BPJS Kesehatan merilis aplikasi rujukan online bernama HFIS. Katanya, aplikasi ini menjadi solusi dari masalah penggunaan fasilitas BPJS.

Apa itu dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Apa Itu HFIS?

HFIS adalah singkatan dari Health Facilities Information System. Ini merupakan aplikasi berbasis website untuk calon faskes dan faskes dengan tujuan monitoring dan pelaporan data profiling fasilitas kesehatan (faskes).

Adapun data faskes yang ada dalam aplikasi meliputi data alamat praktik, penanggung jawab, jumlah dokter dan tenaga kesehatan lain, jam praktik, teknologi kedokteran, dan informasi lainnya.

Fasilitas HFIS terdengar asing, ya? Itu wajar. Pasalnya, aplikasi ini memang ditujukan untuk faskes yang menjadi mitra BPJS.

Aplikasi ini dapat mempermudah proses kerja sama dengan BPJS. Setiap perkembangan pada faskes akan dilaporkan.

Pengertian dan Cara Pengisian HFIS BPJS 2020, Dibahas Lengkap di Sini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Daftar Antrean Online BPJS Ketenagakerjaan Untuk Cairkan JHT]

 

Oleh karena itu, faskes dapat memastikan rumah sakit mana yang memiliki fasilitas dan kapasitas yang memadai dalam menentukan rumah sakit rujukan.

Dengan begitu, petugas dapat dengan mudah mencarikan faskes tingkat lanjut (FKRTL) terdekat yang tidak terlalu banyak antrean dan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Dengan adanya HFIS, pasien dapat mengetahui transparansi ketersediaan kamar. Hal ini sangat memudahkan.

Pasalnya, ketersediaan kamar rawat inap merupakan salah satu keluhan yang paling banyak dilontarkan oleh pengguna BPJS.

 

Cara Mendaftar HFIS BPJS 2020

Untuk bisa mengakses HFIS, Anda harus melakukan beberapa hal dulu. Berikut ini caranya:

 

#1 Untuk Fasilitas Kesehatan

Program HFIS baru bisa berlaku jika fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau klinik sudah bermitra dengan BPJS Kesehatan dalam program Fasilitas Mitra Kerjasama. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Untuk mendaftarkan, faskes dapat mengirimkan surat ke kantor cabang BPJS Kesehatan.
  • Setelah proses pendaftaran selesai, faskes akan menerima email berisi username dan password untuk masuk ke aplikasi HFIS.
  • Login di aplikasi, kemudian Isi profil fasilitas kesehatan sesuai kolom yang tersedia, dan melakukan self-assessment.
  • Data faskes yang masuk akan dianalisis dan disetujui oleh Kepala Unit BPJS.
  • Tim BPJS melakukan visit kredensialing atau evaluasi secara langsung untuk memastikan data yang dimasukkan sesuai dengan fakta.
  • Sebagai informasi, seluruh proses analisis data tersebut bisa dipantau juga oleh faskes melalui HFIS.
  • Jika fasilitas kesehatan lolos persyaratan, faskes dan BPJS Kesehatan akan menandatangani perjanjian kerja sama.
  • Faskes akan mendapatkan akses baru untuk log in ke HFIS.
  • Faskes memasukkan username dan password baru ke kolom login di situs HFIS BPJS.
  • Barulah pada tahap ini faskes bisa melihat profilnya. Selain itu, dapat juga mengajukan perubahan data lewat persetujuan Kepala Bidang BPJS Kesehatan Kantor Cabang, sebelum akhirnya diperbarui di aplikasi.

 

#2 Untuk Pasien

Peserta asuransi BPJS tak perlu khawatir. Jika ingin memantau data fasilitas kesehatan BPJS, Anda tetap bisa mendapatkan informasinya.

Hanya saja, lewat aplikasi yang berbeda, yaitu Aplicares untuk website atau P-Care untuk aplikasi ponsel pintar.

Jika mengakses lewat website, Anda tinggal mengunjungi website Aplicares, lalu memilih jenis fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dokter praktik perorangan, klinik utama, klinik pratama, atau apotek.

Selanjutnya, tekan tombol cari untuk membuka daftar faskes.

Pengertian dan Cara Pengisian HFIS BPJS 2020, Dibahas Lengkap di Sini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang]

 

Anda sudah tahu ingin ke rumah sakit mana? Ini lebih mudah lagi. Opsi pencarian berdasarkan nama rumah sakit atau rumah sakit terdekat dari lokasi Anda saat ini pun sudah tersedia.

Jika mengakses lewat aplikasi di ponsel, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi P-Care di Google Playstore. Anda dapat login dengan akun BPJS Anda.

 

Berobat Jadi Lebih Mudah

Layanan HFIS dan P-Care diharapkan dapat mempermudah akses untuk mendapatkan layanan yang memadai. Pasalnya, seringkali banyak masalah yang didapat oleh pasien terkait dengan jumlah fasilitas rujukan.

HFIS memungkinkan faskes mengetahui kapasitas dan fasilitas rumah sakit, sehingga mendapatkan rujukan yang sesuai kebutuhan, Misalnya saja, rujukan yang dekat dengan domisili pasien.

Hal ini tentu membuat pasien BPJS jadi lebih mudah dan nyaman saat berobat, bukan? Anda bisa ikuti tips berobat nyaman menggunakan BPJS yang dijelaskan dalam video berikut ini.

 

Jika Anda yang ingin memproteksi diri dan keluarga dari kejadian tak terduga, ada baiknya memiliki asuransi kesehatan. Agar tidak panik dengan tagihan rumah sakit, Anda perlu mempersiapkan diri sebelumnya.

Jika Anda masih mengalami kesulitan membeli asuransi ini, cobalah berkonsultasi dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi sesuai dengan keuangan Anda.

Terhubunglah dengan Perencana Keuangan Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan di Aplikasi Finansialku yang merupakan aplikasi keuangan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi oleh OJK.

Download aplikasinya sekarang dan dapatkan potongan Rp 50 ribu untuk upgrade ke premium dengan kode CUAN50.

playstore icon
appstore icon

 

Cara lain di saat Anda bingung tentang asuransi adalah dengan membaca ebook dari Finansialku berikut ini. Ebook ini berisi hal yang perlu Anda ketahui tentang pentingnya proteksi diri dengan asuransi kesehatan.

Dengan mempelajari studi kasus nyata, Anda dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi. Anda dapat mengunduh ebook ini secara gratis lewat link berikut:

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Itu dia panduan mengenai HFIS BPJS Kesehatan. Semoga Anda pun mendapat kemudahannya. Jangan lupa share artikel ini. Siapa tahu ada yang sedang bingung dan membutuhkan informasi ini.

Tak ada salahnya membantu mereka dengan informasi ini, kan? Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nisrina Salma Alifah. 2 April 2020. Panduan Menggunakan HFIS BPJS Kesehatan dan Manfaatnya. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3e2rizP
  • Ulfa Langit. 14 April 2020. Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan: Berobat Jadi Lebih Nyaman. Gobear.com – https://bit.ly/3iCSdpB

 

Sumber Gambar:

  • HFIS 1 – https://bit.ly/3e2rizP
  • HFIS 2 – https://bit.ly/2VJkS23
  • HFIS 3 – https://bit.ly/3iCSs3Z