facebook_pixel

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini Dengan Aplikasi Finansialku

Bagaimana cara membuat anggaran agar keuangan keluarga teratur? Jika tidak ingin keuangan keluarga berantakan, sebaiknya Moms membuat anggaran yang tepat. Gunakan cara ini untuk membuat anggaran keuangan keluarga yang efektif.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Semua Ingin Sukses, Semua Ingin Kaya

Setiap ibu rumah tangga pasti ingin keluarganya hidup sejahtera. Tentunya salah satu cara utama untuk menjaga kesejahteraan keluarga tercinta adalah dengan memiliki keuangan yang teratur. Uang memang bukan segalanya, tetapi jika Moms tidak bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik bisa-bisa kebutuhan tidak terpenuhi.

Jangan salah, walaupun Moms memiliki suami dengan gaji besar, jika tidak dikelola dengan baik akan habis di tengah jalan juga. Moms tentu tidak mau kehabisan uang di tengah bulan dan tidak bisa membayar kebutuhan anak. Salah satu cara untuk memastikan seluruh kebutuhan terpenuhi adalah dengan membuat anggaran.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masalah: Besar Pasak Daripada Tiang Keuangan Keluarga, Solusi: Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing]

 

Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas, apalagi wanita. Jika sudah dihadapkan dengan pakaian atau barang-barang fashion yang menarik maka sifat impulsif mulai muncul. Apalagi jika diberikan diskon-diskon yang menggiurkan, bisa-bisa Moms lupa pada seluruh kebutuhan keluarga yang harus dibayar. Karena itu perlu ada batasan untuk berapa jumlah uang yang boleh digunakan untuk setiap kebutuhan. Dengan kata lain, Anda membutuhkan anggaran bulanan.

Tetapi jangan sembarangan membuat anggaran. Membuat anggaran saja terdengar seperti sebuah teori. Tetapi jika teori tidak dipraktikkan maka akan sia-sia hasilnya. Anda perlu membuat anggaran yang benar-benar dapat diterapkan dan dapat terus dipantau.

Moms, Para Pengatur Keuangan Keluarga, Hindari 6 Hal Ini Agar Keuangan Tidak Berantakan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Para Pengatur Keuangan Keluarga, Hindari 6 Hal Ini Agar Keuangan Tidak Berantakan]

 

Moms bisa saja membuat anggaran di kertas atau di komputer, tetapi media tersebut belum tentu bisa selalu dilihat dimana saja. Karena itu, kami menyediakan fasilitas untuk memudahkan Moms membuat anggaran keuangan keluarga. Aplikasi keuangan ini bisa digunakan di ponsel atau gadget yang Anda bawa kemana saja sehari-hari.

Aplikasi Finansialku memiliki fasilitas Anggaran. Fungsinya adalah untuk menyimpan anggaran bulanan Anda dan dicocokkan dengan berapa dana yang dikeluarkan. Dengan begitu Anda bisa selalu mengecek posisi cashflow bulanan keluarga. Berikut adalah cara menggunakan fasilitas anggaran pada aplikasi Finansialku beserta dengan tampilannya:

 

Langkah #1

Buka aplikasi Finansialku di ponsel atau gadget Anda, kemudian pilih menu ‘Anggaran’.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga?]

 

Langkah #2

Ada 3 halaman di dalam menu Anggaran aplikasi Finansialku. Pertama-tama Anda dapat mengisi berapa anggaran yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan bulanan berikut ini. Mulai dari pembayaran pajak, sedekah atau donasi, tabungan dan investasi, premi asuransi, cicilan, kebutuhan rumah tangga, dan pembayaran lainnya. Tuliskan berapa porsi maksimal yang bisa digunakan setiap bulannya.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 04 - Finansialku

  [Baca Juga: Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update)]

 

Langkah #3

Anda bisa mengisi seluruh data lanjutan yang perlu dituliskan dalam anggaran. Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk seluruh pilihan pengeluaran maka Anda cukup menuliskan angka nol pada pilihan tersebut.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 05 - Finansialku

[Baca Juga: Setiap Orang dapat Mengurus Keuangan Keluarga dengan Aplikasi Finansialku]

 

Setelah mengisi seluruh pilihan pengeluaran, pastikan jumlah total paling bawah sesuai atau lebih kecil daripada pendapatan bulanan Anda. Baik itu penghasilan dari gaji, penghasilan investasi, atau penghasilan pasif lainnya. Jangan sampai Anda membuat anggaran pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan.

 

Langkah #4

Mari berpindah ke halaman ‘Bulan Ini’. Pada menu ini Anda dapat melihat realisasi anggaran yang dibuat pada bulan yang sama. Dalam aplikasi Finansialku Anda dapat menuliskan berapa pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan setiap bulan. Setiap jumlah dari transaksi tersebut akan tercatat dalam halaman ini. Dengan begitu Anda tidak perlu repot berpindah-pindah menu untuk membandingkan anggaran dan realisasinya setiap hari.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 06 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Apa Saja yang Harusnya Direncanakan dalam Keuangan Keluarga Anda?]

 

Cukup lihat halaman ‘Bulan Ini’ dalam menu Anggaran di aplikasi Finansialku, Anda bisa langsung mengetahui apakah pengeluaran bulan ini sesuai dengan anggaran yang dibuat. Pastikan Anda selalu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan secara detail dalam aplikasi Finansilku. Dengan begitu semakin mudah mengetahui performa Anda dalam menjalankan anggaran.

 

Langkah #5

Jangan lupa untuk terus membandingkan anggaran dan performa keuangan Anda secara berkala. Terkadang Anda akan menghadapi kondisi yang sangat menggiurkan untuk berbelanja. Sebenarnya tidak masalah untuk sesekali memenuhi keinginan. Jika keinginan tidak dipenuhi bisa jadi Anda tidak termotivasi untuk bekerja.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 07 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Tidak Bertanggung Jawab dengan Keuangan Keluarga]

 

Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah keinginan, sebaiknya segera cek dulu halaman ini. Pastikan Anda masih memiliki kelebihan dana yang dapat digunakan untuk membeli keinginan tersebut. Jika anggaran sudah habis mau tidak mau Anda harus menunda memenuhi keinginan tersebut.

Jika rutin dan disiplin mengecek halaman ini, dengan sendirinya Anda akan menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan uang. Seringkali yang menjadi masalah seseorang dalam berbelanja adalah tidak mengingat berbagai kebutuhan lain yang harus dibayar. Karena yang ada di depan mata adalah barang yang sangat diinginkan, seringkali kewajiban-kewajiban lain seolah tidak terlihat. Bacalah pos-pos keuangan yang ada di halaman anggaran ini beberapa kali sebelum Anda memutuskan untuk melanggar anggaran. Ini akan membantu Anda mengingat bahwa kebutuhan lain tetap ada dan tetap harus dipenuhi.

 

Langkah #6

Selain melihat performa keuangan di bulan ini, Moms juga bisa membandingkannya dengan performa keuangan di bulan sebelumnya. Apakah Anda sudah menjalankan cashflow bulanan sesuai dengan anggaran yang dibuat? Jika belum berarti Moms harus mengevaluasi sikap berbelanja bulanan. Bisa jadi ada Anda tidak tertib karena terlalu sering berbelanja impulsif.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 08 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Tidak Percaya Diri Mengelola Keuangan Keluarga? Ini Solusinya]

 

Langkah #7

Selain sikap berbelanja yang harus diperbaiki, terkadang anggaran juga perlu diperbaiki. Anda bisa terus mengevaluasi anggaran dan performa setiap bulannya. Terkadang setelah memperbaiki sikap berbelanja pun, ada anggaran yang tetap selalu kurang. Jika hal itu terjadi, mungkin saja anggaran yang Anda tetapkan memang terlalu kecil. Bisa jadi kebutuhan keluarga yang sebenarnya memang lebih besar dari anggaran yang dibuat.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 09 - Finansialku

[Baca Juga: Urusan Keuangan Keluarga Jangan Ada Kata Nanti, Lakukan Sekarang!]

 

Jika ada anggaran yang terlalu kecil, Anda bisa mengatur ulang anggaran. Tambahkan anggaran untuk keperluan tersebut, lalu kurangi anggaran lain yang dirasa kurang efektif. Dengan begitu Moms bisa terus mengelola keuangan keluarga dengan baik.

 

Menjaga Keuangan Keluarga dengan Anggaran

Tidak ada ibu rumah tangga yang ingin kebutuhan keluarganya tidak terpenuhi. Karena itu, Moms harus mampu mengelola keuangan keluarga dengan baik. Cobalah untuk membuat dan mempraktekkan anggaran yang benar-benar bisa dijalankan. Anda dapat menggunakan menu Anggaran dalam aplikasi keuangan Finansialku untuk menyimpan dan membandingkan anggaran dengan performa keuangan Anda.

 

Apakah Anda ingin keuangan keluarga Anda teratur? Hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk keuangan Anda? Silakan share pengalaman Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Asian Moms – https://goo.gl/7cavK5 dan https://goo.gl/q1M2K5

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download