6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku

Bagaimana cara mengatur keuangan mahasiswa? Mengatur keuangan itu gampang-gampang susah. Gampang kalau pendapatan kita tak terbatas dan susah kalau untuk hidup sehari-hari saja rasanya kurang. Lepas dari gampang atau susah, keuangan Anda harus dikelola dengan benar, kalau tidak mau terjebak dalam pelbagai kesulitan. Terutama sebagai seorang mahasiswa, Anda sekarang memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk mengelola uang Anda sendiri.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku

Di dunia ini, keuangan menjadi salah satu aspek terbesar sebagai penentu kesuksesan hidup seseorang. Bagus tidaknya prospek masa depan seseorang salah satunya ditentukan melalui keuangan yang baik.

Untuk bisa mendapatkan keuangan yang baik tentunya dibutuhkan perencanaan yang baik dan matang. Apalagi di era gadget sekarang ini tentunya semakin memudahkan kita dalam melakukan segala hal, salah satunya untuk mengatur keuangan dengan adanya aplikasi keuangan yang dengan mudah kita dapatkan.

Salah satu aplikasi keuangan terbaik yang mudah untuk Anda install adalah aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Aplikasi Finansialku berfungsi untuk membantu Anda mengelola keuangan dan merencanakan keuangan Anda. Aplikasi Finansialku dapat diakses melalui desktop, tablet dan smartphone Anda.

Berikut ini 6 kunci sukses mengatur keuangan mahasiswa melalui Aplikasi Keuangan Finansialku.

 

#1 Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Tidak hanya orangtua yang punya tujuan keuangan atau financial goals, Anda sebagai mahasiswa penting sekali memiliki financial goals. Memiliki financial goals akan membantu Anda untuk mencapai tujuan hidup Anda.

Langkah pertama dalam membuat financial goals adalah Anda perlu menyusun apa tujuan keuangan pribadi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang Anda.

6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi]

 

Misalnya, financial goals jangka pendek liburan keluar negeri, jangka menengah adalah menikah dan membeli rumah, dan jangka panjang pensiun dini.

Anda perlu menguraikan kebutuhan finansial Anda, dengan menentukan perkiraan yang baik untuk berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk masing-masing tujuan keuangan Anda.

 

#2 Buat Rencana Keuangan

Setelah Anda memiliki Financial Goals, Anda perlu membuat prioritas masing-masing tujuan keuangan pribadi Anda sesuai urutan kepentingan. Lalu tentukan berapa lama Anda harus menabung untuk masing-masing.

Misalnya, untuk pensiun bisa urutan terakhir, tetapi liburan merupakan tujuan jangka pendek dimana bisa dalam satu atau dua tahun. Selanjutnya, perkirakan berapa besar keuntungan bunga atau modal yang akan Anda harapkan dalam akun dimana Anda menyimpan uang Anda.

Anda perlu mencari tahu berapa banyak yang harus Anda simpan per bulan untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Disinilah Aplikasi Finansialku membantu Anda untuk menentukan rencana keuangan Anda. Anda dapat langsung memasukkan rencana keuangan Anda. Aplikasi akan menghitungkan untuk Anda berapa banyak yang perlu Anda simpan dan berapa banyak yang perlu Anda investasikan.

Anda cukup menginput saja pada kolom-kolom yang ada mengenai rencana keuangan Anda.

6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 03 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Latte Factor Anda? Cara Mengelola Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Pribadi Finansialku]

 

#3 Miliki Anggaran Keuangan

Anggaran keuangan dapat didefinisikan sebagai rencana penggunaan uang seseorang pada periode tertentu. Biasanya, anggaran dibuat dalam satuan waktu bulanan. Anggaran idealnya dibuat pada awal bulan berjalan.

Membuat anggaran keuangan sangat penting bagi Anda supaya bisa mengatur pengeluaran untuk di kos, mengelola uang dan memastikan keuangan Anda selalu diperiksa. Anda harus tahu kemana uang itu digunakan dan menyisihkan sebagian untuk membayar tagihan bulanan.

Seorang mahasiswa harus mendata dari mana saja uang yang didapatkannya. Katakanlah yang paling banyak adalah dari orangtua. Bisa juga mendapat tambahan dari beasiswa. Atau pemasukan dari hasil kerja sampingan mahasiswa dan juga bisa dari bisnis usaha sampingan mahasiswa.

Kesemuanya ini dicatat dan didaftar, serta usahakan untuk menambah jenis pemasukan lainnya. Semakin banyak pemasukan seseorang maka semakin stabil keuangan seseorang.

Hal ini karena bila satu sumber pemasukan mengalami gangguan maka masih ada sumber pemasukan lainnya.

Kenali 5 Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa dengan Modal Minim 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Langkah selanjutnya adalah mendata dan mendaftar berbagai macam jenis pengeluaran oleh mahasiswa.

Misalnya, seperti pengeluaran untuk makan di kampus, membeli buku-buku teks perkuliahan (textbook), fotokopi materi perkuliahan, biaya praktikum lapangan, dan lain sebagainya.

Terkadang hampir rata-rata mahasiswa belum dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Pastikan produk yang dibeli Anda merupakan produk yang dibutuhkan, bukan sekadar diinginkan untuk dimiliki semata.

Selalu utamakan rencana anggaran Anda untuk hal-hal yang sifatnya kebutuhan.

 

Utamakan Kebutuhan daripada Keinginan Click to Tweet

 

Pengeluaran seorang mahasiswa harus disesuaikan dengan pemasukkan yang dimilikinya.

Bila memaksakan diri untuk memiliki pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan maka akan terjadi ketidaksesuaian neraca keuangan pribadi sehingga akan menyebabkan terjadinya krisis keuangan pada diri Anda sendiri.

Untuk membantu Anda dalam membuat anggaran diatas maka Aplikasi Finansialku membantu Anda dalam membuatkan anggaran dan mengontrol anggaran Anda. Anda dapat membuat anggaran secara mudah dan sederhana.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Begitu juga dengan memasukkan setiap pemasukan dan pengeluaran Anda. Anda juga dapat mengontrol mengenai keuangan Anda dengan Aplikasi Finansialku.

6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 04 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku: Kalo Ga Direncanain Sekarang, Duit Darimana?]

 

#4 Selalu Catat Pemasukan dan Pengeluaran Anda

Setelah Anda membuat anggaran, penting sekali untuk selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda.

Mengetahui setiap dana masuk dan keluar beserta tujuannya akan membuat Anda mengetahui jumlah harta yang Anda miliki. Sehingga, Anda bisa berpikir panjang sebelum berbelanja.

Terkadang dalam pengeluaran uang tanpa disadari Anda bisa menghabiskan uang Anda untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan atau tidak sesuai dengan anggaran Anda. Dengan membuat catatan pengeluaran, Anda bisa menganalisis kebiasaan belanja dan menentukan pos pengeluaran apa saja yang masih bisa ditingkatkan efisiensinya.

Aplikasi Finansialku membantu Anda untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda. Begitupun dengan mengontrol apakah pengeluaran Anda sudah sesuai dengan anggaran yang Anda buat. Sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menentukan atau membuat anggaran di bulan yang berikutnya.

6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 05 - Finansialku

[Baca Juga: Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat? Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku]

 

#5 Cerdas dalam Melakukan Pengeluaran Uang

Anda bisa mencoba belajar berhemat setiap hari. Misalnya, hemat pembelian pulsa atau hemat dalam berbelanja. Atau Anda juga bisa berhemat dari pemilihan tempat nongkrong yang sesuai dengan keuangan Anda. Jangan memaksakan diri nongkrong di tempat mahal hanya karena gengsi.

Untuk Anda mahasiswa baru, biasanya akan mengeluarkan uang cukup banyak dalam membeli buku. Ada banyak cara agar Anda dapat menghemat uang di buku teks perguruan tinggi, seperti meminjam dari perpustakaan kampus, meminjam dari kakak kelas, atau berbelanja di tempat buku second.

Ketika tahun ajaran selesai, kami sarankan agar Anda menjual buku teks bekas kepada orang lain atau adik kelas Anda yang membutuhkan.

 

#6 Belajar Berinvestasi

Disamping menyelesaikan kuliah Anda dengan baik, tentu Anda perlu belajar juga untuk menambah pundi-pundi di masa depan dengan cara investasi.

Kita berinvestasi untuk menyiapkan masa depan yang sejahtera secara finansial. Selain modal, Anda hanya membutuhkan keberanian untuk memulai.

Para pakar keuangan sering mengatakan

“Jangan bekerja untuk uang, tetapi biarlah uang bekerja untuk Anda.”

 

Namun, investasi tidak sederhana ungkapan tersebut, sebab uang tak akan bekerja sendiri dengan baik apabila Anda menempatkannya di instrumen yang salah. Anda harus memiliki pengetahuan yang paham dengan baik tentang investasi.

Seperti halnya investor terhebat sepanjang sejarah, Warren Buffett dalam berinvestasi ia tak melulu memikirkan profit, melainkan juga proses investasi itu sendiri.

Benar, keuntungan menjadi aspek paling penting dalam investasi, tapi tanpa pemahaman yang benar tentang investasi dan prosesnya, peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan akan semakin tipis.

6 Investasi untuk Mahasiswa yang Penting untuk Kamu Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi?]

 

Aplikasi Finansialku juga akan membantu Anda dalam memberikan artikel-artikel yang dapat membantu Anda untuk mengetahui dan mempelajari secara mendalam mengenai investasi.

Selain itu, Aplikasi Finansialku juga dapat membantu Anda untuk melihat produk-produk investasi apa saja yang cocok untuk Anda.

 

Dalam melakukan ini semua diperlukan disiplin. Sudah siapkah Anda untuk mengatur keuangan pribadi Anda?

 

Sumber Referensi:

  • Nance, Sheryl. 1 Agustus 2011. The New Freshman 15: Financial Tips for College Student. Aol.com – https://goo.gl/vfy1LW
  • Jacqueline Curtis. 1 Agustus 2017. 8 Financial Tips For College Student to Save and Manage Money Better. Moneycrasher.com – https://goo.gl/9ZrcdG
  • Astri Kharina Bangun, 10 Agustus 2010. Kiat Menyusun Rencana Keuangan Sendiri. Kontan.co.id – https://goo.gl/tDTePc
  • Money Management International. How To: Set and Keep Personal Financial Goals. Moneymanagement.org – https://goo.gl/VorwP4

 

Sumber Gambar:

  • Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa – https://goo.gl/1Qwwd7 dan https://goo.gl/c36nf2

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download