Belum daftar BPJS Kesehatan karena tidak tahu caranya? Baca artikel ini sampai tuntas agar Anda bisa dapatkan benefit dari layanan ini.

Yuk simak step by step cara mendaftar BPJS Kesehatan dengan lengkap dan super mudah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Step by Step Daftar BPJS Kesehatan Online Lengkap

Pendaftar BPJS Kesehatan harus mengikuti aturan atau pun tahapan secara berurutan. Tentunya, hal ini perlu dilakukan agar lebih mudah dapat kartu BPJS kesehatan.

Dengan demikian, fasilitas yang disediakan bisa dimanfaatkan dengan baik. Namun, jika alasan tidak mendaftar karena ribet harus menunggu antrean yang panjang, kini pendaftaran bisa dilakukan dengan cara online.

Jika Anda ingin tahu cara mendaftar BPJS Kesehatan secara online, Anda bisa klik artikel di bawah ini.

Daftar BPJS Kesehatan Offline Ternyata Semudah Ini

 

#1 Kunjungi Laman Resmi BPJS Kesehatan

Apakah Anda ingin mendaftar secara online? Jika ya, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah membuka dan masuk ke website resmi dari BPJS Kesehatan.

Meskipun saat pertama masih membingungkan. Namun bukan masalah besar sebab pihak dari BPJS akan memberikan informasi serta arahan terlebih dulu sebelum dilakukan pendaftaran.

Anda juga akan diminta untuk membaca secara seksama syarat dan ketentuan yang muncul lalu memberikan tanda centang di bawah tulisan tersebut.

Ingatlah untuk membacanya dengan saksama, karena di dalamnya tertulis berbagai peraturan termasuk tanggal jatuh tempo iuran BPJS Kesehatan.

 

#2 Pengisian Data

Proses daftar BPJS Kesehatan dimulai dengan pengisian Nomor KK lengkap dengan kode captcha yang muncul. Setelahnya akan muncul daftar anggota keluarga yang aktif, kemudian klik tombol “proses selanjutnya”.

Selanjutnya isikan nomor HP, NPWP dan kelurahan. Pilih kelurahan yang sesuai dengan alamat yang Anda miliki, lalu centang kotak yang menyatakan bahwa alamat yang tertera sesuai dengan KTP Anda.

Baru Mau Daftar Ini Syarat Daftar BPJS Kesehatan. Mudah Kok! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Penyakit Epilepsi Adalah Penyakit Berbahaya! Apa Benar Di Tanggung BPJS?]

 

Selanjutnya pilihlah Fakses tingkat 1, sebagai Faskes pertama yang kita pilih sebelum dirujuk ke rumah sakit jika sakitnya tidak bisa ditangani Faskes tingkat 1. Faskes yang dipilih bisa puskesmas, dokter pribadi, maupun klinik yang tersedia.

Berikutnya unggah (upload) foto pribadi dengan maksimal ukuran foto 50kb, lalu klik “proses selanjutnya”.

Lengkapi data diri Anda sesuai dengan data yang diminta; data peserta, anggota keluarga, kelas perawatan, rekening bank dan nama pemilik rekening, nomor handphone, alamat email dan kode captcha yang diberikan saat masuk email.

Peserta perlu mengklik link aktivasi yang masuk di email untuk mendapatkan virtual account number.

Daftar BPJS Kesehatan online sudah selesai saat mendapat virtual account. Anda tinggal melakukan pembayaran melalui bank. Saat pembayaran selesai, Anda akan menerima e-ID yang bisa Anda cetak sendiri.

 

#3 Proses Pengambilan Kartu BPJS

Setelah kartu e-ID tersebut dicetak secara mandiri, kartu BPJS diambil oleh peserta di kantor cabang BPJS kesehatan terdekat di lokasi peserta. Nah, saat pengambilan kartu ini juga ada beberapa syarat yang harus dipenuhi peserta.

Pertama lakukan pengisian formulir, serta membawa 1 lembar fotokopi KTP, akta kelahiran dan KK.

Jangan lupa pas foto ukuran 3 x 4 lengkap dengan e-ID yang sudah dicetak. Peserta wajib membawa bukti pembayaran iuran BPJS yang didapatkan dari bank.

 

Mudahnya Daftar BPJS Kesehatan

Daftar sebagai peserta atau pun anggota BPJS Kesehatan tentu sangat mudah. Perlu diketahui bahwa ada iuran yang harus dibayarkan oleh peserta maksimalnya setiap bulan tanggal 10.

Jaga selalu kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki dengan baik, jangan sampai hilang dan rusak, apalagi sampai dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab.

Peserta juga harus melaporkan jika kartu BPJS hilang dan setuju untuk melakukan pendaftaran ulang.

Itulah tiga tahap serta syarat daftar BPJS Kesehatan secara online yang harus dipenuhi peserta. Selamat mencoba. Anda juga bisa mengecek cara lainnya dalam mendaftar BPJS, yakni daftar BPJS kesehatan offline.

 

 

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

DONASI

 

Apakah informasi seputar cara mendaftar BPJS Kesehatan ini bermanfaat? Jika ya, maka jangan lupa share artikel ini untuk teman-teman dan saudara yang ingin menjadi peserta, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Star Tonn. Persyaratan BPJS Kesehatan Terbaru 2017. Bloggues.com – https://goo.gl/Ewuirm
  • Husni Cahya Gumilar. 15 Maret 2017. Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2017 Untuk Peserta Mandiri atau Perorangan. Infokeren.id – https://goo.gl/pBYVh4

 

Sumber Gambar:

  • BPJS Kesehatan Online – https://goo.gl/czTNnG