Bagaimana cara daftar BPJS Kesehatan secara online dan offline? Apa saja keuntungan dari program BPJS Kesehatan ini?

Kupas tuntas semua jawabannya di artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

Summary

  • Pendaftaran BPJS kesehatan secara offline dapat dilakukan dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan, mengunjungi kantor BPJS kesehatan, mengisi formulir pendaftaran, membayar iuran, dan menyerahkan tanda bukti pembayaran.
  • Pendaftaran BPJS kesehatan secara online dapat dilakukan dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan, membuka situs resmi BPJS kesehatan, mengisi formulir, dan terakhir melakukan pembayaran.
  • Adapun keuntungan BPJS kesehatan adalah memperoleh jaminan kesehatan dari pemerintah, membantu masyarakat lain dalam hal kesehatan, dan menerima bantuan kesehatan dari pemerintah.

 

Mengenal BPJS Kesehatan

BPJS adalah  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. BUMN ini memiliki misi spesial dari pemerintah untuk memberikan jaminan sosial kesehatan kepada masyarakat Indonesia, terutama masyarakat yang kurang mampu.

Namun, apa saja syarat untuk daftar BPJS Kesehatan? Yuk simak rangkaian berikut ini.

 

Apa Syarat Daftar BPJS Kesehatan?

Sebelum datang untuk melakukan daftar BPJS Kesehatan sebaiknya penuhi dulu syarat berikut.

  • Fotocopy KK.
  • Selembar fotokopi KTP atau Paspor.
  • Fotokopi buku tabungan dari salah satu anggota keluarga yang tercantum dalam KK.
  • Selembar foto calon peserta yang melakukan daftar BPJS Kesehatan.

[Baca Juga: Apa Bisa Daftar BPJS Kesehatan Untuk 1 Orang Saja Dalam 1 KK?]

 

Step by Step Prosedur Offline Daftar BPJS Kesehatan

Cara daftar BPJS Kesehatan terdapat 2 cara, yaitu secara online dan offline. Untuk selengkapnya info tentang pendaftaran offline ada di bawah ini. 

 

Cara Offline: Siapkan Semua Persyaratan

Sebelum berangkat menuju kantor BPJS Kesehatan sebaiknya penuhi dulu syarat dan ketentuannya. Bawalah kelengkapan dokumen yang dibutuhkan, seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Pastikan juga Anda memenuhi ketentuan yang berlaku, seperti sudah cukup umur untuk melakukan daftar BPJS Kesehatan.

 

Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan

Daftar BPJS Kesehatan secara offline memang mengharuskan Anda untuk datang ke kantornya. Di sini Anda akan diberi arahan dan layanan untuk melakukan daftar BPJS Kesehatan.

Mulai dari pengisian formulir hingga tahap mencetak kartu BPJS.

 

Isilah Formulir Pendaftaran

Setelah Anda datang mungkin akan sempat mengantri, lalu baru diinstruksikan untuk mengisi formulir pendaftaran BPJS Kesehatan. Formulir tersebut berisikan tentang data pribadi. 

Mulai dari nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, nomor KK, dan lainnya. Isilah data pribadi dengan lengkap dan benar. Pastikan tidak ada kesalahan saat mengisinya. 

 

Serahkan Kembali Formulir 

Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, jangan lupa untuk menyerahkan formulir pendaftaran BPJS kepada petugas yang melayani Anda.

Petugas tersebut akan memasukan data pribadi Anda ke dalam sistem BPJS Kesehatan. Setelah itu Anda akan diberi nomor account virtual lengkap dengan iuran yang harus Anda bayarkan secepatnya.

 

Bayar Iurannya

Setelah melakukan ke tempat langkah tersebut Anda dapat melakukan pembayaran iuran. Pembayaran ini bisa Anda lakukan di bank yang bekerja sama dengan salah satu Badan Usaha Milik Negara ini.

Maka dari itu siapkan juga uang yang cukup untuk bisa melakukan pembayaran uang BPJS.

[Baca Juga: Ini Cara Daftar dan Cek Iuran di BPJS Kesehatan Online]

 

Serahkan Juga Tanda Bukti Pembayarannya 

Setelah membayar iuran BPJS, jangan terburu-buru untuk membuang tanda buktinya. Sebaiknya  simpan sebentar untuk Anda serahkan tanda bukti tersebut kepada petugas BPJS Kesehatan.

Hal ini perlu untuk dapat memproses pencetakan kartu BPJS Kesehatan Anda.

 

Pendaftaran BPJS Anda Telah Usai

Setelah tuntas melakukan hal-hal tersebut. Maka, pendaftaran Anda telah usai dan sedang diproses untuk bisa mendapatkan kartu BPJS. Kartu BPJS ini akan tersedia kurang lebihnya selama 2 pekan.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dan Offline sampai Keuntungannya Ada di Sini - 02 - Finansialku

Sumber: bisnis-cdn.com – https://bit.ly/3KSGvFb

 

Step by Step Prosedur Online Daftar BPJS Kesehatan

Anda tidak ingin repot kesana-kemari hanya untuk melakukan pendaftaran? Sepertinya Anda hanya perlu duduk di rumah untuk melakukan hal ini.

Bagaimana bisa? Coba lakukanlah tutorial mendaftar BPJS Kesehatan secara online berikut ini. 

 

Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah memiliki akses internet, maka Anda juga perlu menyediakan dokumen yang diperlukan. Seperti yang telah terlampir pada bagian sebelumnya.

Dokumen tersebut berguna untuk memudahkan Anda mengisi formulir pendaftaran BPJS Kesehatan.

 

Buka Situs Resmi BPJS Kesehatan 

BPJS Kesehatan memiliki situs website yang bisa diakses oleh semua orang.

Anda bisa mengaksesnya dengan memasukan link situs BPJS Kesehatan atau dengan memasukan kata kunci daftar BPJS Kesehatan maka akan nampak situs resminya tersebut. Anda dapat membukanya untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

 

Isi Formulir Pendaftaran

Sebelum mengisi formulir pendaftaran, klik tombol pendaftaran terlebih dahulu. Setelah itu akan muncul formulir pendaftaran BPJS Kesehatan.

Isi data pribadi dengan benar dengan menggunakan dokumen yang telah dipersiapkan. Lalu pilih Fasilitas BPJS Kesehatan yang Anda butuhkan.

Lanjut dengan meng-upload foto ke situs web BPJS Kesehatan. Pilihlah foto Anda yang paling cocok untuk di-upload di situs web ini. Pastikan foto Anda memiliki ukuran yang tidak lebih dari 50 kb.

Klik tombol selanjutnya setelah meng-upload foto. Kemudian lengkapi data yang diperlukan, seperti data anggota keluarga, alamat email, nomor telepon, nomor rekening, alamat rumah, dan sebagainya. Lalu klik tombol kirim.

Setelah melengkapi data dan mengirimnya, Anda akan diberikan nomor virtual account. Biasanya nomor virtual account akan dikirimkan lewat email. Masukan nomor tersebut untuk melakukan aktivasi.

 

Lakukan Pembayaran dan Ambil Kartu BPJS Anda

Setelah selesai melakukan pendaftaran, maka Anda ditunggu untuk segera melakukan pembayaran iuran. Pembayaran ini bisa Anda lakukan di kantor bank ataupun mesin ATM. Namun, jika tak mau repot, E-Banking siap membantu Anda.

Jika pendaftaran dan pembayaran telah sukses dilakukan. Maka Anda bisa mengambil kartu BPJS Kesehatan tersebut dalam jarak beberapa hari ke depan. Namun, sebelum itu cek e-ID terlebih dahulu di situs web tersebut. 

[Baca Juga: Daftar Bank Mitra BPJS Kesehatan di Indonesia]

 

Keuntungan Mengikuti BPJS Kesehatan

Setelah melakukan daftar mandiri BPJS Kesehatan, lalu apa yang didapatkan peserta BPJS Kesehatan? Lihatlah daftar berikut.

  • Mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan.
  • Dapat membantu masyarakat lain untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
  • Dapat menerima bantuan kesehatan dari pemerintah.

Daftar BPJS Kesehatan memanglah sangat mudah dan menguntungkan. Maka dari itu segeralah lakukan pendaftaran dan dapatkan keuntungannya.

Selain BPJS Kesehatan, ada juga perusahaan-perusahaan asuransi lain yang juga menawarkan proteksi kesehatan di Indonesia.

Namun, permasalahannya adalah dari sekian banyak perusahaan asuransi, bagaimana cara memilih asuransi yang cocok? Dan apakah memiliki asuransi kesehatan itu penting?

Yuk cari jawabannya dalam audiobook Finansialku di bawah ini. Tentu saja Anda dapat mendengarkannya secara gratis.banner -cara memilih dan alasan penting asuransi kesehatan

 

Siap untuk daftar BPJS Kesehatan? Yuk bagikan informasi yang penting ini pada teman-teman dan orang terdekat yang belum mendaftar. Terima kasih. 

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3HfYmUf