Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku: Kalo Ga Direncanain Sekarang, Duit Darimana?

Aplikasi keuangan Finansialku adalah salah satu solusi untuk mengurus keuangan rumah tangga Anda dan merencanakan keuangan. Apa saja kelebihan dan bagaimana aplikasi keuangan Finansialku dapat membantu Anda?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Gak Sulit Kok Mengurus Keuangan Rumah Tangga, Jika Anda Menggunakan Aplikasi Keuangan Finansialku

Seperti yang Anda ketahui, mengurus keuangan bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika ada cicilan dan tuntutan gaya hidup (lifestyle) bukan?

  • Belum lagi bicarain masalah kena investasi bodong.
  • Belum lagi bicarain kalau sakit, butuh uang berobat, lebih parah lagi kalau harus rawat inap.
  • Kalau Anda belum menikah, pastinya harus siapin biaya pernikahan (plus mahar, plus rumah, plus kendaraan dan plus plus plus lainnya).
  • Nyiapin biaya untuk kelahiran calon buah hati, biaya kebutuhan bayi sampai biaya sekolah anak.

Kata orang:

Hidup itu murah, lifestyle itu mahal.

Jangan share ungkapan di atas, jika Anda tidak setuju.

Perlu diingat, setiap orang membutuhkan uang untuk hidup dan memenuhi mimpi-mimpinya. Tantangan yang harus Anda selesaikan adalah:

  1. Memprioritaskan kebutuhan Anda, karena semua penting dan uang yang dimiliki terbatas.
  2. Fokus pada menambah pemasukan dan mengelola pemasukan yang ada. Sangat aneh jika seseorang fokus menambah pemasukan tetapi gagal dalam mengelola keuangan, sehingga selalu saja ada kebocoran.

 

Silakan berikan komentar Anda, apa tujuan keuangan Anda atau apa yang ingin Anda beli saat ini?
Tuliskan jawaban Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Kapan seorang manusia membutuhkan uang? Usia 20an? Usia 30an?

Jawabannya:

Tentunya Anda pasti pernah mendengar berita: seorang bayi dilarang pulang, karena orang tuanya belum membayar tagihan rumah sakit.

Jadi kesimpulannya:

Kita membutuhkan uang mulai dari calon manusia (alias menyiapkan kelahiran calon buah hati) sampai manusia meninggal (alias biaya penguburan dan upacara adat jika ada).

Semuanya butuh uang bukan? Kalau ga direncanain dari sekarang Click to Tweet

Finansialku.com datang dan membawa solusi untuk kebutuhan tersebut. Aplikasi keuangan Finansialku didesain khusus untuk orang-orang Indonesia, seperti saya dan Anda.

Jika Anda masih berusia 20 an yuk download free ebook perencanaan keuangan untuk usia 20 an (edisi revisi).

 

Free Download Ebook

Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an

 

Banyak orang mengatakan mengelola keuangan itu sangat merepotkan. Saya harus memiliki buku catatan keuangan, menghitung-hitung dengan kalkulator dan lain sebagainya. Apakah ada solusinya?

Sekarang ini Anda dapat memanfaatkan smartphone untuk membantu mengelola keuangan. Sudah beli smartphone mahal-mahal kenapa tidak dimanfaatkan dengan maksimal, sayang kan?

Silakan gunakan aplikasi keuangan Finansialku untuk membantu mengelola keuangan dan merencanakan keuangan keluarga.  Anda dapat mengakses aplikasi keuangan Finansialku melalui website Finansialku.com atau download di Google Play Store.

Anggaran Aplikasi Finansialku

[Baca Juga: 5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android]

 

Ya mengelola keuangan menjadi sangat mudah dan membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 detik. Betul, waktu yang Anda  butuhkan untuk mengurus keuangan rumah tangga kurang dari 10 detik. Anda pastinya mau kan?

Jika Anda mengalami kesulitan menggunakan aplikasi keuangan Finansialku, silakan cek Panduan penggunaan aplikasi keuangan Finansialku. Apabila ada permasalahan yang lebih detil, silakan hubungi kami di 0819 1151 6119 atau email di Solusi@Finansialku.com.

Yuk kita bahas bagaimana cara memanfaatkan aplikasi keuangan Finansialku untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda! Pada dasarnya ada dua fungsi yaitu:

  1. Mengelola keuangan rumah tangga.
  2. Merencanakan keuangan rumah tangga.

 

Mengelola Keuangan Rumah Tangga dengan Aplikasi Keuangan Finansialku

Permasalahan yang paling dasar dan paling basic yang dihadapi setiap orang (dan keluarga) adalah menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran, betul? Mari kita bahas bagaimana rahasia menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran bulanan dengan menggunakan aplikasi keuangan Finansialku?

Yuk seimbangkan pemasukan & pengeluaran Anda Click to Tweet

Dalam ilmu perencanaan keuangan, permasalahan keseimbangan pemasukan dan pengeluaran dikenal dengan istilah cashflow. Ada dua solusi yang mudah dan kira-kira menghabiskan waktu maksimal 1 menit untuk menyelesaikannya. Mari kita bahas langsung!

 

Gunakan Fungsi Anggaran di Aplikasi Keuanganku Finansialku

Pertama buat dulu anggaran keuangan Anda, karena anggaran keuangan berfungsi sebagai panduan seseorang menghabiskan uangnya. Contoh keluarga Pak Ronald memiliki penghasilan Rp8 juta per bulan. Dengan adanya anggaran Pak Ronald dan seluruh anggota keluarga pastinya memiliki panduan lengkap kemana uang Rp8 juta itu dihabiskan.

  • Apakah total Rp8 juta itu dihabiskan? Jika dihabiskan, maka dihabiskan kemana?
  • Apakah total Rp8 juta itu ada yang disisakan?
  • Ibu Glory (Istri Pak Ronald), boleh menghabiskan uang berapa banyak? dan untuk apa saja?
  • Anata dan Dylan (anak-anak Pak Ronald), boleh menghabiskan uang berapa banyak? dan untuk apa saja?
  • dan lain sebagainya.

 

Apa bedanya menu anggaran di aplikasi keuangan Finansialku dengan menu anggaran aplikasi keuangan lainnya? Jawabannya adalah kami memberikan prioritas yang benar.
Kami menempatkan prioritas pengeluaran sesuai dengan ajaran kami, yaitu:

Cara Mengelola Keuangan Keluarga Versi 2.0 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara yang Benar untuk Mengelola Keuangan Keluarga]

 

Berikut ini isi dari menu anggaran Aplikasi keuangan Finansialku:

aplikasi-finansialku-responsive-web-apps-finansialku-perencana-keuangan

[Baca Juga: Apa itu Anggaran Keuangan Keluarga dan Apa Manfaatnya?]

 

Sama kan? Jika Anda benar dalam menentukan prioritas, maka keuangan menjadi lebih sehat. Apakah Anda sudah siap? Yuk coba daftar di Aplikasi.Finansialku.com atau download di Google Play Store.

Cara yang Benar untuk Mengelola Keuangan Keluarga Click to Tweet

 

Gunakan Fungsi Mencatat Keungan di Aplikasi Keuangan Finansialku

Langkah kedua Anda perlu membuat catatan pengeluaran. Tenang untuk mencatat keuangan tidak seribet yang Anda bayangkan, karena mencatat keuangan dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone. Download aplikasi keuangan Finansialku di Google Play Store dan aktifkan widget. Berikut ini contoh tampilan widget Finansialku.

Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku : Kalo Ga Direncanain Sekarang, Duit Darimana? 02

[Baca Juga: Kalkulator Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru]

 

Jika Anda ingin menambahkan pemasukan dan pengeluaran, tinggal klik tombol plus (+) masukkan angka dan kategorinya. Terus centang deh.

Menu pencatatan ini juga dilengkapi dengan kalkulator, yang sangat praktis dan berguna. Jika Anda mau menambahkan beberapa pengeluaran sekaligus, ga perlu pusing-pusing cari kalkulator. Cukup masukin angka terus centang deh. Contoh:

Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku : Kalo Ga Direncanain Sekarang, Duit Darimana? 01

[Baca Juga: Kalkulator KPR, Contoh Produk dan Cara Cepat Lunasi KPR]

 

Mencatat pengeluaran adalah hal yang penting, karena kita dapat mengetahui kemana uang kita pergi. Artinya kita memiliki kendali penuh atas uang (bukan sebaliknya).

 

Merencanakan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Keuangan Finansialku

Sebelum membahas lebih dalam mengenai menu rencana keuangan, yuk kita bahas dulu mengenai perencanaan keuangan. Kalau boleh diandaikan, keuangan seseorang itu sebuah perjalanan hidup.

 

Pertama kali lulus sekolah atau kuliah, seseorang masuk ke dalam kehidupan nyata. Disaat ini kebanyakan orang masih merintis karir atau merintis bisnisnya dan belum memiliki banyak pemasukan. Setelah jalan 2 – 3 tahun, orang-orang mulai berpikir ingin memiliki sebuah keluarga. Banyak sekali pengeluaran yang harus disiapkan, mulai dari dana pernikahan, dana membeli rumah dan lain sebagainya.

Setelah menikah, tentu saja pengeluaran kita menjadi semakin besar. Contoh mulai mempersiapkan untuk kelahiran buah hati, biaya pendidikan untuk anak dan lain sebagainya.

Sampai pada satu titik seseorang berada di puncak karir, puncak bisnis dan akhirnya harus memutuskan pensiun.  

 

Bayangkan jika Anda melakukan perjalanan jauh (lebih dari 30 tahun) dan Anda memiliki sebuah GPS, peta atau panduan. Anda memiliki sebuah GPS yang menuntun Anda dan mengarahkan Anda. Tentu perjalanan Anda akan terasa lebih mudah bukan? Nah GPS itu yang dinamakan sebuah rencana keuangan.

Banyak orang bertanya kepada saya dan tim: Apakah semua orang membutuhkan rencana keuangan?

Saya yakin Anda tahu jawabannya, kira-kira siapa yang membutuhkan panduan atau GPS tersebut.

 

Bagaimana Cara Merencanakan Keuangan Dengan Aplikasi Keuangan Finansialku?

Anda dapat merencanakan keuangan dengan menggunakan Aplikasi keuangan Finansialku. Setelah Anda masuk (log in) ke aplikasi pilih menu Rencana Keuangan. Di dalamnya terdapat beberapa pilihan menu mulai dari perencanaan dana darurat, asuransi jiwa, dana pelunasan utang, dana hari tua (pensiun), persiapan pernikahan dan lain sebagainya.

[Jurnal] Skala Prioritas dan Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Pilih Lunasi Utang atau Beli Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Skala Prioritas dan Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga: Pilih Lunasi Utang atau Beli Rumah]

 

Saran kami sebagai perencana keuangan, mulailah dengan mencapai keamanan keuangan atau financial security. Artinya kebutuhan Anda selama 12 bulan ke depan dapat diamankan. Hitung kebutuhan dana darurat (emergency fund) dan kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa.

 

Setelah aman secara keuangan, Anda dapat mulai memenuhi tujuan-tujuan keuangan satu persatu. Saya tahu pasti Anda memiliki banyak sekali tujuan keuangan, oleh sebab itu prioritaskan satu persatu.

 

Tahapan dalam Perencanaan Keuangan

Bagaimana cara membuat sebuah rencana keuangan? Ikuti panduan berikut ini:

  1. Tentukan terlebih dahulu apa tujuan keuangan Anda dan berapa biaya yang dibutuhkan.
  2. Hitung dana yang harus diinvestasikan setiap bulannya? atau setiap tahunnya?
  3. Cari produk investasi yang sesuai dengan target tersebut.
  4. Segera berinvestasi sesuai dengan rencana tersebut dan lakukan (review berkala atau peninjauan berkala). Lakukan langkah 3 dan 4 hingga tujuan keuangan Anda dapat terwujud.
  5. Ulangi langkah 1 sampai dengan 4 untuk tujuan keuangan Anda berikutnya.

 

Tanya Masalah Keuangan dengan Perencanaan di Aplikasi Keuangan Finansialku

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan rencana keuangan, silakan tanyakan kepada perencana keuangan Finansialku. Pilih menu tanya jawab pada Aplikasi keuangan Finansialku.

 

Atur Uang Anda dengan Aplikasi Keuangan Finansialku, dan Jangan Mau Diatur Sama Uang

Kami mengucapkan selamat kepada Anda, karena sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara menjadi bos atas uang Anda. Sekarang ini kendali keuangan ada digenggaman Anda.  Daftar sekarang juga aplikasi keuangan Finansialku atau download di Google Play Store.

Segera miliki GPS keuangan Anda, segera kendalikan keuangan Anda. Selamat mencoba!

Apa saja kesulitan yang Anda hadapi dalam mengurus keuangan dan merencanakan keuangan? Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

About the Author:

Melvin Mumpuni CFP
Melvin Mumpuni ST., MBA., CFP., QWP adalah seorang perencana keuangan independen dan technopreneur.Memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan mengambil pendidikan pasca sarjana di Sekolah Bisnis dan Management Institut Teknologi Bandung (MBA - ITB). Memiliki pengalaman di bidang personal finance, corporate finance, internet marketing dan technopreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download