Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku

Ingin melanjutkan studi dengan mengikuti kuliah kelas karyawan, ayo hitung dananya! Pendidikan merupakan salah satu modal untuk menunjang karier. Jika sudah terlanjur bekerja, terkadang sulit untuk kembali kuliah waktu penuh. Kelas karyawan bisa menjadi salah satu solusinya, mari hitung persiapan dana kuliah kelas karyawan dengan aplikasi Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Melanjutkan Studi Setelah Bekerja

Bagi sebagian orang kuliah adalah masa-masa yang paling menyenangkan. Setelah memasuki dunia kerja seringkali keinginan untuk kembali kuliah muncul. Selain untuk mengembangkan diri dan pengetahuan, pendidikan lanjutan juga dapat mendukung karier. Biasanya jika sudah mengemban pendidikan yang lebih tinggi, karier pun akan segera berkembang.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang perlu melanjutkan studinya ketika sudah memasuki dunia kerja:

Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 02- Finansialku

[Baca Juga: DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku]

 

#1 Meningkatkan Kemampuan dan Pengetahuan

Dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi tentu ada kemampuan dan pengetahuan baru yang bisa Anda dapatkan. Dengan begitu Anda bisa menjadi lebih ahli dalam bidang yang sedang digeluti. Semakin lama Anda bekerja maka akan terjadi peningkatan dalam karier, baik itu naik jabatan atau memiliki junior-junior baru. Pengetahuan baru juga perlu Anda dapatkan agar dapat terus mengembangkan karyawan lain yang bekerja di bawah Anda. Jangan salah, ilmu pengetahuan terus berkembang. Ketika sudah menjadi senior pun Anda tetap harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, jika tidak Anda akan kalah update dengan junior-junior yang baru masuk di perusahaan nantinya.

 

#2 Menambah Koneksi

Ketika memasuki sebuah lingkungan baru, Anda pasti akan berkenalan dengan orang-orang baru. Begitu pula halnya ketika mengikuti sebuah lingkungan pendidikan yang baru. Disana Anda dapat berkenalan dengan banyak orang baru yang memiliki ketertarikan bidang yang sama dengan Anda, namun bisa memiliki berbagai latar belakang. Misalnya jika Anda sebelumnya telah lulus sarjana matematika, tetapi kemudian ingin mengambil program master bisnis dan manajemen. Program bisnis dan manajemen adalah program yang memiliki cakupan luas dan relatif digunakan dalam segala industri. Dalam pendidikan S2 tersebut Anda dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda-beda, misalnya hukum, arsitektur, teknik, latar belakang lainnya.

Dengan mengenal orang-orang baru, ada banyak peluang terbuka yang bisa Anda manfaatkan. Hampir selalu ada manfaat dari memiliki koneksi yang luas. Misalnya jika suatu saat Anda membutuhkan sesuatu untuk pekerjaan atau ingin membuat bisnis sendiri, koneksi baru ini biasanya dapat membantu Anda.

Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku]

 

#3 Meningkatkan Kebanggaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita tinggal di negara penganut budaya Timur yang masih sangat kental. Seringkali gelar dianggap sebagai sebuah indikator nilai seseorang. Bagi sebagian orang hal ini tidak benar, tetapi masih banyak orang yang menganggap semakin panjang gelar maka akan semakin membanggakan. Jika Anda adalah orang yang masih sangat mementingkan hal ini maka melanjutkan studi ketika sudah bekerja adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Dengan menjalani jenjang pendidikan yang lebih tinggi akan ada kebanggaan tersendiri bagi Anda dan keluarga.

 

#4 Mendukung Kemajuan Karier

Ketika Anda menjalani kuliah S1 biasanya materi yang dipelajari adalah teknik-teknik mengenai bidang tersebut. Misalnya bagi seseorang yang berasal dari jurusan teknik industri, kebanyakan materi yang dipelajari selama kuliah S1 adalah yang berkaitan dengan teknik-teknik untuk mendukung bidang industri. Ketika karier Anda berkembang dan akan menuju level manajerial, pembelajaran mengenai teknik saja tidak lagi cukup. Anda perlu pengetahuan manajerial untuk dapat mengelola perusahaan pada taraf yang lebih tinggi. Inilah salah satu alasan mengapa melanjutkan studi penting untuk perkembangan karir Anda.

Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku]

 

Menyiapkan Biaya Kuliah Lanjutan

Ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Namun setiap perkuliahan pasti membutuhkan biaya. Jika harus membayar sendiri biaya kuliah tersebut maka Anda perlu menyiapkan dananya terlebih dahulu. Biaya yang harus dipersiapkan bukan hanya biaya masuk kuliah, tetapi juga biaya kuliah setiap semester dan jangan lupa untuk memperhitungkan biaya hidup. Jika Anda memilih untuk kuliah full time maka tidak mungkin Anda tetap aktif bekerja di tempat Anda bekerja saat ini.

Karena itu kelas karyawan dapat menjadi salah satu solusinya. Anda bisa tetap bekerja sambil melanjutkan kuliah di malam hari atau pada akhir pekan. Dengan begitu Anda bisa tetap memiliki gaji setiap bulan dan sekaligus melanjutkan pendidikan. Tidak jarang ada perusahaan yang mau membayar biaya kuliah lanjutan karyawannya dengan catatan ada kontrak kerja yang harus dipatuhi. Jika bisa mendapatkan pendanaan tersebut Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya-biaya kuliah. Namun bagi Anda yang harus membayar biaya kuliah kelas karyawan sendiri, Anda dapat merencanakan dananya sejak dini dengan aplikasi Finansialku.

Keluarga Bahagia karena Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Setiap Orang dapat Mengurus Keuangan Keluarga dengan Aplikasi Finansialku]

 

Simulasi Persiapan Dana Kuliah

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda menyiapkan berbagai tujuan keuangan, salah satunya adalah dana untuk melanjutkan kuliah. Mari kita simak simulasi berikut ini untuk mempersiapkan dana kuliah lanjutan:

 

Dina adalah seorang karyawan di perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi. Saat ini Dina berusia 23 tahun. Sebelumnya Dina sudah memiliki gelar sarjana dari jurusan teknik informatika. Saat ini Dina ingin melanjutkan studi S2 yang berkaitan dengan bisnis agar ia dapat mengembangkan potensinya menuju jenjang karir manajerial. Dina berencana mengambil kelas karyawan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan biaya sendiri.

Saat ini biaya kuliah untuk universitas yang dipilih oleh Dina adalah sebesar Rp20 juta dan uang kuliah per semesternya sebesar Rp10 juta. Saat ini Dina belum memiliki persiapan dana apapun, sehingga dia harus menyiapkan dana dari nol. Dina menetapkan target untuk mulai kuliah di tahun berikutnya. Ia berencana untuk menginvestasikan dana pendidikannya pada reksa dana dengan return 12% per tahun. Dengan asumsi kenaikan biaya pendidikan sebesar 10% per tahun, berapakah dana yang harus diinvestasikan setiap bulannya?

Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 03- Finansialku

[Baca Juga: Yakin, Masih Berpikir Tidak Butuh Rencana Keuangan, Yakin Masih Mau Gitu-Gitu Saja]

 

Dina harus berinvestasi sebesar Rp5.324.244 per bulan selama 12 bulan agar seluruh biaya kuliah S2-nya dapat terpenuhi pada tahun depan.

 

Mengembangkan Potensi Sambil Mencari Uang

Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi ketika sudah bekerja adalah sebuah keinginan yang tidak mustahil. Anda dapat menggunakan fasilitas kuliah kelas karyawan jika ingin tetap bekerja sambil melanjutkan kuliah. Tetapi sebelumnya Anda harus memastikan dari mana sumber dana kuliah yang akan diambil. Jika Anda juga berencana melanjutkan studi dengan kelas karyawan seperti Dina, Anda juga dapat memperhitungkan dananya dengan aplikasi Finansialku. Pastikan dana yang Anda investasikan setiap bulannya sesuai dengan jumlah minimal yang diharuskan agar keinginan Anda melanjutkan studi dapat terwujud sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan.

 

Apa yang akan Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Berikan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa – https://goo.gl/k4LmYq
  • Karyawan – https://goo.gl/BuzPCv

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download