facebook_pixel

5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android

Apa saja aplikasi penghemat kuota? Bagaimana cara menghemat kuota data internet? Di zaman digital sekarang ini, pulsa adalah salah satu kebutuhan primer yang diperlukan oleh masyarakat modern. Banyak orang rela merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah untuk bisa membeli paket internet setiap bulan. Begitupun dengan aktivitasnya, hampir segala aktivitas di smartphone membutuhkan internet.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

5 Aplikasi Penghemat Kuota untuk Pengguna Android     

Seringkali kita tidak menyadari kuota internet sering habis begitu cepat. Android menyediakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk penghematan terhadap kuota dan aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store. Mari kita lihat dan coba untuk aplikasi penghemat kuota berikut ini.

 

#1 My Data Manager

Aplikasi My Data Manager telah digunakan lebih dari 11,5 juta pengguna. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah melacak berapa banyak data yang Anda gunakan sehingga Anda bisa memantau penggunaannya secara bijaksana agar tidak kehabisan kuota internet secara tiba-tiba.

My Data Manager akan menginformasikan kepada Anda aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data dan menghentikan aplikasi tersebut untuk menghemat penggunaan kuota. Tak hanya memantau penggunaan data saat Anda menggunakan paket data, tetapi My Data Manager juga memantau pemakaian data Anda ketika Anda terkoneksi dengan Wi-Fi.

5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android 02 - Finansialku

 

#2 Opera Max

Sebuah asisten pintar yang dapat memberikan saran terbaik secara personal untuk menghemat data Anda, melindungi keamanan Anda, dan mengelola aplikasi. Aplikasi Opera Max mampu mengompres semua data yang masuk baik melalui browser, aplikasi, atau game. Dengan kompresi data yang cukup tinggi, membuat komunikasi data semakin ringan sehingga selain menghemat kuota internet, juga akan mempercepat koneksi internet.

5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android 03 - Finansialku

Opera Max akan melacak penggunaan data aplikasi dan memberikan saran mengenai bagaimana cara terbaik untuk mengurangi data terbuang, menghemat uang dan melindungi privasi Anda. Aplikasi Opera Max juga dapat digunakan untuk memblokir komunikasi data aplikasi tertentu, ini cukup efektif untuk mematikan iklan di Android terutama pada game-game gratis. Selain keamanan yang kuat, Opera Max meningkatkan konektivitas Wi-Fi untuk aplikasi Anda saat sinyal lemah atau hotspot Wi-Fi yang penuh.

 

#3 Protect Free VPN+ Data Manager

Sebuah perusahaan teknologi asal Israel, Onavo, yang diakuisisi Facebook ini membuat Protect Free VPN+Data Manager dengan tujuan agar dapat mengurangi biaya pengelolaan data pada pengguna smartphone.

Facebook memanfaatkan jasa perusahaan tersebut untuk mencapai tujuannya membuat penggunaan internet lebih hemat bagi para penggunanya. Zuckerberg berniat memastikan masyarakat tidak mengeluarkan biaya internet mahal saat mengakses Facebook.

Onavo Extend akan menunjukkan seberapa banyak data yang sudah terpakai dan data yang masih tersisa. Dan dapat memberikan peringatan ketika Anda sudah terlalu banyak menggunakan kuota internet. Dalam aplikasi ini Anda juga bisa memberikan batasan untuk pemakaian kuota yang Anda inginkan.

5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android 04 - Finansialku

 

#4 CM Data Manager

CM Data Manager merupakan aplikasi handal yang membantu Anda mengelola data seluler Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memeriksa penggunaan data dan kecepatan jaringan secara instan sepanjang waktu, dan memantau semua penggunaan data seluler di latar belakang dan latar depan. Aplikasi ini bahkan melindungi tagihan ponsel Anda dengan memblokir aplikasi yang membuang-buang paket data Anda.

Aplikasi yang praktis dan ringan hanya dengan kurang dari 5MB, akan menunjukkan info data secara langsung tanpa mengganggu Anda. Dapat disiapkan dalam beberapa detik dengan memasukkan sejumlah informasi yang sederhana. Aplikasi ini juga akan memberikan peringatan apabila ada aplikasi yang membuang-buang data atau Anda hampir mencapai batas penggunaan data Anda.

5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android 05 - Finansialku

 

#5 DataEye

DataEye menghemat kuota dan baterai ponsel Anda dengan membiarkan Anda mengelola lalu lintas data seluler Anda secara mandiri.

Aplikasi ini akan memberikan saran untuk Anda dapat menyimpan data dan mengatur kuota yang Anda inginkan. Anda dapat mengendalikan berdasarkan aplikasi per aplikasi.

Sama dengan aplikasi-aplikasi yang lainnya, DataEye juga dilengkapi dengan track yang bisa memperlihatkan berapa banyak data yang sudah Anda gunakan. Selain itu, Anda dapat memblokir juga background yang tidak diinginkan.

Selain dengan mengelola data, aplikasi ini juga membantu Anda untuk mengatur kekuatan baterai Anda.

5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android 06 - Finansialku

 

5 Cara Menghemat Kuota untuk Android                                

Dalam memilih paket kuota yang diberikan provider, kita tentu sering mendengar kata “Unlimited”. Setiap provider mempunyai peraturan berbeda untuk setiap paket internet “Unlimited” miliknya.

Free Download Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

Perbedaan harga paket tentunya mempengaruhi kecepatan, kualitas, teknologi, serta beragam fitur yang didapatkan. Untuk itu kita perlu berhati-hati dan memperhatikan setiap pemakaian kuota kita agar tidak melebihi batas aturan yang ditetapkan provider. Berikut ini adalah beberapa cara untuk kita dapat menghemat pemakaian kuota kita.

Aplikasi-Finansialku-About-Us

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

#1 Atur Peringatan Batas Data

Bila Anda tidak menggunakan aplikasi untuk mengontrol pemakaian kuota, Anda dapat mengatur untuk pemakaian kuota secara manual di Android Anda.

Anda dapat membuka Settings, dan di bawah dari Wireless & Network, dan bisa memilih Data Usage. Anda dapat melihat ada tabel yang menunjukkan penggunaan data Anda untuk jangka waktu tertentu. Anda dapat mengaktifkan Set Mobile Data Limit dan kemudian memindahkan garis hitam dan merah untuk mengatur peringatan. Garis hitam akan memicu pemberitahuan bahwa Anda mendekati batas Anda, sementara garis merah mewakili ambang batas perangkat Android Anda menutup data seluler.

 

#2 Batasi Penggunaan Data di Latar Belakang/Background Data

Background data adalah salah satu pemborosan data internet yang besar, dan Anda mungkin tidak menyadari akan hal itu. Sebagai contoh Mail bekerja untuk menyinkronkan pesan baru saat Anda menerimanya, otomatis men-download pembaruan aplikasi baru, widget cuaca, dan aplikasi lainnya. Apakah Anda benar-benar membutuhkan ini? Apakah Ada yang bisa menunggu sampai Anda terhubung dengan Wi-Fi?

Maka dari itu, Anda dapat mengaturnya di menu Settings, lalu pilih Data Usage, kemudian pilih Restrict Background Data. Jika Anda mau mengatur satu demi satu, Anda dapat mengunjungi setiap aplikasi yang sudah Anda install sebelumnya. Apabila ingin mematikan sinkronisasi email, Anda bisa masuk ke Settings, masuk ke Account, Google, lalu matikan Auto-sync. Sehingga, Anda harus memeriksa email Anda secara manual.

5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android 07 - Finansialku

[Baca Juga: Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku]

 

#3 Ubah kebiasaan Browsing Anda

Ada beberapa aplikasi browser yang dibuat begitu sederhana dan dapat mengkompresi data secara cepat. Jadi ketika Anda punya masalah dengan brandwith terbatas atau koneksi internet yang tidak stabil, Anda bisa menggunakan browser-browser ini dengan tenang. Contohnya, Opera Mini, dimana browser ini dapat mengkompresi data dan kecepatan internet juga mengurangi kualitas gambar, text wrap, protokol, dan lain sebagainya. UC Browser, aplikasi ini mampu mengompres halaman website dengan mode “Fast” dimana Anda dapat menjelajahi dunia maya dengan sangat cepat. KK Browser salah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki brandwith terbatas dan kecepatan internet yang terbilang lambat. Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya, KK Browser berkapasitas 1MB saja.

 

#4 Berlangganan Layanan Streaming dengan Opsi Offline atau Dengan Game Offline

Video, bermain game online, mendengarkan musik online adalah hal yang paling banyak menghabiskan kuota internet. Ada beberapa aplikasi yang menawarkan untuk konten secara offline, baik itu untuk video maupun untuk mendengarkan musik. Aplikasi seperti Google Music, Spotify, Apple Music, memungkinkan Anda untuk membuat daftar putar untuk mendengarkan secara offline, namun Anda memerlukan beberapa memori yang cukup untuk menyimpannya.

Youtube sendiri saat ini sudah menyediakan bagian untuk kita bisa menyimpannya dalam bentuk offline. Sehingga saat sedang tidak ada internet atau sinyal, Anda pun masih bisa menonton video kesayangan Anda.

 

#5 Kompres Browser Anda

Google Chrome memiliki fitur ini akan menghemat kuota Anda 30-35% konsumsi kuota data internet Anda. Anda tinggal mengklik ikon tiga titik lurus, lalu pilih Settings, selanjutnya pilih Advanced dan klik Reduce Data Usage untuk mengaktifkan fitur penghematan data. Hanya saja menggunakan fitur ini akan sedikit memperlambat kecepatan Anda menjelajah dunia internet.

5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android 08 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana dengan Aplikasi Finansialku]

 

Bagi yang memakai browser Opera, Anda dapat mengompresi video saat melakukan penjelajahan di dunia maya. Untuk mengaktifkannya, cukup dengan pilih settings, dan pilih Data Savings. Dengan adanya aplikasi ini Anda dapat menghemat kuota Anda saat Anda menonton video secara streaming.

5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android 09 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Dana Pernikahan dengan Aplikasi Finansialku]

 

Apakah informasi di atas dapat membantu Anda dalam menghemat kuota data internet? Sudahkah Anda menggunakan aplikasi penghemat kuota? Berikan opini Anda pada kolom tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Akbar. 3 April 2017. Isi Ulang Pulsa Bisa Bikin Bokek Lho, Atasi dengan Hal Ini. Duitpintar.com – https://goo.gl/7ICJX0
  • Jofinno Herian. 19 Maret 2017. 10+ Cara Menghemat Kuota Data di Smartphone Android. Jalantikus.com – https://goo.gl/XCjOHd
  • RL. 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet untuk Android. Carisinyal.com – https://goo.gl/pAXzI1
  • Ed Oswald dan Simon Hill. 26 April 2017. Cut Down On Your Phone Bill: How to Reduce Your Data Usage on Android or iOS. Digitaltrends.com -https://goo.gl/ygvNDe

 

Sumber Gambar:

  • Data Usage – https://goo.gl/XhpYAa
  • My Data Manager – https://goo.gl/MAQG6m
  • Opera Max – https://goo.gl/GtnklS
  • Protect Free VPN+ Data Manager – https://goo.gl/4JqKhV
  • CM Data Manager – https://goo.gl/oy8T0t
  • DataEye – https://goo.gl/9TtoX6
  • Background Data – https://goo.gl/hl7ozM
  • Compress Browser – https://goo.gl/XXfjHN
  • Compress Video – https://goo.gl/iVdhCC

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

6 Comments

  1. internet murah super kuota 14 June 2017 at 14:41 - Reply

    terima kasih infonya

    • Finansialku
      Finansialku 15 June 2017 at 08:57 - Reply

      Hi terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  2. cloud storage indonesia 4 July 2017 at 08:39 - Reply

    Thanks untuk infonya

    • Finansialku
      Finansialku 6 July 2017 at 08:42 - Reply

      Hi, terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga penjelasan kami mengenai menghemat quota dapat bermanfaat.

  3. Bjm cell 15 July 2017 at 18:38 - Reply

    Keren juga tips nya. Baca juga nih 7 Tips sebelum ente membeli Hp android dengan harga murah

    • Finansialku
      Finansialku 17 July 2017 at 10:16 - Reply

      Hi, Terima Kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga penjelasan kami bermanfaat. Terima Kasih

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download