Apa yang harus dilakukan agar seseorang bisa lebih percaya diri dalam mengelola keuangan keluarga? Berikut ini solusi yang dapat Anda segera terapkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset 

Bagaimana Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Mengelola Keuangan Keluarga?

Tahukah Anda, ternyata tidak sedikit orang yang ragu-ragu dan tidak percaya diri dalam mengelola keuangan keluarga. Baik pria maupun wanita seringkali dihadapkan pada kondisi ragu-ragu, mau investasi atau tidak, mau beli asuransi atau tidak, mau ambil kredit atau tidak. Bagaimana caranya agar bisa menabung dan lain sebagainya. Sebenarnya apa masalah utama, orang-orang yang tidak percaya diri dalam mengelola keuangan keluarga?

anda-tidak-percaya-diri-mengelola-keuangan-keluarga-ini-solusinya-finansialku

[Baca Juga: Sudah Bernakah Cara Anda Mengelola Keuangan Keluarga?]

 

Sebenarnya seseorang merasa ragu dan tidak percaya diri dalam mengelola keuangan karena mereka tidak memiliki edukasi keuangan dan literasi keuangan (financial literacy). Berikut ini solusi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam mengelola keuangan keluarga:

 

#1 Mulai Tingkatkan Pengetahuan tentang Keuangan

Solusi yang paling penting dan tidak bisa ditawar adalah meningkatkan pengetahuan tentang keuangan atau literasi keuangan (financial literacy). Hampir disemua negara, sekolah dan pendidikan formal tidak mengajarkan tentang uang. Zaman dahulu, saya ketika di SD, SMP dan SMA, sekolah mengajarkan mengenai sejarah uang, teori ekonomi, ekonomi mikro dan makro serta konsep-konsep ekonomi yang canggih.

Sayangnya mereka tidak mengajarkan saya mengenai:

  • bagaimana cara meningkatkan penghasilan?
  • bagaimana cara mengelola uang dengan benar?
  • apa itu investasi? Bagaimana caranya?
  • apa itu perencanaan keuangan
  • dan lain sebagainya.

 

Mungkin Anda juga merasakan hal yang sama bukan? Lalu bagaimana cara belajar tentang keuangan? Berita baiknya, ternyata ada banyak cara lho untuk meningkatkan literasi keuangan. Ada seorang ahli bernama Edgar Dale yang memiliki teori learning cone mengenai cara orang belajar. Tanpa disadari, kita pun juga belajar dengan cara yang sama.

5-pelajaran-keuangan-dari-permainan-monopoli-yang-sangat-penting-finansialku

[Baca Juga: 5 Pelajaran Keuangan yang Saya Dapat dari Permainan Monopoli]

 

Pertama kita belajar dari membaca buku, website mengenai keuangan. Kemudian ikuti seminar dan pelatihan tentang cara mengelola keuangan pribadi, investasi. Terapkan hal-hal yang sudah dipelajari dan segera lakukan kesalahan. Jangan takut melakukan kesalahan, karena orang bisa menjadi sukses jika mereka belajar dari kesalahan.

 

#2 Berdiskusi dengan Orang-Orang yang Tepat

Anda juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam mengelola keuangan keluarga dengan cara bergaul dan berdiskusi dengan orang-orang yang tepat. Banyak motivator yang mengatakan bahwa jika kita ingin sukses, maka bergaulah dengan orang-orang yang sudah sukses. Nah begitu juga halnya, jika Anda mau lebih percaya diri dalam mengelola keuangan keluarga. Anda perlu selektif dan bergaul dengan orang-orang yang memiliki edukasi keuangan.

Profesi Perencana Keuangan di Indonesia Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Profesi Perencana Keuangan di Indonesia]

 

Anda juga dapat berkomunikasi dengan perencana keuangan (financial planner) dan orang-orang yang bekerja di bidang keuangan. Mungkin Anda belum terbiasa dengan profesi perencana keuangan (financial planner) bukan? Perencana keuangan adalah profesi yang membantu Anda (klien) untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda dengan cara mengelola uang dengan baik dan benar.

 

#3 Gunakan Aplikasi atau Alat Bantu

Anda sudah tahu ilmunya, Anda sudah bergaul dan/atau berkonsultasi dengan orang yang tepat kemudian apakah itu cukup? Tentu saja tidak, Anda perlu menerapkan ilmu yang Anda miliki. Untuk mempermudah Anda mengelola keuangan keluarga, Anda dapat menggunakan aplikasi keuangan. Berita baiknya, Anda dapat mencoba menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mengelola keuangan dan merencanakan keuangan.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Aplikasi Finansialku memiliki fitur-fitur untuk membantu Anda membuat anggaran, mencatat keuangan harian, merencanakan keuangan dan mengelola investasi serta mengecek kesehatan keuangan Anda.

 

Meningkatkan Literasi Keuangan dan Belajar Keuangan dengan Mudah dan Bisa Segera Diterapkan

Menurut kami, harusnya belajar keuangan keluarga itu lebih bersifat praktis dan mudah diterapkan. Belajar keuangan itu seharusnya bukan menghafal definisi, menurunkan rumus, menghafal rumus,  tetapi bagaimana cara implementasi ilmu keuangan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

 

Anda memang harus mengenal kosa kata tentang keuangan, untuk tahu tentang uang. Tetapi bukan hafal definisinya, tetapi mengerti konsepnya.

 

Contoh Anda tidak perlu hafal definisi kata “Investasi” menurut ahli keuangan A atau ahli keuangan B.  Tetapi Anda perlu tahu, bagaimana kata “investasi” tersebut membantu: mewujudkan rumah impian Anda, membeli mobil keluarga, menyiapkan biaya pendidikan anak dan lain sebagainya.

Mulailah untuk mulai meningkatkan pengetahuan Anda mengenai keuangan dan segera menerapkan. Selamat mencooba.

 

Apakah Anda sudah siap untuk meningkatkan edukasi keuangan dan menjadi lebih baik dalam mengelola keuangan?

 

Sumber Gambar:

  • People not confident – https://goo.gl/yQPu1q

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang