Pernikahan identik dengan biaya yang sangat besar dan mewah. Namun apakah Anda rela mengosongkan kantong hanya demi pesta pernikahan mewah? Nyatanya, Anda dapat menikah dengan mewah dengan budget yang pantas. Mari kita lihat bagaimana tips berhemat dalam merencanakan pernikahan mewah.

 

Rubrik Finansialku

 

Buatlah Perencanaan Keuangan

Pernikahan merupakan hal terindah dalam hidup namun juga hal yang paling membuat stress. Bagaimana tidak? Saat merencanakan pernikahan, kita dituntut untuk membuat perencanaan matang dengan dana yang terbatas, dipaksa menghadapi berbagai variasi vendor pernikahan dengan bermacam kesulitannya.

Lalu bagaimana merencanakan pernikahan yang terkesan mewah dengan budget yang pantas tanpa harus bertengkar dengan pasangan karena stress? Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa cara berhemat dalam mempersiapkan pernikahan mewah Anda.

5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah

[Baca Juga: Buat Biaya Pernikahan Lebih Baik Invest Emas atau Reksa Dana?]

 

#1 Tentukan Prioritas Anda

Sebelum membuat perencanaan yang mendalam, terlebih dahulu Anda dan pasangan harus menentukan prioritas. Karena besar kemungkinan prioritas Anda dan pasangan Anda akan berbeda.

Oleh karena itu, hal ini harus ditentukan dari awal, sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari. Prioritas ini akan menentukan perencanaan dana pernikahan Anda, bergantung dari jenis vendor, kualitas, hingga jumlahnya.

Anda akan terkejut oleh berbagai variasi kebutuhan pernikahan yang tersedia. Berikut adalah beberapa kebutuhan utama pernikahan yang sebaiknya diurutkan dari yang paling utama:

  1. Pakaian (jas dan gaun pernikahan)
  2. Musik
  3. Jasa catering
  4. Fotografer dan videographer
  5. Kue pernikahan
  6. Dekorasi gedung
  7. Rias pengantin
  8. Kartu undangan & souvenir
  9. Gedung pernikahan (venue)
  10. Buket bunga
  11. Bulan madu

PahamiPahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan SejahteraPahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera

[Baca Juga: Pahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera”]

title=”>Pahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera<

 

Hal yang Anda prioritaskan pasti berbeda dengan pasangan Anda, sehingga sebaiknya urutkan kebutuhan di atas dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Jika ada yang terlewat, Anda dapat menambahkannya sendiri. Jika Anda kebingungan, Anda dapat mencari template kebutuhan pernikahan lengkap di internet.

 

#2 Perhitungkan Dana Pernikahan Anda

Dua hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam merencanakan dana pernikahan Anda adalah berapa dana yang akan Anda alokasikan untuk dana pernikahan dan berapa banyak jumlah undangan yang Anda inginkan. Dengan mengetahui jumlah undangan, maka Anda dapat mengalokasikan dana per undangan yang sebaiknya direncanakan.

Pembagian budget yang umum digunakan adalah 50% untuk kebutuhan utama pernikahan, seperti gedung pernikahan, jasa catering, undangan, dekorasi, musik, dan souvenir. Sisanya dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sisanya seperti rias pengantin, pakaian, bunga, dan bulan madu.

Punya Budget Pesta Pernikahan Berlebih, Pertimbangkan Hal Ini

[Baca Juga: Punya Budget Pesta Pernikahan Berlebih, Pertimbangkan Hal Ini]

 

#3 Memilih Vendor

Langkah selanjutnya adalah mencari vendor yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sesuai budget yang sudah disediakan. Rentang harga yang ditawarkan vendor sangat beragam, jadi Anda dapat menyesuaikannya dana yang tersedia.

Jika Anda bingung, vendor umumnya dipilih mulai dari kebutuhan yang paling utama, sebagai contoh gedung, karena gedung tidak dapat dibagi dengan pengantin lain. Contoh lainnya adalah fotografer, karena harus hadir pada hari pernikahan Anda, maka Anda harus cepat menyewa fotografer yang Anda sukai.

Berbeda halnya dengan jasa catering atau kartu undangan yang dapat dicicil pengerjaannya sehingga tidak masalah jika Anda memilihnya belakangan. Prioritas yang telah Anda tentukan sebelumnya akan berpengaruh saat pemilihan vendor, yaitu sebagai berikut:

  • Prioritas tinggi: pilihlah vendor berkualitas dan memiliki portfolio yang baik atau pengalaman yang tinggi. Keluarkan dana lebih tinggi untuk kebutuhan dengan prioritas tinggi demi kepuasan Anda dan pasangan.
  • Prioritas rendah: pilihlah vendor yang dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik namun dengan biaya yang semurah mungkin.

8 Cara Mengatur Keuangan yang Dapat Buat Pernikahan Kamu Makmur

 [Baca Juga: 8 Cara Mengatur Keuangan yang Dapat Buat Pernikahan Kamu Makmur]

 

#4 Berhematlah Mulai dari Hal Kecil

Setelah memilih vendor dan mengkalkulasi kebutuhan dana pernikahan, maka saatnya Anda membatasi pengeluaran dan mencari cara untuk berhemat. Cara untuk berhemat dalam pernikahan sangatlah banyak, antara lain:

  1. Anda dapat meminjam beberapa hal dari keluarga atau kerabat Anda yang sudah menikah, misalnya ring bearer, hiasan kepala, dan sebagainya.
  2. Meminta bantuan teman. Jika Anda memiliki teman dengan keterampilan tertentu, maka Anda dapat meminta bantuan teman Anda. Sebagai contoh jika teman Anda adalah seorang fotografer, Anda dapat menghemat biaya fotografi dan Anda tentunya lebih nyaman jika fotografernya merupakan teman dekat Anda.
  3. Undangan pernikahan online. Seiring kemajuan teknologi, Anda dapat menggunakan undangan pernikahan online untuk teman Anda, sehingga biaya undangan pernikahan dapat diminimasi.
  4. Mintalah potongan harga. Vendor pernikahan tidak akan memberikan potongan harga jika tidak diminta. Oleh karena itu Anda sebaiknya sering-sering meminta diskon dan menawar.
  5. Mengunjungi pameran pernikahan. Vendor pernikahan biasanya memberikan kupon atau hadiah tambahan pada saat pameran, sehingga akan lebih menguntungkan jika Anda membuat kesepakatan kerja dengan vendor pada saat pameran.

[Baca Juga: Menghitung Dana Rencana Pernikahan]

 

Menikah Tanpa Rasa Bersalah

Menikah bukanlah akhir, namun awal kehidupan berkeluarga bagi Anda dan pasangan. Oleh karena itu, pernikahan mewah yang meninggalkan tumpukan hutang akan membuat kehidupan berkeluarga Anda tidak menyenangkan.

Rencanakanlah pernikahan Anda dengan matang sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan Anda akan memulai kehidupan pernikahan Anda tanpa rasa bersalah.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda mengetahui tips untuk berhemat saat merencanakan pernikahan? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Amber Gilstrap. 11 Mei 2016. How To Save Money While Planning A Fabulous Wedding (Plus: A Free Wedding Budget Spreadsheet And Guest List). Moneyunder30.com – https://goo.gl/JK4x8s

 

Sumber Gambar:

  • Groom and Bride – https://goo.gl/A0X5ax
  • Dekorasi Mewah – https://goo.gl/YpTFnv

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang