Bagaimana cara merencanakan dana pernikahan? Bagi para pasangan yang akan segera menikah, ayo rencanakan dana pernikahan Anda dengan aplikasi Finansialku.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ingin Segera Menikah? Siapkan Dulu Dananya

Setelah bekerja selama beberapa tahun dan menemukan pasangan hidup yang tepat, Anda dan pasangan ingin maju ke tahap yang lebih serius yaitu pernikahan. Rencana bahagia ini biasanya dinanti-nantikan oleh setiap orang, baik Anda dan pasangan maupun keluarga besar. Namun sebelum bersenang-senang, sudahkah Anda mempersiapkan dana untuk pernikahan dengan matang? Setiap pernikahan diharapkan membawa kebahagiaan. Jangan sampai biaya menjadi permasalahan yang membuat kebahagiaan tersebut tertutup oleh kekhawatiran.

Cara Merencanakan Dana Pernikahan dengan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah: Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Karena itu setiap pasangan yang akan menikah harus mempersiapkan dana pernikahan dengan matang. Jika memungkinkan persiapkan dana tersebut sejak jauh-jauh hari sehingga Anda dapat mengumpulkannya sedikit demi sedikit. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pernikahan:

 

#1 Pastikan Tanggal Pernikahan dan Berbagai Deadline

Setelah memutuskan untuk menikah, tentu Anda dan pasangan harus menentukan kapan tanggal bahagia yang ingin Anda pilih untuk menjalankan pernikahan. Selain tanggal pernikahan, Anda juga harus menentukan tenggat waktu untuk mempersiapkan seluruh kebutuhan pernikahan. Hal ini nantinya akan terkait dengan tanggal-tanggal untuk melunasi seluruh pembayaran.

Menghadiri Pernikahan di Luar Kota dengan Anggaran Terbatas 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menghadiri Pernikahan di Luar Kota dengan Anggaran Terbatas]

 

Anda harus membuat jadwal kapan akan membayar sewa gedung, catering, gaun pengantin, jas pengantin, dan seluruh detail lainnya yang akan dibutuhkan untuk pernikahan Anda. Jika sudah memiliki jadwal yang jelas, Anda dapat lebih leluasa menentukan produk apa yang nantinya efektif digunakan untuk menyiapkan dana pernikahan tersebut.

 

#2 Perhitungkan Seluruh Biaya

Pernikahan bagi setiap orang bisa memiliki makna yang berbeda-beda. Ada pasangan yang menganggap bahwa pernikahan harus diadakan secara besar-besaran, sementara ada juga pasangan yang hanya ingin merayakannya dengan syukuran yang sederhana. Apapun pilihan Anda, tetap ada biaya yang harus dikeluarkan. Jauh sebelum memutuskan untuk menikah, Anda harus mempersiapkan diri dan mengetahui fakta bahwa pernikahan membutuhkan biaya yang mahal.

Jika Anda berencana untuk menikah beberapa tahun ke depan, maka biaya yang dibutuhkan bisa lebih besar daripada biaya saat ini karena ada faktor inflasi yang meningkatkan harga-harga setiap tahunnya. Tidak menjadi masalah kapanpun Anda ingin menikah, namun semakin dini Anda mengetahui rincian biaya yang dibutuhkan maka akan sebaik. Dengan begitu akan semakin mudah untuk menghitung dana yang perlu dipersiapkan sejak sekarang.

5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah 01 - Finansialku

 [Baca Juga: 5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah]

 

Untuk memperhitungkan berapa tepatnya biaya yang akan Anda perlukan ketika mendekati hari pernikahan nanti, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku. Mari kita lihat simulasi perhitungan dana rencana pernikahan berikut ini:

Leo dan Selly sudah berpacaran selama 3 tahun. Saat ini mereka memiliki rencana untuk menikah dalam waktu 2 tahun dari sekarang. Leo dan Selly ingin seluruh biaya terencana sejak dini. Dengan harapan mereka dapat berinvestasi sejak sekarang agar nantinya seluruh biaya tersebut tidak terasa terlalu berat. Berikut adalah rincian biaya yang telah diperkirakan oleh Leo dan Selly:

NoKebutuhanHarga (Rp)
1Biaya Lamaran5.000.000
2Biaya Pre Wedding7.000.000
3Biaya Undangan4.000.000
4Biaya Souvenir5.000.000
5Biaya Mempelai Wanita100.000.000
6Biaya Mempelai Pria40.000.000
7Biaya Pendamping Mempelai Pria dan Wanita10.000.000
8Biaya Transportasi5.000.000
9Biaya Administrasi Pernikahan40.000.000
10Biaya Sewa Gedung50.000.000
11Biaya Dekorasi, Pencahayaan dan Audio100.000.000
12Biaya MC5.000.000
13Biaya Juru Foto dan Cetak30.000.000
14Biaya Video10.000.000
15Biaya Pengisi Acara (Musik)20.000.000
16Biaya Wedding Organizer15.000.000
17Biaya Catering50.000.000
18Biaya Kue Pengantin15.000.000
19Biaya Tiket Liburan20.000.000
20Biaya Liburan30.000.000

 

Seluruh biaya ini adalah biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi pernikahan yang diinginkan Leo dan Selly dengan harga saat ini. Leo dan Selly berencana untuk mempersiapkan dana pernikahannya sejak sekarang dengan berinvestasi pada produk reksa dana yang memberikan return sebesar 12%. Jika asumsi inflasi setiap tahun adalah 4% maka besar dana yang harus diinvestasikan oleh Leo dan Selly setiap bulannya adalah:

Cara Merencanakan Dana Pernikahan dengan Aplikasi Finansialku 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini Cara Mempersiapkan Dana Pernikahan Anak]

 

Total kekurangan dana untuk pernikahan Leo dan Selly adalah sebesar Rp567.840.000. Sehingga mereka harus berinvestasi sebesar Rp21.051.800 per bulan selama 2 tahun atau 24 bulan. Tetapi orangtua Leo dan Selly bermaksud membantu mereka membayar 50% dari kebutuhan dana tersebut. Untuk itu orangtua Leo dan Selly masing-masing menyumbangkan dana sebesar Rp142.500.000 sehingga ada dana yang dapat diinvestasikan saat ini sebesar Rp285.000.000. Dengan adanya dana investasi tersebut maka dana yang perlu diinvestasikan setiap bulan oleh Leo dan Selly berkurang menjadi:

Cara Merencanakan Dana Pernikahan dengan Aplikasi Finansialku 04 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengatur Keuangan yang Dapat Buat Pernikahan Kamu Makmur]

 

Dengan adanya dana yang diberikan oleh orangtua Leo dan Selly maka mereka hanya perlu berinvestasi sebesar Rp7.797.886 per bulan selama 24 bulan. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk memperhitungkan seluruh dana pernikahan yang sudah direncanakan.

 

#3 Buat Checklist Pernikahan

Setelah memperhitungkan seluruh dana yang diperlukan, catatlah biayanya pada Dalam setiap acara pernikahan pasti ada banyak detail yang harus dipersiapkan. Bahkan bagi acara pernikahan yang diadakan secara sederhana sekali pun, paling tidak ada puluhan hal yang harus dipersiapkan. Agar seluruh kebutuhan tidak terlewat, sebaiknya Anda membuat sebuah checklist pernikahan. Masukkan setiap hal yang harus Anda urus untuk pernikahan di dalam checklist tersebut. Termasuk berapa biaya yang harus dibayar dan kapan harus dibayar untuk setiap keperluan pernikahan.

punya-budget-pesta-pernikahan-pertimbangkan-hal-ini-finansialku

[Baca Juga: Punya Budget Pesta Pernikahan Berlebih, Pertimbangkan Hal Ini]

 

#4 Tertib Berinvestasi Sesuai Rencana

Setelah memiliki perhitungan dan perencanaan yang matang, Anda tinggal menjalankannya. Sebuah rencana tidak akan berguna jika tidak dijalankan. Jika ingin tujuan tercapai sesuai rencana, pastikan Anda selalu berinvestasi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan setiap bulan. Kemudian Anda juga tidak boleh lupa untuk terus memantau investasi Anda secara berkala. Pastikan dana yang terkumpul sesuai dengan rencana Anda.

 

Jadikan Pernikahan Anda Hari yang Menyenangkan

Pernikahan adalah hari yang dinanti-nantikan bagi para pasangan muda. Anda tentu berharap hari pernikahan nanti menjadi hari yang membahagiakan baik bagi Anda dan pasangan, juga bagi keluarga dan teman. Biasanya calon pengantin akan merasa gugup ketika akan menikah. Wajar jika kegugupan tersebut disebabkan oleh ikatan pernikahan itu sendiri. Tetapi jangan sampai pasangan calon pengantin justru gugup menghadapi hari pernikahan karena tidak tahu bagaimana cara membayar seluruh vendor yang telah digunakan pada hari pernikahan. Agar pernikahan dapat berjalan lancar sesuai rencana, pastikan Anda memperhitungkan dan mempersiapkan seluruh biaya yang dibutuhkan secara matang.

 

Apa kesulitan terbesar Anda pada perencanaan dana pernikahan? Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Indonesian Wedding – https://goo.gl/4TgsZB dan https://goo.gl/rS3WLh

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang