Bagaimana cara mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang? Mau tahu caranya seperti apa? Simak terus artikel ini.

Karena ketika Anda merasa kesulitan, maka kami akan memberitahu Anda cara mengurus kartu BPJS yang hilang. Berikut ulasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Kartu BPJS Kesehatan Hilang

Terkadang kita sedikit ceroboh, sehingga dengan tidak sengaja kita kehilangan benda maupun dokumen serta identitas pribadi yang sangat penting.

Entah itu dompet, uang, kartu ATM, KTP, maupun benda-benda penting lainnya. Termasuk kartu BPJS kesehatan. Kartu tersebut merupakan syarat utama untuk mengakses semua layanan kesehatan yang ada.

Jadi apabila hilang, maka sudah bisa dipastikan Anda tidak bisa memanfaatkan semua layanan tersebut. Bila keadaan seperti ini sudah terjadi, maka Anda akan otomatis berpikir bagaimana cara mengurusnya?

Karena hilangnya kartu BPJS Kesehatan akan sangat merepotkan. Apalagi kalau dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti berobat, kontrol berkala, hingga dalam keadaan darurat.

Cara Daftar, Cek Iuran, dan Bayar Tagihan BPJS Kesehatan di BPJS Online 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hitung Cepat Iuran BPJS Kesehatan Perusahaan]

 

Namun kini tak perlu khawatir karena mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang cukup mudah. Kali ini Finansialku akan membahas cara-cara mudah tersebut hanya untuk Anda. Tanpa berlama-lama berikut penjelasannya.

 

Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang

Pada dasarnya mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang dapat dilakukan dengan dua metode yakni online maupun offline. Nah supaya lebih jelas akan kami jabarkan satu per satu.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#1 Menggunakan Metode Offline

Metode yang pertama, Anda bisa menggunakan cara offline. Akan tetapi sebelum itu Anda harus mempersiapkan beberapa berkas terlebih dahulu, diantaranya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Surat kehilangan dari kantor kepolisian terdekat

 

Nah untuk mengurusnya, Anda harus ikuti beberapa langkah berikut:

  • Pertama, Anda harus membuat laporan kehilangan ke kantor polisi terdekat. Cara membuat laporan kehilangan kartu BPJS Kesehatan sama saja seperti membuat laporan kehilangan KTP, SIM, maupun STNK. Nantinya Anda akan dibuatkan surat kehilangan untuk selanjutnya dibawa ke kantor BPJS.
  • Anda bisa langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan domisili. Jangan lupa untuk membawa berkas-berkas tadi. Sambil berjaga-jaga, siapkan juga satu buah meterai 6.000. Sekedar informasi, proses pengurusan bisa diwakilkan oleh anggota keluarga lain sesuai dengan KK.
  • Sesampainya disana, datangi pusat layanan dan sampaikan bahwasannya Anda telah kehilangan kartu BPJS Kesehatan. Nantinya petugas akan meminta beberapa berkas persyaratan yang telah Anda bawa.

 

Jika sudah lengkap, maka proses pembuatan kartu BPJS Kesehatan yang baru akan segera dilakukan. Biasanya proses tersebut akan membutuhkan waktu selama satu hari.

 

#2 Menggunakan Metode online

Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kepengurusan kartu BPJS Kesehatan yang hilang secara offline maka Anda bisa melakukan kepengurusan tersebut melalui metode online.

Dengan melakukannya secara online, mengurus kartu yang hilang menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja, sehingga terasa lebih fleksibel.

Bila Anda belum tahu bagaimana caranya, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama Anda terlebih dahulu harus download aplikasi Mobile JKN yang tersedia melalui PlayStore dan AppStore.
  • Setelah berhasil di download, isi data pribadi berupa nomor kartu BPJS, KTP, hingga nomor telpon. (Usahakan Anda hafal nomor kartu BPJS tersebut atau sebelum hilang, integrasikan kartu BPJS Kesehatan Anda dengan aplikasi sebagai antisipasi).


  • Setelah melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri, Anda bisa masuk ke aplikasi melalui nomor kartu/email/username dan password yang telah didaftarkan.
  • Anda telah masuk ke dalam aplikasi, nah di dalam menu utama pilihlah menu cetak kartu e-ID.
  • Setelah itu klik pada ikon email Anda dan ikuti semua prosesnya. Nanti pihak BPJS akan mengirimkan email berupa kartu BPJS Kesehatan yang baru.

 

Silakan Dicoba

Nah itulah kedua metode yang bisa Anda gunakan untuk mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang. Kira-kira metode mana yang akan Anda pilih, offline yang sedikit kompleks atau online yang jauh lebih mudah?

Berbicara soal kemudahan dari platform online, ada juga nih kegiatan yang kini bisa Anda gunakan dengan metode tersebut, yakni merencanakan keuangan. Anda tidak perlu lagi menulis pengeluaran hingga perencanaan keuangan di buku catatan.

 

 

Karena kini aplikasi Finansialku dapat menghimpun kebutuhan tersebut melalui smartphone yang Anda genggam. Banyak sekali fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan seperti catatan pengeluaran, membuat anggaran, memantau kinerja investasi, hingga live chat dengan para perencana keuangan.

Anda bisa mengunduh aplikasi Finansialku melalui PlayStore dan AppStore.

playstore icon
appstore icon

 

Itulah cara mudah mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang. Anda bisa membagikan artikel ini kepada kerabat atau keluarga yang memang membutuhkan informasi ini. Terima kasih

Semoga bermanfaat…

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2 Maret 2020. Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang. Djsn.go.id-https://tinyurl.com/ydgunv2d