu memastikan Anda memikirkan detail keuangan dan bisnis yang tepat.

  1. Mengapa saya memulai bisnis?
  2. Bisnis apa yang saya inginkan?
  3. Siapkah pelanggan ideal saya?
  4. Produk atau layanan apa yang bisnis saya berikan?
  5. Apakah saya siap meluangkan waktu dan uang yang dibutuhkan agar bisnis saya dimulai?
  6. Apa yang membedakan ide bisnis saya dan produk atau layanan yang akan saya berikan dari orang lain di pasar?
  7. Dimana bisnis saya akan berada?
  8. Berapa banyak karyawan yang saya butuhkan?
  9. Apa jenis pemasok yang saya butuhkan?
  10. Berapa banyak uang yang saya butuhkan untuk memulai?
  11. Apakah saya perlu mendapatkan pinjaman?
  12. Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum produk atau layanan saya tersedia?
  13. Berapa lama saya bisa mulai menghasilkan keuntungan?
  14. Siapakah pesaing saya?
  15. Bagaimana saya akan hargai produk saya dibandingkan dengan kompetisi saya?
  16. Bagaimana saya membuat struktur hukum bisnis saya?
  17. Pajak apa yang harus saya bayar?
  18. Asuransi apa yang saya butuhkan?
  19. Bagaimana saya mengelola bisnis saya?
  20. Bagaimana saya mengiklankan bisnis saya?

 

Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan]

 

10 Cara Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini 10 aturan untuk memulai usaha kecil. Daftar ini lebih untuk membuat Anda menyadari kenyataan yang ada, daripada gila-gilaan mengejar impian terdahsyat Anda dalam berbisnis.

 

#1 Lebih Realistis

Kunci sukses bisnis kecil, terutama di tahap startup, adalah menjaga agar barang tetap sederhana dan harganya rendah. Banyak calon pemilik bisnis terjebak dalam perangkap mencoba menciptakan rencana bisnis terbesar dan paling kuat di dunia.

Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tidak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.

Jangan bertahan pada produk yang kita pikir cocok untuk dijual saja. Perhatikan pasar, apa yang benar-benar dibutuhkan saat ini.

 

#2 Jangan Menginvestasikan Uang Sendiri

Kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, maka dari itu carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan sesuai rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana startup tadi, dan tidak dikejar utang.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#3 Perbudak Diri Sendiri

Jika Anda tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk Anda. Pada awalnya, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda adalah Anda sendiri.

 

#4 Tentukan Badan Hukum

Seorang pengusaha harus memahami peranan hukum dalam bisnis, sehingga bisa terhindar dari masalah-masalah hukum yang tentunya ada biaya-biaya hukum yang sangat tinggi.

Karena hukum sangat berperan penting dalam mengatur kegiatan bisnis agar startup bisa berjalan lancar, tertib, aman, sehingga tidak ada pihak-pihak yang dirugikan akibat adanya kegiatan bisnis tersebut.

Ide bisnis boleh bagus, tapi jangan lupa aspek hukum juga sangat penting untuk kelancaran startup Anda.

Women Entrepreneur Ketahui 5 Tantangan Kewirausahaan bagi Wanita 01 - Finansialku

[Baca Juga: Women Entrepreneur: Ketahui 5 Tantangan Kewirausahaan bagi Wanita]

 

#5 Rekrut Karyawan dengan Baik

Tanpa memperdulikan ukuran usaha Anda, pada akhirnya Anda akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha.

Lakukan pengujian kinerja karyawan setara dengan upah yang harus dibayarkan kepadanya. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

 

#6 Jual Kelebihannya, Bukan Harganya

Saat Anda memulai usaha, sudah sewajarnya Anda frustasi memasarkannya. Tapi, jika Anda bersaing pada harga, Anda pada akhirnya akan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal.

Jangan berikan potongan harga pada penjualan produk, namun selalu tingkatkan kualitas produk. Pelanggan akan terkesan dengan kualitas ketimbang potongan harga.

Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk yang Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

 

#7 Ketahui Angka Dasar

Mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menjalani usaha, mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun Anda akan buka.

Itulah yang menjadi angka dasar. Jumlah minimum pendapatan yang Anda butuhkan setiap hari. Jika Anda tidak pernah berpikir tentang angka dasar, coba pikir ulang. Saat melakukan perencanaan dana, selalu lebihkan pengeluaran dan kurangi pendapatan.

 

#8 Gunakan Teknologi Terbaru

Aplikasi dan penyimpanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran. Temukan segala cara yang berpotensi untuk meningkatkan jumlah laba.

 

#9 Perlakukan Vendor dengan Baik

Perlakukan vendor dan supplier Anda sebaik mungkin, seperti halnya Anda memperlakukan para pelanggan. Mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan volume pemesanan Anda, atau bahkan demi menjaga hubungan baik, serta berharap ada peningkatan volume di masa mendatang.

Hubungan yang baik, membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

 

#10 Jadilah yang Terbaik

Anda tidak boleh setengah-setengah. Setiap hal yang Anda lakukan untuk klien haruslah yang terbaik. Apapun yang Anda buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan ini terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar.

Wirausahawan, Ini 4 Langkah Jitu Jika Ingin Modal Bisnis Segera Kembali 01 - Finansialku

[Baca Juga: Wirausahawan, Ini 4 Langkah Jitu Jika Ingin Modal Bisnis Segera Kembali]

 

Hargai Setiap Langkah Perjalanan Bisnis

Memulai bisnis dan bekerja sebagai wirausahawan bukan hanya sekedar mencapai target yang dituju. Hal terpenting adalah ketika Anda mampu menghargai setiap langkah yang Anda ambil dan menikmati semua perjalanan yang dialami.

 

Bagikan pengalaman Anda dalam membangun usaha Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • SBA.gov. Is Entrepreneurship For You. SBA.gov – https://goo.gl/sFniFF
  • SBA.gov – 20 Questions Before Starting. SBA.gov – https://goo.gl/68kV7g
  • Matthew Toren. 6 Agustus 2015. A Simple 6-Step Process to Starting a Small Business. Entrepreneur.com – https://goo.gl/VStTHi

 

Sumber Gambar:

  • Memulai Bisnis – https://goo.gl/27MWVl
  • Bisnis – https://goo.gl/FxVUfc

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana