Ini Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana dengan Aplikasi Finansialku

Bagaimana cara menghitung keuntungan dari investasi reksa dana? Sekarang Anda tidak perlu repot menghitung secara manual berapa keuntungan investasi reksa dana Anda. Gunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa besar keuntungannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana

Investasi merupakan satu-satunya cara untuk mencapai kebebasan keuangan, karena definisi kebebasan keuangan atau financial freedom adalah memiliki penghasilan pasif atau penghasilan investasi yang lebih besar daripada pengeluaran. Karena itu Anda wajib berinvestasi jika ingin hidup sejahtera tanpa perlu menukarkan waktu, tenaga dan pikiran dengan uang. Merupakan sebuah hal yang baik jika Anda sudah mulai berinvestasi saat ini.

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah investasi reksa dana. Reksa dana adalah salah satu produk investasi yang sedang gencar dipasarkan saat ini. Produk-produk reksa dana tersebut terdiri dari berbagai produk investasi lainnya yang digabungkan menjadi sebuah portofolio investasi (yang kemudian disebut reksa dana).

Keuntungan dari reksa dana ini bisa digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan yang telah Anda tentukan. Jika tidak, bisa juga digunakan untuk mempertahankan nilai uang yang Anda miliki, atau bahkan untuk menyimpan dana darurat (khusus reksa dana pasar uang yang memiliki likuiditas tinggi).

Ini Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana dengan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami 20 Pertanyaan Seputar Investasi Reksa Dana agar Anda Tidak Salah Berinvestasi]

 

Apapun produk investasi yang Anda gunakan, setiap investor pasti memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Jika tidak mengharapkan keuntungan besar-besaran pun, setidaknya investasi dapat digunakan untuk mempertahankan nilai uang yang dimiliki agar tidak tergerus inflasi terus menerus.

Agar investasi Anda bisa optimal, perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi ini bertujuan memastikan produk investasi yang Anda gunakan memiliki kinerja yang optimal. Jangan sampai Anda menyimpan uang di sebuah produk investasi yang ternyata tidak menguntungkan tetapi justru merugikan.

Memang tidak ada yang dapat menjamin bahwa sebuah produk investasi tidak akan pernah merugikan Anda, karena nilai produk-produk tersebut sangat bergantung pada kondisi pasar yang terus berfluktuasi.

Tetapi ketika ada produk investasi yang sudah terlalu lama merugikan dan dalam jangka panjang dapat diprediksi tidak memberikan keuntungan yang optimal, Anda dapat segera mengambil tindakan koreksi.

Segera pindahkan uang Anda dari produk investasi yang merugikan tersebut sehingga setidaknya Anda membatasi kemungkinan kerugian yang lebih parah lagi. Karena itu perlu dilakukan evaluasi secara berkala, bisa per bulan atau per tahun.

Hanya saja tidak semua orang mampu dan mau menghitung. Bagi sebagian orang menghitung keuntungan reksa dana adalah hal yang rumit dan merepotkan. Akibatnya investor seperti ini hanya membeli reksa dana dan mendiamkannya selama bertahun-tahun tanpa mengetahui apakah sebenarnya produk reksa dana tersebut menghasilkan keuntungan atau justru merugikannya.

Karena itu, Finansialku akan membantu memudahkan Anda dalam mengevaluasi produk investasi yang dimiliki. Kali ini Finansialku akan menjelaskan bagaimana cara menghitung keuntungan reksa dana dengan aplikasi Finansialku. Mari simak ilustrasi berikut ini:

Wajib Diketahui Sebelum Anda Berinvestasi Reksa Dana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Wajib Diketahui Sebelum Anda Berinvestasi Reksa Dana]

 

Rendi adalah seorang karyawan swasta yang berusia 25 tahun. Saat ini dia sedang berusaha mencapai tujuan keuangannya untuk pergi berlibur ke Eropa di tahun 2018. Untuk mencapai tujuan keuangan tersebut Rendi menginvestasikan uangnya pada sebuah reksa dana saham yang bernama Reksa Dana XYZ.

Pada saat akan membeli reksa dana tersebut, Rendi mendapatkan data bahwa data sebelumnya menunjukkan Reksa Dana XYZ memberikan keuntungan sebesar 15% per tahun. Rendi membeli Reksa Dana XYZ senilai Rp20 juta pada tahun 2016. Pada saat membeli Reksa Dana XYZ di tahun 2016 NAB per unitnya adalah sebesar Rp1.285.

Saat ini Rendi ingin mengevaluasi sudah sebesar apa keuntungan reksa dana yang dimilikinya. Ia berharap reksa dana tersebut memberikan keuntungan paling tidak 15% (sesuai data historis yang didapatkan ketika akan membeli reksa dana tersebut).

Namun karena fluktuasi pasar, bisa saja keuntungan kurang atau lebih dari angka tersebut. Jika setelah berinvestasi selama 1 tahun return yang didapatkan kurang dari 15% maka Rendi akan memindahkan dana investasinya ke reksa dana lain yang diharapkan dapat memberikan performa lebih baik.

Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK 01 - Finansialku

  [Baca Juga: Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana: Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?]

 

NAB per unit reksa dana yang sama saat ini adalah sebesar Rp1.527. Tidak ada biaya komisi yang harus dibayarkan untuk setiap pembelian dan penjualan reksa dana XYZ. Rendi masih memiliki waktu 1 tahun lagi untuk menginvestasikan uang tersebut hingga tahun 2018.

Jika sekiranya Reksa Dana XYZ tidak menghasilkan keuntungan yang maksimal, ia ingin memindahkan investasinya ke reksa dana lain agar dana yang dibutuhkannya untuk berlibur ke Eropa dapat terpenuhi di tahun 2018.

Karena itu Rendi dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa persentase keuntungan yang telah didapatkan dari sejak mulai berinvestasi hingga hari ini. Berikut adalah keuntungan yang didapatkan oleh Rendi dari Reksa Dana XYZ:

Ini Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana dengan Aplikasi Finansialku 03 - Finansialku

[Baca Juga: Memahami Mekanisme Naik Turunnya Harga Reksa Dana]

 

Setelah berinvestasi selama 1 tahun pada Reksa Dana XYZ ternyata Rendi mendapatkan keuntungan sebesar 18,83% atau sebesar Rp3.766.536 dari modal investasi Rp20.000.000. Karena hasilnya lebih besar daripada ekspektasi Rendi maka ia akan tetap melanjutkan investasinya pada Reksa Dana XYZ hingga tahun 2018 nanti.

Sangat mudah bukan? Dengan aplikasi Finansialku, Rendi pun bisa memiliki gambaran yang jelas akan kondisi investasinya. Seperti Rendi, Anda pun dapat mengontrol proses investasi yang Anda lakukan dengan Aplikasi Finnasialku. Sebagai bentuk apresisasi kami, Anda pun kami berikan free trial Aplikasi Finansialku gratis selama 30 hari. Silahkan Download.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Evaluasi Kinerja Produk Investasi

Tujuan setiap orang berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan atau setidaknya mempertahankan nilai uang yang dimiliki agar tidak terus tergerus inflasi. Jika Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi pada sebuah produk, sebaiknya Anda terus mengevaluasi kinerja produk tersebut secara berkala.

Bukan berarti dengan mengevaluasi Anda harus dengan mudah memindahkan investasi ketika sebuah produk sedikit tidak memuaskan, karena umumnya banyak produk investasi yang baru optimal jika disimpan dalam jangka panjang. Tetapi dengan mengevaluasi secara berkala Anda dapat terus mengontrol investasi secara bijaksana.

Jangan sampai tidak pernah mengevaluasi kinerja investasi dan ternyata Anda sudah mengalami banyak kerugian yang tidak wajar. Jika merasa kesulitan menghitung keuntungan reksa dana secara manual, gunakan aplikasi Finansialku.

 

Pernahkah Anda berinvestasi reksa dana? Apa pengalaman berharga Anda yang pernah Anda dapati? Berikan pengalaman tersebut pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Keluarga – 123rf

 

Download E-Book Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula (GRATIS)

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

 

Download Sekarang

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download